Langsung ke konten utama

Tentang Story-telling Marketing

Salah satu artikel yang dimuat di majalah Marketing edisi Maret 2015 adalah tentang Story-telling marketing. Ini menarik untuk diketahui, baik seorang blogger maupun brand atau perusahaan. Berikut detailnya.

Masih menurut artikel ini, di Indonesia ternyata masih belum banyak perusahaan yang menerapkan strategi story-telling dalam membangun brand. Umumnya strategi ini dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar, seperti Unilever, Coca-cola, atau perusahaan rokok Sampoerna. Kalau di luar negeri, strategi ini umum dilakukan.
Saat ini para konsumen tidak hanya mengenal brand sebuah produk dari penampilannya, mereka mengenal dan memutuskan untuk membeli produk karena cerita dibalik terciptanya produk tersebut.
Sama seperti Joko Widodo yang dikenal dan dipilih menjadi Presiden Republik Indonesia ke-7 salah satunya akibat pencitraan dari sebuah film berjudul Jokowi.
Apa itu Story-telling Marketing?
Adalah kemampuan untuk menceritakan aspek-aspek brand sehingga membentuk hubungan emosional dengan stakeholder seperti sales, public speaker, supplier, distributor, dan konsumen yang membawa pesan brand Anda kepada orang lain.
Tahapan Story-telling Marketing
Pertama, ciptakan nama brand yang mudah diingat dan sesuai dengan karakter produk. Brand image produk Anda akan semakin mudah diingat jika bersifat flexibel dan inovatif.
Kedua, pastikan Anda mengetahui betul siapa konsumen Anda, kebutuhan dan ekspektasi mereka, sehingga Anda bisa berikan mereka informasi dan pelayanan yang sesuai dengan untuk mereka.
Setelah itu, galang komunitas konsumen dengan minat dan segmentasi yang sama serta jalin interaksi kepada semua stakeholder Anda.
Ketiga, ceritakan karakter produk Anda secara spesifik untuk membentuk image brand Anda dengan menjelaskan perusahaan Anda, apa yang Anda jual, dan nilai apa yang Anda berikan untuk mereka.
Keempat, tunjukkan loyalitas Anda kepada pelanggan dengan menanggapi segala keluhan mereka terhadap pelayanan yang perusahaan Anda beriklan.
Saluran story-telling marketing
Pada dasarnya, media apa pun dapat Anda pakai untuk menceritakan produk Anda, baik media cetak maupun elektronik. Hanya saja Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan media yang paling sering diakses oleh target pelanggan Anda.
Seiring dengan perkembangan teknologi, media elektronik seperti radio, televisi dan internet kian menjadi media yang efektif untuk memasarkan produk, menguatkan image, dan menjaring komunitas.
Selain itu, media sosial pun dapat menjadi lahan subur yang efektif dibandikan media cetak seperti koran, majalah, banner, baliho dan poster.
Pengaruh story-telling Marketing terhadap Brand Image
Pendekatan teknik pemasaran yang menggunakan konten yang relevan, unik dan spesifik terhadap keinginan target audiens dapat memudahkan pemasar mengatur tindakan pelanggan yang pada akhirnya menguntungkan perusahaan.
Misalnya seperti meningkatkan brand image, brand awareness, dan brand equity hingga membuat produk Anda menjadi top of mind dan bahkan meningkatkan penjualan dan laba perusahaan.
Story-telling dapat menerjemahkan inti dan nilai merek Anda, juga meletakkan inti pesan Anda tepat pada tujuan merek dan menonjolkan diferensiasi merek Anda di mata pelanggan.
Selain itu, teknik ini pun dapat menciptakan profil produk yang terkait dengan karakter pengguna sesuai kebutuhan dan keinginan mereka.
Story-telling juga membantu pemasar memfokuskan diri untuk menciptakan motivasi pelanggan sesuai segmen pasar yang sudah ditentukan, dengan cara sederhana yang tidak pernah terpikirkan oleh kompetitor.
Dengan begitu, brand image akan terdongkrak dengan sendirinya tanpa perlu pemborosan biaya iklan yang tidak efektif. selama kontennya benar-benar menarik dan disampaikan kepada orang yang tepat, story-telling dapat menjadi senjata ampuh untuk melejitkan nilai penjualan Anda.
Saya hanya mau bilang bahwa ini penting. Menceritakan sesuatu yang tidak pernah diketahui dan akhirnya diketahui banyak orang (konsumen/pelanggan) dapat menciptakan pengaruh.
Seperti istilah ini, ‘bagaimana bisa aku mencintai kamu kita tidak saling mengenal’. Mungkin ada yang harus mengenalkan diri atau sukses dipandangan pertama.
Story-telling marketing merupakan kunci jawaban yang harus dipenuhi seseorang untuk membangun personal brandingnya, perusahaan yang ingin dikenal banyak orang dan brand yang dicintai konsumennya.
Tertarik? Kami bisa bantu menceritakan tentang Anda dan perusahaan Anda saat ini. Hubungi kami bila perlu dan mari mulai mengobrol soal apa yang Anda butuhkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Februari 2018

Tahun baru Imlek di Semarang kali ini dijadikan momen mengadakan pameran handphone awal tahun 2018. Bila dilihat rentang waktu terakhir pameran diadakan, desember, ini berarti ada jeda 1 bulan kosong yang biasanya awal tahun selalu ada pameran. Ingin ganti hape?

Tuan rumah pameran hape di Semarang kali ini jatuh pada Paragon Mall dan Plasa Simpang Lima Semarang. Tidak ada Java Mall yang identik dengan pameran kali ini. Mungkin tempatnya sedang dipakai pameran lainnya.

Gadget Super Sale by Sinar Mas Selluler (SMS)

Pameran handphone di Paragon Mall digelar dari tanggal 14 Februari - 18 Februari 2018. Sepertinya mengambil momen hari Valentine mengawali pameran ini berlangsung.


Harga Asus Zenfone di Pameran Handphone Semarang Februari 2018
Pameran di Paragon sendiri sudah kami lihat. Saat kami kunjungi hari ini (16/2), mereka berbagi tempat dengan acara dari sebuah Bank yang sedang mengadakan roadshow dengan program menariknya.

Selain berkunjung ke stan ASUS, kami juga mengunjungi stan Nok…

Review The Cannibal Bistro & Bar

Bicara tentang tempat nongkrong di salah satu kawasan Semarang atas, Tembalang, tak ada habisnya. Kawasan yang menjadi pusat mahasiswa Universitas Diponegoro atau Undip ini memang sangat terkenal bagi kami yang tinggal di Semarang.

Generasi millenials yang sedang berkuliah di sana sangat beruntung dengan banyaknya ragam pilihan tempat melepaskan penat setelah belajar di bangku kelas. Bila malas keluar pun, ada layanan pesan antar yang juga bisa dimanfaatkan.

Sabtu kemarin (10/2) kami sedang berkunjung ke salah satu tempat nongkrong yang berada di jalan Mulawarman. Kami sadar bahwa lokasinya terbilang jauh untuk kami yang kebanyakan menghabiskan aktivitas di Semarang bawah.


Namun semua terbayar saat kunjungan pertama kali kami ke sini mendapati pemandangan yang indah, yaitu pematang sawah.

Apakah ini andalan view dari the cannibal? Sepertinya iya, bila membandingkan dengan beberapa tempat nongkrong yang pernah kami kunjungi sebelumnya.

Cannibal? Alasan dibalik nama

Ini bagian dalam sete…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Review Film Terjebak Nostalgia

Film Terjebak Nostalgia rilis di bioskop tanggal 1 desember 2016. Membawa durasi waktu sekitar 95 menit, film sutradara Rako Prijanto ini memiliki Raisa sebagai pemeran utamanya yang diduetkan dengan aktor ganteng Chicco Jerikho.
Saya sengaja memutuskan nonton film yang dibintangi Raisa Andriana ketimbang film Cinta Laki-laki Biasa yang sebenarnya saya sudah menandai film ini untuk ditonton. Hadirnya Raisa adalah salah satu faktor utama yang membuat saya tertarik, apalagi ini debutnya di layar lebar. 
Cerita
Selama nonton film ini suasana yang dibangun selalu menyenangkan. Saya pikir ceritanya akan mudah ditebak dengan awal ceritanya yang mirip-mirip film Drama Korea atau India.

Ternyata tidak, film yang mengambil syuting di Jabotabek dan New York ini ternyata penuh teka-teki. Rekan saya, kali ini saya berdua, bahkan sudah menebak ceritanya dan seolah biasa. Tapi buat saya tetap menarik.
Jatuh cinta, tema yang selalu menarik untuk diangkat. Dikemas dengan menarik, Raisa menemukan puja…

Agenda Semarang Februari 2018

Selamat datang bulan Februari. Bulan yang dianggap sebagian orang bulan penuh cinta ini bertepatan dengan salah satu acara di kota Semarang, Pasar Imlek Semawis. Berikut daftar acara di kota Semarang selama bulan Februari.

Agenda rutin :
[Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan & Pemuda. [Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan.Agenda lainnya :
[1-12 Feb] - Pameran Otomotif Plasa 2018 di atrium Plasa Simpang Lima Semarang.[7-19 Feb] - Pameran Batik & Craft 'Harmoni Batik Indonesia' di Java Mall.[12-14 Feb] - Pasar Imlek Semawis 2018. Detail informasi klik di sini.[14-18 Feb] - Pameran Handphone di Paragon Mall.[15-25 Feb] - Pameran Handphone di Plasa Simpang Lima Semarang.[1…