Langsung ke konten utama

Peranan Internet Dalam Pembelian Mobil, Ladang Konten Buat Bloger


Di Semarang tiap beberapa bulan sekali kami melihat pameran mobil yang diselenggarakan di Mall. Kami pikir itu kurang menarik untuk blog dotsemarang karna kami tidak menguasai dengan baik konten tersebut. Namun dengan survei yang kami baca berikut ini, sepertinya kami berencana membangun konten tentang otomotif. 

Mengutip otomotif.liputan6.com (11/4),  sebuah survei Taylor Nelson Sofres (TNS) tentang karakter pembeli mobil di Indonesia sangat menarik minat kami terhadap perkembangan otomotif di Semarang, khususnya bagaimana kami membangun konten dari sini.

Dalam riset yang dilakukan 508 responden terhadap pengguna digital yang berusia sekitar 30 tahun, berpenghasilan Rp.15 juta hingga 20 juta perbulan, domisilinya tersebar di berbagai Indonesia, dan calon pembeli mobil baru ditemukan hasil sebagai berikut.

  • 73% pembeli mobil baru, menggunakan pencarian informasi menggunakan selular. 
  • 67 % di antaranya menggunakan ‘Google search’ untuk mulai mencari informasi tentang mobil yang ingin dibeli.
  • 98% Pembeli mobil di Indonesia, mencari pertanyaan dengan kata kunci ' apa mobil terbaik.'
  • 83% pembeli mobil baru mencari infromasi dengan cara melihat video terlebih dahulu (Youtube).
  • 93% pembeli mobil mencari penawaran terbaik yang bisa mereka dapat. 
  • 42% mencari daftar harga mobil
  • 32% mencari tahu harga jual kembali
  • 52% para pembeli mobil baru tetap mencari tempat atau dealer melalui internet.
  • 72% pelanggan yang membeli mobil di dealer mengatakan mencari informasi tentang mobil sebelum membeli di internet.
  • 95% pembeli mobil di Indonesia rajin mencari promo.
  • 42% kata kunci 'pricelist dicari para calon pembeli mobil baru.
  • 32% kata kunci 'resale value' dicari calon pembeli mobil.
  • 72% pembeli mobil baru setidaknya membutuhkan 2 bulan untuk memilih merek mobil yang tepat.
Internet dan perangkat seluler tidak bisa dipisahkan

Dari hasil survei ini, kita tahu bahwa Internet dan perangkat seluler sangat melekat dengan konsumen yang akan membeli mobil di Indonesia. Dan sepertinya ini akan terus meningkat di masa mendatang.

Konsumen menginginkan pengalaman yang mudah dan sederhana saat membeli mobil, semudah membeli barang lainnya. Bahkan 49% diantaranya berkata bahwa mereka tidak keberatan membeli mobil secara online. Jika memang ada dpilihan tersebut.

Produsen dan dealer mobil kini dihadapkan oleh konsumen yang kaya informasi. Tentu ini menjadi tantangan sendiri bagi mereka. Menurut Amalia, Industry Head Google Indonesia, "produsen mobil bisa menyediakan informasi yang relevan, bermanfaat, dan pada momen tepat di perangkat seluler, hal ini bisa mendatangkan keuntungan di era yang begitu mengandalkan seluler."

Referensi : Majalah Mix 04/XIV
...

Melihat informasi ini, kami harus berpikir ulang tentang konten otomotif, khususnya mobil yang selalu hadir dalam bentuk pameran di mall-mall. Bila dilihat dari segi konten, kami pikir ini bisa menarik pengunjung lebih besar.

Tapi kami harus juga menyadari bahwa kami bulan tipe bloger otomotif secara khusus. Ulasannya bakal tidak secara khusus membahas spesifikasi atau kelebihan mobil. Dan ini bisa menjadi tantangan tersendiri.

Buat kamu yang bingung mencari konten untuk blog, dunia otomotif bisa menjadi rekomendasi selain tema populer lainnya dalam dunia blogging seperti Teknologi, Fashion, Wisata maupun travel. Apakah kamu tertarik membangun konten Otomotif?

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Februari 2018

Tahun baru Imlek di Semarang kali ini dijadikan momen mengadakan pameran handphone awal tahun 2018. Bila dilihat rentang waktu terakhir pameran diadakan, desember, ini berarti ada jeda 1 bulan kosong yang biasanya awal tahun selalu ada pameran. Ingin ganti hape?

Tuan rumah pameran hape di Semarang kali ini jatuh pada Paragon Mall dan Plasa Simpang Lima Semarang. Tidak ada Java Mall yang identik dengan pameran kali ini. Mungkin tempatnya sedang dipakai pameran lainnya.

Gadget Super Sale by Sinar Mas Selluler (SMS)

Pameran handphone di Paragon Mall digelar dari tanggal 14 Februari - 18 Februari 2018. Sepertinya mengambil momen hari Valentine mengawali pameran ini berlangsung.


Harga Asus Zenfone di Pameran Handphone Semarang Februari 2018
Pameran di Paragon sendiri sudah kami lihat. Saat kami kunjungi hari ini (16/2), mereka berbagi tempat dengan acara dari sebuah Bank yang sedang mengadakan roadshow dengan program menariknya.

Selain berkunjung ke stan ASUS, kami juga mengunjungi stan Nok…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Februari 2018

Selamat datang bulan Februari. Bulan yang dianggap sebagian orang bulan penuh cinta ini bertepatan dengan salah satu acara di kota Semarang, Pasar Imlek Semawis. Berikut daftar acara di kota Semarang selama bulan Februari.

Agenda rutin :
[Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan & Pemuda. [Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan.Agenda lainnya :
[1-12 Feb] - Pameran Otomotif Plasa 2018 di atrium Plasa Simpang Lima Semarang.[7-19 Feb] - Pameran Batik & Craft 'Harmoni Batik Indonesia' di Java Mall.[12-14 Feb] - Pasar Imlek Semawis 2018. Detail informasi klik di sini.[14-18 Feb] - Pameran Handphone di Paragon Mall.[15-25 Feb] - Pameran Handphone di Plasa Simpang Lima Semarang.[1…

Dilantik Secara Resmi, Ini 3 Komunitas Baru yang Turut Meramaikan Dunia Perkomunitasan Semarang

Tiga komunitas Semarang ini dilantik dihadapan Wakil Wali kota Semarang, Ketua DPRD kota hingga perwakilan Diskominfo Jateng sampai kota Semarang. Menyaksikan pemandangan seperti ini, tentu sangat membanggakan. Terlebih para anggotanya.
Senin (19/2), bertempat di gedung Balai Kota Semarang, kami sedang menunggu kehadiran Mbak Ita (sapaan akrab Wakil Wali Kota) yang akan menjadi saksi bagaimana di tahun keduanya memimpin bersama pak Hendi (Wali Kota) meresmikan kehadiran 3 komunitas di kota Semarang.
Terakhir kali posting tentang komunitas pada bulan Agustus 2017, dan hari ini kembali membawa berita tentang komunitas tentu sangat menarik. Terlebih kehadiran pejabat yang ikut terlibat.
3 Komunitas tersebut ialah
Ada komunitas Cah Semarang Hebat (CSH) yang berisi para pegiat media sosial Semarang yang jumlah pengikutnya di atas rata-rata. Termasuk kami, dotsemarang, yang tanpa sadar ternyata ada di sana. 

Bila dijumlah keseluruhan pengikut di media sosial komunitas CHS yang kebanyakan da…

Melihat Situation Room, Ruang Monitor Canggih Kota Semarang

Apa yang kami mimpikan selama ini untuk dapat berkunjung ke ruang monitor canggih yang mirip dengan Bandung Command Center akhirnya terwujud. Semarang tidak kalah tentunya, berikut suasana Situation Room yang kami kunjungi selepas pelantikan komunitas sebelumnya.

Bandung lewat Wali Kotanya yang sangat aktif di media sosial mewujudkan kotanya menjadi Smart City dengan membangun Command Center pada tahun 2015.

Hadirnya Command Center, kita dapat memonitor langsung keadaan kota. Bisa lewat video CCTV yang sudah terintegrasi hingga pembicaraan yang terjadi di media sosial yang tengah viral. Selain itu, ada banyak aplikasi pendukung lainnya yang dapat digunakan membantu memonitor.

Situation Room Semarang

Kami beruntung bisa berkunjung langsung meski beberapa jam sebelumnya Wali Kota Semarang meresmikan pengoperasian tempat ini di hari yang sama, Senin (19/2).


Mengambil sumber referensi dari jateng.tribunnews.com, Situation Room sebenarnya merupakan pengembangan dari monitoring room yang su…