[Semarang Smart City] Masuk 4 Besar Dengan Indeks Tertinggi


Meski hanya sebagai predikat sebagai Kota Pintar atau Smart City, kota Semarang setidaknya disejajarkan dengan kota-kota besar lainnya soal pengembangan konsep ini. Berikut kabar terbaru tentang Semarang Smart City akhir bulan September 2015.

Mengutip dari situs semarangkota.go.id (10/2), selain Semarang ada Surabaya diurutan pertama, Bandung diurutan kedua, dan Makassar diurutan keempat. Semarang sendiri berada diurutan ketiga.

Data ini diperoleh dari acara Microsoft CityNext Summit 2015 yang berlangsung di Jakarta, Selasa, 29 September 2015. Disebutkan oleh Dedy Permadi, Peneliti dari Universitas Gadjah Mada.

Dalam review singkatnya, Konsep Semarang sebagai smart city sudah digulirkan sejak tahun 2013. Pada saat itu, pemerintah kota Semarang bekerjasama dengan Telkom meluncurkan konsep Semarang Smart City.

Konsepnya pun dimatangkan dengan program awal pembangunan ribuantitik wifi di Semarang. Semarang pun memberikan pelayanan berbasis informasi teknologi (IT) secara holistik.

Empat kota di Indonesia meraih Inilah hasil riset smart secondary city di empat negara Asia Tenggara. Kota-kota tersebut adalah Surabaya, Bandung, Semarang, dan Makassar. Konsep Semarang sebagai Smart City pun didukung oleh universitas yang ada di Semarang serta bentuk kerjasama dengan berbagai universitas luar negeri.

Masih dari penelitian tersebut, ternyata ada 12 kota yang memiliki potensi untuk menjadi Smart City. Dan ke-12 kota tersebut adalah Medan, Palembang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Samarinda, Makassar, Denpasar, Ambon dan Jayapura.

Penilaian ini bukan sebuah praduga tetapi berdasarkan riset smart secondary city di empat negara Asia Tenggara. Artinya, penilaian empat kota, termasuk Semarang di dalamnya, bukan hanya kota-kota di Indonesia tetapi juga kota-kota lain di Asia Tenggara.

Link sumber klik.



Informasi Pemasangan Iklan

Hubungi @dotsemarang
Email : dotsemarang [@] gmail.com

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?