Kawasan Kota Lama Semarang Bakalan Punya Polisi Pariwisata


Kawasan Kota Lama Semarang sebentar lagi bakalan punya Polisi Pariwisata. Mereka yang ditempatkan nantinya harus punya beberapa kriteria khusus seperti kemampuan berbahasa Inggris dan kemampuan berkomunikasi dengan wisatawan.

dotsemarang menyambut ini dengan positif. Bukan saja sebagai daya tarik nantinya bagi Kota Lama Semarang, tapi juga bisa memberikan rasa aman terutama bagi wisatawan yang berkunjung, baik dari luar maupun lokal.

Mengenal Polisi Pariwisata

Saya pernah memposting tentang Polisi Pariwisata tahun 2013 di blog ini. Mereka ternyata sudah dibentuk dari tahun 2011 dan berada di bawah naungan Polrestabes Semarang. Detailnya bisa dilihat di sini.

Yang membedakan mereka dengan Polisi lainnya adalah pakaian yang digunakan dengan kantong yang berwarna merah dan dasi pun berwarna merah. Entah apakah nantinya berubah atau tidak, saya belum melihatnya sendiri. Ditunggu saja update berikutnya di blog dotsemarang.


Sumber : polmas

Terus memaksimalkan wisata di Kota Lama

Kota Semarang yang memiliki Kota Lama sebagai salah satu destinasi wisata memang terus gencar memaksimalkan kawasan tersebut untuk menarik wisatawan berkunjung.

Apalagi Kota Lama ditargetkan untuk menuju World Heritage Unesco tahun 2020, sangat penting memaksimalkan kawasan ini dari sekarang.

Dukungan dari Kemenpar pun juga menjadi hal positif yang sedang giat promosi wisata Indonesia. Bahkan, Kemenpar saat ini sedang berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan restorasi kawasan Kota Lama di Semarang sesuai dengan PERDA No. 8/2003 tentang RTBL Kawasan Kota Lama.

Bagaimana dengan Polisi Pariwisata di luar negeri?

Selain dukungan Kemenpar dan berbagai pihak, Polisi Pariwisata untuk di Kota Lama pun turut didukung Polda Jawa Tengah.

Seperti yang dikutip dari cnnindonesia.com (19/10), Irjen Pol Condro Kirono - Kapolda Jawa Tengah mengatakan  

"Sejumlah titik di kawasan Kota Lama Semarang akan berbenah. Kami mendukung dan terus berkoordinasi dengan semua yang terkait," kata Condro. 

"Saya minta Kapolrestabes menyiapkan polisi dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik, ramah, sehingga mampu berkomunikasi dengan baik dengan wisatawan.”

Lantas bagaimana dengan Polisi Pariwisata yang ada di luar negeri? Adakah yang tiba-tiba berpikir dengan mereka seperti saya. Beberapa gambar berikut ini merupakan contoh-contoh Polisi Pariwisata atau Tourism Police di sana.


Polisi Pariwisata Korea - Sumber : The Korea Herald


Nepal - sumber :Hope Magazine


Jordan - sumber travelblog.org


Sumbernya ada di watermark, ini dari Philippine.

...

Kawasan Kota Lama memang selalu menarik untuk diulas. Kebenaran dotsemarang juga sudah banyak menaruh konten tentang salah satu kawasan wisata di Semarang ini di blog.

Hadirnya Polisi Pariwisata semoga membuat kawasan Kota Lama lebih aman dan nyaman buat pengunjung. Seperti apa aktivitas dan foto-foto mereka nantinya? Semoga dotsemarang segera mendapatkannya.

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?