Seperti Apa Berbuka Puasa di Masjid Agung Jawa Tengah?


Ada yang berencana buka puasa di Masjid Agung Jawa Tengah? Kalau ada, kami punya cerita di postingan ini dan beberapa tips yang setidaknya bisa membantumu saat sudah ada di MAJT. Bulan puasa setidaknya kamu harus punya banyak pengalaman seru yang bisa menambah semangat kamu menjalankan ibadah.

Senin (29/5), kami ikut buka bareng di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Alasan kami ke sini selain ingin buka bareng, juga ingin menambah konten puasa di blog dotsemarang. Kami masih ingat tahun lalu pernah juga buka di sini. Namun saat kami cari di blog, ternyata belum ada kami posting.

Kupon dan ruangan khusus

Sebelum kamu percaya diri ke sini, sebaiknya kamu tahu bahwa panitia yang mengurusin buka bersama akan membagi-bagikan semacam kupon yang memudahkan kamu masuk ke ruangan khusus yang telah disediakan bagi jamaah yang ingin berbuka. 


Sebagai Masjid terbesar di Semarang, mereka yang buka puasa di sini tentunya sangat banyak. Dan gunanya kupon ini agar lebih tertib saja saat masuk. Bagaimana yang tidak dapat kupon? Tetap dikasih menu bukber, hanya saja panitia akan mendahulukan kamu yang sudah memegang kupon. Mereka hanya butuh waktu saja.

Ruangan khusus ini sangat luas. Setelah kamu masuk, silahkan mencari tempat duduk yang kosong. Biasanya sudah ada panitia yang memberitahu kamu di mana seharusnya kamu duduk.


Setelah dirasa semua orang sudah masuk, panitia segera membagi-bagikan menu buka puasa. Seperti gambar di atas. Ada nasi kotak dan air gelas minieral. Karena kami hanya sekali ini ke sini, tentu menu yang disediakan tidak pakem ini terus. Kamu mungkin bisa mencobanya lain waktu bila penasaran.

Salat dulu

Bila kamu sudah tahu bagaimana buka puasa di MAJT di atas, maka beberapa tips berikut ini bisa membantumu untuk tidak salah maksud yang bisa membuatmu kurang semangat nantinya.

Pertama, kamu harus tahu bahwa buka puasa di MAJT setelah selesai salat Magrib. Kamu bisa membatalkan buka saat azan dengan mengambil segelas air di dekat ruangan khusus yang disediakan panitia. Tapi jangan berharap masuk ke dalam ruangan tersebut.

Kedua, kamu harus ikut antri saat mau masuk ruangan khusus tersebut mengingat jamaah yang ikut berbuka bukan kamu dan teman-temanmu saja. 

Ketiga, kemarin kami ada menikmati kue yang dibagi-bagikan saat mengantri. Kamu bisa mengambilnya secara cuma-cuma. Lumayan buat melepaskan nafsu laparmu.

Keempat, jangan berhamburan. Haha.. Masa kamu makan seperti di rumah atau kamar kos. Di bawah ini, kamu bisa lihat juga suasana bukber di MAJT yang kami kemas dalam bentuk video.


...

Postingan ini kami buat dalam rangka menambah konten saat puasa. Kamu bisa ikutan berbagi konten berbuka puasa di Semarang di blog dotsemarang ini. Namun harus yang khusus berhubungan dengan ciri khas yang ada di Semarang.

Maksudnya, kamu buka di masjid seperti kami di atas. Atau menyantap menu kuliner di tempat tertentu dan hanya ada di Semarang. Kalau berminat, kamu bisa manfaatkan email dotsemarang atau via media sosial kami.

Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?