Melihat Jurusan Pemasaran SMK di Acara Gebyar SMK 2018


Dunia pendidikan rupanya ikut juga dalam perkembangan di era sekarang. Wajar bagi kami yang masih awam, sangat kaget dengan pelajaran yang didapat pelajar SMK yang mendapatkan pelajaran tentang pemasaran.

Bulan Mei tanggal 13, hari minggu pagi, Semarang seperti biasa sedang menggelar Car Free Day. Kebenaran ada acara bertajuk Gebyar SMK 2018 yang digelar di halaman Gedung DPRD Jateng mulai hari Sabtu (12/5).

Kami pikir, di sana akan menemukan berbagai hasil karya pelajar SMK dan daftar Sekolah dari seluruh kota Semarang yang dapat dijadikan informasi menarik buat blog kami. Ternyata, kami malah kepincut dengan jurusan SMK, yaitu Pemasaran. Atau bahasa kerennya marketing.

Tentu tahun 2018 bicara tentang jurusan ini yang baru kami tahu, kami pasrah dibilang jadoel. Tapi benaran kami tidak tahu bahwa jurusan ini masuk dalam kurikulum SMK sekarang.

Berarti acara Gebyar SMK yang digelar oleh paguyuban Kepala Sekolah Swasta (PKKS) Semarang sukses menarik perhatian kami yang saat itu sempat berkeliling melihat acara yang tengah berlangsung.

Dunia pemasaran yang semakin akrab


Bagi kami, dunia pemasaran sendiri sangat akrab. Apalagi di era informasi sekarang yang sangat mudah menemukan berbagai konten yang berhubungan dengan hal tersebut.

Beberapa acara, bertemu dengan pakarnya langsung dan melakukan aktivitas pemasaran (meski dalam lingkungan pemasaran internet), kami sudah melakukannya. Bahkan, konsen pemasaran semakin luas dalam dunia kerja, seperti pemerintahan hingga perusahaan.

Meski kami akrab dengan dunia pemasaran, kami tetap saja tak berada seperti para pelajar yang banyak mendapatkan pelajaran pemasaran yang kami pikir, itu hanya ada di perguruan tinggi. Mengingat pelajar SMA, rasanya di era kami tidak ada pelajaran itu.

Jurusan pemasaran SMK, kami pikir itu sangat bagus


Kami sempat mengobrol dengan beberapa teman pelajar tentang apa yang sudah mereka dapatkan. Jujur, pemahaman pemasaran yang mereka dapatkan ternyata berbeda dengan apa yang kami kerjakan. Kami benar-benar harus mencoba melihat mata pelajarannya sepertinya.

Salah satu stan yang kami lihat, SMK Antonius Semarang, di sana jurusan pemasaran sudah ada. Saat kami mendapatkan, semacam buklet, untuk jurusan pemasaran dalam dunia kerja setelah mereka lulus, bisa mencoba di bagian Social Media Marketing salah satunya.

Wah, keren sekali semisal para pelajar yang lulus ahli dibidang tersebut. Ini mengingat, era media sosial dan apa yang kami geluti, Pemasaran di bidang media sosial sangat dibutuhkan. Bila bicara pekerjaan dan gajinya, ini bisa dibilang menggiurkan. *Kembali lagi pada kompetisi yang diperoleh.

Berikut beberapa foto suasana saat acara kemarin yang kami kunjungi saat CFD.


 Media sosial benar-benar tidak bisa diabaikan sekarang

Bukan hanya perusahaan atau pemerintah yang memiliki aplikasi, SMK juga.

Kira-kira, jurusan pemasaran di SMK itu apa saja pelajarannya?

Karena rasa penasaran, kami coba mencari di mesin pencari Google tentang pelajaran SMK jurusan pemasaran. Kami yang awam, tentu melihat informasi ini sangat menarik.

Pencarian kami terhenti pada sebuah blog yang beralamat vanillachocho.blogspot.com. Dengan judulnya Apasih jurusan PEMASARAN di SMK itu?, dipublish pada Maret 2016, kami menemukan 18 pelajaran di sana.

Ada Komunikasi bisnis,  melakukan pemasaran barang dan jasa, negosiasi dan masih banyak lagi. Silahkan lihat di sini bila penasaran. Semua pelajaran itu bagi kami, benar-benar di luar apa yang kami kerjakan. Ternyata begitu. Andai kami pelajar SMK dengan jurusan tersebut, kami pasti sangat tertarik.

...

Era sekarang, pengetahuan dalam bidang pemasaran sangatlah penting. Bahkan seluruh aspek. Jangan berpikir bahwa pemasaran itu condong menjadi sales atau penjual. Pemasar buat kami bagaimana lebih melihat sesuatu yang biasa dapat diubah menjadi luar biasa, semacam membuat kemasan, mengatur strategi, melihat peluang dan sebagainya.

Meski begitu, keahlian yang memang di era sekarang paling diperlukan, kadang berbenturan dengan tingkat pendidikan berikutnya. Itu bila ingin merambah dunia kerja yang lebih tinggi. Karena beberapa perusahaan besar, kadang juga meminimalkan syarat pekerjanya memiliki ijasah S1.

Beruntung rasanya kami tidak ketinggalan informasi meski sangat terlambat mengetahui jurusan pemasaran sudah ada di SMK-SMK. Tak harus bekerja di sebuah perusahaan besar, UMKM dan Startup bisa dijadikan pijakan untuk menerapkan pengetahuan bidang pemasaran. Karena semua berawal dari yang kecil, kemudian menjadi besar.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?