Langsung ke konten utama

Agenda Perayaan HUT Kedatangan Laksamana Cheng Ho


Tahun lalu, peringatan kedatangan Laksamana Cheng Ho dikemas selama dua hari dengan acara bertajuk 'arak-arakan Sam Poo' yang dilaksanakan bulan Juli. Kini acara rutin tahunan ini dilaksanakan Agustus, seperti apa tahun ini dikemasnya?

Timeline Twitter mendadak ramai sebelum acara dimulai yang diagendakan tanggal 9-19 Agustus 2018.  Selama 12 hari, acara ini dikemas dengan nuansa festival. 

Semenjak acara budaya Sam Poo Kong ini masuk kalender Nasional, gelaran ini terus diupayakan semenarik mungkin. Maka kami tak begitu kaget saat mendadak kampanye media sosial begitu aktif dari biasanya.

Festival Cheng Ho 2018

Hari minggu (5/8), gelaran ini yang seharusnya menjadi daya pikat agar semakin ramai masyarakat berkunjung, kami tak begitu melihat kampanye offline yang biasanya dipasang di baliho atau spanduk sepanjang jalan tertentu.

Foto tahun 2017

Tiba di kawasan Sam Poo Kong pun kami tak melihat promosi yang gencar, mengingat acara ini sudah masuk kalender kementrian pariwisata.

Saat kami bertanya pada orang yang menjadi juru parkir, biasanya hari ketiga sebelum acara baru ada spanduk. Dan sekalian kami bertanya, acara arak-arakan atau kirab budayanya dilaksanakan kapan. Orang tersebut menjawab hari minggu, itu tanggal 12 Agustus.

Karena dikemas dengan konsep festival, masyarakat bakal disuguhkan berbagai acara dan kegiatan. Seperti ritual sembayang,  Cheng Ho Night Fest dengan berbagai pertunjukkan, Bakti sosial, Napak Tilas Sejarah Cheng Ho dan sebagainya.

Acara yang dinanti, arak-arakan kirab budaya

Foto tahun 2016

Mengutip jateng.tribunnews.com (5/8), acara yang kami nantikan dan banyak masyarakat, yaitu prosesi arak-arakan atau kirab budaya rencananya digelar hari minggu (12/8). Dan biasanya pagi hari sebelum jam 6.

Puncak acara ini biasanya diikuti ribuan orang yang berpartisipasi. Rombongan kirab budaya akan dimulai dari Klenteng Tay Kak Sie (Pecinan Semarang) menuju Klenteng Sam Po Kong (Simongan) dan kembali lagi ke Klenteng Tay Kak Sie.

Rute yang dilewati antara lain Jalan Kranggan, Depok, Pemuda, Sugiopranoto, Jembatan Banjir Kanal, Simongan dan sampai ke Klenteng Sam Po Kong.

Setelah melakukan beberapa ritual setelah tiba, siang harinya arak-arakan kembali ke Klenteng Tay Kak Sie melintasi beberapa Klenteng yang ada di Semarang.

Informasi

Kamu yang masih penasaran dengan acara ini bisa membuka alamat websitenya di sampookong.co.id dan akun Instagram @wisata.sampookong. 

..

Kami sempat memasukkan daftar perayaan HUT Kedatangan Laksamana CHeng Ho ini dibulan Juli, ternyata waktunya berganti. Selengkapnya tentang kalender kota Semarang tahun 2018 bisa dilihat di bawah.

Selamat berakhir pekan di kota Semarang

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Agenda Semarang Oktober 2018

Selamat datang bulan Oktober. Bulan ini ada agenda penting kota Semarang yang berhubungan dengan sejarah, yakni peringatan Pertempuran Lima Hari Semarang. Berikut agenda lainnya selama bulan ini.

Berikut daftar acara di kota Semarang yang kami bagi dua. Agenda lain akan terus ditambahkan saat kami mengetahuinya. Waktu acara dapat berubah-ubah, tanpa pemberitahuan.

Agenda Rutin
[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam). Lihat di sini foto-fotonya.[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.Jadwal Film Indonesia yang Tayang di Bioskop Semarang Hari, klik di sini.Wayang Orang Ngesti Pandowo tiap hari Sabtu Malam, selengkapnya klik di sini.
Agenda lain :
[25 Sep-1 Okt] - Java Islamic & Travel Fair 2018 di Java Mall Semarang. Ulasannya bisa dilihat di sini.[3-7 Okt] -  Semarang Halal Fest di Sri Ratu.[4-7 Okt] - Pameran produk Unggulan Perdagangan, Pertanian, Kelautan, Perikanan…

Ini Harga Tarif Parkir Inap di Stasiun Tawang Tahun 2018?

Selain bandara yang memberi pelayanan parkir inap buat kendaraan, stasiun kereta api juga memberlakukan hal yang sama. Apakah kamu dalam tujuan perjalanan ke luar kota dan ingin parkir di Stasiun Tawang?

Minggu pagi (14/10) kami mendapat kesempatan pergi ke stasiun Tawang. Kebenaran bukan untuk meliput atau mengeksplore, ada kerabat yang pulang dari liburan di kota Semarang.

Saat sudah melayani hingga pintu masuk ruangan, kami jadi ingat bahwa ada pernah yang bertanya kepada kami lewat blog dotsemarang tentang tarif parkir inap di sini, stasiun Tawang.

Kesempatan bagus ini tentu tidak kami sia-siakan. Kami langsung bertanya pada petugas parkir dan petugas jaga piket loket pintu keluar. Dan berikut tarif yang diberlakukan.

Mobil
Parkir inap dikenakan harga 45 ribu rupiah. Lebih dari hari yang diterapkan, akan dikenakan biaya lagi. Sepeda Motor
Parkir inap roda dua dikenakan biaya 25 ribu rupiah. Dan sama seperti mobil, akan ada biaya tambahan bila lebih dari waktu yang diterapkan, 24 jam…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Mengawinkan Zenfone Max Pro M1 dengan Kartu 4G Smartfren

Bila tempat tinggalmu sangat ramah dengan jaringan Smartfren, kamu mesti coba gunakan. Apalagi kamu pengguna Smartphone Zenfone Max Pro M1. Kami sudah mencobanya dan berhasil. Tertarik?
Kebenaran sekali kami mendapatkan momen menghadiri acara yang diadakan Smartfren langsung bulan Juli ini di akhir pekan (7/7). Lokasi dan siapa saja yang datang, sudah kami ulas informasinya di sini.
Karena yang hadir dibagikan kartu Smartfren 4G, mau tidak mau, kami harus mencobanya langsung seberapa hebat kartu ini. Tapi tunggu dulu, kira-kira bisa digunakan nggak. Salah satu fitur yang menarik dari Smartfren adalah teknologi VoLTE-nya.
Ya, tidak semua perangkat yang dapat mendukung teknologi Voice over Long Term Evolution (VoLTE) sebenarnya. Dan beruntung gadget kami mendukungnya.
Teknologi ini diklaim lebih baik dari pengguna yang hanya menggunakan jaringan 4G untuk panggilan berbasis suara. Detailnya silahkan cari sendiri dulu deh.
Awalnya ribet, tapi kemudian mudah
Awalnya kartu sim tidak terdete…