Langsung ke konten utama

Tentang Story-telling Marketing

Salah satu artikel yang dimuat di majalah Marketing edisi Maret 2015 adalah tentang Story-telling marketing. Ini menarik untuk diketahui, baik seorang blogger maupun brand atau perusahaan. Berikut detailnya.

Masih menurut artikel ini, di Indonesia ternyata masih belum banyak perusahaan yang menerapkan strategi story-telling dalam membangun brand. Umumnya strategi ini dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar, seperti Unilever, Coca-cola, atau perusahaan rokok Sampoerna. Kalau di luar negeri, strategi ini umum dilakukan.
Saat ini para konsumen tidak hanya mengenal brand sebuah produk dari penampilannya, mereka mengenal dan memutuskan untuk membeli produk karena cerita dibalik terciptanya produk tersebut.
Sama seperti Joko Widodo yang dikenal dan dipilih menjadi Presiden Republik Indonesia ke-7 salah satunya akibat pencitraan dari sebuah film berjudul Jokowi.
Apa itu Story-telling Marketing?
Adalah kemampuan untuk menceritakan aspek-aspek brand sehingga membentuk hubungan emosional dengan stakeholder seperti sales, public speaker, supplier, distributor, dan konsumen yang membawa pesan brand Anda kepada orang lain.
Tahapan Story-telling Marketing
Pertama, ciptakan nama brand yang mudah diingat dan sesuai dengan karakter produk. Brand image produk Anda akan semakin mudah diingat jika bersifat flexibel dan inovatif.
Kedua, pastikan Anda mengetahui betul siapa konsumen Anda, kebutuhan dan ekspektasi mereka, sehingga Anda bisa berikan mereka informasi dan pelayanan yang sesuai dengan untuk mereka.
Setelah itu, galang komunitas konsumen dengan minat dan segmentasi yang sama serta jalin interaksi kepada semua stakeholder Anda.
Ketiga, ceritakan karakter produk Anda secara spesifik untuk membentuk image brand Anda dengan menjelaskan perusahaan Anda, apa yang Anda jual, dan nilai apa yang Anda berikan untuk mereka.
Keempat, tunjukkan loyalitas Anda kepada pelanggan dengan menanggapi segala keluhan mereka terhadap pelayanan yang perusahaan Anda beriklan.
Saluran story-telling marketing
Pada dasarnya, media apa pun dapat Anda pakai untuk menceritakan produk Anda, baik media cetak maupun elektronik. Hanya saja Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan media yang paling sering diakses oleh target pelanggan Anda.
Seiring dengan perkembangan teknologi, media elektronik seperti radio, televisi dan internet kian menjadi media yang efektif untuk memasarkan produk, menguatkan image, dan menjaring komunitas.
Selain itu, media sosial pun dapat menjadi lahan subur yang efektif dibandikan media cetak seperti koran, majalah, banner, baliho dan poster.
Pengaruh story-telling Marketing terhadap Brand Image
Pendekatan teknik pemasaran yang menggunakan konten yang relevan, unik dan spesifik terhadap keinginan target audiens dapat memudahkan pemasar mengatur tindakan pelanggan yang pada akhirnya menguntungkan perusahaan.
Misalnya seperti meningkatkan brand image, brand awareness, dan brand equity hingga membuat produk Anda menjadi top of mind dan bahkan meningkatkan penjualan dan laba perusahaan.
Story-telling dapat menerjemahkan inti dan nilai merek Anda, juga meletakkan inti pesan Anda tepat pada tujuan merek dan menonjolkan diferensiasi merek Anda di mata pelanggan.
Selain itu, teknik ini pun dapat menciptakan profil produk yang terkait dengan karakter pengguna sesuai kebutuhan dan keinginan mereka.
Story-telling juga membantu pemasar memfokuskan diri untuk menciptakan motivasi pelanggan sesuai segmen pasar yang sudah ditentukan, dengan cara sederhana yang tidak pernah terpikirkan oleh kompetitor.
Dengan begitu, brand image akan terdongkrak dengan sendirinya tanpa perlu pemborosan biaya iklan yang tidak efektif. selama kontennya benar-benar menarik dan disampaikan kepada orang yang tepat, story-telling dapat menjadi senjata ampuh untuk melejitkan nilai penjualan Anda.
Saya hanya mau bilang bahwa ini penting. Menceritakan sesuatu yang tidak pernah diketahui dan akhirnya diketahui banyak orang (konsumen/pelanggan) dapat menciptakan pengaruh.
Seperti istilah ini, ‘bagaimana bisa aku mencintai kamu kita tidak saling mengenal’. Mungkin ada yang harus mengenalkan diri atau sukses dipandangan pertama.
Story-telling marketing merupakan kunci jawaban yang harus dipenuhi seseorang untuk membangun personal brandingnya, perusahaan yang ingin dikenal banyak orang dan brand yang dicintai konsumennya.
Tertarik? Kami bisa bantu menceritakan tentang Anda dan perusahaan Anda saat ini. Hubungi kami bila perlu dan mari mulai mengobrol soal apa yang Anda butuhkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Juli 2018

Selamat datang bulan Juli di kota Semarang. Ada rencana apa saja selama di kota kami. Bila belum, halaman ini akan sedikit membantu tentang apa saja yang ramai di sini. Informasi akan terus kami perbarui.

Setelah libur lebaran, kita semua kembali ke rutinitas seperti biasanya. Sibuk dan sibuk. Bila sedang mengadakan perjalanan ke Semarang, tak salah melihat tempat-tempat menarik, berburu kuliner atau swafoto.

Berikut daftar agenda yang ada di Semarang, yang kami bagi dua:

Agenda rutin :
[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam)[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.
Agenda lain
[2 Juli] - Jazz Reguler by Komunitas Jazz Ngisoringin di gedung event media creative space, jalan Ki Mangunsarkoro no. 18. Mulai jam 7 malam. Info Twitter @JAZZNGiSORiNGiN.[6-11 Juli] - Pameran komputer di Java Mall. Info klik di sini.[6-8 Juli] - Kejuaraan Motorcross Internasional MXGP 2018 di sirku…

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Sudah Ada Nih! Jadwal Pameran Komputer Bulan Juli di Semarang

Hampir setengah tahun, pameran komputer di Semarang tidak ada kabar. Memang meredupnya pasar komputer tak dipungkiri karena Smartphone semakin diminati. Juli besok, selama 5 hari (6-11 Juli 2018),  pameran komputer hadir untuk kamu di Semarang.

Bertempat di Java Mall, pameran komputer bertajuk 'Semarang Computer Expo 2018' akan hadir dan bisa dikatakan pameran pertama untuk tahun ini.

Kami sering ditanya tentang kapan pameran komputer Semarang dan jawaban itu sekarang terjawab sudah. Silahkan manfaatkan pameran ini yang selama ini kamu cari.

Informasi pameran ini kami dapatkan dari spanduk. Di sana kami melihat Aptiknas, apakah mereka yang menyelenggarakan? Aptiknas sendiri merupakan Asosiasi Pengusaha TIK Nasional.

Beberapa nama yang turut meramaikan seperti Harrisma, Premmire, Angkasa, Bursa Kamera, Blink, Wahana, Maxi PC, Quadra, Chipsmart dan masih banyak lagi.
Artikel terkait : Jadwal Pameran Komputer Bulan November - Desember 2017 : TersediaAda Apa Saja di Semarang Comput…

Sukses MXGP di Semarang, Seperti Apa Statistiknya di Media Sosial?

Gelaran MXGP di kota Semarang sukses digelar. Harapan mas Hendi (Wali Kota Semarang) berikutnya yang ingin menjadikan kota Semarang sebagai tuan rumah MotoGP patut kami dukung, mengingat nilai potensi yang bisa didapat bila itu benar-benar terealisasi. Lalu, seperti apa statistik di media sosial tentang acara Internasional MX GP ini?

Kami telah membuat statistik Twitter dengan tagar #MXGPSemarang yang menggunakan alat pengukur media sosial yang biasa kami gunakan, yaitu tweetbinder.com. Data ini kami buat pada tanggal 9 Juli, setelah acara berlangsung.
Statistik via Slideshare
Data ini kami taruh di situs Slideshare, dan ditaruh secara umum. Kamu dapat mengambilnya, bila ingin. Meski kami beri cuma-cuma, kami harap bisa dinotifikasi atau bilang ke kami bahwa kamu menggunakan data tersebut.

Statistik MXGP Semarang from Dot Semarang
Tentang statistik
Saat postingan ini kami buat, pengaruh tagar #MXGPSemarang di Instagram mendapatkan 2.282 posting yang dibagikan di sana. Tentu data ini aka…