Favorit

Agenda Kota Semarang Bulan Oktober 2025

Image
Bulan Oktober ini terasa istimewa buat kami para pemilik blog . Ada semacam perjalanan kilas balik untuk menengok lagi eksistensi kami, khususnya di Kota Semarang . Tak hanya itu, kabar baik berembus kencang dari Semarang: sebuah pusat keramaian yang sempat rehat sejenak, kini sudah kembali dibuka! Semarang memang tak pernah kehabisan cerita. Awal bulan ini jatuh di hari Rabu. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila seakan menarik kami kembali pada gejolak masa lalu negeri ini. Kami diajak untuk meresapi kembali nilai-nilai dasar yang menjadi fondasi kita berbangsa dan bernegara. Berlanjut ke hari berikutnya, jiwa nasionalisme kami kembali diketuk untuk memperingati Hari Batik Nasional . Bahkan, Semarang sendiri, masih di bulan yang sama, akan merayakan sejarah besar Pertempuran Lima Hari . Semangat patriotisme kami akan selalu diingatkan untuk tak pernah melupakan nilai-nilai luhur masa lalu. Agenda Semarang Gara-gara disuruh menengok ke belakang, kami jadi ikutan untuk membuka halaman ...

3 Gagasan Strategi Influencer Marketing di Tahun 2017 : Membangun Blogger Program


Anda yang menjalankan bisnis, harus membaca postingan ini. Ada 3 strategi yang ditawarkan yang menyesuaikan perkembangan digital saat ini khususnya media sosial. Soal biaya, strategi ini bisa dikatakan lebih murah dan masih sangat efektif. Tertarik?

Tahun 2017, dotsemarang memulai dengan istilah influencer, ada yang tahu dengan istilah ini? Ya, influencer adalah orang yang dianggap berpengaruh khususnya di media sosial seperti artis atau orang-orang yang memiliki banyak pengikut yang biasa disebut seleb.

Influencer marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan kekuatan orang-orang berpengaruh untuk menyebarkan kesadaran merek dan membangun kepercayaan di antara konsumen. (marketing.co.id)

Sebenarnya, ini sudah dilakukan di tahun 2016. Tapi buat Anda yang belum pernah, strategi yang diambil dari situs mix.co.id (19/12/2016) bisa dicoba tahun ini.

1. Membangun Blogger Program

Sebuah blogger program dibutuhkan untuk menciptakan engagement yang kuat dengan para blogger. Hal ini menjadi penting, karena para blogger terpilih akan turut terlibat dalam mempromosikan produk-produk maupun layanan perusahaan. 

Biasanya, perusahaan akan menawarkan sampel produk atau layanan kepada para blogger, untuk kemudian mereka me-review produk atau layanan tersebut. Setelah itu, para blogger pun akan mendapat bayaran dari perusahaan. Sejatinya, blogger program merupakan langkah awal bagi perusahaan ketika akan bekerja sama dengan influencers. 

Meski saat ini banyak influencer hanya menggunakan media sosial seperti YouTube, Instagram, dan Snapchat, bagi brand dan retailers—terutama e-commerce—blogger program masih menjadi media favorit mereka. Sebab, melalui blog, konten produk dan layanan lebih mudah dipahami, hingga berujung pada kenaikan trafik kunjungan maupun penjualan.

2. Menggunakan Platform Influencer

Saat ini, ada sejumlah paltform yang dapat digunakan pemasar untuk menjalankan strategi influencer marketing. Misalnya, menggunakan platform Tomoson, yang memungkinkan pemasar untuk menciptakan kampanye influencer marketing secara spesifik guna memperoleh ulasan atas produk yang disponsori. 

Sejumlah kampanye terdiri dari detil tentang produk yang akan diulas oleh para influencer, yang dikemas dalam bentuk link di landing pages.

Keuntungan dari platform influencers seperti itu adalah kemampuan untuk menjalankan kampanye sesuai dengan kebutuhan, tanpa terikat kontrak. Benefit lainnya, pemasar juga dapat mengkontrol detil kampanye, pembayaran, dan komunikasi lewat masing-masing influencer. 

Selain Tomoson, platform influencer lain yang juga menawarkan akses langsung ke para influencer adalah BabbleBoxx, Influenster, Insightpool, dan Linqia.

3. Jadikan Pelanggan Sebagai Influencer

Pelanggan adalah salah satu influencer potensial bagi brand. Selain menjalin kerja sama dengan macro influencer dengan bayaran yang juga cukup signifikan, pemasar dapat menggunakan micro influencer, yakni pelanggan loyal yang memiliki gairah sangat besar akan brand, untuk kemudian mengajak mereka menjadi brand ambassador. 

Hal itu telah dilakukan oleh Lululemon, sebuah perusahaan pakaian olahraga, yang terbukti berhasil menjalankan program Brand Ambassadors dengan melibatkan pelanggan mereka.

Baru-baru ini, ritel sepatu Lems, berhasil menggunakan pendekatan yang sama dengan Lululemon. Lems menawarkan kepada passionate customer mereka untuk berpartisipasi dalam program brand ambassador Lems, yakni dengan mempromosikan produk mereka di 2017. 

Hadiah menarik nan istimewa pun ditawarkan Lems untuk kustomer yang bersedia berpartisipasi. Antara lain, berpeluang memperoleh berita terbaru dari Lems yang memang tidak dirilis ke publik, memperoleh produk Lems secara gratis, ditampilkan di website dan social media Lems, dan masih banyak lagi.

Untuk menentukan siapa pelanggan loyal yang berpotensi menjadi micro influencer, maka pemasar dapat menggunakan solusi seperti MAVRCK. Software tersebut dimulai dengan menggunakan daftar email, loyalty program, mobile app, atau situs ecommerce untuk mengidentifikasi sekaligus mengaktifkan siapa kustomer protensial yang berpengaruh yang dapat dijadikan influencer.

Tentu saja, kriteria itu sesuai dengan kebutuhan brand. Setelah diaktifkan, pemasar dapat menciptakan tawaran yang unik untuk segmen yang berbeda. 

Tawaran tersebut termasuk produk untuk diulas, berpartisipasi dalam survey, hingga sharing konten tentang brand. Software ini juga sudah dilengkapi dengan pengukuran efektivitas dari masing-masing partisipan—dalam hal ini pelanggan yang menjadi influencer.

Sumber original klik di sini

...

dotsemarang sebagai bloger, tentu sangat menyarankan yang pertama. Seperti menjelang akhir tahun 2016, dotsemarang turut hadir setelah diajak ke sebuah cafe yang baru launching.

Di sana, beberapa bloger terpilih disuruh mencicipi menu mereka dan diadakan semacam press conference dengan tambahan press release untuk menunjang promosi bisnis cafe tersebut.

Tertarik untuk mencoba salah satu di atas? Di Semarang sendiri ada banyak bloger dan komunitas bloger seperti Loenpia dan Gandjel Rel. Silahkan berkolaborasi dengan mereka

Artikel terkait :

...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

  1. program ini menarik untuk didalami dan dimanfaatkan oleh para blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya begitu.
      Semoga tahun ini khususnya pemasar lokal (daerah) bisa melihat blogger yang ada di sekitar juga

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

AMOLI, Laptop Buatan Mana?

[Teaser] VinFast Tiba di Semarang! SUV Listrik VF 7 Mendominasi Panggung GIIAS 2025

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?

Cara Menggunakan Kuota Pelanggan Baru XL yang Tidak Bisa Digunakan?

[Review] Lapangan Mini Soccer Singosari Sport Arena PIP Semarang: Spot Baru di Tengah Kota