Ternyata ditengah gempuran teknologi seperti streaming online, bioskop masih menjadi daya tarik masyarakat Indonesia untuk menonton film. Survei berikut setidaknya memberi informasi menarik bagi industri film tanah air.
Seperti yang termuat dalam halaman majalah Marketing edisi bulan Mei 2015, ada survei yang dilakukan oleh SurveyOne pada April 2015 tentang perilaku menonton film di bioskop. Berikut data statistiknya
Bioskop masih banyak dipilih responden untuk menonton film
- Bioskop - 59.1%
- DVD - 16.8%
- Download - 10.1%
- Televisi - 9.4%
- Streaming online - 4.7%
Bioskop ternyata masih memiliki daya tarik yang cukup kuat
- Sangat tidak tertarik - 0.7%
- Tidak tertarik - 1.3%
- Biasa saja - 20.8%
- Tertarik - 47.7%
- Sangat tertarik - 29.5%
Pada hari apa responden biasanya menonton film di bioskop?
- Sabtu dan Minggu - 66.2%
- Senin sampai Kamis - 28.4%
- Jumat - 5.4%
Waktu yang paling sering responden gunakan untuk menonton film di bioskop
- Sore - 41.5%
- Malam - 40.8%
- Siang - 17.0%
- Tengah malam - 0.7%
Film action paling banyak disukai
- Action - 77.2%
- Comedy - 59.1%
- Adventure - 53.0%
- Science Fiction - 47.7%
- Animation - 41.6%
- Romance - 38.9%
- Family - 36.9%
- Fantasy - 36.2%
- Thriller - 30.2%
- Horor - 20.1%
- Mystery - 16.8%
- Musical - 16.1%
Alasan responsen tertarik dan sangat tertarik menonton film di bioskop
- Sound systemnya bagus/canggih - 55.4%
- Layar yang lebar/besar membuat menonton menjadi sangat berbeda dibanding dengan nonton DVD/komputer - 33.0%
- Suasananya lebih mendukung untuk menikmati film - 27.7%
- Kualitas gambarnya jernih - 18.8%
- Kualitas filmnya bagus - 8.9%
- Up to date filmnya - 7.1%
- Suasana menonton berbeda karena bersama banyak teman-teman - 6.3%
- Ceritanya seru - 6.3%
- Fokus, tidak terganggu aktivitas lainnya - 3.6%
- Fasilitas nyaman yang menunjang dari bioskop - 3.6%
Survei yang dilakukan secara online ini setidaknya memberitahukan kepada para pengusaha bioskop untuk mempertahankan pangsa pasar mereka di tengah persaingan dengan gadget dan teknologi yang semakin canggih.
Sedangkan dari sudut pandang
Kofindo, meski ini secara umum bukan film Indonesia saja, produser dan sutradara bisa melihat data ini untuk membuat film yang lebih menarik lagi. Apalagi kaum remaja menjadi penonton paling banyak saat ini.
Sumber original : Majalah Marketing edisi Mei 2015
Survei dari SurveyOne pada April 2015 yang merupakan bagian dari Marketing Group.
Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap
Berapa banyak respondennya?
ReplyDelete