Jika kamu lihat akun Twitter yang berhubungan dengan Pemprov Jateng sudah terverifikasi, maka percayalah bahwa mereka akun resmi yang mewakili instansi. Ada lebih dari 40 akun yang mendapatkan tanda centang itu dari Twitter. Mengapa bisa? Berikut jawabannya.
Tanggal 13 Juni 2017, bertempat di gedung Gradhika Bhakti Praja dilakukan penandatanganan nota kesepahaman Twitter Kemala antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Twitter Asia Pacific.
Program layanan yang dinamakan Twitter Kemala yang berarti Kelola Melantas Layanan ini sudah dikenalkan sejak September 2016, dan kini menjadi resmi. Kerjasama ini berlaku 1 tahun dan bisa diperpanjang setelahnya.
Akun Twitter terverifikasi yang tercepat
Jujur, kami saja sangat sulit mendapatkan centang biru dari Twitter dan mungkin kamu juga. Namun dengan kolaborasi kedua belah pihak ini, semua menjadi mudah. Akun - akun instansi pemerintah Jawa Tengah mendapatkan hampir semua verifikasi dari Twitter. Menurut data yang kami dapatkan dengan mencari hashtag kemala Jateng, ada lebih 20 akun yang bercentang sebagai berikut :
No | Akun verifikasi | Keterangan |
| | |
1 | humasjateng | Humas |
2 | perhubunganjtg | Dinas Perhbungan Provinsi Jateng |
3 | GRMS_JATENG | Dinas yang mengurusi divisi aplikasi, jaringan dan infrastruktur |
4 | kominfo_jtg | Dinas Kominfo |
5 | provjateng | Pemprov Jateng |
6 | iptekinjateng | Unit Pelayanan dan Pengoperasian Iptekin |
7 | disporaparjtg | Dinas Kepemudaan, Olahraga Dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah |
8 | PhubungJateng | Badan Penghubung Provinsi JawaTengah |
9 | bpbdjateng | Badan Penanggulangan Bencana Daerah |
10 | dinsosjateng | Dinas Sosial |
11 | bkdjatengprov | Badan Kepegawaian Daerah |
12 | satpolpp_jateng | SATPOL PP PROV. JATENG |
13 | inspektorat_jtg | |
14 | Bappeda_Jateng | |
15 | Rs_Tugurejo | RSUD Tugurejo |
16 | disnaker_jateng | |
17 | ESDMJateng | |
18 | BPPD_JATENG | Badan Pengelola Pendapatan Daerah |
19 | dpusdatarujtg | Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang |
20 | bpsdmdjtg | Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia |
21 | Bakesbangprov | Kesbang Jateng |
22 | RSUDKelet | RSUD Kelet di Jepara |
23 | disperindagjtg | Disperindag Jateng |
24 | DisperakimJtg | Dinas Perumahan Rakyat & Kawasan Permukiman |
25 | disnakkeswanjtg | Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan |
26 | DISHANPAN_JTG | Dinas Ketahanan Pangan |
Sementara data akun ini yang kami peroleh, dan lainnya belum tahu dari total keseluruhannya.
Layanan berbasis media sosial
Momen puasa dan lebaran sangat tepat menguji kemampuan program ini yang sangat mudah dalam penggunaannya. Kamu, tentu harus menggunakan Twitter untuk memanfaatkan fitur ini. Caranya hanya dengan tweet info yang ingin kamu sampaikan (pengaduan atau info) ditambah tagar #KemalaJateng.
Agar lebih cepat lagi, kamu bisa lakukan dengan menambah mention akun terkait semisal kamu ingin mengadukan jalanan macet, maka kamu mention ke akun perhubunganjtg. Tapi kalau tidak ingin repot, cukup kasih mention saja.
Pertama di Asia Tenggara
Jawa Tengah menjadi contoh menarik dalam upaya layanan publik berbasis media sosial, khususnya Twitter. Bahkan menjadi yang pertama institusi pemerintah di Indonesia yang menggunakan Twitter Kemala sebagai sarana komunikasi pelaporan publik untuk menjalankan praktik e-governance yang lebih efisien dan transparan.
Dan program istimewa ini bukan hanya menjadikan pemprov sebagai instansi pemerintah yang pertama di Indonesia menggunakan fitur ini, tapi juga se-Asia Tenggara.
Selain di Indonesia, sistem ini sudah diuji coba di negara lain, seperti di India yang diberi nama Twitter Seva. Untuk negara Australia, sistem ini digunakan dalam bidang transportasi (Dinas).
Acara yang dihadiri Agung Yudha, Public Policy Lead Twitter Indonesia, berharap Twitter Kemala dapat digunakan di daerah lain. Namun tentu harus melihat dahulu seberapa efektif pelaksanannya yang dilakukan Pemprov Jawa Tengah.
...
Akhirnya kami bisa hadir sebelum penandatangan kerjasama ini berlangsung. Tahun 2016, acara yang berhubungan dengan Twitter dan Pemprov ini tidak bisa kami ikuti, mengingat acara ini sangat terbatas dalam segi informasi maupun undangan. Untunglah kali ini mereka membagikannya di linimasa yang segera kami ikuti.
Untuk menggunakan layanan ini sangat mudah, seperti yang kami sebut di atas. Bila masih penasaran, postingan kami tahun 2016 bisa dijadikan referensi. Lihat di bawah linknya.
Semoga dengan semakin mesranya jalinan kerjasama kedua belah pihak, membuat layanan publik lebih baik dan cepat dilakukan penyelesaian. Kami sebagai pihak pengguna, jadi tahu juga dengan apa yang terjadi tentunya.
Ayo, apakah kamu belum gunain Twitter hari ini? Pejabat dan seluruh dinas Pemprov Jawa Tengah aja sudah gunain sejak tahun 2013. Menurut Dadang Sumantri, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Tengah, Twitter dipilih karna platform paling sederhana dan mudah.
Bagaimana dengan dinas kota Semarang, apakah akan segera menyusul nantinya?
Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap
Comments
Post a Comment