Langsung ke konten utama

5 Taktik Branding Diri Untuk Pemula


Self branding atau seni menjual diri dalam hal pemasaran dibutuhkan buat kamu yang ingin levelnya setingkat di atas orang rata-rata. Tujuannya? Lebih terlihat profesional dan memiliki ciri khas yang berdampak pada pekerjaan maupun pengembangan diri.

Postingan kali ini menyadur dari halaman berbahasa Inggris yang beralamat jeffbullas.com. Kami menyukai artikel yang dirilis lebih dari 10 bulan tersebut dan membawanya ke blog dotsemarang dengan harapan bahwa konten ini berguna.

Baik buat pribadi, atau pun kamu yang sedang berusaha memperbaiki profil diri di media sosial. Kami pikir saat ini sangat penting biar nggak kebanyakan nyinyir tentunya.

5 Self-Branding Tactics For Beginners That Will Get You Noticed

Ini adalah judul dari postingan yang sumber aslinya nanti bisa kamu temukan di bawah. Karena ditujukan untuk pemula, maka ini sangat bagus buat kamu yang masih bingung dengan jati dirimu di ranah teknologi yang terus berkembang pesat saat ini.

Seperti yang kamu ketahui, setiap orang memiliki tujuan hidup masing-masing. Asal kamu bisa konsisten, kamu dapat menjadi apa yang kamu inginkan.

Mengetahui apa yang kamu sukai dan ahli dibidangnya, tentu sangat penting. Kamu mencoba berbeda dari yang lain dan ingin dikenal, maka tanyakanlah pada dirimu pertanyaan berikut.
  1. Apa yang membuat kamu menonjol?
  2. Bagaimana kamu berbeda dengan orang lain?
  3. Bagaimana kamu memilih waktu untuk berbagi keahlian dengan dunia?
Setelah mengetahui 3 pertanyaan di atas, maka jawablah. Buat komitmen untuk dirimu sendiri. Dan ini saatnya kamu membangun merek atau branding diri sendiri yang disebut KAMU.

Self branding adalah

Self-branding atau merek diri merupakan strategi di mana seseorang individu bekerja secara konstan dan konsisten untuk menciptakan merek bagi dirinya sendiri.

Bila sudah bicara ini, maka menjaga kredibilitas dan kepercayaan saat membahas topik tertentu sangatlah penting.Termasuk membangun kesan dari orang lain.

Pentingnya self-branding

Tidak peduli kamu bekerja di mana saat ini, kamu harus selalu berusaha untuk dikenal atau diingat dari keahlian yang kamu miliki atau lakukan. Apakah kamu tidak ingin menjadi pahlawan atau terlihat seperti pahlawan?

Mari kita mulai saja kelima taktik self branding ini :

1. Kamu membutuhkan web pribadi, bisa juga mulai dengan blog

Web pribadi seperti sebuah rumah, mewakili dirimu dan harus terlihat ramah saat diakses. Disarankan domain atas nama sendiri.

Web pribadi harus berbicara tentang kisah hidup kamu. Menghubungkanmu dengan pengunjung agar lebih mudah terhubung.

Isilah dengan konten yang bersifat humor, perjuangan tentang pekerjaan, kegagalan, kemenangan hingga sisi emosional. Sertakan narasi tentang bagaimana perjalanan dari awal dan pencapaian yang sudah didapat sejauh ini.

Cantumkan gambar yang memiliki kualitas bagus dan ajakan bertindak yang jelas di akhir tulisan. Ini akan membantu menambahkan pengaruh yang lebih profesional pada situs pribadimu.  Penggunaan tata bahasa atau ejaan perlu diperhatikan meski banyak orang mengabaikan tentang ini.

2. Kamu harus cerdas dan konsisten di media sosial

Usahakan untuk menggunakan media sosial dengan banyak cara yang bervariasi dan unik. Kenali pengguna lain dan cobalah selalu update. Bisa gambar dan juga bisa sebuah postingan blog. Kamu harus memperbarui media sosialmu setiap hari.

Masukkan namamu sebagai tanda tangan atau tanda air (watermark) pada postingan dengan format gambar yang berguna menghindari plagiarisme.

Gunakan secara rutin setiap memperbarui, bila bosan dengan kutipan, buat sendiri kutipan menarik yang diedit lewat aplikasi desain. Tulis sebuah deskripsi yang menarik dan kuat tentang siapa kamu di halaman profil media sosialmu.

3. Lakukan dengan bercerita atau storytelling

Bercerita atau storytelling sering digunakan pemasar untuk mempromosikan ide atau produk mereka. Cerita yang menarik dapat membantu menciptakan dan mempertahankan emosional pembaca.

Kisah hebat menginspirasi orang untuk berubah demi kebaikan dan mengambil tindakan, dan benar-benar dapat membantumu memposisikan diri kamu sebagai pemimpin.

Apple menggunakan pendekatan bercerita dengan cara sebaik mungkin. Semua orang tahu sejarah dasar Steve Jobs. Bahkan seorang individu pun dapat menggunakan metode ini. Ambil pengalaman, bangun narasi di sekitarnya, dan publikasikan di platform media sosialmu.

Kamu tidak dapat melihat masa lalu Gary Vaynerchuk, seorang pengusaha serial Amerika, ketika datang dengan branding diri dan kekuatan bercerita.

Gary adalah pendongeng hebat yang menggunakan pendekatan mendongeng semaksimal mungkin, dan begitulah caranya dia terhubung dengan audiensnya.

Dia telah mendapatkan basis pengikut yang hebat di seluruh dunia melalui ceramah, saran, dan keterampilan wirausaha.

4. Kamu perlu seorang tamu di situs pribadimu 

Guest blogging dalam postingan yang dipublish di jeffbullas.com masih dianggap sangat penting untuk membangun merek pribadi. Blogging tamu membantumu membangun kredibilitas.

Kamu dapat terhubung dengan bloger lokal dan membangun koneksi dari orang-orang yang berpikiran sama denganmu. Setelah kamu mendapatkan kepercayaan diri dan kesuksesan, pindah ke publikasi yang lebih besar.

5. Kamu perlu membangun komunitas

Dalam hal membangun suara dalam pengertian komunitas, salah satu tempat terbaik untuk dilihat adalah platform berdasarkan pertanyaan dan jawaban, yaitu Quora.

Ini adalah platform siap pakai untuk berbagi wawasan dan membangun audiens berdasarkan keahlianmu. kamu juga harus bergabung dengan grup dan forum Facebook mana pun yang relevan dengan keahlianmu dan apa yang sudah kamu lakukan sehingga kamu dapat berada di sana dan mengipasi ketika seseorang meminta saran atau solusi.

Cobalah untuk menjawab setiap pertanyaan yang kamu dapat ketika berinteraksi di komunitas online dan bermurah hati ketika membantu orang lain dengan masalah mereka melalui balasan dan saranmu. Ini akan meningkatkan kredibilitas.

Ketika kamu mulai menjawab pertanyaan tentang subjek atau topik tertentu secara teratur, orang-orang akan mengenalmu, dan kamu akan menjadi sumber mereka untuk mendapatkan informasi tentang topik tersebut.

Nicolas Cole, pendiri Digital Press, adalah salah satu penulis top di Quora. Dia akan mencapai 700 jawaban segera dengan tampilan 20.2m jawaban sejauh ini di Quora.

Nama Nicolas telah menjadi merek tersendiri saat berhubungan dengan Quora. Jawaban Nicolas sesuai dengan sasaran, memberikan nilai yang besar bagi siapa saja yang membacanya, dan menghasilkan jumlah 'suara' yang bagus dari pengguna.

Sumber artikel asli, klik di sini.
..

Mengetahui diri sejatimu adalah kunci keberhasilan branding yang efektif. Setelah kamu tahu siapa kamu dan apa yang benar-benar kamu sukai (dan bagaimana Anda ingin menonjol di antara orang banyak), kamu akan siap membangun merek untuk diri sendiri.

Berinvestasi dalam branding diri adalah investasi terbaik yang pernah ada tetapi ini dimulai dengan memahami KAMU.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Harga Tarif Parkir Inap di Stasiun Tawang Tahun 2018?

Selain bandara yang memberi pelayanan parkir inap buat kendaraan, stasiun kereta api juga memberlakukan hal yang sama. Apakah kamu dalam tujuan perjalanan ke luar kota dan ingin parkir di Stasiun Tawang?

Minggu pagi (14/10) kami mendapat kesempatan pergi ke stasiun Tawang. Kebenaran bukan untuk meliput atau mengeksplore, ada kerabat yang pulang dari liburan di kota Semarang.

Saat sudah melayani hingga pintu masuk ruangan, kami jadi ingat bahwa ada pernah yang bertanya kepada kami lewat blog dotsemarang tentang tarif parkir inap di sini, stasiun Tawang.

Kesempatan bagus ini tentu tidak kami sia-siakan. Kami langsung bertanya pada petugas parkir dan petugas jaga piket loket pintu keluar. Dan berikut tarif yang diberlakukan.

Mobil
Parkir inap dikenakan harga 45 ribu rupiah. Lebih dari hari yang diterapkan, akan dikenakan biaya lagi. Sepeda Motor
Parkir inap roda dua dikenakan biaya 25 ribu rupiah. Dan sama seperti mobil, akan ada biaya tambahan bila lebih dari waktu yang diterapkan, 24 jam…

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Ini Spesifikasi VivoBook S330; Laptop yang Nyaman Diajak Bepergian

[Halaman ini berisi konten press release] Setelah postingan Smartphone mendominasi bulan Desember hingga awal tahun, akhirnya kami membawa postingan tentang laptop. Asus VivoBook S330 yang dibandrol 8 juta ini memiliki fitur fast charging, tertarik?

Ada yang mendamba-dambakan laptop baru sebagai bagian resolusi tahun 2019? Mungkin bukan kamu saja yang berharap, kami pun demikian. Bicara laptop, akhir tahun 2018 lalu ASUS memperkenalkan VivoBook S430, yang memiliki bodi sangat ramping dan ringan.

Laptop ini ditujukan untuk pengguna yang dinamis dan memiliki desain sangat ramping sehingga bisa dibawa bepergian dengan mudah, sangat cocok untuk kawula muda yang memang menjadi target pengguna utamanya.

Spesifikasi 

Kami ingin langsung mengenalkan VivoBook S330 ini sebelum kamu baca ulasannya yang sangat panjang nantinya. Kami khawatir, kamu menemukan artikel yang sama dan punya kami terasa hambar. Langsung saja.

Main Spec. ASUS VivoBook S330UA CPU Intel Core i3 8130U Processor Dual Core (4M Ca…

Jadwal Tampil Wayang Orang Ngesti Pandowo Bulan Januari - Maret 2019

Postingan kedua kami tentang jadwal Wayang Orang Ngesti Pandowo di blog dotsemarang. Jadwal ini kami ambil dari akun official Instagram, berikut selengkapnya.

Penggemar wayang atau kamu yang sedang ke Semarang, mau melihat hal menarik yang berhubungan dengan kesenian, bisa datang ke Taman Budaya Raden Saleh di akhir pekan.

Yang harus diperhatikan lebih dahulu tentu, masuknya harus bayar. Ya, 30 ribu. Bisa dilihat di bawah ini. Semua informasi tersedia di poster. Selamat menyaksikan.

by Instagram @ngesti_pandowo
Artikel terkait : Jadwal Tampil Wayang Orang Ngesti Pandowo Bulan Oktober - Desember 2018Agenda Semarang Tahun 2019Agenda Semarang Januari 2019Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Desember 2018LainnyaInformasi Kerjasama Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap