Langsung ke konten utama

Review Event Bank Indonesia Goes to Campus 2016 Semarang


Awal Desember, ada acara menarik tentang 'Gerakan Nasional Non Tunai atau GNNT yang digelar di Gedung Serbaguna, Akpol Semarang. Ratusan peserta yang didominasi mahasiswa turut meramaikan gelaran yang terakhir dari kota-kota sebelumnya yang jumlahnya 4 kota.

Akhirnya tiba juga di Semarang sebagai kota terakhir yang disambangi Bank Indonesia yang bekerjasama dengan Netmedia untuk roadshow BI Goes to Campus 2016.

Saya sudah melihat aktivitas di kota-kota sebelumnya seperti Banjarmasin, Makasar, dan Medan. Selain bintang tamu yang menjadi sisi menarik acara ini, tema yang diangkat juga sedang tren akhir-akhir ini. Lalu, tentang blogging. Meski berhubungan dengan dotsemarang, sesi ini tidak menarik buat saya.


Beberapa tamu undangan yang hadir seperti Sekretaris Daerah Jawa Tengah - Sri Puryono, Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia - Arbonas Hutabarat, Kombes Pol.(Dosen Utama AKPOL) - Drs. Eka Tjahyanto.MH, Wakil Ketua DPR RI - Taufik Kurniawan, Kepala Perwakilan BI Jawa Tengah - Iskandar Simorangkir, dan Farida Peranginangin - Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia.


Foto dalam gambar : Head of Marketplace Zalora - Priyanto Lim, Ibu Peranginangin, Head of Mobile Financial Service XL Axiata - Alfie Tjahyo Prasetyo, Grup Head Mobile Financial Service Indosat Ooredoo - Basmal Soprihananto, Vice President Mobile Financial Service Telkomsel - Rudy Hamdani, dan Wakil Rektor Bidang II Undip - Dr. Darsono SE, Akt, MBA.

Upaya Bank Indonesia

Acara ini memang punya tujuan sosialisasi gerakan non tunai kepada masyarakat secara Nasional. Bank Indonesia selaku otoritas sistem pembayaran sangat perlu memandang perlunya sistem non tunai sudah berlaku bagi masyarakat.

Lewat persentasinya, ibu Peranginangin Farida banyak memaparkan kondisi saat ini yang berhubungan dengan penggunaan instrument pembayaran non tunai. Seperti negara kita yang masih dibawah 10% untuk penggunaan non tunai.

Apalagi pertumbuhan Internet di Indonesia tahun 2015 hingga 2020 yang diprediksi akan menjadi yang terbesar di dunia. 

Dampak Internet juga menjadikan layanan pembayaran lebih bervariasi. Termasuk transaksi belanja online (e-commercer) semakin banyak digunakan. Contoh layanan pembayaran online seperti BCA Sakuku, Mandiri e-cash, Go Pay, Apple Pay dan variasi interaksi seperti barcode, QR Code, NFC dan lainnya.

Inovasi bersama

Bank Indonesia tidak sendiri mewujudkan harapan gerakan Nasional Non Tunai ini. Selain bank yang udah menerapkan, hampir semua operator telekomunikasi di Indonesia sudah membuat layanan keuangan digital yang begitu mudah digunakan hanya lewat ponsel pemilik.

Layanan Keuangan Digital (LKD) merupakan kegiatan layanan jasa sistem pembayaran dan keuangan yang dilakukan melalui kerja sama dengan pihak ketiga atau yang biasa disebut agen LKD. Layanannya menggunakan sarana dan perangkat teknologi berbasis mobile maupun web dalam rangka mempermudah akses keuangan bagi masyarakat. 

Saat ini yang XL sudah mengeluarkan produknya yang bernama XL Tunai, Telkomsel dengan TCash, dan Indosat dengan Dompetku. 

Blogging Workshop

Acara sempat molor dari waktu yang sudah dijadwalkan tapi tidak mengurangi bobot acara. Setelah selesai pembicara utama, setelah makan siang dilanjut blogging workshop dengan tema kiat menulis kreatif di blog.

Untuk pengisinya adalah Iskandar Zulkarnaen, penulis aktif di Kompasiana. Sayang sesi ini, saya tinggalin. Beberapa menit mendengarkan persentasi, peserta yang hadir cukup antusias.

Selain sesi blogging yang tidak diikuti, sesi Pandji Pragiwaksono (standup comedian) dan Rizky Febian (penyanyi) juga tidak diikuti. Entah, apakah Panjdi datang atau tidak. Kalau Rizky, melihat timeline beredar, ia datang rupanya.

...

Kaum muda yang diwakili mahasiswa, terutama di Semarang adalah sasaran utama sosisalisasi Gerakan Nasional Non Tunai. Wajar bila melihat perkembangan generasi ini yang bakal menjadi aset di masa depan sebagai agen perubahan negeri ini.

Banyak manfaat yang bisa digunakan dengan gerakan non tunai, seperti praktis bertransaksi, keamanan dan kenyamanan, efisiensi biaya, dan masih banyak lagi.

Beberapa pihak yang tergabung dalam layanan keuangan digital yang mendukung gerakan ini memudahkan masyarakat memilih layanan terbaik mereka. Ada dari bank, operator yang hampir semua sudah menggunakan layanan, dan termasuk pihak kampus yang turut menerapkan layanan sebagai bagian proses pembayaran akademik.

Menutup postingan ini, selama acara berlangsung tanggal 1 desember kemarin, kicauan acara dapat dilihat dari media sosial dengan tagar #BI_GNNTonNET. 

Artikel terkait :

...

Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Juni 2018

Kabar baik sebelum kamu merayakan hari raya Idul Fitri, terutama kamu yang berada di Semarang. Pameran handphone bulan ini datang langsung 3 event pameran. Dimana dan kapan? Berikut detailnya.

Wuih akhirnya yang ditunggu, momennya pas lagi Hari Raya Idul Fitri. Kali ini dua tempat penyelenggaranya adalah Paragon Mall dan Java Mall Semarang.

Paragon Mall (12-24 Juni)

Kali ini Sinar Mas Selluler tidak menempatkan nama mereka dalam pameran, namun begitu tetap saja ini sepertinya acara mereka. Hanya saja untuk pameran ini kehadiran Telkomsel akan mendapatkan tempat yang lebih besar.

Bertajuk Telkomsel Ramadhan Fair (TRF), pameran handphone di Paragon ini dilaksanakan dari tanggal 12 Juni hingga 24 Juni 2018. Karena dibranding provider, sepertinya pelanggan akan banyak dimanjain promo.

Bila tahun lalu TRF 2017 hadir di Java Mall dengan Parsell, maka tahun ini bisa dikatakan mereka mencari sesuatu yang baru. Menarik strategi yang mereka lakukan.

Java Mall (12-21 Juni)

Dengan waktu yang bersa…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Review Tempat Makan : Pemancingan Pondok Alam Bang Khohar

Ini adalah kunjungan pertama dotsemarang di tempat makan Pondok Alam Bang Khohar yang terletak di jalan Jimbaran ,Bandungan Kabupaten Semarang. Yang cari referensi tempat makan ini di mesin pencari, silahkan berkunjung ke sini.
Lama nggak posting tempat makan di blog dotsemarang. Sekali posting, dapatnya malah di sekitar Bandungan. Tempat ini menawarkan ruangan outdoor dengan konsep alam. Jadi kalau Anda makan di sini, tempat makannya seperti saung. Ada beberapa tempat, saya sendiri memilih bagian atas.



Menu
Untuk daftar menu yang ditawarkan kebanyakan adalah ikan, seperti Gurami, Nila, Kalper/ikan Mas, Lele, Kakap, Udang, Cumi dan Kepiting. Pecinta Ayam, tenang, di sini aja. Tapi masa jauh-jauh cuma makan ayam.
Menu lainnya ada tempe mendoan, tahu bakso, gudangan, terancam, tumis kangkung, dan masih banyak lagi. Untuk harga sepertinya lumayan menggigit, jadi mikir - mikir kalau mau traktir tapi belum gajian.
Untuk perbandingan saja, saya taruh harga makanan standar saya seperti es t…

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Mei 2018

Pameran handphone bulan Mei diselenggarakan di Java Mall Semarang, dari tanggal 9-15 Mei 2018. Lama juga menanti pameran ini, apalagi kali ini datangnya menjelang puasa. Seperti apa suasananya?
Kami yakin, kamu sudah tidak sabar menanti pameran ini yang cukup lama absen. Apalagi tren Smartphone yang terus update yang benar-benar tidak terbendung.
Momen menjelang puasa benar-benar dimanfaatkan oleh penyelenggara untuk menarik minat masyarakat agar mau membeli.
Kami coba melihat langsung seperti apa suasana di sana. Rupanya tidak besar. Maksud kami, tidak seperti mengambil semua tempat yang biasa dilakukan untuk acara pameran.
Bagian separuh tempat, digunakan oleh penyelenggara acara lain yang bertajuk UKM. Soal gadget apa saja yang ditawarkan, tentu tujuan kami hanya Asus yang stan tidak begitu besar.


Saat kami cari produk terbarunya seperti Zenfone Max Pro M1 memang belum tersedia. Meski begitu tawaran untuk mencicil HP masih menjadi keuntungan buat kamu yang ingin membeli dengan bud…