Akhir pekan kemarin, tepatnya tanggal 10-11 April 2015, digelar pameran yang bertajuk 'Pasar Branding 2'. Dari tempat yang digunakan, Wisma Perdamaian, acara ini sangat strategis. Yuk intip seperti apa optimalnya penggunaan socmed bagi acara ini.
Timeline begitu meriah akhir pekan ini dengan berbagai acara. Sayang, acara pasar branding yang digelar anak-anak DKV Unnes ini tidak begitu terdengar dari pantauan timeline kami (baca tweetdeck).
Mereka tampak ramai hanya dari akun sendiri, @pasarbranding, dan beberapa orang yang hadir maupun membantu promosi acara yang kedua kalinya digelar tersebut. Beberapa kurang optimalnya menurut kami adalah
Optimal di hashtag
Twitter sangat kurang
Bila mengaitkan dengan branding, tentu saja ini berhubungan dengan penyebaran informasi lewat media sosial semacam twitter. Nyatanya, akun mereka yang memiliki followers 650 ini tidak memanfaatkan hashtag untuk membranding acara mereka.
Padahal, banyak event sekarang memanfaatkan hashtag untuk mengukur optimalnya sebuah acara. Kami menemukan beberapa hashtag yang digunakan seperti #repost dan #pasarbranding2. Sayang itu tidak begitu optimal.
Data hingga tanggal 14 April 2015
Instagram yang powerfull
Kebalikan dengan Instagram, hashtag #pasarbranding2 begitu menarik disini. Tercatat hingga tulisan ini dibuat sudah mencapai 190 penggunaan. Fenomena akun instagram benar-benar menarik tahun 2015 ini. Makanya tidak heran, banyak akun medsos Semarang memanfaatkan situs berbagi foto ini.
Untuk akun instagram sendiri, acara ini juga sudah merambah dengan id pasarbranding. Hanya ada 8 post original dan lainnya kebanyakan repost dari akun lain.
Apakah Tidak berjalannya media patner medsos?
Ternyata tidak juga. Beberapa akun kota ada disana dengan ciutannya acara ini. Seperti akun wisatasemarang dengan 13 kali 'Users most' dan beberapa lainnya.
...
Pasar Branding adalah acara yang dibuat oleh Jurusan Seni Rupa Desain Komunikasi Visual (DKV) Unnes dengan menampilkan berbagai desain produk hasil karya mahasiswa Jurusan DKV sebagai tugas akhir mata kuliah Desain Periklanan.
Social Media Marketing adalah Kegiatan untuk memasarkan produk atau brand melalui social media. Aktivitas utama cukup beragam seperti memasarkan sebuah produk, brand, pelayanan, event, informan dan lain sebagainya.
Kesimpulan diatas adalah instagram sangat menarik untuk Menciptakan awareness maupun Engagement ketimbang twitter. Instagram lebih unggul ketimbang twitter untuk acara ini.
Comments
Post a Comment