Langsung ke konten utama

Review Film Dilan 1990


Sebuah film yang bukan sekedar sukses besar di awal tahun ini, namun juga mencuri perhatian. Baik di dunia maya maupun bioskop tanah air, khususnya Semarang yang punya standar tinggi penontonnya menurut kami.

Akhirnya rasa penasaran kami tuntas juga setelah menyaksikan film Dilan 1990 yang hingga tulisan ini dibuat sudah mencapai 6 juta penonton. Dan film berdurasi kurang dari 120 menit ini merupakan postingan review film pertama kami tahun 2018.

Mendapatkan ulasan film ini tentu juga sudah mudah sekarang bila sekedar mencari referensi sebelum pergi ke bioskop. Film Dilan 1990 yang disutradarai Fajar Bustomi dan Pidi Baiq ini sudah rilis dari bulan Januari, lebih tepatnya tanggal 25 Januari 2018.

Dilan dan Milea, dua tokoh utama film ini membawa penonton ke masa Sekolah di tahun 1990. Seperti mengatakan bahwa film bertema Sekolah selalu punya daya tarik sendiri. 

Mungkin benar ungkapan bahwa masa indah adalah masa-masa di Sekolah. Penonton film Dilan seolah-olah sedang bernostalgia menjelajahi waktu melihat peran mereka saat duduk di bangku Sekolah dulu.

Yang menarik dari Film Dilan 1990

Kamis (22/2), antusias bioskop Semarang masih ramai

Saat menonton langsung ke bioskop, cerita belum dimulai dengan gambaran yang disajikan lewat trailer di Youtube yang langsung mengangkat Dilan dan Milea dalam balutan seragam Sekolah. Pembukanya adalah latar tahun 2014 di sebuah ruangan, Jakarta.

Seorang wanita bercerita (dubbing) tentang kisah yang sedang ditulis dan kemudian membawa kami mundur ke belakang tahun 1990. Di sini cerita baru dimulai.

Antusias penonton meski sudah hampir 1 bulan film ini diputar masih sangat bagus di Semarang. Maka tak heran saat film ini diputar, penonton disekitar kami benar-benar menikmatinya. Mereka tersenyum dari tawa yang kami dengar. Berbicara dengan pasangan yang diajak dan mengatakan hal-hal manis yang membuat kami cemburu.

Sekali lagi, film yang diangkat dari novel dengan label best seller selalu berhasil memikat penonton. Kami pikir ini satu diantara alasan lainnya mengapa film ini mendapatkan jumlah penonton yang luar biasa.

Kami ingin memahami lagi dengan serius bagaimana film ini bisa laris manis. Ceritanya terlalu fokus pada dua tokoh utama. Sudut pandang lain untuk menambah kesan film ini sangat kaya pun tidak begitu banyak dan Bandung lagi-lagi mencuri perhatian dari film ini.

Ternyata memang benar, saat menonton trailer film Dilan 1990 via Youtube, permainan kata yang disajikan oleh tokoh utama yang diperankan Iqbaal Ramadhan sangat manis ditelinga. Terasa kaku namun tetap mengena.

Belum lagi paras ganteng Iqbaal diubah menjadi bad boy. Tak mengenal takut dan juga statusnya sebagai panglima anak gank motor yang terkenal saat itu. Keberanian Dilan melawan Guru yang dianggap sewena-wena juga seperti mengirimkan pesan kepada pendidik.

Rayuan maut terus saja dilancarkan dengan balutan telepon umum yang akhirnya menjadi pembeda di film yang diproduksi MAX Pictures ini. Ditambah puisi-puisi dan kehangatan keluarga yang ditampilkan, sosok Dilan sangat berbeda dengan yang ditampilkan di Sekolah dan di rumah.

Bila ini saja sudah membuat film ini menarik, bagaimana dengan film selanjutnya yang tentunya akan ditunggu kelanjutannya. Entah kapan, kami tak memiliki informasi bocoran film berikutnya.

Cerita film Dilan 1990


Layaknya dua sejoli yang mulai jatuh cinta, film ini menampilkan kisahnya yang banyak menganggap itu nyata.

Milea yang diperankan oleh Vanesha Prescilla adalah murid pindahan dari Jakarta dan memiliki pacar sebenarnya. Milea benar-benar tampil cantik menurut kami di film ini.

Dilan, murid yang terkenal karena keberanian dan salah satu anak gank motor sangat tertarik dengan Milea. Saat pergi ke Sekolah, sepeda motor selalu jadi andalannya.

Awalnya Milea yang cuek dengan berbagai rayuan yang dikatakan Dilan perlahan-lahan mulai tertarik. Seperti sebuah skenario yang sudah ditebak bagian akhir ceritanya, Milea akhirnya paling sayang sama Dilan.

Untuk menambah kesan cerita yang lebih menarik, rasa cemburu dan marah tak ragu ditampilkan. Label anak gank motor memang juga dihadirkan namun tak begitu banyak porsinya.

Jatuh cinta pada seseorang, berarti jatuh cinta pada keluarganya. Begitulah kedua keluarga yang diperlihatkan kepada penonton.

Cara Dilan memperlakukan Milea pun bukan sekedar pria jatuh cinta pada umumnya. Tak biasa dan aneh, kesan yang coba diperlihatkan namun membuat kami suka.

...

Apakah ada yang kecewa saat lampu bioskop kembali dinyalakan? Mungkin ada, dan itu sama seperti kami. Filmnya sedang asyik-asyiknya, rasanya dengan durasi yang mau habis tak cukup membuat puas bagian akhirnya.

Mungkin ini sebuah strategi untuk mencari jawaban di film berikutnya. Selamat buat kamu yang sudah menyaksikan film ini. Dan bila masih tayang di bioskop, mungkin kamu bisa mencoba menonton film ini agar tidak kehilangan momentum bila ingin menunggu film ini tayang di televisi.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Mei 2018

Selamat datang di bulan Mei 2018. Bulan ini, masyarakat Indonesia akan mulai berpuasa. Kami berharap dapat lebih banyak menghadirkan info seputar ramadhan di blog dotsemarang. Selamat berpuasa bagi yang menunaikan.

Agenda rutin :
[Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan & Pemuda. [Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam)Agenda lainnya :
[20 April - 16 Mei] - Gebyar Pasar Rakyat Semarang 2018[2-3 Mei] - Smart City Forum di Balai Kota Semarang.[2-4 Mei] - Festival Ekonomi Syariah Regional Jawa di Majesty Convention Hall Semarang.[4-6 Mei] - Pameran Franchise di DP Mall Semarang.[5 Mei] - Resepsi Hari Jadi Ke-471 kota Semarang[5 Mei] - Semarang Night Carnival di Hala…

2 Film Indonesia yang Tayang Awal Puasa, Salah Satunya Tidak Tayang di Semarang

Kamis (17/5) pekan ini saat waktunya film Indonesia dirilis, ternyata waktunya bersamaan hari pertama puasa. Mudah ketebak genre apa film yang tayang menyambut bulan Ramadan kali ini. Meski begitu, ada satu film yang masuk daftar film tidak tayang kami untuk Semarang. Film apa?

Hanya ada 1 film Indonesia sebenarnya yang rilis kamis ini menurut catatan kami. Dan banyaknya kekosongan film saat menyambut puasa tak lepas dari pengaruh hadirnya film Deadpool 2, yang dianggap akan mengeruk penonton.

Itu artinya, film Indonesia yang rilis barengan film Box Office Hollywood nasibnya akan kehilangan jumlah penonton karena kurangnya daya tarik.

Film 5 PM (Lima Penjuru Masjid)

Dilihat dari judulnya, film ini membawa genre religi sepertinya. Sangat cocok menemani minggu pertama puasa. Film tentang pencuri kotak amal masjid berubah menjadi sosok baik. Berikut trailernya.



Film 5 PM sendiri yang ditayangkan di bioskop Semarang, bisa ditonton di bioskop Java Mall dan Mal Ciputra (Sedang tayang hingga…

[Review Event] International Semarang Night Carnival 2018

Cuaca kota Semarang hari ini sangat cerah. Entah kenapa, malam minggu seperti sudah menjadi hari rutin digunakan untuk pelaksanaan acara Semarang Night Carnival (SNC) yang tahun ini jatuh pada tanggal 5 Mei 2018. Apakah kamu pergi menonton?

Semarang Night Carnival 2018 datang kembali dengan mengusung tema 'Kemilau Semarang'. Acara setahun sekali ini yang sudah berjalan 8 kali memang harus ditunggu, apalagi kali ini acara tidak sekedar berskala nasional, melainkan Internasional.

Selain perubahan tema yang membuat semua kostum ikut berubah tahun ini dengan tahun sebelumnya, rute perjalanan peserta SNC pun turut berubah. Tidak ada kawasan sekitar titik nol kilometer yang biasa beberapa tahun terus dihidupkan.

Titik utama kali ini, untuk keberangkatan dan kembali, berada di Balai Kota. Peserta karnaval berjalan mengelilingi jalan Pemuda yang memutar ke kampus Udinus atau jalan Imam Bonjol. Lalu, memutar menuju Paragon Mal dan selesai kembali di Balai Kota.

Akses macet menuju lokas…

Ini Harga Zenfone 5, 5Z dan Live L1 di Indonesia

Resmi sudah Asus Indonesia membawa semua keluarga Zenfone 5 ke Indonesia. Debut pertama generasi kelima ini sudah ditandai dengan hadirnya Zenfone 5Q atau Lite. Berikut daftar harga Zenfone 5, plus satu produk anyar yang turut dibawa, yaitu Zenfone Live L1.

Semenjak diperkenalkan secara global bulan Februari di ajang Mobile World Congress (MWC) 2018, kami sudah terkesima dengan Zenfone 5.

Sayang setelah di launching secara global tersebut, kami yang mendapatkan rilis spesifikasi Zenfone 5 masih sangat penasaran dengan harga yang ditawarkan, mengingat produk belum dibawa ke Indonesia.

Kini, di acara launching Zenfone 5 bertajuk Backto5, BacktoLive tanggal 17 Mei kemarin di Jakarta, kami mendapatkan harga lengkapnya.

Yang menarik adalah tren penjualan dengan memanfaatkan pihak lain seperti yang dilakukan pada saat launching yang juga dilakukan di Jakarta, Asus Limitless Gaming Max Series.

Berikut daftar harga Zenfone 5 dan Live L1 :

Harga Zenfone 5Q/Lite yang lebih dulu hadir di bulan A…