Seperti Apa Pengaruh JKT48 Circus Semarang di Media Sosial?


Bagi penggemar JKT48, acara yang dinamakan JKT48 Circus pasti tidak asing. Semarang merupakan kota pertama untuk acara JKT48 Circus yang kemudian dilanjut beberapa kota di Jawa Tengah. Postingan ini tidak membahas keseruan acaranya, kami membawanya karena tertarik pengaruh media sosialnya.

Tagar #JKT48CircusSemarang nangkring di trending topik Twitter pada hari Minggu, 8 Juli 2018. Acara mereka sendiri digelar di UTC Convention Semarang pada hari Sabtunya, 7 Juli. 

Impressi yang tinggi

Mudah ditebak sebenarnya bila melihat pengaruh JKT48 itu sendiri. Meski begitu, kami ingin membawanya untuk dijadikan patokan di halaman berikutnya untuk postingan sejenis (seperti ini).

Tagar yang kami cari adalah #JKT48CircusSemarang dengan alat sederhana yang kami gunakan. Jumlah impressi atau penayangan dari tagar ini yang kami buat pada tanggal 8 Juli, sekitar 14 juta lebih. Dashyat!

Alat sederhana pencari tagar Twitter yang kami gunakan memiliki keterbatasan dalam pencarian, meski begitu total tweet yang berhasil kami dapatkan mencapai kurang lebih 2 ribuan (batas standar alat yang kami gunakan).

Rangking Kontributor

Akun official JKT48 yang memiliki pengikut sekitar 4 juta lebih merupakan salah satu akun yang bisa dikatakan mempengaruhi tingginya impressi tagar ini menduduki trending topik.

Dari total 6 kategori, akun official JKT48 menduduki peringkat teratas di dua kategori, yaitu most popular dan highest impact. 

Dari ribuan tweet yang dipublish, akun Twitter TeamHashtag48_ juga mencuri perhatian kami. Akun ini menempati dua tempat dalam rangking kontribusi, yaitu most active dan retweeters (retweet terbanyak).

Pertanyaannya adalah, akun apakah ini? Dilihat dari bio yang ditampilkan, akun yang dibuat sejak tahun 2016 merupakan akun untuk mendukung JKT48. Berikut detail statistik yang kami kumpulkan. 


Pengaruh di Instagram

Di Instagram, tagar #JKT48CircusSemarang hingga tulisan ini kami buat sudah dibagikan sekitar 254 kiriman.  Kamu bisa melihat postingan visual tentang acara ini dari sana.

Karena acara dilaksanakan di hotel UTC Semarang, kami pikir akun hotel yang terletak di Kelud Raya ini bisa mendapatkan keuntungan dari acara (baca peningkatan pengikut di Instagram). Ternyata tidak sepertinya.

Akun yang kami amati adalah akun dengan id @utchotelsmg. Hingga postingan  ini kami terbit jumlah pengikutnya masih di bawah seribuan atau 729 pengikut.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?