Di Semarang tiap beberapa bulan sekali kami melihat pameran mobil yang diselenggarakan di Mall. Kami pikir itu kurang menarik untuk blog dotsemarang karna kami tidak menguasai dengan baik konten tersebut. Namun dengan survei yang kami baca berikut ini, sepertinya kami berencana membangun konten tentang otomotif.
Mengutip otomotif.liputan6.com (11/4), sebuah survei Taylor Nelson Sofres (TNS) tentang karakter pembeli mobil di Indonesia sangat menarik minat kami terhadap perkembangan otomotif di Semarang, khususnya bagaimana kami membangun konten dari sini.
Dalam riset yang dilakukan 508 responden terhadap pengguna digital yang berusia sekitar 30 tahun, berpenghasilan Rp.15 juta hingga 20 juta perbulan, domisilinya tersebar di berbagai Indonesia, dan calon pembeli mobil baru ditemukan hasil sebagai berikut.
- 73% pembeli mobil baru, menggunakan pencarian informasi menggunakan selular.
- 67 % di antaranya menggunakan ‘Google search’ untuk mulai mencari informasi tentang mobil yang ingin dibeli.
- 98% Pembeli mobil di Indonesia, mencari pertanyaan dengan kata kunci ' apa mobil terbaik.'
- 83% pembeli mobil baru mencari infromasi dengan cara melihat video terlebih dahulu (Youtube).
- 93% pembeli mobil mencari penawaran terbaik yang bisa mereka dapat.
- 42% mencari daftar harga mobil
- 32% mencari tahu harga jual kembali
- 52% para pembeli mobil baru tetap mencari tempat atau dealer melalui internet.
- 72% pelanggan yang membeli mobil di dealer mengatakan mencari informasi tentang mobil sebelum membeli di internet.
- 95% pembeli mobil di Indonesia rajin mencari promo.
- 42% kata kunci 'pricelist dicari para calon pembeli mobil baru.
- 32% kata kunci 'resale value' dicari calon pembeli mobil.
- 72% pembeli mobil baru setidaknya membutuhkan 2 bulan untuk memilih merek mobil yang tepat.
Internet dan perangkat seluler tidak bisa dipisahkan
Dari hasil survei ini, kita tahu bahwa Internet dan perangkat seluler sangat melekat dengan konsumen yang akan membeli mobil di Indonesia. Dan sepertinya ini akan terus meningkat di masa mendatang.
Konsumen menginginkan pengalaman yang mudah dan sederhana saat membeli mobil, semudah membeli barang lainnya. Bahkan 49% diantaranya berkata bahwa mereka tidak keberatan membeli mobil secara online. Jika memang ada dpilihan tersebut.
Produsen dan dealer mobil kini dihadapkan oleh konsumen yang kaya informasi. Tentu ini menjadi tantangan sendiri bagi mereka. Menurut Amalia, Industry Head Google Indonesia, "produsen mobil bisa menyediakan informasi yang relevan, bermanfaat, dan pada momen tepat di perangkat seluler, hal ini bisa mendatangkan keuntungan di era yang begitu mengandalkan seluler."
Referensi : Majalah Mix 04/XIV
Melihat informasi ini, kami harus berpikir ulang tentang konten otomotif, khususnya mobil yang selalu hadir dalam bentuk pameran di mall-mall. Bila dilihat dari segi konten, kami pikir ini bisa menarik pengunjung lebih besar.
Tapi kami harus juga menyadari bahwa kami bulan tipe bloger otomotif secara khusus. Ulasannya bakal tidak secara khusus membahas spesifikasi atau kelebihan mobil. Dan ini bisa menjadi tantangan tersendiri.
Buat kamu yang bingung mencari konten untuk blog, dunia otomotif bisa menjadi rekomendasi selain tema populer lainnya dalam dunia blogging seperti Teknologi, Fashion, Wisata maupun travel. Apakah kamu tertarik membangun konten Otomotif?
Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap
Comments
Post a Comment