Langsung ke konten utama

[Review Event] Festival Pandanaran 2015


Masih menggunakan tempat yang sama dengan tahun 2014 yaitu sekitar Taman KB atau kawasan menteri Supeno dan juga mengusung konsep yang sama 4 zona, Festival Pandanaran 2015 digelar dari tanggal 21-22 November 2015.

Acara yang merupakan bagian dari kalender event kota Semarang ini sudah kelima kalinya dilaksanakan dan tentu punya daya tarik tersendiri. Apalagi digadang-gadang menjadi acara untuk menarik wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

4 Zona yang kembali diandalkan

Dilihat dari peta, Pandanaran Art 2015 sebenarnya tidak terlihat adanya 4 zona. Zona yang dimaksud disini seperti Art,Dolanan, Jualan, dan Kuliner. 



Sepertinya zona komunitas termasuk bagian zona art bila melihat beberapa stand yang ada di zona ini. Hadir dari komunitas ada Backpacker Semarang, Oase, Hysteria, AIDIA Semarang, Asosiasi Nasyid Nusantara (ANN) Jateng, dan sebagainya.

Mengarah ke panggung utama, stand-stand diisi dari kalangan pihak hotel. Lalu pintu masuk utama dari arah jalan Pandanaran 2, zona mainan dan kuliner serta jualan menjadi satu disana, plus satu panggung.  

Hiburan

Pandanaran Art benar-benar terasa sangat menarik pada malam hari. Ikon-ikon tulisan, cahaya lampu dan suara panggung terasa hidup. Berbeda pada saat siang hingga sore terutama hari minggu. Bahkan kendaraan dapat melintas sepanjang jalur acara.



Nama Cakra Khan menjadi artis yang paling dikenal yang diboyong ke acara ini untuk menghibur masyarakat maupun tamu undangan. Lainnya, perform musik seperti Jazz yang dipadukan dengan perform tradisional (keroncong, ketoprak dsb), nasyid dan lainnya membuat suasana lebih menarik.

Lebih banyak akun socmed Semarang

Sepertinya Panitia Pandanaran harus berterima kasih dengan akun-akun socmed Semarang yang banyak berbagi tentang acara ini. Dan juga masyarakat terutama generasi milenial yang suka berbagi di akun socmed mereka.

Hadirnya beberapa akun socmed yang hadir menandakan bahwa acara ini punya ketertarikan tersendiri bila berkaca dengan acara lainnya. Apalagi yang berhubungan dengan pariwisata. 


...

Memang masih ada beberapa kekurangan dari acara ini seperti siang hari yang mudah diterobos masuk kendaraan. Komunitas yang tidak begitu banyak yang ikut serta, dan promosi yang masih sepertinya kurang. Dampaknya, kunjungan masyarakat sangat kurang bila mengingat acara ini sudah dilaksanakan selama 5 kali.

Beruntungnya akun socmed Semarang terlihat hadir dan berbagi informasi yang berdampak pengguna media sosial pun ikut berbagi. Meski disayangkan tidak adanya koordinasi antara socmed dan panitia untuk hashtag yang ingin digunakan. 

Hiburan menjadi daya pikat tersendiri yang mampu menyedot animo masyarakat dan tidak akan melupakan bulan November ini terutama pada malam hari. Cahaya lampu, desain stand dan ikon-ikon juga menjadi perhatian menurut dotsemarang yang membuat acara terlihat menarik.

Artikel yang berhubungan :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Jateng Fair 2017

Tahun ini, Jateng Fair 2017 akan digelar mulai tanggal 11 Agustus - 10 September dengan mengusung tema Paradise of Karimunjawa. Gelaran tahunan ini seperti biasa dilaksanakan di kawasan PRPP.

Kepastian tanggal ini sudah dicantumkan dalam spanduk-spanduk yang tersebar di jalan-jalan kota Semarang. Yang menarik dari Jateng Fair 2017 adalah tema yang diusung. Ini artinya pengunjung nanti akan disuguhi nuansa Karimun Jawa.

Bila yang terbiasa datang mengunjungi Jateng Fair, maka konsep acara juga tak beda-beda amat. Seperti panggung hiburan yang bakal dimeriahkan artis-artis. Untuk band yang tampil, kami harap bisa cepat mendapatkan kabar informasi secepatnya.

Lalu, stan-stan yang akan menghiasai. Baik indoor maupun outdoor. Dan tak kalah menarik bagi generasi milenial nanti adalah taman lampion dan wahana permainan. Buat keluarga, destinasi kuliner tentu tak akan terlewatkan.

Mari kita tunggu, seperti apa nuansa dan suasana yang disuguhkan kepada pengunjung besok, saat acara dimulai.

[Upd…

Agenda Semarang Agustus 2017

Selamat datang bulan Agustus. Bulan ini, kita bersiap menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang berusia 72 tahun. Buat kamu yang berkunjung ke Semarang, berikut agenda yang ada di kota kami. 
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.
Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [2 - 6 Agustus] - Batik Kraft Vaganza 2017 di Paragon Mall Semarang.[3 - 7 Agustus] - Pameran Komputer di Java Mall. Info klik di sini.[4 - 6 Agustus] - Pameran Pernikahan Tradisional di Gedung UTC.[4 - 6 Agustus] -  BCA Silkair Travel Fair 2017 di DP Mall[5 - 6 Agustus] - Javape …

Jadwal Pameran Komputer Bulan Agustus 2017 : Sudah Ada

Pameran komputer di Semarang untuk bulan Agustus sudah ada ada infonya berikut ini. Menurut dotsemarang, pameran komputer ini merupakan pameran yang kedua sepanjang tahun 2017. Berikut detail jadwal dan lokasi tempatnya.
Info jadwal pameran yang dotsemarang posting rata-rata didapat dari baliho yang ada di jalan. Jadi untuk pertanyaan detail acara, kami tak bisa memberitahu karna kami bukan panitia atau EO pelaksana acara. dotsemarang hanya berbagi info saja.

Bertajuk Semarang Computer Expo 2017, pameran komputer ini berlangsung bulan Agustus, atau tepatnya tanggal 3-7 Agustus, hanya 5 hari dan dimulai hari Kamis. Lokasinya seperti biasa, Java Super Mall Semarang.
Terkahir kami mencatat tentang jadwal pameran handphone adalah bulan Maret 2017, review singkat pameran yang juga dilaksanakan di Java Mall bisa kamu lihat di sini
Sekali lagi, untuk detail info event kami tidak bisa memberitau lebih lengkap. Kami tidak bekerjasama dengan pihak acara.

Update :Ada Apa Saja di Semarang Compu…

Semarang Thal Cake Gelar Pre-Launching, Ngundang Bloger Hingga Komunitas Semarang

Semarang Thal Cake yang beralamat di jalan Sriwijaya No.4 ini menambah daftar tren oleh-oleh kekinian yang sedang menarik dilakukan para artis saat ini. Menarik kiat strategi yang dilakukan Ruben Onsu sebagai owner untuk memperkenalkan bisnisnya ini di Semarang. Penasaran?
Bertempat di lokasi Semarang Thal Cake, Sabtu pagi (15/7), kami turut hadir di acara Pre-Launching yang turut dihadiri pemiliknya, Ruben Onsu. Selain kami, ada beberapa bloger dan komunitas Semarang juga yang diundang untuk hadir, seperti Gandjel Rel, Kompakers, Hijabers, dan Foodgram. 

Alasan Ruben memilih Semarang sebagai kota pertama
Kami masih ingat pada November 2015, Semarang ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan wisata kuliner unggulan di Indonesia oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam acara  Dialog Gastronomi Nasional dan Peluncuran Destinasi Wisata Kuliner - Indonesia Spice Up The World. Ulasannya bisa kamu lihat di sini.
Semarang dianggap sudah memiliki standar kelayakan: produk dan daya t…

Uber Sudah di Semarang; Masih Layanan Berbasis Car

Layanan transportasi berbasis online ini hadir sejak bulan April 2017 di Semarang. Hingga tulisan ini kami buat, masyarakat hanya dapat menikmati layanan berbasis car atau mobil. Untuk pengguna motor, sepertinya masih belum. Apakah kamu salah satu penggunanya?
Kami sudah merasakan bagaimana memanfaatkan transportasi Uber saat beraktivitas. Bisa dikatakan, harganya paling tinggi di atas layanan sejenisnya, Go Car. Tapi jangan dibandingkan dengan layanan berbasis motor. Pasti sangat jauh.
Bagi yang sudah terbiasa, menggunakan Uber layaknya memiliki mobil pribadi yang tiap kali berangkat selalu berganti-ganti. Sedangkan bagi yang baru mencoba, Uber lebih nyaman digunakan ramai-ramai karena total maksimal penumpang adalah 4 orang. Yang artinya bisa bayar bareng-bareng.
Perbedaan Uber dan kompetitor tidak jauh-jauh amat selain soal harga. Sedangkan untuk aplikasinya sendiri, Uber bisa diunduh di Play Store Android atau iOS. Fiturnya tidak sekaya kompetitor, namun cara penggunaannya tetapl…