Langsung ke konten utama

7 Bentuk Pemasaran Konten, Blog Salah Satunya


Anda yang memiliki bisnis dibidang apapun, sebaiknya membaca artikel berikut. Blog adalah salah satu bentuk pemasaran yang perlu Anda ketahui. Anda dapat juga mengklik beberapa artikel tentang blog dan tipsnya yang sudah banyak dotsemarang publish di sini.

Bulan ini, saya membeli majalah Mix edisi September sampai 18 Oktober 2016. Anda beruntung sudah mampir di halaman  ini bila tidak tahu tentang majalah tersebut. Karena dotsemarang mau membagikannya dengan harapan sama-sama belajar.

7 Bentuk Pemasaran Konten

Pemasaran konten terdiri dari berbagai jenis metode dan strategi yang berbeda, tetapi secara keseluruhan dimulai dengan apa yang disebut strategi konten. Strategi berarti merencanakan, memanage dan mengembangkan konten dengan secara struktur.

Saat Anda mengepost di media sosial, baik foto, teks maupun video, kesemuanya bisa disebut konten. Anda sebenarnya bisa, hanya perlu dikembangkan lebih jauh. Terutama buat bisnis Anda.

Dari 7 bentuk pemasaran konten marketing di bawah ini, tentu sebagai bloger, dotsemarang selalu menyukai informasi yang berhubungan dengan kata blog. Karena ini, saya mau membagikannya sebagai berikut.

1. Media sosial.

Memanfaatkan media sosial sebagai salah satu strategi konten marketing Anda, bukan berarti sekedar memiliki akun Facebook, Twitter, dan Linkedln. Lebih dari itu, konten-konten yang Anda sajikan lewat media sosial harus direncanakan se-efektif mungkin. Untuk itu, diperlukan social media strategy. Ketika Anda berencana untuk mem-posting konten di media sosial, pikirkan tentang konsumen yang Anda targetkan. Apakah mereka cenderung lebih suka menggunakan Instagram atau Linkedln?

2. Whitepaper.

Biasanya, Whitpaper adalah bentuk laporan otoritas yang membahas tentang isu-isu tertentu sekaligu menawarkan solusinya. Whitepaper dapat Anda gunakan untuk menunjukkan pengetahuan Anda yang luas kepada pembaca dan di saat yang sama juga mengedukasi mereka. Selain itu, Whitepaper juga menunjukkan Anda sebagai sosok yang profesional, berpengatuhan, dan kredibel.

3. Case Studies.

Berbeda dengan bentuk content marketing lainnya, case studies memang lebih berkaitan dengan kegiatan promosi produk. Meskipun begitu, case studies dapat membantu calon konsumen untuk memahami bagaimana konsumen lain mengatasi persoalan yang sama.

4. Blog.

Cara yang lebih engage untuk terhubung dengan konsumen adalah dengan membuat blog. Yang bisa digunakan untuk memberi regular update, berbagai opini, memperkenalkan ide baru, dan sebagainya. Lewat blog, brand atau marketer dapat dengan mudah menjangkau audiens, termasuk jurnalis, yang interaksinya sama dengan konsumen dan ada feedback. Selebihnya, blog dapat membantu Anda menjangkau konsumen lebih awal pada siklus penjualan, bahkan sebelum mereka memutuskan untuk membeli atau tidak.

5. Video content marketing.

Ini adalah strategi baru untuk dunia marketing B2B, tetapi impact-nya luar biasa. Generasi millenial lebih memilih menonton konten edukasi dibandingkan membaca topik tertentu. Itu sebabnya, mempublikasikan ide baru atau menjelaskan konsep dalam sebuah video kini lebih menarik dan lebih fokus.

6. Vlogging.

Adalah video content marketing yang belakangan mendapat banyak popularitas karena terkesan memiliki karakter yang lebih akrab dan luwes. Sebagai contoh, video tanpa script ini dapat digunakan untuk menyediakan update harian bagi para subscriber pada proyek atau kampanye yang sedang berjalan, dan ini adalah cara terbaik agar pelanggan tetap terlibat.

7. Press releases.

Dengan metode tradisional, mengirimkan siaran pers ke jurnalis saat Anda melakukan peluncuran produk, memang efektif untuk mendapatkan awarness, terutama dari konsumen yang belum pernah mendengar tentang produk Anda sebelumnya. Namun, agar lebih efektif, brand atau marketer bisa mencoba untuk lebih terhubung dengan para jurnalis lewat media sosial.

...

Kesemuanya boleh Anda coba yang memang tujuannya untuk bisnis Anda. Fokus saya memang ke blog saja. Dengan blog, Anda sudah bisa membuat konten Anda lebih menarik dan terhubung.

Saya banyak melihat  website sebuah bisnis yang terlihat menarik tapi sayangnya statis. Ini juga karena sifat website itu sendiri yang berbeda dengan blog. 

Pemasaran konten (content marketing) dipercaya mampu mendongkrak pertumbuhan bisnis lewat berbagai cara. Misalnya, membantu brand menjangkau pasar dengan cara yang lebih efektif.

Dengan menggunakan digital channel seperti di atas, brand akan lebih cepat menangkap perhatian konsumen, sekaligus menjaga ketertarikan mereka dala waktu yang lama sembari memposting konten-konten secara teratur dan memberi update terbaru ke klien.

Dengan membuat konten yang berkaitan dengan produk, tapi tidak secara langsung untuk promosi, brand dapat mengombinasikan iklan dengan sesuatu yang informatif dan enggaging dibandingkan dengan harus memborbardir konsumen dengan iklan yang terkesan jualan.

Sumber : Mix September 2016.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Maret 2018

Selamat datang bulan Maret. Bulan ini datang lebih awal karena Februari mengakhiri kalendernya hanya sampai angka 28 saja. Bulan ketiga ini ada acara besar yang mengusung karnaval yang wajib kamu tandai untuk berkunjung ke Semarang. Apakah kamu bulan ini berencana datang ke sini?

Agenda rutin : [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan & Pemuda. [Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam)Agenda lainnya : [1-5 Maret] - Finance & UMKM Expo di Mal Ciputra.[2-4 Maret] - Garuda Indonesia Travel Fair di Paragon Mall[8-11 Maret] - Wedding 2018 di New PRPP Convention Center.[9-11 Maret] - Semarang Clothing Festival 2018[9 Maret] - Pameran Produk Kreatif.[11 Maret] - Sema…

Review Film Guru Ngaji

Film yang ingin memberitahukan kepada penontonnya bagaimana kehidupan guru ngaji dengan berbagai permasalahan yang dihadapi. Rilis di bioskop tanggal 22 Maret 2018, berikut review filmnya yang kami tonton bulan April di bioskop.

Membawa sejumlah nama tenar, seperti Donny Damara, Dewi Irawan, Tarzan, Ence Bagus, Verdi Solaiman, Dodit Mulyanto dan lainnya, film ini bisa dikatakan 'seharusnya' dapat bertahan lebih lama di bioskop Semarang.

Namun nyatanya tidak. Film yang disutradarai Erwin ini sudah kedepak setelah 2 hari penayangan dari bioskop XXI Transmart.

Memiliki banyak profesi

Mukri, tokoh utama yang diperankan Donny Damara ini memiliki pekerjaan sampingan sebagai Badut di pasar malam. Ia hidup bersama anak dan istrinya yang diperankan Dewi Irawan.

Kehidupan guru ngaji yang ditampilkan di sini adalah keluarga miskin. Dikejar hutang oleh keluarga sendiri dan dibayar seikhlasnya saat pak Mukri mengajar muridnya mengaji, contohnya beras.

Persoalan terus dihadirkan dalam film …

Berkenalan dengan Bhinaya, Marcom Agency Semarang Lewat Acara Bhinaya Bicara

Mendengar istilah agensi bagi kami tidaklah begitu asing, mengingat selama ini banyak pekerjaan pernah melibatkan kami sebagai bloger.  Pernah mendengar Bhinaya Laxita Kreativa Indonesia? Bila belum, maka silahkan lanjut membaca postingan ini.

Kami juga baru tahu setelah memastikan untuk hadir di acara yang diadakan Bhinaya, hari Selasa (10/4) di Seven Bistro & Cafe. Kami sangat penasaran tentang mereka.

Agensi? Dari Jakarta, ternyata bukan. Kepoin akun Twitter-nya yang memiliki nama id @bhinaya_id lokasinya ada di Semarang. Apakah agensi baru?

Ini menarik bila kami memikirkan rekan-rekan kami yang pekerjaannya mirip dengan mereka (agensi), yaitu Titik Tengah Partnership. Apakah ini berarti sebuah kompetisi? Apakah mereka agensi yang akan mengakomodir kami sebagai bloger untuk terlibat?

Acara Bhinaya Bicara

Menurut undangan yang kami terima, jam acara tertera pukul 3 sore. Seperti pada umumnya, acara melorot dari jam yang udah dijadwalkan sebelumnya. Tak masalah, kami hari itu pun…

Terjawab Sudah, Smartphone Asus yang Akan Diluncurkan 23 April di Jakarta

Adalah Zenfone Max Pro M1 yang mengusung prosesor Snapdragon 636, Smartphone yang akan dilaunching besok, tanggal 23 April 2018 di Jakarta. Dengan ini juga kami memastikan diri akan berangkat untuk melihat langsung peluncurannya.

Informasi Smartphone ini kami dapatkan dari Instagram Asus Indonesia. Kamu bisa mengikuti acara ini secara langsung meski tidak hadir di lokasi, yaitu dengan live streaming di Youtube Asus Indonesia. Atau langsung kunjungi di sini > bit.ly/MaxProM1LiveStream.

Selain membawa spesifikasi prosesor Snapdragon 636, Zenfone Max Pro M1 juga diberitahukan bahwa kamera belakang yang diusung ada 2 kamera.

Untuk diketahui bahwa prosesor terbaru yang dibawa ini bakal menjadi acuan bagi banyak produsen.

“Untuk itu, kami memilih Snapdragon ® 636 Mobile Platform yang merupakan prosesor mutakhir terbaik untuk performa dan efisiensi tenaga di segment mid-high smartphone, dan prosesor ini menawarkan performa yang jauh lebih tinggi dibanding seri mainstream sebelumnya”. Gali…