Salah satu acara menarik yang sukses mencuri perhatian kami di Kota Semarang pada bulan November ini adalah Padel masuk mal . Sebuah konsep yang terbilang unik dan anti-mainstream . Siapa sangka, olahraga yang sedang naik daun ini bisa dimainkan di tengah pusat perbelanjaan? Kami pun dibuat penasaran, seperti apa rancangan lapangan dan event yang disajikan nanti? Musim Hujan, Banjir, dan Tantangan Event Outdoor di Semarang November telah tiba, meninggalkan Oktober yang penuh dinamika. Khususnya, isu banjir yang kembali jadi perbincangan hangat. Entah mengapa, kali ini suaranya terasa lebih kencang, seolah menjadi jawaban atas keluh kesah para pengguna media sosial yang kerap mengeluhkan teriknya matahari Semarang. Jika berkaca pada kalender cuaca, Ibu Kota Jawa Tengah memang telah resmi memasuki musim penghujan. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para penyelenggara event , terutama yang masih mengandalkan ruang terbuka ( outdoor ). Tantangan ini juga berlaku bagi Anda,...
Get link
Facebook
X
Pinterest
Email
Other Apps
Melihat Kampanye #JarikMasjid di Media Sosial Selama Puasa
Get link
Facebook
X
Pinterest
Email
Other Apps
-
Sebuah ajakan dalam rangka bulan puasa yang dilakukan lewat kampanye media sosial sangat menarik perhatian kami. Kebenaran juga, konten puasa yang ada di blog kami cocok dengan tulisan ini. Seperti apa hasil kampanye yang dilakukan pemimpin kota Semarang ini?
Wali Kota Semarang, Mas Hendi melakukan kampanye menarik selama bulan puasa dengan sebuah tagar #JarikMasjid yang berarti jumat reresik masjid atau bersih-bersih masjid.
Puasa melihat baliho besar terpampang di sana (lihat gambar) kira-kira berapa duit untuk mengkampanyekan program tersebut. Tapi rasanya nggak perlu bayar deh.
Itu pemikiran orang awam seperti kami bila sedang bicara kampanye di media sosial. Kampanye-kampanye yang menggunakan tagar atau hashtag memang sudah biasa saat ini kami lihat. Tujuannya tentu, pembuat kampanye jadi tahu sampai mana statistik bisa diperoleh.
Program ini, mengutip jateng.tribunnews.com (17/5/2018), memang diharapkan pak Wali dapat menggerakkan masyarakat untuk peduli pada masjid. Bahkan, beliau turun langsung ikut membersihkan.
Apalagi saat bulan puasa. Reresik masjid dilakukan seminggu sekali, tepatnya hari Jumat. Sebenarnya ajakan ini sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum puasa. Namun kami sangat tertarik, saat ajakan ini ditaruh dalam alat kampanye (Baliho) dan membawa tagar di sana.
Twitter
Akhir-akhir ini kami sangat kesulitan mendapatkan alat atau tools analisis Twitter yang bersifat gratis. Sebenarnya banyak, hanya saja selalu terbatas. Bila mau gunakan yang berbayar, itu fiturnya sangat komplit. Hanya saja kami belum berminat.
Kami membuat informasi secara manual, akun apa saja yang terlibat menggunakan tagar #JarikMasjid ini. Hasil yang diperoleh ini mewakili saja, mengingat keterbatasan kami dalam mengumpulkan.
Ada 9 akun Twitter yang didominasi seluruhnya akun yang berhubungan dengan pemerintah kota Semarang, berikut detailnya
@kelurahancabean
@kelkrapyak
@Kec_SMGBarat
@KelKrobokan
@PemkotSmg
@hendrarprihadi
@humaspemkotSMG
@rinasoetarti
@AcaraSemarang
Untuk jumlah penggunaan tagar sendiri, kami pikir ini sedikit. Mengingat yang terlibat tidak banyak. Detail jumlah, kami tidak mendapatkannya secara spesifik (keterbatasan alat).
Instagram
Mencari jumlah tagar di Instagram memang selalu mudah. Jumlah tagar hingga tulisan ini kami buat, ada di angka 146 postingan.
Akun @hendrarprihadi (Wali Kota) berada diurutan teratas dengan jumlah suka sekitar 3 ribuan. Postingan yang diposting 1 Juni 2017 tersebut memang menandakan kampanye ini sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum puasa tahun ini.
Untuk penggunaan tagar oleh pengguna, masih didominasi akun yang berhubungan dengan pemerintah kota Semarang. Meski begitu, keterlibatan akun dari masyarakat sedikit lebih banyak dari statistik yang didapat dari Twitter.
..
Tujuan kami membawa tagar ini ke halaman blog dotsemarang adalah untuk melihat bagaimana kampanye di media sosial dengan tagar dilakukan pemimpin kota Semarang. Selama ini, tagar yang kami lihat kebanyakan digunakan oleh brand atau pengguna socmed untuk memberikan ciri khusus kepada pemiliknya.
Hasil yang diperoleh yang kami kumpulkan lebih melihat sasaran yang didapat, apakah efektif atau tidak. Kami akan melihat di masa depan (puasa akan mendatang), apakah program ini kembali digalakkan.
Kampanye #JarikMasjid sendiri sudah dilakukan jauh-jauh hari. Itu berarti sebelum puasa, tagar ini sudah menghiasi linimasa.
Platform belanja online beberapa bulan terakhir ini mendadak dibanjiri laptop merek bernama AMOLI. Yang berkesan dari merek baru ini adalah warna tampilannya yang menarik perhatian kami. Apakah ini alasan kami membawanya ke blog dotsemarang? AMOLI? Nama yang masih sangat asing ditelinga namun sudah menyebar ke mana-mana di platform jual beli online seperti shopee . Terutama saat menyelesaikan tugas check-in aplikasi yang ingin mengejar rupiah semata. Laptop AMOLI buatan mana? Saat kami cari tahu, kalimat di atas muncul dalam pencarian. Perkiraan pasti mengarah ke negara China. Namun itu belum menjawab rasa penasaran kami sebelum mendapatkan data yang pasti. Setelah mengubek-ubek Google hingga Instagram, hasilnya masih nihil. Nih merek sulit banget dicari apa?! Hampir saja kami menyerah . 🥲 Akhirnya kami tiba di TikTok dengan id @amoli_laptop . Akun tersebut bukan official resmi sepertinya karena isinya berbahasa Indonesia. Meski begitu, akun tersebut adalah referensi karena memang fok...
Dibandingkan sang saudara, ASUS Gaming K16 , dari sisi harga V16 memang dipatok sedikit lebih mahal. Tapi tunggu dulu, untuk sebuah laptop gaming spesifikasi tinggi yang sudah membawa arsitektur terbaru, V16 justru termasuk kategori smart budget jika dibandingkan dengan lini premium seperti TUF A16 yang harganya menyentuh Rp18-30 juta. Inilah bagian penutup dari seri laptop gaming yang dikenalkan ASUS pada saat acara eksklusif di Jogja bulan Agustus lalu, yang mana kami hadiri langsung. Meskipun diposisikan di segmen entry-level —jauh di bawah TUF Gaming yang lebih premium atau ROG yang super mahal—performa dan desainnya benar-benar sukses membuat kami penasaran. Mari intip spesifikasi lengkapnya! Desain: Minimalis Tapi Tetap Menggoda Aura Gaming ASUS Gaming V16 mengusung desain sleeper yang sangat fungsional. Dengan sasis tipis dan ringan—beratnya cuma 1.95 kg dengan ketebalan sekitar 2 cm—laptop ini mudah banget diselipkan ke dalam tas ransel. Finishing matte black -nya ter...
Semenjak kembali menggunakan layanan internet operator dari XL Axiata bulan Juli kemarin , ada pertanyaan besar dipikiran kami tentang paket Xtra Combo Flex yang tidak tersedia di aplikasi MyXL. Apakah hanya kami saja yang kebingungan? Dikenalkan sejak bulan Maret 2022, paket Xtra Combo Flex ternyata sangat menarik dari sisi pembagian kuota, seperti bonus hingga gratis berlanggananan konten Vidio. Tidak ada di aplikasi Hanya saja, sebagai pengguna baru yang membeli kartu perdana yang langsung mendapatkan paket Xtra Combo Flex, kami agak bingung saat mencarinya di aplikasi MyXL. Apalagi bonus-bonus yang harus diklaim lewat aplikasi, mau tidak mau membuat kami harus menginstal aplikasinya ke smartphone. Di mana paket Xtra Combo Flex? Dari daftar paket utama pun tidak ada tersedia sama sekali. Sudah kami cari-cari dibeberapa menu lainnya, hasilnya tetap nihil. Paket yang tersedia di paket utama (lihat gambar) hanya ada Akrab, Akrab Mini, Xtra Combo Plus, Xtra Combo Mini, Xtra On dan ...
Salah satu acara menarik yang sukses mencuri perhatian kami di Kota Semarang pada bulan November ini adalah Padel masuk mal . Sebuah konsep yang terbilang unik dan anti-mainstream . Siapa sangka, olahraga yang sedang naik daun ini bisa dimainkan di tengah pusat perbelanjaan? Kami pun dibuat penasaran, seperti apa rancangan lapangan dan event yang disajikan nanti? Musim Hujan, Banjir, dan Tantangan Event Outdoor di Semarang November telah tiba, meninggalkan Oktober yang penuh dinamika. Khususnya, isu banjir yang kembali jadi perbincangan hangat. Entah mengapa, kali ini suaranya terasa lebih kencang, seolah menjadi jawaban atas keluh kesah para pengguna media sosial yang kerap mengeluhkan teriknya matahari Semarang. Jika berkaca pada kalender cuaca, Ibu Kota Jawa Tengah memang telah resmi memasuki musim penghujan. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para penyelenggara event , terutama yang masih mengandalkan ruang terbuka ( outdoor ). Tantangan ini juga berlaku bagi Anda,...
Di tengah intensitas hujan tinggi dan trauma banjir yang baru saja melanda Kota Semarang , akses informasi real-time yang kredibel menjadi kebutuhan mutlak. Untungnya, Pemerintah Kota Semarang punya portal resmi: pantaubanjir.semarangkota.go.id . Dashboard ini hadir sebagai pusat data yang sederhana, tapi sangat efektif untuk memantau kondisi air. Memasuki lagi-lagi musim penghujan, sebagian wilayah Kota Semarang kembali diterpa genangan. Belum kering benar, air sudah datang lagi. Hujan pun tak tanggung-tanggung, datang bertubi-tubi, deras, dan berjam-jam. FYI : Kala kami ditemani hujan, informasi juga sangat deras mengalir di media sosial. Terutama di Threads dan Instagram . Menariknya, di X (dulunya Twitter), banjir kali ini tak sebesar pengaruhnya seperti tahun-tahun sebelumnya yang sampai trending berhari-hari. Apakah karena algoritmanya berubah, atau karena Threads kini lebih menarik perhatian? Kita bahas lain waktu. Mengenal Portal Resmi Pantau Banjir Kota Semarang Kami send...
Comments
Post a Comment