Daftar Pengguna Internet Indonesia Tahun 2016 Menurut Survei APJII Menembus 132,7 Juta


APJII atau Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia bulan Oktober ini merilis data tentang jumlah pengguna Internet di Indonesia yang mencapai 132,7 juta. Terkait dengan jumlah ini, berikut data-data menarik lainnya yang perlu diketahui.

Agustus 2016 sebenarnya Google sudah merilis jumlah pengguna Internet di Indonesia yang mencapai 100 juta. Ini berarti data yang disurvei APJII tahun ini jumlahnya kurang lebih sama, dalam artian mencapai angka 100 juta.

Survei APJII

Pengumuman jumlah pengguna Internet Indonesia ini disampaikan lewat sebuah acara di Jakarta, Senin (24/10/2016). Survei dilakukan dengan melibatkan pengguna internet di seluruh Indonesia dengan dua kategori, yaitu penetrasi sebanyak 1200 sampel dan pengguna sebanyak 2000 sampel. 

Hasilnya didapat dengan data 132,7 juta orang, atau lebih dari separuh total populasi Indonesia yang berjumlah 256,2 juta orang telah menggunakan internet. Sebanyak 86,3 juta atau 65% berasal dari pulau Jawa, 15,7% berasal dari Sumatera, 6,3% dari Sulawesi, 5,8% dari Kalimantan, 4,7% dari Bali dan Nusa Tenggara, dan yang terakhir Maluku dan Papua sebesar 2,5%.

Berikut dotsemarang sajikan dalam bentuk gambar yang berasal dari situs dailysocial.id.






Untuk pengguna media sosial, Facebook masih nomor 1 dengan pengguna sebanyak 71,6 juta, disusul Instagram sebanyak 19,9 juta dan terakhir Youtube dengan jumlah pengguna sebanyak 14,5 juta orang atau 11%. Twitter? Hmm...

Untuk browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia yaitu Google Chrome sebanyak 81,8 juta orang, disusul dengan Mozilla sebanyak 43,6 juta dan terakhir adalah Internet Explorer sebanyak 5 juta orang.

“Dari hasil survei yang telah kami dapatkan kaum pria masih mendominasi pengguna internet terbanyak, yaitu 51,8%, sementara 65% pengguna berdomisili di pulau Jawa dan 92,8 juta pengguna memanfaatkan internet [menggunakan perangkat] mobile,” Hendri-Sekjen APJII Hendri Prima.

Ada satu bagian menarik yang dotsemarang baca dari situs id.techinasia.com terkait survei yakni pengguna internet buat anak

Mayoritas pengguna (sekitar 76 persen) berpendapat bahwa internet tidak aman bagi anak. Hal tersebut terkait maraknya konten negatif yang ada. Temuan lain yang mengejutkan yakni penetrasi internet mencapai 100 persen untuk kategori usia 10 hingga 14 tahun.

Kita tunggu saja, bagaimana APJII mencoba membersihkan konten negatif yang ada pada Internet. Rencananya APJII akan bekerjasama dengan berbagai pihak seperti Kemenkominfo, Densus, Polri, TNI, dan lainnya.
...

Dengan jumlah total penduduk Indonesia saat ini sekitar 256,2 juta orang, ini berarti sudah separuh atau 51,8% penduduk Indonesia sudah menggunakan Internet.

Bagaimana dengan Anda, sudah punya website hari ini? Setidaknya blog kalau perlu. Yuk, bangun konten positif dari diri sendiri agar generasi selanjutnya bisa termotivasi karenanya.

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?