Langsung ke konten utama

7 Bentuk Pemasaran Konten, Blog Salah Satunya


Anda yang memiliki bisnis dibidang apapun, sebaiknya membaca artikel berikut. Blog adalah salah satu bentuk pemasaran yang perlu Anda ketahui. Anda dapat juga mengklik beberapa artikel tentang blog dan tipsnya yang sudah banyak dotsemarang publish di sini.

Bulan ini, saya membeli majalah Mix edisi September sampai 18 Oktober 2016. Anda beruntung sudah mampir di halaman  ini bila tidak tahu tentang majalah tersebut. Karena dotsemarang mau membagikannya dengan harapan sama-sama belajar.

7 Bentuk Pemasaran Konten

Pemasaran konten terdiri dari berbagai jenis metode dan strategi yang berbeda, tetapi secara keseluruhan dimulai dengan apa yang disebut strategi konten. Strategi berarti merencanakan, memanage dan mengembangkan konten dengan secara struktur.

Saat Anda mengepost di media sosial, baik foto, teks maupun video, kesemuanya bisa disebut konten. Anda sebenarnya bisa, hanya perlu dikembangkan lebih jauh. Terutama buat bisnis Anda.

Dari 7 bentuk pemasaran konten marketing di bawah ini, tentu sebagai bloger, dotsemarang selalu menyukai informasi yang berhubungan dengan kata blog. Karena ini, saya mau membagikannya sebagai berikut.

1. Media sosial.

Memanfaatkan media sosial sebagai salah satu strategi konten marketing Anda, bukan berarti sekedar memiliki akun Facebook, Twitter, dan Linkedln. Lebih dari itu, konten-konten yang Anda sajikan lewat media sosial harus direncanakan se-efektif mungkin. Untuk itu, diperlukan social media strategy. Ketika Anda berencana untuk mem-posting konten di media sosial, pikirkan tentang konsumen yang Anda targetkan. Apakah mereka cenderung lebih suka menggunakan Instagram atau Linkedln?

2. Whitepaper.

Biasanya, Whitpaper adalah bentuk laporan otoritas yang membahas tentang isu-isu tertentu sekaligu menawarkan solusinya. Whitepaper dapat Anda gunakan untuk menunjukkan pengetahuan Anda yang luas kepada pembaca dan di saat yang sama juga mengedukasi mereka. Selain itu, Whitepaper juga menunjukkan Anda sebagai sosok yang profesional, berpengatuhan, dan kredibel.

3. Case Studies.

Berbeda dengan bentuk content marketing lainnya, case studies memang lebih berkaitan dengan kegiatan promosi produk. Meskipun begitu, case studies dapat membantu calon konsumen untuk memahami bagaimana konsumen lain mengatasi persoalan yang sama.

4. Blog.

Cara yang lebih engage untuk terhubung dengan konsumen adalah dengan membuat blog. Yang bisa digunakan untuk memberi regular update, berbagai opini, memperkenalkan ide baru, dan sebagainya. Lewat blog, brand atau marketer dapat dengan mudah menjangkau audiens, termasuk jurnalis, yang interaksinya sama dengan konsumen dan ada feedback. Selebihnya, blog dapat membantu Anda menjangkau konsumen lebih awal pada siklus penjualan, bahkan sebelum mereka memutuskan untuk membeli atau tidak.

5. Video content marketing.

Ini adalah strategi baru untuk dunia marketing B2B, tetapi impact-nya luar biasa. Generasi millenial lebih memilih menonton konten edukasi dibandingkan membaca topik tertentu. Itu sebabnya, mempublikasikan ide baru atau menjelaskan konsep dalam sebuah video kini lebih menarik dan lebih fokus.

6. Vlogging.

Adalah video content marketing yang belakangan mendapat banyak popularitas karena terkesan memiliki karakter yang lebih akrab dan luwes. Sebagai contoh, video tanpa script ini dapat digunakan untuk menyediakan update harian bagi para subscriber pada proyek atau kampanye yang sedang berjalan, dan ini adalah cara terbaik agar pelanggan tetap terlibat.

7. Press releases.

Dengan metode tradisional, mengirimkan siaran pers ke jurnalis saat Anda melakukan peluncuran produk, memang efektif untuk mendapatkan awarness, terutama dari konsumen yang belum pernah mendengar tentang produk Anda sebelumnya. Namun, agar lebih efektif, brand atau marketer bisa mencoba untuk lebih terhubung dengan para jurnalis lewat media sosial.

...

Kesemuanya boleh Anda coba yang memang tujuannya untuk bisnis Anda. Fokus saya memang ke blog saja. Dengan blog, Anda sudah bisa membuat konten Anda lebih menarik dan terhubung.

Saya banyak melihat  website sebuah bisnis yang terlihat menarik tapi sayangnya statis. Ini juga karena sifat website itu sendiri yang berbeda dengan blog. 

Pemasaran konten (content marketing) dipercaya mampu mendongkrak pertumbuhan bisnis lewat berbagai cara. Misalnya, membantu brand menjangkau pasar dengan cara yang lebih efektif.

Dengan menggunakan digital channel seperti di atas, brand akan lebih cepat menangkap perhatian konsumen, sekaligus menjaga ketertarikan mereka dala waktu yang lama sembari memposting konten-konten secara teratur dan memberi update terbaru ke klien.

Dengan membuat konten yang berkaitan dengan produk, tapi tidak secara langsung untuk promosi, brand dapat mengombinasikan iklan dengan sesuatu yang informatif dan enggaging dibandingkan dengan harus memborbardir konsumen dengan iklan yang terkesan jualan.

Sumber : Mix September 2016.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Arak-arakan Sam Poo 2017

Sepertinya ini merupakan acara terakhir yang mengusung konsep kirab budaya atau arak-arakan tahun ini di kota Semarang. Arak-arakan Sam Poo tahun ini digelar tanggal 22 Juli 2017 atau hari Sabtu. Mari berakhir pekan di kota kami, Semarang.
Secara keseluruhan, acara kirab budaya di Semarang ada 5.  Seperti festival Ogoh-ogoh, Semarang Night Carnival, Karnaval dugderan, sesaji Rewanda dan lainnya yang sudah kami publish di awal tahun. Detailnya bisa dilihat di sini.
Memperingati Perayaan HUT Kedatangan Laksmana
Acara arak-arakan Sam Poo merupakan bagian acara dari perayaan HUT kedatangan Laksamana Cheng Ho. Acaranya biasanya dilaksanakan 2 hari, pertama biasanya ada beberapa acara seperti salah satunya bazar dan kedua arak-arakannya yang biasa dimulai pagi-pagi sekali.
Tahun 2016, acaranya dilaksanakan menjelang akhir bulan Juli. Namun kali ini, minggu ketiga di bulan Juli. Ya, kamu yang penasaran dengan acara arak-arakan ini bisa lihat review kami tahun kemarin di sini.
Jadwal lengkap a…

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Juni 2017

Kami punya kabar baik menjelang Lebaran. Pameran handphone bulan Juni di Semarang sudah hadir. Buat kamu yang menanti-nanti info ini dari blog dotsemarang, terima kasih sudah berkunjung hari ini. Pameran ini berlangsung di Java mall, catat tanggalnya yang dilaksanakan 20 Juni sampai 4 Juli 2017. 
Tanpa terasa sebentar lagi lebaran. Ini waktunya berkumpul bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Kami sadar bahwa tren selfie maupun welfie tak bisa dihindari, terutama kamu yang termasuk golongan generasi millenials.
Telkomsel Ramadhan Fair
Pameran handphone di Java Mall ini bertajuk Parsell Lebaran, dimana kata Parcell mengacu singkatan dari Parade Selluler. Untuk menarik pengunjung, pameran seperti gadget ini masih menawarkan cara pembayaran secara angsuran dan tukar tambah.
Yang menarik kali ini adalah hadirnya Telkomsel yang membuka stan secara khusus selama pameran. Bila melihat branding dengan nama mereka sendiri, maka stan mereka akan lebih besar sendiri diantara yang lain.

Terak…

Tanggal 16 Juni, Bioskop Cinema XXI The Premiere Semarang Mulai Dibuka di DP Mall

Ada kabar gembira lagi dari bioskop di Semarang. Setelah Java Supermall membuka bioskop, kini giliran DP Mall yang segera buka bioskop Cinema XXI the Premiere di sana pada tanggal 16 Juni 2017. Semakin banyak saja, apa kelebihan Premiere ini?
Oktober 2016, kami sudah memposting tentang rencana DP Mall yang bakal buka bioskop. Akhirnya setelah hampir setengah tahun dari postingan kami yang telah dipublish, bioskop itu akan buka beberapa hari lagi.
Kelebihan The Premiere XXI
Menurut kabar angin yang berhembus (lebay), bioskop yang ada di DP Mall ini akan punya studio yang istimewa. Ya, sesuai namana yaitu studio Premiere. Kami sendiri belum pernah merasakan seperti apa di dalamnya (menunggu undangan). Tapi kami coba berikan beberapa sedikit bocoran berikut ini.
Mengutip situs bookmyshow.com (5/1/2016), bioskop Premiere berbeda dengan bioskop Cinema XXI biasanya. Di dalam teater Premiere, suasananya lebih ekslusif. Tempat duduknya lebih nyaman, sepertinya sangat nyaman kalau kamu lihat g…

Sudah Tahu Cara Nambah Masa Aktif XL Hingga 1 Tahun?

Ada yang menggunakan kartu XL? Sudah tahu, operator dengan dominasi biru ini dapat menambah masa aktif hingga 1 tahun. Dengan masa aktif 1 tahun, Anda tidak perlu takut kartu Anda hangus tiba-tiba. Berikut cara aktivasinya.
Saya baru menggunakan kartu XL beberapa bulan ini setelah acara launching 4G XL LTE di Semarang bulan Juni 2016. Saat itu juga saya mengaktifkan fitur XL Tunai, sebuah layanan keuangan digital atau trennya dompet digital.
Karena saya pikir jarang menggunakan XL untuk keperluan hari-hari saya seperti koneksi Internet, saya tidak ingin XL Tunai saya mati begitu saja. Dan setelah mencari sana-sini informasi tentang layanan keuangan digital ini, saya baru tahu tentang masa aktif XL hingga 1 tahun.
Layanan Perpanjang Masa Aktif 
Ada 2 cara sebenarnya untuk menggunakan layanan ini. Bisa menggunakan nomor *123# atau lewat online dengan mengakses web 
1) *123#
Anda tinggal menekan angka diatas atau mau yang cepat ketik *123*8484#.  Ikuti petunjuknya dan silahkan pilih. Cont…

Semarang Hobby Centre Ternyata Sudah Tidak Dibuka Lagi

Juni kemarin, kami baru tahu kalau Semarang Hobby Centre yang terletak di lantai 5 Sri Ratu jalan Pemuda Semarang sudah tidak beroperasi lagi alias tutup. Terakhir kami memposting tempat ini pada tahun 2015. Sayang sekali sebenarnya. 
Pertama kali ke sini, kami berharap tempat ini akan menjadi ikon menarik di kota Semarang terkait minat dan berbagai hal yang berhubungan dengan mainan. Namun seiring waktu, tidak bisa dipungkiri bahwa ketika bersentuhan dengan bisnis, pasti sangat sulit.
Beberapa gambar yang kami publish tahun 2015, memperlihatkan suasananya yang waktu itu pelan tapi pasti akan segera terisi berbagai hal menarik. Seperti konter mainan yang identik dengan figura-figura mungil yang saat ini sering digunakan dalam Toys Photography.,
Tapi ada kabar baiknya, outlet yang berhubungan dengan mainan masih ada di lantai 4. Di lantai tersebut juga saat ini sudah ada wahana permainan yang saat kami kunjungi begitu ramai dikunjungi keluarga. Ada permainan boom-boom car dan sebagain…