Langsung ke konten utama

Wah, Akun Twitter Dinas Provinsi Jawa Tengah Hampir Semuanya Mendapat Verifikasi


Jika kamu lihat akun Twitter yang berhubungan dengan Pemprov Jateng sudah terverifikasi, maka percayalah bahwa mereka akun resmi yang mewakili instansi. Ada lebih dari 40 akun yang mendapatkan tanda centang itu dari Twitter. Mengapa bisa? Berikut jawabannya.

Tanggal 13 Juni 2017, bertempat di gedung Gradhika Bhakti Praja dilakukan penandatanganan nota kesepahaman Twitter Kemala antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Twitter Asia Pacific.

Program layanan yang dinamakan Twitter Kemala yang berarti Kelola Melantas Layanan ini sudah dikenalkan sejak September 2016, dan kini menjadi resmi. Kerjasama ini berlaku 1 tahun dan bisa diperpanjang setelahnya.

Akun Twitter terverifikasi yang tercepat 


Jujur, kami saja sangat sulit mendapatkan centang biru dari Twitter dan mungkin kamu juga. Namun dengan kolaborasi kedua belah pihak ini, semua menjadi mudah. Akun - akun instansi pemerintah Jawa Tengah mendapatkan hampir semua verifikasi dari Twitter. Menurut data yang kami dapatkan dengan mencari hashtag kemala Jateng, ada lebih  20 akun yang bercentang sebagai berikut :

NoAkun verifikasiKeterangan
1humasjatengHumas
2perhubunganjtgDinas Perhbungan Provinsi Jateng
3GRMS_JATENGDinas yang mengurusi divisi aplikasi, jaringan dan infrastruktur
4kominfo_jtgDinas Kominfo
5provjatengPemprov Jateng
6iptekinjatengUnit Pelayanan dan Pengoperasian Iptekin
7disporaparjtgDinas Kepemudaan, Olahraga Dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah
8PhubungJatengBadan Penghubung Provinsi JawaTengah
9bpbdjatengBadan Penanggulangan Bencana Daerah
10dinsosjatengDinas Sosial
11bkdjatengprovBadan Kepegawaian Daerah
12satpolpp_jatengSATPOL PP PROV. JATENG
13inspektorat_jtg
14Bappeda_Jateng
15Rs_TugurejoRSUD Tugurejo
16disnaker_jateng
17ESDMJateng
18BPPD_JATENGBadan Pengelola Pendapatan Daerah
19dpusdatarujtgDinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang
20bpsdmdjtgBadan Pengembangan Sumber Daya Manusia
21BakesbangprovKesbang Jateng
22RSUDKeletRSUD Kelet di Jepara
23disperindagjtgDisperindag Jateng
24DisperakimJtgDinas Perumahan Rakyat & Kawasan Permukiman
25disnakkeswanjtgDinas Peternakan dan Kesehatan Hewan
26DISHANPAN_JTGDinas Ketahanan Pangan

Sementara data akun ini yang kami peroleh, dan lainnya belum tahu dari total keseluruhannya.

Layanan berbasis media sosial 

Momen puasa dan lebaran sangat tepat menguji kemampuan program ini yang sangat mudah dalam penggunaannya. Kamu, tentu harus menggunakan Twitter untuk memanfaatkan fitur ini. Caranya hanya dengan tweet info yang ingin kamu sampaikan (pengaduan atau info) ditambah tagar #KemalaJateng.

Agar lebih cepat lagi, kamu bisa lakukan dengan menambah mention akun terkait semisal kamu ingin mengadukan jalanan macet, maka kamu mention ke akun perhubunganjtg. Tapi kalau tidak ingin repot, cukup kasih mention saja.

Pertama di Asia Tenggara

Jawa Tengah menjadi contoh menarik dalam upaya layanan publik berbasis media sosial, khususnya Twitter. Bahkan menjadi yang pertama institusi pemerintah di Indonesia yang menggunakan Twitter Kemala sebagai sarana komunikasi pelaporan publik untuk menjalankan praktik e-governance yang lebih efisien dan transparan.


Dan program istimewa ini bukan hanya menjadikan pemprov sebagai instansi pemerintah yang pertama di Indonesia menggunakan fitur ini, tapi juga se-Asia Tenggara.

Selain di Indonesia, sistem ini sudah diuji coba di negara lain, seperti di India yang diberi nama Twitter Seva. Untuk negara Australia, sistem ini digunakan dalam bidang transportasi (Dinas).

Acara yang dihadiri Agung Yudha, Public Policy Lead Twitter Indonesia, berharap Twitter Kemala dapat digunakan di daerah lain. Namun tentu harus melihat dahulu seberapa efektif pelaksanannya yang dilakukan Pemprov Jawa Tengah.

...

Akhirnya kami bisa hadir sebelum penandatangan kerjasama ini berlangsung. Tahun 2016, acara yang berhubungan dengan Twitter dan Pemprov ini tidak bisa kami ikuti, mengingat acara ini sangat terbatas dalam segi informasi maupun undangan. Untunglah kali ini mereka membagikannya di linimasa yang segera kami ikuti.

Untuk menggunakan layanan ini sangat mudah, seperti yang kami sebut di atas. Bila masih penasaran, postingan kami tahun 2016 bisa dijadikan referensi. Lihat di bawah linknya.

Semoga dengan semakin mesranya jalinan kerjasama kedua belah pihak, membuat layanan publik lebih baik dan cepat dilakukan penyelesaian. Kami sebagai pihak pengguna, jadi tahu juga dengan apa yang terjadi tentunya.

Ayo, apakah kamu belum gunain Twitter hari ini? Pejabat dan seluruh dinas Pemprov Jawa Tengah aja sudah gunain sejak tahun 2013. Menurut Dadang Sumantri, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Tengah, Twitter dipilih karna  platform paling sederhana dan mudah.

Bagaimana dengan dinas kota Semarang, apakah akan segera menyusul nantinya?

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Juli 2018

Selamat datang bulan Juli di kota Semarang. Ada rencana apa saja selama di kota kami. Bila belum, halaman ini akan sedikit membantu tentang apa saja yang ramai di sini. Informasi akan terus kami perbarui.

Setelah libur lebaran, kita semua kembali ke rutinitas seperti biasanya. Sibuk dan sibuk. Bila sedang mengadakan perjalanan ke Semarang, tak salah melihat tempat-tempat menarik, berburu kuliner atau swafoto.

Berikut daftar agenda yang ada di Semarang, yang kami bagi dua:

Agenda rutin :
[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam)[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.
Agenda lain
[2 Juli] - Jazz Reguler by Komunitas Jazz Ngisoringin di gedung event media creative space, jalan Ki Mangunsarkoro no. 18. Mulai jam 7 malam. Info Twitter @JAZZNGiSORiNGiN.[6-11 Juli] - Pameran komputer di Java Mall. Info klik di sini.[6-8 Juli] - Kejuaraan Motorcross Internasional MXGP 2018 di sirku…

[Review] #BuatNyataTujuanmu Roadshow Semarang

Bertajuk networking day, kami hadir di Impala Space Kamis malam (12/7) yang menjadi tempat berlangsungnya acara dari program yang digelar oleh Kapal Api dengan segmen kalangan muda yang ingin berminat menjadi pegiat sociopreneur.

Kota tercinta kami turut dimasukkan dalam program roadshow beberapa kota dari “Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu”. Selain Semarang, kota lainnya seperti Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta juga sudah dilaksanakan. Tinggal Surabaya dan Malang berikutnya.

Ini bukan pesta anak muda

Tidak banyak di Semarang, tempat yang menyediakan view sebuah acara dengan konsep anak muda banget. Impala Space yang bangunannya berada di lantai 2 gedung Spigel ini,  Kota Lama, memang memberikan tawaran menarik untuk view.


Saat kami tiba, banyak anak muda yang sudah hadir. Ruangan terasa sesak dengan mereka yang ingin mengikuti acara. Brand kopi sebagai penggagas acara tak mau ketinggalan dengan turut menyemarakkan lokasi yang membagi-bagikan kopi kepada peserta.

Ya, ini bukan sem…

[Photoblog] Suasana Salat Idul Fitri di Simpang Lima (2018)

Lebaran tahun ini jatuh pada tanggal 15 Juni 2018. Postingan ini kembali mengingatkan kami pada tahun 2016 di tempat yang sama dengan momen yang juga sama. Perbedaannya dengan waktu itu adalah.

Penjagaan ketat dari Brimob yang menjadi pemandangan lain saat salat ied di tahun 2016. Tahun ini, kami tidak melihat hal itu. Atau jangan-jangan mungkin saja kami yang gak melihat.

Berikut foto-foto yang kami abadikan dengan Smartphone kami.

 Suasana pagi sebelum jam 6
 Petugas kebersihan sudah siap

 Pemandangan dari atas-jembatan layang  Petugas sangat bekerja keras untuk memberikan arahan terkait saf perempuan dan laki-laki yang harus dipisah. Tapi tetap saja, itu sulit.  Di sana, jamaah salat berkumpul  Karena tempatnya luas dan menyenangkan, sebagian memilih tempat sendiri  Suasana setelah salat Saat masyarakat mulai berdatangan menuju lapangan
Artikel terkait : Libur Lebaran di Semarang Tahun 2018, Ada Apa Aja di Tempat Wisata?Foto : Suasana Salat Idul Fitri di Simpang Lima (2016)Foto : Be…