Langsung ke konten utama

7 Bentuk Pemasaran Konten, Blog Salah Satunya


Anda yang memiliki bisnis dibidang apapun, sebaiknya membaca artikel berikut. Blog adalah salah satu bentuk pemasaran yang perlu Anda ketahui. Anda dapat juga mengklik beberapa artikel tentang blog dan tipsnya yang sudah banyak dotsemarang publish di sini.

Bulan ini, saya membeli majalah Mix edisi September sampai 18 Oktober 2016. Anda beruntung sudah mampir di halaman  ini bila tidak tahu tentang majalah tersebut. Karena dotsemarang mau membagikannya dengan harapan sama-sama belajar.

7 Bentuk Pemasaran Konten

Pemasaran konten terdiri dari berbagai jenis metode dan strategi yang berbeda, tetapi secara keseluruhan dimulai dengan apa yang disebut strategi konten. Strategi berarti merencanakan, memanage dan mengembangkan konten dengan secara struktur.

Saat Anda mengepost di media sosial, baik foto, teks maupun video, kesemuanya bisa disebut konten. Anda sebenarnya bisa, hanya perlu dikembangkan lebih jauh. Terutama buat bisnis Anda.

Dari 7 bentuk pemasaran konten marketing di bawah ini, tentu sebagai bloger, dotsemarang selalu menyukai informasi yang berhubungan dengan kata blog. Karena ini, saya mau membagikannya sebagai berikut.

1. Media sosial.

Memanfaatkan media sosial sebagai salah satu strategi konten marketing Anda, bukan berarti sekedar memiliki akun Facebook, Twitter, dan Linkedln. Lebih dari itu, konten-konten yang Anda sajikan lewat media sosial harus direncanakan se-efektif mungkin. Untuk itu, diperlukan social media strategy. Ketika Anda berencana untuk mem-posting konten di media sosial, pikirkan tentang konsumen yang Anda targetkan. Apakah mereka cenderung lebih suka menggunakan Instagram atau Linkedln?

2. Whitepaper.

Biasanya, Whitpaper adalah bentuk laporan otoritas yang membahas tentang isu-isu tertentu sekaligu menawarkan solusinya. Whitepaper dapat Anda gunakan untuk menunjukkan pengetahuan Anda yang luas kepada pembaca dan di saat yang sama juga mengedukasi mereka. Selain itu, Whitepaper juga menunjukkan Anda sebagai sosok yang profesional, berpengatuhan, dan kredibel.

3. Case Studies.

Berbeda dengan bentuk content marketing lainnya, case studies memang lebih berkaitan dengan kegiatan promosi produk. Meskipun begitu, case studies dapat membantu calon konsumen untuk memahami bagaimana konsumen lain mengatasi persoalan yang sama.

4. Blog.

Cara yang lebih engage untuk terhubung dengan konsumen adalah dengan membuat blog. Yang bisa digunakan untuk memberi regular update, berbagai opini, memperkenalkan ide baru, dan sebagainya. Lewat blog, brand atau marketer dapat dengan mudah menjangkau audiens, termasuk jurnalis, yang interaksinya sama dengan konsumen dan ada feedback. Selebihnya, blog dapat membantu Anda menjangkau konsumen lebih awal pada siklus penjualan, bahkan sebelum mereka memutuskan untuk membeli atau tidak.

5. Video content marketing.

Ini adalah strategi baru untuk dunia marketing B2B, tetapi impact-nya luar biasa. Generasi millenial lebih memilih menonton konten edukasi dibandingkan membaca topik tertentu. Itu sebabnya, mempublikasikan ide baru atau menjelaskan konsep dalam sebuah video kini lebih menarik dan lebih fokus.

6. Vlogging.

Adalah video content marketing yang belakangan mendapat banyak popularitas karena terkesan memiliki karakter yang lebih akrab dan luwes. Sebagai contoh, video tanpa script ini dapat digunakan untuk menyediakan update harian bagi para subscriber pada proyek atau kampanye yang sedang berjalan, dan ini adalah cara terbaik agar pelanggan tetap terlibat.

7. Press releases.

Dengan metode tradisional, mengirimkan siaran pers ke jurnalis saat Anda melakukan peluncuran produk, memang efektif untuk mendapatkan awarness, terutama dari konsumen yang belum pernah mendengar tentang produk Anda sebelumnya. Namun, agar lebih efektif, brand atau marketer bisa mencoba untuk lebih terhubung dengan para jurnalis lewat media sosial.

...

Kesemuanya boleh Anda coba yang memang tujuannya untuk bisnis Anda. Fokus saya memang ke blog saja. Dengan blog, Anda sudah bisa membuat konten Anda lebih menarik dan terhubung.

Saya banyak melihat  website sebuah bisnis yang terlihat menarik tapi sayangnya statis. Ini juga karena sifat website itu sendiri yang berbeda dengan blog. 

Pemasaran konten (content marketing) dipercaya mampu mendongkrak pertumbuhan bisnis lewat berbagai cara. Misalnya, membantu brand menjangkau pasar dengan cara yang lebih efektif.

Dengan menggunakan digital channel seperti di atas, brand akan lebih cepat menangkap perhatian konsumen, sekaligus menjaga ketertarikan mereka dala waktu yang lama sembari memposting konten-konten secara teratur dan memberi update terbaru ke klien.

Dengan membuat konten yang berkaitan dengan produk, tapi tidak secara langsung untuk promosi, brand dapat mengombinasikan iklan dengan sesuatu yang informatif dan enggaging dibandingkan dengan harus memborbardir konsumen dengan iklan yang terkesan jualan.

Sumber : Mix September 2016.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Juni 2018

Kabar baik sebelum kamu merayakan hari raya Idul Fitri, terutama kamu yang berada di Semarang. Pameran handphone bulan ini datang langsung 3 event pameran. Dimana dan kapan? Berikut detailnya.

Wuih akhirnya yang ditunggu, momennya pas lagi Hari Raya Idul Fitri. Kali ini dua tempat penyelenggaranya adalah Paragon Mall dan Java Mall Semarang.

Paragon Mall (12-24 Juni)

Kali ini Sinar Mas Selluler tidak menempatkan nama mereka dalam pameran, namun begitu tetap saja ini sepertinya acara mereka. Hanya saja untuk pameran ini kehadiran Telkomsel akan mendapatkan tempat yang lebih besar.

Bertajuk Telkomsel Ramadhan Fair (TRF), pameran handphone di Paragon ini dilaksanakan dari tanggal 12 Juni hingga 24 Juni 2018. Karena dibranding provider, sepertinya pelanggan akan banyak dimanjain promo.

Bila tahun lalu TRF 2017 hadir di Java Mall dengan Parsell, maka tahun ini bisa dikatakan mereka mencari sesuatu yang baru. Menarik strategi yang mereka lakukan.

Java Mall (12-21 Juni)

Dengan waktu yang bersa…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Zenfone Max Pro M1 dan Zenfone 5Q Beredar di Pameran Handphone Semarang, Ini Harganya

Dua produk terbaru Asus ini sudah beredar di Semarang, khususnya selama pameran handphone yang berlangsung bulan Juni. Tertarik untuk memboyongnya? Berikut harga yang kami dapatkan dari dua pameran yang berlangsung.
Kelebihan dari Zenfone Max Pro M1 adalah Smartphone ini ditujukan kepada pengguna yang menyukai games. Baterai besar ditambah kemampuan prosesor terbarunya membuat Smartphone ini layak dimasukkan dalam daftar beli kamu.
Sedangkan Zenfone 5Q, Smartphone ini ditujukan kepada pengguna yang menyukai fotografer. Ada 4 kamera masing-masing 2 di belakang dan 2 di depan. Kemampuan kamera depan belakangnya sudah dipersenjatai memotret wide angle.
Saat kami memeriksa pameran handphone yang berlangsung di dua tempat, Java mall dan Paragon mall, kedua produk ini sudah tersedia di sana (stan dengan tulisan Asus). Harganya sama semua.
Daftar harga Asus Smartphone di pameran handphone Semarang bulan Juni 2018
Ketahui dulu, bahwa ketersediaan stok kami tidak begitu mengetahui dan sewaktu-…

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Ini 5 Film Indonesia yang Rilis di Bioskop Pada Saat Lebaran Tahun 2018

Lebaran Idul Fitri tahun 2018 jatuh pada hari Jumat, tanggal 15 Juni 2018. Momentum lebaran kali ini, dimanfaatkan betul para pemilik bioskop dengan menayangkan 5 film Indonesia sekalgius yang biasanya rilis hari kamis. Yang menarik, 2 film Indonesia yang tayang lebaran tahun lalu, kembali ambil bagian.

Adalah film Insya Allah Syah dan Jailangkung yang kembali hadir dengan film keduanya. Di Semarang, kedua film ini ditemani tiga film Indonesia lainnya seperti berikut ini. Kami tambahkan daftar bioskopnya biar kamu nggak bingung jika tertarik ingin menontonnya khusus di Semarang.

1. TARGET

Film Raditya Dika ini tayang di bioskop Java, Citra, DPMall, Transmart dan Eplaza. Genre yang dibawa selain komedi ada adegan aksi yang dilibatkan.

2. JAILANGKUNG 2

Melanjutkan film pertamanya, film keduanya juga ditayangkan bersamaan momentum lebaran. Kalau ingin memacu adrenalin dan seru-seruan bersama keluarga, film bergenre horor sangat pas tentunya. Film ini tayang di bioskop Java, Citra, DPMall,…