Langsung ke konten utama

7 Bentuk Pemasaran Konten, Blog Salah Satunya


Anda yang memiliki bisnis dibidang apapun, sebaiknya membaca artikel berikut. Blog adalah salah satu bentuk pemasaran yang perlu Anda ketahui. Anda dapat juga mengklik beberapa artikel tentang blog dan tipsnya yang sudah banyak dotsemarang publish di sini.

Bulan ini, saya membeli majalah Mix edisi September sampai 18 Oktober 2016. Anda beruntung sudah mampir di halaman  ini bila tidak tahu tentang majalah tersebut. Karena dotsemarang mau membagikannya dengan harapan sama-sama belajar.

7 Bentuk Pemasaran Konten

Pemasaran konten terdiri dari berbagai jenis metode dan strategi yang berbeda, tetapi secara keseluruhan dimulai dengan apa yang disebut strategi konten. Strategi berarti merencanakan, memanage dan mengembangkan konten dengan secara struktur.

Saat Anda mengepost di media sosial, baik foto, teks maupun video, kesemuanya bisa disebut konten. Anda sebenarnya bisa, hanya perlu dikembangkan lebih jauh. Terutama buat bisnis Anda.

Dari 7 bentuk pemasaran konten marketing di bawah ini, tentu sebagai bloger, dotsemarang selalu menyukai informasi yang berhubungan dengan kata blog. Karena ini, saya mau membagikannya sebagai berikut.

1. Media sosial.

Memanfaatkan media sosial sebagai salah satu strategi konten marketing Anda, bukan berarti sekedar memiliki akun Facebook, Twitter, dan Linkedln. Lebih dari itu, konten-konten yang Anda sajikan lewat media sosial harus direncanakan se-efektif mungkin. Untuk itu, diperlukan social media strategy. Ketika Anda berencana untuk mem-posting konten di media sosial, pikirkan tentang konsumen yang Anda targetkan. Apakah mereka cenderung lebih suka menggunakan Instagram atau Linkedln?

2. Whitepaper.

Biasanya, Whitpaper adalah bentuk laporan otoritas yang membahas tentang isu-isu tertentu sekaligu menawarkan solusinya. Whitepaper dapat Anda gunakan untuk menunjukkan pengetahuan Anda yang luas kepada pembaca dan di saat yang sama juga mengedukasi mereka. Selain itu, Whitepaper juga menunjukkan Anda sebagai sosok yang profesional, berpengatuhan, dan kredibel.

3. Case Studies.

Berbeda dengan bentuk content marketing lainnya, case studies memang lebih berkaitan dengan kegiatan promosi produk. Meskipun begitu, case studies dapat membantu calon konsumen untuk memahami bagaimana konsumen lain mengatasi persoalan yang sama.

4. Blog.

Cara yang lebih engage untuk terhubung dengan konsumen adalah dengan membuat blog. Yang bisa digunakan untuk memberi regular update, berbagai opini, memperkenalkan ide baru, dan sebagainya. Lewat blog, brand atau marketer dapat dengan mudah menjangkau audiens, termasuk jurnalis, yang interaksinya sama dengan konsumen dan ada feedback. Selebihnya, blog dapat membantu Anda menjangkau konsumen lebih awal pada siklus penjualan, bahkan sebelum mereka memutuskan untuk membeli atau tidak.

5. Video content marketing.

Ini adalah strategi baru untuk dunia marketing B2B, tetapi impact-nya luar biasa. Generasi millenial lebih memilih menonton konten edukasi dibandingkan membaca topik tertentu. Itu sebabnya, mempublikasikan ide baru atau menjelaskan konsep dalam sebuah video kini lebih menarik dan lebih fokus.

6. Vlogging.

Adalah video content marketing yang belakangan mendapat banyak popularitas karena terkesan memiliki karakter yang lebih akrab dan luwes. Sebagai contoh, video tanpa script ini dapat digunakan untuk menyediakan update harian bagi para subscriber pada proyek atau kampanye yang sedang berjalan, dan ini adalah cara terbaik agar pelanggan tetap terlibat.

7. Press releases.

Dengan metode tradisional, mengirimkan siaran pers ke jurnalis saat Anda melakukan peluncuran produk, memang efektif untuk mendapatkan awarness, terutama dari konsumen yang belum pernah mendengar tentang produk Anda sebelumnya. Namun, agar lebih efektif, brand atau marketer bisa mencoba untuk lebih terhubung dengan para jurnalis lewat media sosial.

...

Kesemuanya boleh Anda coba yang memang tujuannya untuk bisnis Anda. Fokus saya memang ke blog saja. Dengan blog, Anda sudah bisa membuat konten Anda lebih menarik dan terhubung.

Saya banyak melihat  website sebuah bisnis yang terlihat menarik tapi sayangnya statis. Ini juga karena sifat website itu sendiri yang berbeda dengan blog. 

Pemasaran konten (content marketing) dipercaya mampu mendongkrak pertumbuhan bisnis lewat berbagai cara. Misalnya, membantu brand menjangkau pasar dengan cara yang lebih efektif.

Dengan menggunakan digital channel seperti di atas, brand akan lebih cepat menangkap perhatian konsumen, sekaligus menjaga ketertarikan mereka dala waktu yang lama sembari memposting konten-konten secara teratur dan memberi update terbaru ke klien.

Dengan membuat konten yang berkaitan dengan produk, tapi tidak secara langsung untuk promosi, brand dapat mengombinasikan iklan dengan sesuatu yang informatif dan enggaging dibandingkan dengan harus memborbardir konsumen dengan iklan yang terkesan jualan.

Sumber : Mix September 2016.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Februari 2018

Tahun baru Imlek di Semarang kali ini dijadikan momen mengadakan pameran handphone awal tahun 2018. Bila dilihat rentang waktu terakhir pameran diadakan, desember, ini berarti ada jeda 1 bulan kosong yang biasanya awal tahun selalu ada pameran. Ingin ganti hape?

Tuan rumah pameran hape di Semarang kali ini jatuh pada Paragon Mall dan Plasa Simpang Lima Semarang. Tidak ada Java Mall yang identik dengan pameran kali ini. Mungkin tempatnya sedang dipakai pameran lainnya.

Gadget Super Sale by Sinar Mas Selluler (SMS)

Pameran handphone di Paragon Mall digelar dari tanggal 14 Februari - 18 Februari 2018. Sepertinya mengambil momen hari Valentine mengawali pameran ini berlangsung.


Harga Asus Zenfone di Pameran Handphone Semarang Februari 2018
Pameran di Paragon sendiri sudah kami lihat. Saat kami kunjungi hari ini (16/2), mereka berbagi tempat dengan acara dari sebuah Bank yang sedang mengadakan roadshow dengan program menariknya.

Selain berkunjung ke stan ASUS, kami juga mengunjungi stan Nok…

Review The Cannibal Bistro & Bar

Bicara tentang tempat nongkrong di salah satu kawasan Semarang atas, Tembalang, tak ada habisnya. Kawasan yang menjadi pusat mahasiswa Universitas Diponegoro atau Undip ini memang sangat terkenal bagi kami yang tinggal di Semarang.

Generasi millenials yang sedang berkuliah di sana sangat beruntung dengan banyaknya ragam pilihan tempat melepaskan penat setelah belajar di bangku kelas. Bila malas keluar pun, ada layanan pesan antar yang juga bisa dimanfaatkan.

Sabtu kemarin (10/2) kami sedang berkunjung ke salah satu tempat nongkrong yang berada di jalan Mulawarman. Kami sadar bahwa lokasinya terbilang jauh untuk kami yang kebanyakan menghabiskan aktivitas di Semarang bawah.


Namun semua terbayar saat kunjungan pertama kali kami ke sini mendapati pemandangan yang indah, yaitu pematang sawah.

Apakah ini andalan view dari the cannibal? Sepertinya iya, bila membandingkan dengan beberapa tempat nongkrong yang pernah kami kunjungi sebelumnya.

Cannibal? Alasan dibalik nama

Ini bagian dalam sete…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Review Film Terjebak Nostalgia

Film Terjebak Nostalgia rilis di bioskop tanggal 1 desember 2016. Membawa durasi waktu sekitar 95 menit, film sutradara Rako Prijanto ini memiliki Raisa sebagai pemeran utamanya yang diduetkan dengan aktor ganteng Chicco Jerikho.
Saya sengaja memutuskan nonton film yang dibintangi Raisa Andriana ketimbang film Cinta Laki-laki Biasa yang sebenarnya saya sudah menandai film ini untuk ditonton. Hadirnya Raisa adalah salah satu faktor utama yang membuat saya tertarik, apalagi ini debutnya di layar lebar. 
Cerita
Selama nonton film ini suasana yang dibangun selalu menyenangkan. Saya pikir ceritanya akan mudah ditebak dengan awal ceritanya yang mirip-mirip film Drama Korea atau India.

Ternyata tidak, film yang mengambil syuting di Jabotabek dan New York ini ternyata penuh teka-teki. Rekan saya, kali ini saya berdua, bahkan sudah menebak ceritanya dan seolah biasa. Tapi buat saya tetap menarik.
Jatuh cinta, tema yang selalu menarik untuk diangkat. Dikemas dengan menarik, Raisa menemukan puja…

Agenda Semarang Februari 2018

Selamat datang bulan Februari. Bulan yang dianggap sebagian orang bulan penuh cinta ini bertepatan dengan salah satu acara di kota Semarang, Pasar Imlek Semawis. Berikut daftar acara di kota Semarang selama bulan Februari.

Agenda rutin :
[Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan & Pemuda. [Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan.Agenda lainnya :
[1-12 Feb] - Pameran Otomotif Plasa 2018 di atrium Plasa Simpang Lima Semarang.[7-19 Feb] - Pameran Batik & Craft 'Harmoni Batik Indonesia' di Java Mall.[12-14 Feb] - Pasar Imlek Semawis 2018. Detail informasi klik di sini.[14-18 Feb] - Pameran Handphone di Paragon Mall.[15-25 Feb] - Pameran Handphone di Plasa Simpang Lima Semarang.[1…