[Statistik Twitter] Pengaruh Tagar SNC2018


Sukses penyelenggaraan International Semarang Night Carnival 2018 yang berlangsung tanggal 5 Mei adalah sebuah kebanggaan buat kami yang ikut terlibat dalam mempengaruhi media sosial, khususnya Twitter, meski tidak besar. Untuk itu, halaman ini kami buat dengan harapan bisa sebagai acuan di masa mendatang.

Hari ini kami merilis data statistik penggunaan tagar #SNC2018 yang dibuat dengan Tweet Binder, social media tracking tool yang alamat situsnya bisa kamu kunjungi di tweetbinder.com.

Alat ini gratis, dan siapa pun sebenarnya bisa melakukannya. Karena alasan gratis ini pula, tentu juga sangat terbatas kemampuannya.

Durasi waktu untuk membuat ini adalah tanggal 6 Mei 2018, yaitu setelah 1 hari acara ini berakhir. Pengambilan datanya diambil dari tanggal 5 Mei dari jam 6 malam sampai tanggal 6 Mei jam 6 pagi.

Statistik via Slideshare

Data ini kami taruh di situs slideshare.net, tempat dimana kami menaruh beberapa konten statistik lainnya. Jumlah file untuk statistik ini hanya 10 lembar yang dibuat dari Power Point. Semua dibuat sederhana, dengan cara mengambil screenshoot.



Tentang statistik 

Berikut beberapa informasi yang kami simpulkan dari data yang sudah kami kumpulkan :
  • Jumlah penggunaan tagar #SNC2018 sekitar 1,945 Tweet. Karena kami menggunakan dengan alat ini secara gratis, biasanya jumlah yang terambil biasanya dibawah 2 ribu tweet.
  • Ada 9 juta lebih Impressions atau yang dilihat pengguna.
  • Posting foto di Twitter lebih banyak ketimbang teks dengan persentase, 27% untuk foto dan video (633 gambar yang dibagikan). Lalu, teks hanya 7%. Paling rendah persentase dipegang tweet yang membalas atau replies sebesar 5%.
  • Ada 62% Retweet yang dihasilkan untuk tagar SNC2018. Ini artinya, banyak pengguna yang menyebarkan konten (tweet) tidak orisinil.
  • Pengguna paling aktif menyerbarkan tweet dipegang oleh akun personal yaitu, WahidUnited dengan jumlah posting sebanyak 231 tweet.
  • 236 kontributor, itu artinya jumlah pengguna yang membagikan tagar SNC.
  • 8,24 tweet rata-rata tiap kontributor. Ini artinya, tiap pengguna yang membagikan tagar minimal sekitar 8 tweet.
  • Akun Gus Wahid (WahidUnited) selain sebagai pengguna paling aktif yang dibuntuti MaraSolehan dibawahnya, @WahidUnited juga adalah akun yang paling banyak meretweet.
  • Untuk konten asli di Twitter, nama Travel Blogger masuk dalam daftar teratas dengan jumlah 87 Tweet. Kami sendiri berada diperingkat 6 untuk kategori ini.
  • Akun Radio Elshinta dengan nama id @RadioElshinta yang sudah mendapat centang biru yang jumlah pengikutnya ada 3,6 juta, menjadi akun paling populer dan memiliki pengaruh paling tinggi.
  • dotsemarang sendiri untuk kategori Most populer hanya berada diperingkat 9. Dan kategori Highest Impact, kami berada di peringkat buntut alias 10. Sedangkan top photographers, kami berada di peringkat 4.
  • Kategori foto, ada nama akun Shafigh yang juga diikuti akun Mara dan Gus Wahid.
...

Tahun ini, Semarang Night Carnival masih melibatkan bloger dalam kampanye promosinya yang akhirnya menjadi Trending Topik Indonesia.

Bloger yang kami maksud adalah mereka yang tergabung dalam Famtrip Bloger yang diadakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang bersama Badan Promosi Pariwisata Kota Semarang (BP2KS).

Semoga data sederhana yang kami sajikan ini bisa berguna. Silahkan kamu download bila tertarik, kami memberinya gratis saja.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?