Skip to main content

Melihat Gairah Perfilman Indonesia, Apakah Bisa Mencapai 50 Juta Penonton Tahun 2018?


Melihat film Dilan yang sukses besar mencapai 5 juta penonton hingga tulisan ini dibuat tentu kami sangat terpancing untuk ikut memberi ucapan selamat lewat halaman ini. Kebahagiaan ini perlu dirayakan. Dan untuk itu kami membawa postingan yang menarik dari beritagar.id yang banyak mengulas gairah perfilman Indonesia seperti judulnya.

Selamat buat film Dilan meski kami belum menontonnya. Dalam artikel beritagar yang dipublish 9 februari ini, ada semacam harapan yang ingin dicapai untuk jumlah penonton tahun ini, apakah bisa mencapai 50 juta penonton?

Bisa saja, mengingat tahun 2017 saja, yang menghadirkan 116 film, berhasil mendapatkan jumlah penonton sebanyak 42.631.255 penonton. 

Berdasarkan jumlah data penonton yang dilansir dari Cinema 21 oleh beritagar, yang merupakan pemilik layar terbanyak di negeri ini, dapat diketahui bagaimana perkembangannya sebagai berikut :
  • 2009 (28,6 juta penonton dari 92 film)
  • 2010 (16,8 juta penonton - 75 film)
  • 2011 (16,2 juta penonton - 80 film)
  • 2012 (18,9 juta penonton - 87 film)
  • 2013 (15 juta penonton - 105 film)
  • 2014 (16,3 juta penonton - 113 film)
  • 2015 (16,2 juta penonton - 116 judul).
  • 2016 (34,5 juta penonton - )
  • 2017 (42.631.255 penonton - 116 judul)

Tahun 2016 sebagai titik balik

Jumlah penonton di tahun 2016 (lihat data) merupakan titik balik wajah bioskop kembali ramai penonton. Kejamnya Cinema 21 yang kami pikir yang beberapa kali tidak membawa beberapa judul film masuk ke bioskop Semarang, rupanya memiliki alasan sendiri.

Semenjak 2016, Cinema 21 membentuk tim internal yang bertugas menyeleksi kelayakan, terutama dari segi teknis, film yang meminta jadwal tayang. Maka kami mulai paham sekarang, mengapa ada film yang tidak tayang.

Akibat salah satu kebijakan tersebut, tahun 2017 jumlah penonton bisa lebih baik alias lebih banyak dari tahun 2016. Tentu semua hal yang dilakukan adalah untuk memberikan kualitas yang terbaik buat  perfilman tanah air.

Jika penonton terlalu sering dikecewakan dengan sajian tak bermutu, kepercayaan mereka terhadap film Indonesia bisa kembali hilang. Imbasnya tentu saja ekshibitor, seperti halnya sineas, juga ikut menanggung rugi.

Film bagaimanapun juga butuh penonton, mengingat sukses komersial sebuah film ditentukan oleh jumlah keterjualan tiketnya di bioskop untuk menutupi biaya produksi dan promosi.

Selama tahun 2017, ada 6 perusahaan produksi film yang sangat berkontibusi menghadirkan film-film berkualitas. 

Mereka adalah Rapi Films (eksis sejak 1968), Soraya Intercine (1982), Starvision (1995), MD Pictures (2003), Falcon (2010), dan Screenplay (2015).

Gabungan 31 film yang mereka rilis sendiri maupun kongsi dengan perusahaan lain menghasilkan 34.940.082 penonton. Artinya mereka menyumbang sekitar 80% dari jumlah penonton film Indonesia tahun lalu.

Kepercayaan penonton mulai membaik

Kepercayaan penonton terhadap film Indonesia juga tak kalah penting. Faktor ini yang membuat pencapaian 2016 berhasil melampaui kesuksesan pada 2008 dari segi jumlah penonton. 

Dan menumbuhkan kepercayaan penonton jelas lebih sulit ketimbang menambah layar atau membangun gedung bioskop baru.

Sutradara Pengabdi Setan itu melihat industri film Indonesia mengalami pencapaian signifikan sepanjang tahun lalu. Dari segi bisnis jumlah penonton di bioskop meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Sementara dari segi estetis dan teknis juga mengalami kemajuan. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada film-film panjang yang mengikuti festival film di mancanegara, tapi juga film-film mainstream yang ditujukan untuk mengisi selot tayang di jaringan bioskop komersial.

Misalnya Pengabdi Setan yang meraup lebih dari 4,2 juta penonton. Dalam acara Festival Film Indonesia 2017, film itu turut membawa pulang tujuh Piala Citra yang menandakan pencapaian kualitasnya.

Stigma film festival

Film Marlina yang berangkat dari film festival setelah dirilis di bioskop berhasil mendapatkan jumlah penonton diluar perkiraan, yaitu 154.596 penonton. 

Setuju atau tidak, kehadiran Marlina seolah memutus tabu bahwa film "festival" tidak mampu mendulang lebih dari 100 ribu penonton saat tayang di bioskop.

Pencapaian Marlina dari segi jumlah penonton menumbuhkan asa bahwa apresiasi masyarakat film Indonesia semakin meningkat. 

Apresiasi selain bisa ditumbuhkan melalui literasi, diskusi, dan kritik film, juga bisa dilakukan dengan menyuguhkan film-film yang merangsang nalar penonton.

Joko Anwar berharap kinerja para filmmaker pada tahun-tahun mendatang terus meningkat. "Agar tidak merusak kepercayaan penonton film Indonesia yang sudah sangat besar ini".

Film horor yang laris manis

Keberhasilan jumlah penonton yang meningkat tahun lalu juga tak lepas dari genre film horor yang semakin diminati. 

Ada lima film horor alias mayoritas bertengger di dasa film Indonesia terlaris sepanjang 2017 dengan kumulatif 12.001.952 penonton. Bahkan Pengabdi Setan produksi Rapi Films yang mencedok 4.206.103 penonton menjadi film terlaris 2017.

Jika ditarik lebih lebar, sebanyak 25 judul film horor yang tayang di jaringan bioskop berhasil meraup 14.774.740 penonton. Belum pernah sebelumnya mayoritas penghuni tangga film laris berisi film genre horor.

Titimangsa 2016, enam dari 10 berisi film terlaris berisi balutan komedi. Tiada satu pun film horor bertengger dalam daftar. Paling mentok hanya ada The Doll yang mendapatkan 550.252 penonton dan menempati peringkat ke-15.

Sementara dari persebaran genre, drama membawa 72 film, disusul horor (18), aksi/laga (16), komedi (13), serta petualangan, animasi, dan thriller yang masing-masing menyumbang satu film.

Pertumbuhan signifikan penonton film-film horor Indonesia tentu tak lepas dari usaha para sineas. Sekuat tenaga mereka mengembalikan maruah film pembangkit rasa seram itu kepada masyarakat penonton film Indonesia.

Selama hampir satu dekade, pecinta horor apriori karena melulu disuguhkan film-film yang justru memunculkan rasa muak dan jengah alih-alih takut karena kerap dieksekusi asal-asalan.

Mencuatnya reputasi film horor pada sisi lain memunculkan kekhawatiran. Sudah bukan rahasia lagi bahwa dalam praktiknya, industri perfilman --di mana saja-- kerap berlomba mendekati ladang yang penuh "madu".

Joko Anwar mendapat informasi bahwa periode 2018 ada sekitar 65 judul film horor yang mengantre tayang di jaringan bioskop.

Hingga Februari 2018, enam film horor langsung menyerbu layar bioskop lewat Ghost, Rumah Belanda, Arumi, Syirik, Pai Kau, dan Bayi Gaib: Bayi Tumbal Bayi Mati.

Bandingkan dengan periode serupa tahun sebelumnya yang hanya menayangkan The Promise dan Gunung Kawi.

..

Halaman ini diambil dari situs beritagar.id yang link aslinya bisa dilihat di sini. Ulasan di sana lebih panjang dan lebih jelas. 

Kami membawa artikel yang ditulis Andi Baso Djaya ini ke blog dotsemarang hanya sebagai tambahan artikel film Indonesia yang sudah ada, dan juga sebagai pelengkap. Oh ya, artikelnya sangat bagus buat kami yang kekurangan sumber data seperti ini.

Tiap hari kamis, kami ingin mengabarkan hal baik dan menarik tentang film Indonesia. Terutama gairahnya di Semarang. 

Tentang 50 juta penonton tahun ini, pendapat kami sendiri tentu berharap dapat terwujud. Kerja keras semua pihak merupakan kunci untuk keberhasilan ini nantinya di akhir tahun. 

*Kami mohon maaf dan dimaklumi, bila ada banyak artikel copas yang dibawa ke sini. Terima kasih.
**Tentang cover blog, itu adalah baliho film London Love Story 3 yang ada di Mal Ciputra Semarang.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?

Semenjak kembali menggunakan layanan internet operator dari XL Axiata bulan Juli kemarin , ada pertanyaan besar dipikiran kami tentang paket Xtra Combo Flex yang tidak tersedia di aplikasi MyXL. Apakah hanya kami saja yang kebingungan? Dikenalkan sejak bulan Maret 2022, paket Xtra Combo Flex ternyata sangat menarik dari sisi pembagian kuota, seperti bonus hingga gratis berlanggananan konten Vidio. Tidak ada di aplikasi Hanya saja, sebagai pengguna baru yang membeli kartu perdana yang langsung mendapatkan paket Xtra Combo Flex, kami agak bingung saat mencarinya di aplikasi MyXL. Apalagi bonus-bonus yang harus diklaim lewat aplikasi, mau tidak mau membuat kami harus menginstal aplikasinya ke smartphone.  Di mana paket Xtra Combo Flex? Dari daftar paket utama pun tidak ada tersedia sama sekali. Sudah kami cari-cari dibeberapa menu lainnya, hasilnya tetap nihil. Paket yang tersedia di paket utama (lihat gambar) hanya ada Akrab, Akrab Mini, Xtra Combo Plus, Xtra Combo Mini, Xtra On dan lain

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Ini sudah lebih dari 24 jam saat aktivitas kami yang semenjak rutin berbagi video di Shopee Video mendadak terhenti. Penyebabnya karena aplikasi yang mendapatkan pembaruan. Sepertinya pihak Shopee harus memikirkan solusi untuk menambahkan opsi upload konten lewat komputer. Semenjak mengikuti Shopee Video akhir tahun 2021, kami mencoba konsisten di sana sebagai pembuat konten atau content creator.  Kami juga membagikan info-info menarik dari pengalaman menggunakan Shopee Video lewat blog dotsemarang. Sayangnya, pembuat konten belum bisa mengunggah videonya lewat komputer.  Mendadak bermasalah Versi aplikasi Shopee terbaru yang kami pakai adalah 2.90.25. Baru diperbarui (update) Kamis kemarin (28/7/22). Semua fitur tidak ada masalah sebenarnya. Hanya saja aktivitas upload atau unggah video mendadak bermasalah. Tiap ingin mengunggah video, baik diambil dari galeri maupun merekam langsung , halaman langsung keluar sendiri. Seperti video yang kami sematkan di atas ini. Kami sudah melakukan

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Layanan ini sudah ada sejak tahun 2020, kalau tidak salah tepatnya bulan September. Layanan Massage & Spa ini melengkapi layanan lainnya, yakni Cleaning . Layanan ini mirip seperti GoMassage yang sayangnya sudah ditutup oleh Gojek. Layanan dari Maxim Life ini, Massage & Spa bukanlah hal baru bagi kami. Tahun 2021, pernah juga kami gunakan. Kebenaran ada keluarga besar yang ingin pijat. Tarif pijat Untuk menggunakan layanan jasa pijat ini, tentunya kamu harus sudah mengunduh aplikasi Maxim . Setelah sudah registrasi, baru deh cari layanan yang namanya Life. Saat ini, Maxim punya layanan seperti bike, cara, marketplace, delivery, dan cargo. (Life ada sebelum cargo). Biaya tarif pijat online ini adalah Rp70.000 untuk durasi 1 jam. Dan akan dikenakan biaya per-menitnya kemudian bila melebihi durasi (1 jam tadi).  Review Saat coba kami pesan, layanan ini memberikan tambahan lainnya yang sudah juga dicantumkan dengan harganya seperti berikut ini. Ya, ini di luar biaya 70 ribu tadi. S

Semarang Trending Topik 3 Hari di X: Banjir di Bulan Puasa

Suka cita menyambut bulan suci puasa sedikit teralihkan dengan cuaca yang begitu mencuri perhatian. Memang sebagian besar mendambakan Kota Semarang tidak terlalu panas, namun tidak juga dengan hujan yang terus-menerus. Sampai-sampai jadi trending topik di Twitter atau X. Hari ke-4 semenjak Semarang menjadi trending topik akhirnya sudah teralihkan. Tidak ada lagi 'Semarang' di sana dalam kolom trending. Sedikit lega, apalagi cuaca juga kembali normal. Ya, Semarang panas kembali seperti biasanya. Hujan hampir 3 hari Awal puasa di Kota Semarang sangat menyenangkan apabila dipikir-pikir. Puasa yang dimulai tanggal 12 Maret begitu adem cuacanya. Semarang sedang diselimuti awan mendung dan sebentar lagi akan turun hujan. Dan benar, hujan terus turun semenjak hari pertama puasa hingga hari ketiga. Satu sisi itu melegakan karena ibadah puasa tidak harus merasakan panas berlebihan sehingga tidak begitu haus. Namun sisi lainnya, Semarang kebanjiran karena intens curah hujan yang tidak be

Harris Hotel Sentraland Semarang Hadirkan Paket Ramadan 'Best of The Best yang Dibandrol 158 Ribu

Masih mengusung konsep Ngabuburit Asyiik, Hotel Harris Semarang coba menghadirkan menu yang pernah populer beberapa tahun silam. Dari sisi harga, kali ini malah terbilang lebih murah ketimbang tahun lalu. Penasaran? Harris Semarang tidak menyangka bahwa launching menu ramadan mereka mengambil momen hari pertama puasa, yaitu tanggal 12 Maret. Padahal rencananya adalah hari kedua sebelum akhirnya Pemerintah memutuskan hari Selasa. Nostalgia? Entah apa yang dipikirkan pihak hotel dengan strategi menu kali ini yang mengambil menu-menu favorit dari program yang sudah berjalan sejak 2018 hingga 2023. Menu-menu favoritnya seperti : Cheese Wheel Pasta (2022) BBQ Corner (2019) Pizza Corner (2019) Sobat Saru - Soto Bakar Sambal Paru (2022) Peking Duck & Roasted Chicken (2021) Teppanyaki (2021) Sahara Rice & Baklava (2023) Tentu, kami yang pernah hadir beberapa programnya seperti daftar di atas seakan bernostalgia. Menu-menu tersebut sudah diposting di blog. Itu adalah daftar menu mewah p