Langsung ke konten utama

Review Event Bank Indonesia Goes to Campus 2016 Semarang


Awal Desember, ada acara menarik tentang 'Gerakan Nasional Non Tunai atau GNNT yang digelar di Gedung Serbaguna, Akpol Semarang. Ratusan peserta yang didominasi mahasiswa turut meramaikan gelaran yang terakhir dari kota-kota sebelumnya yang jumlahnya 4 kota.

Akhirnya tiba juga di Semarang sebagai kota terakhir yang disambangi Bank Indonesia yang bekerjasama dengan Netmedia untuk roadshow BI Goes to Campus 2016.

Saya sudah melihat aktivitas di kota-kota sebelumnya seperti Banjarmasin, Makasar, dan Medan. Selain bintang tamu yang menjadi sisi menarik acara ini, tema yang diangkat juga sedang tren akhir-akhir ini. Lalu, tentang blogging. Meski berhubungan dengan dotsemarang, sesi ini tidak menarik buat saya.


Beberapa tamu undangan yang hadir seperti Sekretaris Daerah Jawa Tengah - Sri Puryono, Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia - Arbonas Hutabarat, Kombes Pol.(Dosen Utama AKPOL) - Drs. Eka Tjahyanto.MH, Wakil Ketua DPR RI - Taufik Kurniawan, Kepala Perwakilan BI Jawa Tengah - Iskandar Simorangkir, dan Farida Peranginangin - Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia.


Foto dalam gambar : Head of Marketplace Zalora - Priyanto Lim, Ibu Peranginangin, Head of Mobile Financial Service XL Axiata - Alfie Tjahyo Prasetyo, Grup Head Mobile Financial Service Indosat Ooredoo - Basmal Soprihananto, Vice President Mobile Financial Service Telkomsel - Rudy Hamdani, dan Wakil Rektor Bidang II Undip - Dr. Darsono SE, Akt, MBA.

Upaya Bank Indonesia

Acara ini memang punya tujuan sosialisasi gerakan non tunai kepada masyarakat secara Nasional. Bank Indonesia selaku otoritas sistem pembayaran sangat perlu memandang perlunya sistem non tunai sudah berlaku bagi masyarakat.

Lewat persentasinya, ibu Peranginangin Farida banyak memaparkan kondisi saat ini yang berhubungan dengan penggunaan instrument pembayaran non tunai. Seperti negara kita yang masih dibawah 10% untuk penggunaan non tunai.

Apalagi pertumbuhan Internet di Indonesia tahun 2015 hingga 2020 yang diprediksi akan menjadi yang terbesar di dunia. 

Dampak Internet juga menjadikan layanan pembayaran lebih bervariasi. Termasuk transaksi belanja online (e-commercer) semakin banyak digunakan. Contoh layanan pembayaran online seperti BCA Sakuku, Mandiri e-cash, Go Pay, Apple Pay dan variasi interaksi seperti barcode, QR Code, NFC dan lainnya.

Inovasi bersama

Bank Indonesia tidak sendiri mewujudkan harapan gerakan Nasional Non Tunai ini. Selain bank yang udah menerapkan, hampir semua operator telekomunikasi di Indonesia sudah membuat layanan keuangan digital yang begitu mudah digunakan hanya lewat ponsel pemilik.

Layanan Keuangan Digital (LKD) merupakan kegiatan layanan jasa sistem pembayaran dan keuangan yang dilakukan melalui kerja sama dengan pihak ketiga atau yang biasa disebut agen LKD. Layanannya menggunakan sarana dan perangkat teknologi berbasis mobile maupun web dalam rangka mempermudah akses keuangan bagi masyarakat. 

Saat ini yang XL sudah mengeluarkan produknya yang bernama XL Tunai, Telkomsel dengan TCash, dan Indosat dengan Dompetku. 

Blogging Workshop

Acara sempat molor dari waktu yang sudah dijadwalkan tapi tidak mengurangi bobot acara. Setelah selesai pembicara utama, setelah makan siang dilanjut blogging workshop dengan tema kiat menulis kreatif di blog.

Untuk pengisinya adalah Iskandar Zulkarnaen, penulis aktif di Kompasiana. Sayang sesi ini, saya tinggalin. Beberapa menit mendengarkan persentasi, peserta yang hadir cukup antusias.

Selain sesi blogging yang tidak diikuti, sesi Pandji Pragiwaksono (standup comedian) dan Rizky Febian (penyanyi) juga tidak diikuti. Entah, apakah Panjdi datang atau tidak. Kalau Rizky, melihat timeline beredar, ia datang rupanya.

...

Kaum muda yang diwakili mahasiswa, terutama di Semarang adalah sasaran utama sosisalisasi Gerakan Nasional Non Tunai. Wajar bila melihat perkembangan generasi ini yang bakal menjadi aset di masa depan sebagai agen perubahan negeri ini.

Banyak manfaat yang bisa digunakan dengan gerakan non tunai, seperti praktis bertransaksi, keamanan dan kenyamanan, efisiensi biaya, dan masih banyak lagi.

Beberapa pihak yang tergabung dalam layanan keuangan digital yang mendukung gerakan ini memudahkan masyarakat memilih layanan terbaik mereka. Ada dari bank, operator yang hampir semua sudah menggunakan layanan, dan termasuk pihak kampus yang turut menerapkan layanan sebagai bagian proses pembayaran akademik.

Menutup postingan ini, selama acara berlangsung tanggal 1 desember kemarin, kicauan acara dapat dilihat dari media sosial dengan tagar #BI_GNNTonNET. 

Artikel terkait :

...

Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Arak-arakan Sam Poo 2017

Sepertinya ini merupakan acara terakhir yang mengusung konsep kirab budaya atau arak-arakan tahun ini di kota Semarang. Arak-arakan Sam Poo tahun ini digelar tanggal 22 Juli 2017 atau hari Sabtu. Mari berakhir pekan di kota kami, Semarang.
Secara keseluruhan, acara kirab budaya di Semarang ada 5.  Seperti festival Ogoh-ogoh, Semarang Night Carnival, Karnaval dugderan, sesaji Rewanda dan lainnya yang sudah kami publish di awal tahun. Detailnya bisa dilihat di sini.
Memperingati Perayaan HUT Kedatangan Laksmana
Acara arak-arakan Sam Poo merupakan bagian acara dari perayaan HUT kedatangan Laksamana Cheng Ho. Acaranya biasanya dilaksanakan 2 hari, pertama biasanya ada beberapa acara seperti salah satunya bazar dan kedua arak-arakannya yang biasa dimulai pagi-pagi sekali.
Tahun 2016, acaranya dilaksanakan menjelang akhir bulan Juli. Namun kali ini, minggu ketiga di bulan Juli. Ya, kamu yang penasaran dengan acara arak-arakan ini bisa lihat review kami tahun kemarin di sini.
Jadwal lengkap a…

Sudah Tahu Cara Nambah Masa Aktif XL Hingga 1 Tahun?

Ada yang menggunakan kartu XL? Sudah tahu, operator dengan dominasi biru ini dapat menambah masa aktif hingga 1 tahun. Dengan masa aktif 1 tahun, Anda tidak perlu takut kartu Anda hangus tiba-tiba. Berikut cara aktivasinya.
Saya baru menggunakan kartu XL beberapa bulan ini setelah acara launching 4G XL LTE di Semarang bulan Juni 2016. Saat itu juga saya mengaktifkan fitur XL Tunai, sebuah layanan keuangan digital atau trennya dompet digital.
Karena saya pikir jarang menggunakan XL untuk keperluan hari-hari saya seperti koneksi Internet, saya tidak ingin XL Tunai saya mati begitu saja. Dan setelah mencari sana-sini informasi tentang layanan keuangan digital ini, saya baru tahu tentang masa aktif XL hingga 1 tahun.
Layanan Perpanjang Masa Aktif 
Ada 2 cara sebenarnya untuk menggunakan layanan ini. Bisa menggunakan nomor *123# atau lewat online dengan mengakses web 
1) *123#
Anda tinggal menekan angka diatas atau mau yang cepat ketik *123*8484#.  Ikuti petunjuknya dan silahkan pilih. Cont…

Film Bukan Cinta Malaikat Hanya Bertahan Kurang dari 3 Hari di Bioskop Semarang

Film Bukan Cinta Malaikat rilis pada tanggal 13 Juli 2017 di seluruh bioskop tanah air, termasuk Semarang. Tapi sayang, film yang membawa Donita dan Fachri Albar ini tidak dapat bertahan lebih sepekan di bioskop Semarang. Bahkan sebelum hari minggu.
Membawa durasi sekitar 96 menit, film produksi Ganesa Perkasa Films ini tayang bersamaan film Filosofi Kopi 2: Ben & Jody. Nasib beruntung lebih menaungi film Filosofi 2 sepertinya yang hingga tulisan ini dibuat, film ini masih bertahan di Semarang.
Hanya mendapat 2 bioskop di Semarang
Ini sebuah catatan berharga bagi kami yang tengah tahun ini, kota Semarang sudah memiliki 6 bioskop (3 bioskop baru yang baru buka). Kami pikir hadirnya banyak bioskop bisa memanjakan film-film tanah air untuk mendapatkan waktu lebih lama untuk tetap bertahan, setidaknya sepekan.
Sayang, film Bukan Cinta Malaikat setelah Semarang memiliki 6 bioskop merupakan film pertama yang harus merasakan turun lebih awal. Dan bahkan belum segenap sepekan.
Dari awal r…

Agenda Semarang Juli 2017

Selamat datang di bulan Juli 2017. Selamat Hari Lebaran Idul Fitri 1438H, kami ucapkan. Berikut ini daftar agenda acara di kota Semarang yang berlangsung selama bulan Juli. Agenda ini akan terus diupdate, bila ada kekurangan, mohon dimaklumi.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.
Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [15 Juni - 3 Juli] - Lebaran Great Sale di Mal Ciputra.[26 Juni - 5 Juli] -  Pameran Handphone di Plasa Simpang Lima. Review Klik.[25 Juni - 2 Juli] - Festival Makanan 'Pulang Semarang 2' di Sri Ratu. Review klik.[20 Juni - 4 Juli…

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Juni 2017

Kami punya kabar baik menjelang Lebaran. Pameran handphone bulan Juni di Semarang sudah hadir. Buat kamu yang menanti-nanti info ini dari blog dotsemarang, terima kasih sudah berkunjung hari ini. Pameran ini berlangsung di Java mall, catat tanggalnya yang dilaksanakan 20 Juni sampai 4 Juli 2017. 
Tanpa terasa sebentar lagi lebaran. Ini waktunya berkumpul bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Kami sadar bahwa tren selfie maupun welfie tak bisa dihindari, terutama kamu yang termasuk golongan generasi millenials.
Telkomsel Ramadhan Fair
Pameran handphone di Java Mall ini bertajuk Parsell Lebaran, dimana kata Parcell mengacu singkatan dari Parade Selluler. Untuk menarik pengunjung, pameran seperti gadget ini masih menawarkan cara pembayaran secara angsuran dan tukar tambah.
Yang menarik kali ini adalah hadirnya Telkomsel yang membuka stan secara khusus selama pameran. Bila melihat branding dengan nama mereka sendiri, maka stan mereka akan lebih besar sendiri diantara yang lain.

Terak…