Langsung ke konten utama

Seperti Apa Berbuka Puasa di Masjid Layur Semarang?


Akhirnya kita harus mengucapkan sampai jumpa bulan puasa berikutnya. Postingan ini adalah perjalanan terakhir kami mengangkat tema tulisan 'puasa' dengan memberikan pengalaman kami ikut berbuka puasa di beberapa masjid yang punya potensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata religi Semarang. Seperti apa buka puasa di Masjid Layur Semarang ini?

Jumat sore (23/6), sehari sebelum hari terakhir puasa, kami sudah berada di halaman Masjid Layur Semarang. Waktu masih menunjukkan pukul setengah 5 sore. Sepertinya kami kecepatan tiba di sini. Suasana masih sepi dan hanya ada 2-3 orang saja.

Kopi Arab, Menu Sajian Berbuka

Jujur kami baru tahu bahwa di sini ada menu sajian khusus selama buka puasa. Seperti menu khas Masjid Pekojan dengan bubur India-nya, Masjid yang berada di jalan Layur Semarang Utara ini punya menu khas yaitu kopi Arab.

Menjelang waktu berbuka, suasana lebih ramai dengan hadirnya masyarakat sekitar yang buka di sini. Ada ruangan khusus yang tersedia untuk digunakan yang letaknya berada di dalam. Terlihat kecil dari luar, Masjid yang juga disebut oleh masyarakat sekitar sebagai Masjid Menara ini ternyata cukup besar dari dalam.

Menu yang kami nanti sudah disediakan di tengah dan mulai dibagi-bagi. Ceret besar yang sudah berisi kopi dituangkan ke gelas-gelas plastik yang berwarna putih. Menemani sajian utama, menu buka lainnya pun sudah tersedia. Di sini lebih menarik menu bukanya ternyata.





Waktu buka puasa pun tiba, dan kami langsung mencoba kopi yang sekilas tidak ada yang beda atau unik dari tampilannya. Namun saat dicoba, rasanya benar-benar berbeda dengan kopi yang biasa kami minum. Mulai dari aroma dan rasa.

Khusus rasa, kopi di sini terasa pedas. Seperti ada Jahe yang dicampurkan di dalamnya. Dan benar saja, kopi di sini rupanya dicampur dengan bahan rempah-rempah semacam cengkih, kayu manis, serai dan jahe yang telah kami sebutkan sebelumnya. Bila bahannya sudah seperti ini, tentu banyak khasiat yang didapat dan ini pasti menyehatkan.

..

Sebagai kawasan yang dulunya disebut pusat perdaganan di eranya, kampung Melayu memang didominasi masyarakat etnis Melayu yang datang dan bermukim sejak 1743, diikuti pula orang-orang Arab. Kultur ini yang akhirnya masih bisa kita rasakan dari sajian kopi yang dihidangkan tiap bulan puasa.

Masjid yang punya bangunan fisik khusus ini mudah dikenali dengan menara yang menyerupai mercusuar. Kami ingin sekali mencoba naik ke menara tersebut, sayangnya masih belum bisa. Sepertinya belum untuk umum.

Buat kamu yang berencana tahun depan ke Semarang, khususnya bulan puasa. Cobalah mengunjungi Masjid Layur dan beberapa Masjid yang ada di bawah ini. Selain bisa berwisata, kamu bisa merasakan sentuhan sejarah lewat menu yang disajikan.


Selamat hari raya Idul Fitri 1438H.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Tahun 2018

Daftar acara atau agenda kota Semarang tahun 2018 sudah tersedia dalam bentuk PDF yang bisa diakses lewat website pariwisata.semarangkota.go.id. Kamu bisa mengunduh (download) atau sekedar membacanya sebagai panduan untuk berkunjung ke kota Semarang tahun ini. Berikut detailnya.

Sepertinya tahun 2018, kami libur dulu berkunjung ke kantor Dinas Pariwisata Kota Semarang yang terletak di gedung Pandanaran. Aktivitas rutin tiap tahun sekedar mendapatkan daftar acara kini bisa dengan mudah diakses via Internet.

Selain kami sertakan di halaman ini dengan link langsung ke situs yang berisi buku event 2018 kota Semarang, kami tetap rutin juga memberikan agenda Semarang tiap bulan yang bisa kamu jumpai di bawah ini. Selamat berkunjung dan terima kasih udah mampir ke kota tercinta kami, Semarang.
Download buku event kota Semarang dalam bentuk PDF di sini.

Berikut, daftar Agenda Semarang perbulan tahun 2018
Januari (Tersedia)FebruariMaretAprilMeiJuniJuliAgustusSeptemberOktoberNovember Desember Daf…

Si Cepat, Layanan Mobil Ambulance Gratis di Semarang

Ternyata sudah setahun Ambulance Hebat Si Cepat diluncurkan, terhitung dari tanggal 4 Januari 2017. Salah satu layanan kesehatan di kota Semarang ini menarik untuk diketahui. Apakah kamu pernah lihat mobil ini di jalan?
Akhirnya, kami bisa membawa Si cepat ke blog dotsemarang meski sudah mendapatkan informasi ini dari acara temu bloger bareng Dinas Kesehatan Kota Semarang pada bulan desember 2017 di The Wujil Resort & Conventions. Si cepat adalah layanan reaksi cepat bagi masyarakat yang membutuhkan ambulan Sebenarnya beberapa teman bloger kami ada yang sudah menjumpai Si Cepat ini yang berada di Puskesmas Halmahera. Waktu itu kami dibagi dalam dua kelompok, dan sayangnya kami kebagian ke Puskesmas Gayamsari yang waktu itu belum ada si Cepat ini.
Foto by Nia Nurdiansyah bareng bloger Semarang dan Dinas Kesehatan Semarang
Alasan kami baru membawa Si Ambulance Hebat  ke blog dotsemarang hari ini karena media sosial mereka sangat aktif. Di Twitter dengan id ambulancehebat, kicauan mer…

[Ebook] Daftar Acara di Semarang Tahun 2017

Halaman ini berisi kumpulan daftar acara kota Semarang selama tahun 2017 yang kami ambil dari blog dotsemarang dan kemudian kami kemas dalam bentuk ebook yang berformat PDF. Silahkan di download bila tertarik.
Terkahir kami memposting tentang kategori ebook pada bulan September 2016. Sangat lama dan tidak konsisten ternyata apa yang kami lakukan. 
Untuk itu, perdana tahun ini kami coba kembali membawa konten ebook ke dalam blog dotsemarang. Selain menjadi konten, cara membuat halaman blog dotsemarang yang dapat diakses secara offline ini merupakan cara kami untuk menyelamatkan file kami suatu hari nanti. Istilah back up data.
Berikut ebook daftar acara selama tahun 2017 di kota Semarang yang kami taruh di bawah ini.

Agenda semarang 2017 from Dot Semarang
Halaman ini hanya berisi daftar acara, bukan review acara. Daftar ini berasal dari kumpulan acara resmi dan acara tidak resmi yang kami kumpulin sendiri. Beberapa info ada tanggal yang lupa kami update. Mohon maklum untuk ketidaksempur…

Layanan Storify Akan Dinonaktifkan Mei 2018, Mari selamatkan Datamu

Tanggal 16 Mei 2018, Storify mengumumkan layanannya akan berhenti. Tentu ini kabar buruk buat kami yang merupakan salah satu penggunanya. Layanan yang pada dasarnya adalah alat untuk mencari posting dari berbagai media sosial dan menambahkan ke dalam satu cerita kini harus ditutup. Mari selamatkan data yang tersimpan di sana.
Juli 2017, kami membawa layanan yang diluncurkan 2010 ini ke blog dotsemarang. Dalam postingan yang kami kategorikan dalam aplikasi tersebut kami menulis tentang cara menggunakannya hingga keuntungan menggunakan aplikasi yang diakusisi oleh Livefyre pada tahun 2013.
Untuk seorang bloger, Storify sangat cocok untuk digunakan. Fungsinya sebagai pengumpul tersebut, sangat menarik bagi pengguna yang mencari konten yang sedang dilangsungkan dalam sebuah event atau acara.
Sebenarnya pengguna bisa menggunakan layanan versi berbayar, yaitu Storify 2. Layanan ini mengharuskan pengguna pindah ke halaman Livefyer yang merupakan perusahaan dimiliki Adobe semenjak diakusisi …