Wah, Akun Twitter Dinas Provinsi Jawa Tengah Hampir Semuanya Mendapat Verifikasi


Jika kamu lihat akun Twitter yang berhubungan dengan Pemprov Jateng sudah terverifikasi, maka percayalah bahwa mereka akun resmi yang mewakili instansi. Ada lebih dari 40 akun yang mendapatkan tanda centang itu dari Twitter. Mengapa bisa? Berikut jawabannya.

Tanggal 13 Juni 2017, bertempat di gedung Gradhika Bhakti Praja dilakukan penandatanganan nota kesepahaman Twitter Kemala antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Twitter Asia Pacific.

Program layanan yang dinamakan Twitter Kemala yang berarti Kelola Melantas Layanan ini sudah dikenalkan sejak September 2016, dan kini menjadi resmi. Kerjasama ini berlaku 1 tahun dan bisa diperpanjang setelahnya.

Akun Twitter terverifikasi yang tercepat 


Jujur, kami saja sangat sulit mendapatkan centang biru dari Twitter dan mungkin kamu juga. Namun dengan kolaborasi kedua belah pihak ini, semua menjadi mudah. Akun - akun instansi pemerintah Jawa Tengah mendapatkan hampir semua verifikasi dari Twitter. Menurut data yang kami dapatkan dengan mencari hashtag kemala Jateng, ada lebih  20 akun yang bercentang sebagai berikut :

NoAkun verifikasiKeterangan
1humasjatengHumas
2perhubunganjtgDinas Perhbungan Provinsi Jateng
3GRMS_JATENGDinas yang mengurusi divisi aplikasi, jaringan dan infrastruktur
4kominfo_jtgDinas Kominfo
5provjatengPemprov Jateng
6iptekinjatengUnit Pelayanan dan Pengoperasian Iptekin
7disporaparjtgDinas Kepemudaan, Olahraga Dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah
8PhubungJatengBadan Penghubung Provinsi JawaTengah
9bpbdjatengBadan Penanggulangan Bencana Daerah
10dinsosjatengDinas Sosial
11bkdjatengprovBadan Kepegawaian Daerah
12satpolpp_jatengSATPOL PP PROV. JATENG
13inspektorat_jtg
14Bappeda_Jateng
15Rs_TugurejoRSUD Tugurejo
16disnaker_jateng
17ESDMJateng
18BPPD_JATENGBadan Pengelola Pendapatan Daerah
19dpusdatarujtgDinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang
20bpsdmdjtgBadan Pengembangan Sumber Daya Manusia
21BakesbangprovKesbang Jateng
22RSUDKeletRSUD Kelet di Jepara
23disperindagjtgDisperindag Jateng
24DisperakimJtgDinas Perumahan Rakyat & Kawasan Permukiman
25disnakkeswanjtgDinas Peternakan dan Kesehatan Hewan
26DISHANPAN_JTGDinas Ketahanan Pangan

Sementara data akun ini yang kami peroleh, dan lainnya belum tahu dari total keseluruhannya.

Layanan berbasis media sosial 

Momen puasa dan lebaran sangat tepat menguji kemampuan program ini yang sangat mudah dalam penggunaannya. Kamu, tentu harus menggunakan Twitter untuk memanfaatkan fitur ini. Caranya hanya dengan tweet info yang ingin kamu sampaikan (pengaduan atau info) ditambah tagar #KemalaJateng.

Agar lebih cepat lagi, kamu bisa lakukan dengan menambah mention akun terkait semisal kamu ingin mengadukan jalanan macet, maka kamu mention ke akun perhubunganjtg. Tapi kalau tidak ingin repot, cukup kasih mention saja.

Pertama di Asia Tenggara

Jawa Tengah menjadi contoh menarik dalam upaya layanan publik berbasis media sosial, khususnya Twitter. Bahkan menjadi yang pertama institusi pemerintah di Indonesia yang menggunakan Twitter Kemala sebagai sarana komunikasi pelaporan publik untuk menjalankan praktik e-governance yang lebih efisien dan transparan.


Dan program istimewa ini bukan hanya menjadikan pemprov sebagai instansi pemerintah yang pertama di Indonesia menggunakan fitur ini, tapi juga se-Asia Tenggara.

Selain di Indonesia, sistem ini sudah diuji coba di negara lain, seperti di India yang diberi nama Twitter Seva. Untuk negara Australia, sistem ini digunakan dalam bidang transportasi (Dinas).

Acara yang dihadiri Agung Yudha, Public Policy Lead Twitter Indonesia, berharap Twitter Kemala dapat digunakan di daerah lain. Namun tentu harus melihat dahulu seberapa efektif pelaksanannya yang dilakukan Pemprov Jawa Tengah.

...

Akhirnya kami bisa hadir sebelum penandatangan kerjasama ini berlangsung. Tahun 2016, acara yang berhubungan dengan Twitter dan Pemprov ini tidak bisa kami ikuti, mengingat acara ini sangat terbatas dalam segi informasi maupun undangan. Untunglah kali ini mereka membagikannya di linimasa yang segera kami ikuti.

Untuk menggunakan layanan ini sangat mudah, seperti yang kami sebut di atas. Bila masih penasaran, postingan kami tahun 2016 bisa dijadikan referensi. Lihat di bawah linknya.

Semoga dengan semakin mesranya jalinan kerjasama kedua belah pihak, membuat layanan publik lebih baik dan cepat dilakukan penyelesaian. Kami sebagai pihak pengguna, jadi tahu juga dengan apa yang terjadi tentunya.

Ayo, apakah kamu belum gunain Twitter hari ini? Pejabat dan seluruh dinas Pemprov Jawa Tengah aja sudah gunain sejak tahun 2013. Menurut Dadang Sumantri, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Tengah, Twitter dipilih karna  platform paling sederhana dan mudah.

Bagaimana dengan dinas kota Semarang, apakah akan segera menyusul nantinya?

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?