Langsung ke konten utama

Event Festival Kota Lama 2017


Event Festival Kota Lama kembali menyapa tahun ini, tepatnya tanggal 23 hingga 24 September 2017. Mari agendakan ke sini, karena acara diselenggarakan akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

Festival Kota Lama yang diprakarsai oleh Oen Semarang Foundation dimulai sejak tahun 2012. Ini berarti, Festival Kota Lama 2017 sudah berjalan ke-6 kalinya (setahun sekali).

Untuk tema Festival Kota Lama tahun 2017 mengusung Sepanjang Jalan Kenangan. Dan lokasi acara berlangsung sekitar Polder Tawang, sama seperti tahun 2016. Acara yang diselenggarakan hari Sabtu dan Minggu ini tidak membuat panggung apung.

Tentang Festival Kota Lama 2017

[Press rilis] Melihat adanya berbagai kendala dalam pelestarian cagar budaya di Kota Lama, seperti kepemilikan bangunan, perawatan bangunan yang telah berusia tua, lingkungan sosial yang perlu ditingkatkan menjadi social capital, serta keterancaman lingkungan akibat iklim.

Kawasan Kota Lama menyimpan potensi yang luar biasa; termasuk masyarakatnya yang proaktif untuk tetap mempertahankan dan melestarikan Kawasan Kota Lama.

Tahun 2012, Oen’s Semarang Foundation (OSF) mengawali kegiatan di Kota Lama dengan menggelar Festival Kota Lama. Festival ini muncul dengan harapan dapat menjadi pemicu agar masyarakat mengenal, tertarik, serta turut bergerak bersama dalam melestarikan kawasan ini.

Dukungan dari Badan Pengelola Kawasan Kota Lama yang terbentuk pada tahun 2007 serta masyarakat luas menjadi pendorong untuk secara rutin menggelar acara tersebut.

Dalam perkembangannya, di tahun 2015, Kota Lama Semarang masuk dalam “tentative list” UNESCO, yaitu nominasi daerah yang berpotensi menjadi Warisan Dunia (World Heritage).

Dengan adanya predikat tersebut, Kota Lama diarahkan menjadi daerah tujuan wisata internasional. Tentu dibutuhkan penataan dan pengelolaan secara lebih baik dari hari ke hari; baik bangunan, lingkungan maupun masyarakatnya sehingga layak sebagai sebuah destinasi wisata internasional.

Tidak lagi menunggu siapa yang akan memulai, siapa yang berwenang, siapa yang memiliki tanggung jawab, “kerja bersama” antara masyarakat, pemerintah, institusi pendidikan, dan komunitas harus dimulai dari sekarang.

Maka tahun 2017, OSF bekerja sama dengan “AMBO” sebagai stakeholder Kota Lama yang beraktivitas di Kota Lama sehari-hari; “Vrienden van Kota Lama”, rekan-rekan yang peduli dengan Kota Lama, yang beberapa diantaranya berdomisili di Belanda; serta masyarakat dan komunitas yang ada di kota Semarang yang turut peduli Kota Lama menyelenggarakan Festival Kota Lama 2017.

Sesuai target, Festival Kota Lama ke-6 ini diharapkan menjadi kegiatan berskala internasional dengan bekerja sama dengan beberapa pihak dari mancanegara.

Tahun 2016, Festival Kota Lama digelar di dekat Polder Tawang

Tahun kelima, Festival ini punya lokasi baru yang sangat menarik dan masih satu kawasan dengan Kota Lama, yaitu Polder Tawang. Untuk memberi sentuhan agar lebih berbeda, dibuat panggung apung. Apakah tahun ini akan berlangsung di lokasi yang sama? Sabar, dulu yah.

Beberapa foto tahun kemarin bisa kamu lihat di sini. Kami berharap acara tahun ini tidak hujan, mengingat tahun kemarin sering ditemani hujan, yang waktunya sama-sama bulan September.

Info lebih lanjut tentang Festival Kota Lama tahun 2017

Instagram : @festivalkotalama (#FestivalKotaLama2017)
Twitter : @festkotalama 
Telepon : 0811-271-124
Tanggal : 23-24 September 2017

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Tahun 2018

Daftar acara atau agenda kota Semarang tahun 2018 sudah tersedia dalam bentuk PDF yang bisa diakses lewat website pariwisata.semarangkota.go.id. Kamu bisa mengunduh (download) atau sekedar membacanya sebagai panduan untuk berkunjung ke kota Semarang tahun ini. Berikut detailnya.

Sepertinya tahun 2018, kami libur dulu berkunjung ke kantor Dinas Pariwisata Kota Semarang yang terletak di gedung Pandanaran. Aktivitas rutin tiap tahun sekedar mendapatkan daftar acara kini bisa dengan mudah diakses via Internet.

Selain kami sertakan di halaman ini dengan link langsung ke situs yang berisi buku event 2018 kota Semarang, kami tetap rutin juga memberikan agenda Semarang tiap bulan yang bisa kamu jumpai di bawah ini. Selamat berkunjung dan terima kasih udah mampir ke kota tercinta kami, Semarang.
Download buku event kota Semarang dalam bentuk PDF di sini.

Berikut, daftar Agenda Semarang perbulan tahun 2018
Januari (Tersedia)FebruariMaretAprilMeiJuniJuliAgustusSeptemberOktoberNovember Desember Daf…

Si Cepat, Layanan Mobil Ambulance Gratis di Semarang

Ternyata sudah setahun Ambulance Hebat Si Cepat diluncurkan, terhitung dari tanggal 4 Januari 2017. Salah satu layanan kesehatan di kota Semarang ini menarik untuk diketahui. Apakah kamu pernah lihat mobil ini di jalan?
Akhirnya, kami bisa membawa Si cepat ke blog dotsemarang meski sudah mendapatkan informasi ini dari acara temu bloger bareng Dinas Kesehatan Kota Semarang pada bulan desember 2017 di The Wujil Resort & Conventions. Si cepat adalah layanan reaksi cepat bagi masyarakat yang membutuhkan ambulan Sebenarnya beberapa teman bloger kami ada yang sudah menjumpai Si Cepat ini yang berada di Puskesmas Halmahera. Waktu itu kami dibagi dalam dua kelompok, dan sayangnya kami kebagian ke Puskesmas Gayamsari yang waktu itu belum ada si Cepat ini.
Foto by Nia Nurdiansyah bareng bloger Semarang dan Dinas Kesehatan Semarang
Alasan kami baru membawa Si Ambulance Hebat  ke blog dotsemarang hari ini karena media sosial mereka sangat aktif. Di Twitter dengan id ambulancehebat, kicauan mer…

[Ebook] Daftar Acara di Semarang Tahun 2017

Halaman ini berisi kumpulan daftar acara kota Semarang selama tahun 2017 yang kami ambil dari blog dotsemarang dan kemudian kami kemas dalam bentuk ebook yang berformat PDF. Silahkan di download bila tertarik.
Terkahir kami memposting tentang kategori ebook pada bulan September 2016. Sangat lama dan tidak konsisten ternyata apa yang kami lakukan. 
Untuk itu, perdana tahun ini kami coba kembali membawa konten ebook ke dalam blog dotsemarang. Selain menjadi konten, cara membuat halaman blog dotsemarang yang dapat diakses secara offline ini merupakan cara kami untuk menyelamatkan file kami suatu hari nanti. Istilah back up data.
Berikut ebook daftar acara selama tahun 2017 di kota Semarang yang kami taruh di bawah ini.

Agenda semarang 2017 from Dot Semarang
Halaman ini hanya berisi daftar acara, bukan review acara. Daftar ini berasal dari kumpulan acara resmi dan acara tidak resmi yang kami kumpulin sendiri. Beberapa info ada tanggal yang lupa kami update. Mohon maklum untuk ketidaksempur…

[Photoblog] Event Urban GiGs Discover Dubai

Acara yang dilangsungkan akhir pekan, Sabtu (13/1), di lapangan parkir Gedung Rimba Graha Semarang ini cukup menarik bagi kami yang sebelumnya sudah mengepost acaranya. Selain banyaknya aktivitas selama acara, postingan event ini merupakan kali pertama di tahun 2018.

Kami menikmati akhir pekan ini dengan mengunjungi acara Urban GiGs Discover Dubai yang acaranya dimulai pukul 4 sore. Ini kali pertama pengalaman kami datang ke acara yang seperti ini dan kebanyakan generasi millenials.


Acaranya memang gratis, namun pengunjung harus registrasi dengan mengisi beberapa nama. Entah buat apa, mengingat kami juga tak begitu memikirkan hal tersebut.



Salah satu konten acaranya yang menarik minat kami adalah workshop Brush Calligraphy. Seperti yang terlihat pada gambar, peserta yang sudah mendaftar sebelumnya sepertinya sangat antusias.



Dicover Dubai yang menjadi nama acara kami melihatnya seperti gambar di atas, sebuah ikon gedung pencakar langit yang terkenal di negeri sana. Selain kegiatan in…