🎆 Agenda Kota Semarang Bulan Desember 2025
Bencana banjir dan tanah longsor yang melanda sebagian wilayah Sumatra pada akhir November 2025 lalu memang meninggalkan duka. PT XL Axiata Tbk, memastikan bahwa upaya pemulihan jaringan dan layanan telekomunikasi di area terdampak terus berjalan intensif hingga saat ini.
Beberapa Base Transceiver Station (BTS) di wilayah Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat masih mengalami gangguan. Namun, tim teknis di lapangan tidak tinggal diam!
"Kami turut berduka dan prihatin atas bencana yang menimpa saudara-saudara kami di Sumatra. Tim teknis kami bekerja 24 jam non-stop untuk memastikan layanan telekomunikasi tetap tersedia bagi masyarakat dan pihak otoritas penanggulangan bencana," ujar Desy Sari Dewi, Regional Group Head XL Axiata West Region.
XL Axiata terus berupaya melakukan perbaikan, termasuk memobilisasi genset untuk menjaga operasional BTS.
Memulihkan jaringan pasca-bencana tentu penuh tantangan. Kondisi wilayah yang masih tergenang banjir dan tertutup longsor menjadi hambatan utama. Belum lagi keterbatasan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk genset, serta akses medan yang sulit dilalui tim teknis kami.
Meskipun demikian, semangat tim tak pernah surut! Berkat kerja keras ini, layanan di beberapa area yang terdampak sudah mulai pulih dan dapat digunakan kembali oleh masyarakat.
Update Data BTS Terdampak:
| Wilayah | Jumlah BTS Terdampak | Lokasi Utama |
| Aceh | 538 BTS | Kab. Pidie Jaya, Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Tamiang |
| Sumatra Utara | 120 BTS | Kab. Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Kota Sibolga |
| Sumatra Barat | 33 BTS | Kab. Padang Pariaman, Tanah Datar, Solok |
| Total | 691 BTS |
(Data per 1 Desember 2025)
Selain fokus pada pemulihan jaringan, XL Axiata juga memaksimalkan upaya bantuan untuk korban bencana melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) XL Axiata Peduli Bencana Sumatra.
XL Axiata bekerja sama dengan mitra kolaborasi seperti DT Peduli, UMKM lokal, mitra dealer, dan aparat setempat untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan ini.
Bantuan yang Disalurkan:
Paket kebutuhan pokok darurat (sembako).
Makanan ringan dan minuman.
Kebutuhan bayi dan anak.
Bantuan ini didistribusikan ke posko-posko pengungsian di enam (6) titik wilayah terdampak terberat:
Kabupaten Pidie, Aceh
Lhoksumawe
Tapanuli Selatan
Mandailing Natal
Padang Pariaman
Tanah Datar
Desy menambahkan, "Saat ini kami sudah melakukan penyerahan bantuan di 2 titik lokasi (Pidie Aceh dan Padang Pariaman), 2 lokasi sedang dalam proses perjalanan menuju target (Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal), dan akan berlanjut ke 2 lokasi lainnya (Tanah Datar dan Lhoksumawe). Kami berharap bantuan ini dapat sedikit meringankan beban para korban di pengungsian."
Dengan total sekitar 14 juta pelanggan di Sumatra dan didukung oleh lebih dari 47.000 BTS, XL Axiata berkomitmen untuk menjaga kualitas jaringan agar semua pihak di lokasi bencana dapat berkomunikasi dengan lancar. Komunikasi adalah kunci, terutama di saat-saat darurat seperti ini!
📝 Press release by XL Axiata
Artikel terkait :
Comments
Post a Comment