Melihat Akun Media Sosial Masjid Semarang


Kami percaya di era Internet generasi 4G ini, semua memiliki akun media sosial. Termasuk Masjid-masjid yang ada di Indonesia, dan khususnya Semarang. Kira-kira, masjid mana saja yang memanfaatkan media sosial dan siapa yang mengelola? Bagaimana kontribusi media sosial buat Masjid itu sendiri? Berikut review kami.

Terinpirasi dari momen bulan puasa, kami ingin mereview seperti apa akun media sosial yang mewakili masjid selama ini. Salah satu akun yang paling aktif dan sering kali berbagi informasi kepada kami adalah akun rismajt di Instagram. Akun ini dikelola pengurus organisasi pemudanya.

Maka pencarian kami dimulai dari organisasi remaja Masjid yang diambil dari beberapa Masjid saja dan lewat mesin pencari. 

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Melalui organisasi pemudanya yakni Remaja Islam MAJT, masjid yang terletak di jalan Gajah Raya ini memiliki media sosial yang paling aktif. Akun media sosialnya pun sangat lengkap. Mulai dari Twitter (rismajt), Instagram (rismajt) dan Facebook (Risma JT).

Instagram rismajt sendiri hingga tulisan ini dibuat sudah memiliki 1390 pengikut. Diikuti Twitter dengan jumlah 241 pengikut dan Facebook dengan jumlah pertemanan sekitar 162. Akun Instagram mereka termasuk paling besar menurut kami.

Akun yang paling aktif diantara media sosial yang digunakan adalah Instagram, lalu disusul Twitter dan kemudian Facebook. Beberapa info yang dibagi seperti kegiatan, event, video, aktivitas organisasi itu sendiri dan masih banyak lagi.

Masjid Baiturrahman Semarang

Pindah ke Masjid Baiturrahman yang terletak di Simpang Lima, kita berkenalan dengan Ikatan Remaja Masjid Raya Baiturrahman Semarang atau disingkat Ikamaba. Kami agak kesulitan rupanya menemukan akun yang aktif, namun beberapa media sosialnya diantaranya Facebook Fans Page (Ikamababaiturrahman), Twitter (ikamaba76) dan Instagram (ikamaba.baiturrahmansmg) 

Jumlah pengikut Instagram Ikamaba sekitar 29 pengikut, Twitter sekitar 261 pengikut dan Facebook Fans Page sekitar 208 like.

Ada akun lain yang juga aktif seperti masjidrayabaiturrahman (Instagram) yang dikelola YPKPI masjid Baiturrahman Jawa Tengah dan Akun media sosial yang aktif diantaranya Facebook Fans page (baiturrahmansemarang).

Masjid Kauman Semarang 

Kami sangat terbantu dengan website yang dibuat di alamat kaumankampungquran.org.  Dari sana, kami langsung menemukan akkun media sosial yang aktif diantaranya Instagram (@kauman_kampung_quran), Twitter(Kauman_K2Q) dan Facebook Fans Page (KaumanKampungQuran).

Untuk jumlah pengikut, Instagram kauman diikuti sekitar 228 pengikut. Sedangkan Twitter diikuti sekitar 45 pengikut, dan Facebook Fans Page sendiri disukai 170 likes.

Konten Twitter dan Facebook sendiri didapat dari konten yang didistribusikan lewat Instagram. Kami menyukai konten yang dibagi di Instagram mereka.

..

Review di atas hanya mengambil 3 nama Masjid saja, cukup menyulitkan juga mencari yang lain. Dan setidaknya ini sudah mewakili. Bila kamu memiliki info seputar media sosial Masjid di Semarang, bantu kami menambahkannya lewat komentar di bawah.

Melihat perkembangan saat ini, media sosial memang garda terdepan dalam hal berbagi informasi. Media sosial bisa dimanfaatkan dengan baik, terutama mendukung aktivitas yang ada di Masjid seperti promosi, dakwah dan lainnya. 

Pendekatan lewat media sosial juga yang banyak disebarkan rismjt bisa jadi inspirasi bagaimana banyak anak muda yang tergabung di sana.

Kauman dan Baiturrahman kurang lebih sama, akun yang digunakan juga tentang menyebarkan informasi positif dan memberi info seputar masjid.

Momen puasa sebenarnya masih banyak yang bisa digali dari segi konten. Tapi karna kami cuma ingin bahas akun media sosial saja, maka ini cukup saja.

Semoga kami bisa melanjutkan postingan dengan beberapa konten yang bisa digali dengan akun media sosial yang dikelola oleh pihak Masjid.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?