Ini Alasan Perubahan Perilaku Konsumen Indonesia Saat ini?


Gambar : Google

Kedekatan konsumen dengan dunia online menjadi salah satu ciri perilaku konsumen yang terlihat berbeda-beda akhir-akhir ini. Pertumbuhan internet di Indonesia yang semakin dahsyat memang menciptakan konsumen yang mulai memilih belanja online sebagai salah satu cara berbelanja. Menarik mempelajari ini bagi saya dan tentunya Anda semua.

Saya harus mengatakan bahwa tulisan ini diambil dari majalah Marketing. Majalah yang benar-benar menginspirasi saya tentang sesuatu yang tak pernah saya pikirkan. Untuk itulah, saya berharap selain ini sebagai ingatan saya, informasi ini bisa berguna kelak.

Berikut ini beberapa alasan perubahan perilaku konsumen tahun ini

Perubahan demokrafi

Adalah salah satu pendorong terjadinya perubahan perilaku konsumen di Indonesia. Dalam 10 tahun terakhir ini terjadi perubahan demokrafi di Indonesia. Mungkin saya adalah bagian dari perubahan tersebut.

Semakin meningkatnya pendapatan ekonomi masyarakat Indonesia menciptakan masyarakat baru di Indonesia, seperti kelas menengah yang semakin besar, meningkatnya kelompok-kelompok produktif, dan berkurangnya tingkat kelahiran.

Pendapatan masyarakat yang semakin besar di satu sisi memang terlihat baik. Namun dilain sisi, semakin tingginya kemakmuran masyarakat di sebuah negara menciptakan berbagai penyakit baru.

Bila pada saat negara masih miskin, penyakit-penyakit seperti cacar dan muntaber menjadi penyakit yang dominan. Namun saat negara makin makmur, penyakit-penyakit modern seperti stroke, jantung, kanker, AIDS, dan lain-lainnya ini malah bertambah banyak. Jadi jangan heran bila masa mendatang, Anda menemukan penyakit yang lebih baru lagi.

Perubahan teknologi

Yang paling besar adalah masuknya Internet dalam keseharian konsumen. Kini konsumen merasa tidak bisa hidup tanpa bantuan internet. Konsumen bahkan merasa terdorong untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain melalui internet.

Konsumen semakin percaya bahwa internet menjadi saluran komunikasi dan distribusi bagi produk-produk yang mereka inginkan. Meski sebenarnya internet bukan satu-satunya teknologi yang muncul di masyarakat.

Teknologi seperti biotechnology dan medical technology membuat konsumen semakin percaya terhadap teknologi yang mengatur dan membantu kehidupan mereka.

Masalah lingkungan

Kerusakan lingkungan yang semakin parah, isu global warming, dan sulitnya mendapatkan sumber daya alam perlahan akan membuat konsumen semakin sadar lingkungan.

Harus diakui, perhatian konsumen di Indonesia terhadap lingkungan sampai sekarang masih minim. Namun, adanya tekanan dan policy dari pemerintah serta keadaan lingkungan yang dirasakan akan memaksa konsumen untuk sadar terhadap lingkungan.

Salah satu masalah yang dihadapi konsumen adalah sampah yang semakin menumpuk. Manajemen sampah akan menjadi masalah di tiap rumah tangga sehingga konsumen akan mulai berpikir untuk membeli produk-produk daur ulang dan tidak terbebani sampah.

Salah satunya dilakukan juga dengan mengurangi konsumsi plastik dan material yang tidak langsung hancur oleh tanah.

...

Konsumen disini adalah masyarakat. Masyarakat yang benar-benar hidup di era internet merajai. Informasi ini bukan saja memberi saya inspirasi untuk melihat pasar yang sedang terbakar, maksud saya sedang naik-naiknya, tapi memberi cara menghadapi gaya konsumen di era sekarang.

Bila Anda memiliki usaha tentu artikel ini sangat bermanfaat. Sedangkan bagi blogger seperti saya, ini menambah wawasan dan paham dengan apa yang terjadi saat ini.

Sumber original
Majalah Marketing edisi Mei 2015

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?