Langsung ke konten utama

Tentang Story-telling Marketing

Salah satu artikel yang dimuat di majalah Marketing edisi Maret 2015 adalah tentang Story-telling marketing. Ini menarik untuk diketahui, baik seorang blogger maupun brand atau perusahaan. Berikut detailnya.

Masih menurut artikel ini, di Indonesia ternyata masih belum banyak perusahaan yang menerapkan strategi story-telling dalam membangun brand. Umumnya strategi ini dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar, seperti Unilever, Coca-cola, atau perusahaan rokok Sampoerna. Kalau di luar negeri, strategi ini umum dilakukan.
Saat ini para konsumen tidak hanya mengenal brand sebuah produk dari penampilannya, mereka mengenal dan memutuskan untuk membeli produk karena cerita dibalik terciptanya produk tersebut.
Sama seperti Joko Widodo yang dikenal dan dipilih menjadi Presiden Republik Indonesia ke-7 salah satunya akibat pencitraan dari sebuah film berjudul Jokowi.
Apa itu Story-telling Marketing?
Adalah kemampuan untuk menceritakan aspek-aspek brand sehingga membentuk hubungan emosional dengan stakeholder seperti sales, public speaker, supplier, distributor, dan konsumen yang membawa pesan brand Anda kepada orang lain.
Tahapan Story-telling Marketing
Pertama, ciptakan nama brand yang mudah diingat dan sesuai dengan karakter produk. Brand image produk Anda akan semakin mudah diingat jika bersifat flexibel dan inovatif.
Kedua, pastikan Anda mengetahui betul siapa konsumen Anda, kebutuhan dan ekspektasi mereka, sehingga Anda bisa berikan mereka informasi dan pelayanan yang sesuai dengan untuk mereka.
Setelah itu, galang komunitas konsumen dengan minat dan segmentasi yang sama serta jalin interaksi kepada semua stakeholder Anda.
Ketiga, ceritakan karakter produk Anda secara spesifik untuk membentuk image brand Anda dengan menjelaskan perusahaan Anda, apa yang Anda jual, dan nilai apa yang Anda berikan untuk mereka.
Keempat, tunjukkan loyalitas Anda kepada pelanggan dengan menanggapi segala keluhan mereka terhadap pelayanan yang perusahaan Anda beriklan.
Saluran story-telling marketing
Pada dasarnya, media apa pun dapat Anda pakai untuk menceritakan produk Anda, baik media cetak maupun elektronik. Hanya saja Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan media yang paling sering diakses oleh target pelanggan Anda.
Seiring dengan perkembangan teknologi, media elektronik seperti radio, televisi dan internet kian menjadi media yang efektif untuk memasarkan produk, menguatkan image, dan menjaring komunitas.
Selain itu, media sosial pun dapat menjadi lahan subur yang efektif dibandikan media cetak seperti koran, majalah, banner, baliho dan poster.
Pengaruh story-telling Marketing terhadap Brand Image
Pendekatan teknik pemasaran yang menggunakan konten yang relevan, unik dan spesifik terhadap keinginan target audiens dapat memudahkan pemasar mengatur tindakan pelanggan yang pada akhirnya menguntungkan perusahaan.
Misalnya seperti meningkatkan brand image, brand awareness, dan brand equity hingga membuat produk Anda menjadi top of mind dan bahkan meningkatkan penjualan dan laba perusahaan.
Story-telling dapat menerjemahkan inti dan nilai merek Anda, juga meletakkan inti pesan Anda tepat pada tujuan merek dan menonjolkan diferensiasi merek Anda di mata pelanggan.
Selain itu, teknik ini pun dapat menciptakan profil produk yang terkait dengan karakter pengguna sesuai kebutuhan dan keinginan mereka.
Story-telling juga membantu pemasar memfokuskan diri untuk menciptakan motivasi pelanggan sesuai segmen pasar yang sudah ditentukan, dengan cara sederhana yang tidak pernah terpikirkan oleh kompetitor.
Dengan begitu, brand image akan terdongkrak dengan sendirinya tanpa perlu pemborosan biaya iklan yang tidak efektif. selama kontennya benar-benar menarik dan disampaikan kepada orang yang tepat, story-telling dapat menjadi senjata ampuh untuk melejitkan nilai penjualan Anda.
Saya hanya mau bilang bahwa ini penting. Menceritakan sesuatu yang tidak pernah diketahui dan akhirnya diketahui banyak orang (konsumen/pelanggan) dapat menciptakan pengaruh.
Seperti istilah ini, ‘bagaimana bisa aku mencintai kamu kita tidak saling mengenal’. Mungkin ada yang harus mengenalkan diri atau sukses dipandangan pertama.
Story-telling marketing merupakan kunci jawaban yang harus dipenuhi seseorang untuk membangun personal brandingnya, perusahaan yang ingin dikenal banyak orang dan brand yang dicintai konsumennya.
Tertarik? Kami bisa bantu menceritakan tentang Anda dan perusahaan Anda saat ini. Hubungi kami bila perlu dan mari mulai mengobrol soal apa yang Anda butuhkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Semarang Oktober 2017

Selamat datang, Oktober. Bulan ini ada yang sangat spesial buat bloger Indonesia. Kita akan merayakan semangat kebersamaan dengan memaknai hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober, besok. Di Semarang sendiri tentu tak kalah seru dengan berbagai acara, yuk datang ke Semarang.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.[Jumat - Minggu] - Sam Poo Kong Warak Ngendok Bazaar Kuliner selama Oktober. Mulai jam 9 pagi sampai 9 malam di Sam Poo Kong.Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [29 September - 1 Oktober] - BSB Property Expo 2017 di Paragon M…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Perjalanan Semarang Smart City Dari Tahun 2013 - 2017

Tidak terasa, program Semarang Smart City yang digulirkan semenjak tahun 2013 oleh Walikota Semarang sudah berjalan 4 tahun (2014-2017). Kami cukup intens mengikuti perkembangan program ini lewat blog dotsemarang. Seperti apa penerapannya sekarang?
Sebelum membaca artikel yang agak panjang, kami turut senang dengan kehadiran situs official Semarang Smart City yang beralamat di www.smartcity.semarangkota.go.id. Kami sudah berkunjung, rencananya akan kami jadikan postingan berikutnya.
Penyediaan free wifi di 2 ribu titik
Untuk diketahui dahulu bahwa artikel yang kami tulis ini merupakan artikel yang berasal dari situs semarangkota.go.id yang dipublish tanggal 27 September 2017, link lengkapnya ada di bagian bawah artikel ini.
Semarang Smart City (SSC) mulai digulirkan tahun 2013 ketika Walikota Semarang Hendrar Prihadi (Pemkot Semarang) menandatangani Nota Kesepahaman / Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. 
Telkom tentang Pemanfaatan Teknologi, Informasi dan Komunikasi untuk Mew…

[Video] Peringatan Peristiwa Pertempuran 5 Hari di Semarang Tahun 2017

Salah satu agenda bulan Oktober di Semarang yang berhubungan dengan sejarah adalah Peringatan Pertempuran 5 Hari di Semarang. Peringatan ini selalu digelar tiap tanggal 14 Oktober. Halaman ini berisi video dari Youtube.

Tahun lalu, tanggal 14 Oktober 2016 jatuh pada hari Jumat. Sedangkan tahun ini, tanggal 14 Oktober 2017 jatuh pada hari Sabtu. Selisih sehari saja. Seperti tahun lalu juga, tahun ini kami juga tidak dapat berpartisipasi langsung untuk melihat lebih dekat suasana yang digelar di kawasan Tugu Muda.

Kalau sudah event ini dilaksanakan, ruas jalan menuju Tugu Muda pasti ditutup. Selain ada panggung yang berada tepat di depan Museum Mandala Bhakti, kawasan ini memang harus bebas kendaraan. Dalam peringatan sejarah ini, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menjadi Inspektur Upacara.

Mewakili halaman ini untuk memberikan gambaran suasana selama acara, kami mengambil beberapa video dari Youtube. Sesekali memasukkan video ketimbang foto perlu dilakukan agar konten lebih menarik.



Kawasan Museum Mandala Bhakti yang Semakin Ramai Tiap Akhir Pekan

Kapan terakhir kamu mengunjungi kawasan Museum Mandala Bhakti? Bila sudah lama, kami pun juga sama. Kebenaran saja, minggu awal Oktober kami bisa mampir. Suasananya sangat ramai, terutama pada hari minggu atau akhir pekan.
Semenjak bus wisata Semarang 'Ayo Muter-muter Semarang' diperkenalkan secara resmi, kawasan Mandala Bhakti yang dijadikan tempat parkir buat bus-bus wisata dari luar kota semakin ramai. Apalagi kawasan ini juga sudah banyak tempat kuliner yang dibuka. Alternatif lokasi berwisata di Semarang selain Lawang Sewu.

Pemandangan di atas bukan orang-orang yang sedang berpiknik layaknya di taman. Sebagian dari mereka menunggu antrian naik bus wisata Semarang dan sebagian lagi menunggu keluarga yang masih ada di Lawang Sewu dan Museum Mandala Bhakti. 

Suasana seperti ini akan sering kita jumpai dan petugas bakal sibuk mengurusi masyarakat yang selalu bertanya tentang jadwal keberangkatan bus wisata. Semoga mereka tetap semangat dan perlu manajemen pengelolaan yang ju…