Aston Bloger Gathering 2 : Dari Product Knowledge Sampai Mengenal HACCP


Hotel Aston yang berada di sekitar Kawasan Kota Lama kembali mengajak bloger Semarang gathering pada hari Sabtu, 18 Maret 2017. Apa saja yang kami bagikan kepadamu setelah dari sini?

Ini merupakan kegiatan kedua kalinya buat kami dengan tema acara yang sama yaitu gathering. Sebelumnya, di bulan yang sama - Maret tahun 2015, kami juga diundang untuk mengikuti kegiatan di sini.

Mengenal HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point)

Acara ini benar-benar sudah dipersiapkan dengan matang oleh Aston lewat bagian marketingnya, Nonna Chantikha. Sebuah ruangan khusus layaknya kelas berbagi yang biasa kami ikuti, sudah menunggu kedatangan kami. Beberapa bloger juga sudah hadir yang kebanyakan adalah perempuan.


Setelah dirasa waktu sudah cukup, acara pun dimulai dengan sambutan tuan rumah yang langsung diambil alih oleh Nonna Chantika yang cantik siang itu.

Perkenalan demi perkenalan akhirnya selesai juga, dan tiba giliran pria yang menjabat sebagai seorang Executive Chef, Andi Nuraji. Melihat CV yang dipaparkan lewat slide, beliau ini punya background mentereng untuk ukuran kami yang awam dalam dunia Chef.

Diantara pertemuan kami dengan Chef yang ada di hotel Semarang yang kami hadiri, kami sangat jarang mendapatkan materi seperti kelas berbagi. Ini sangat spesial tentunya, meski materi yang dibawakan benar-benar kami tidak mengerti.

Salah satu materinya yang dibagi kepada kami adalah tentang HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point). Apakah HACCP ini?

Adalah sebuah metode operasi terstruktur yang dikenal secara internasional yang bisa membantu organisasi dalam industri makanan dan minuman untuk mengidentifikasi risiko keamanan pangan, mencegah bahaya dalam keamanan pangan, dan menyampaikan kesesuaian hukum. (id.lrqa.com).

Dengan metode ini, Chef dan karyawan bagian dapurnya akan memastikan setiap menu yang dihidangkan buat tamu memiliki standar yang sudah dibuat secara Internasional ini seperti meningkatkan jaminan Food Safety, meningkatkan kepercayaan konsumen, mencegah pemborosan biaya hingga memantau dan mengevaluasi penangan, pengolahan, sanitasi.

Culinary Agenda

Chef Andi juga sangat peduli dengan kota Semarang, apalagi hotel tempatnya bekerja ini berada di kawasan wisata populer di Semarang. Beberapa menu ada yang diangkat menyesuaikan dengan produk lokal, seperti nasi goreng babat.


Selain HACCP, Chef Andi juga membagikan informasi tentang kalender kuliner yang dibuat selama 1 tahun. Ini sangat menarik menurut kami, terutama bagian pemasaran yang dapat meningkatkan kunjungan masyarakat menginap di hotel Aston Semarang.

Dengan kalender kuliner yang dibuat, termasuk hari-hari Nasional tertentu yang disesuaikan, masyarakat yang ingin berlibur ke Semarang dan menjatuhkan pilihannya di hotel bintang 4 ini, tentu akan tertarik. Sayangnya kalender kuliner ini, bukan untuk informasi yang bersifat umum. Hanya untuk hotel sendiri.

Product Knowledge

Ini aktivitas yang paling menyenangkan menurut kami setelah keluar dari ruangan sebelumnya. Era media sosial dimana banyak masyarakat lebih menyukai mengambil gambar terlebih dahulu sebelum makan dimanfaatkan betul saat acara. Beberapa foto yang kami abadikan berikut ini, pasti membuatmu tersenyum.




Puas dengan waktu yang diberikan untuk Product Photoshoot, acara dilanjutkan dengan Product Knowledge. Menu-menu yang disajikan di sini mulai dari menu pembuka (appetizer), menu utama (main course), menu penutup (dessert), cocktail dan moktail. 


Bagian akhir dari serangkaian acara yang sudah kami posting dari tadi ini ditutup dengan pengumuman pemenang foto terbaik dari menu yang disediakan dan dishare di media sosial. Dan pemenang lain yang aktif di media sosial dengan berbagi info selama acara ini berlangsung.

Selamat buat teman kami, Gustihasta, yang memenangkan foto terbaik. Bagaimana senyum sumringah Gusti setelah menang ini dapat dilihat di blog personalnya sudah diposting di sini.

...

Hotel Aston yang merupakan bagian dari grup manajemen Archipelago International ini, khusus Semarang, memang sangat menarik dengan aktivitas yang sering menggandeng bloger seperti yang kami hadiri ini.

Buat dotsemarang sendiri, ini jadi tambahan portofolio kami. Kami setidaknya mengerti tentang beberapa informasi yang dibagikan, dan sangat berguna bagi orang awam seperti kami. Dan juga, acara ini sebagai ajang silaturahmi dengan orang-orang yang ada di Hotel Aston dan sesama bloger Semarang.

Bila kamu penasaran dengan hotel Aston Semarang, kamu bisa melihat aktivitasnya di media sosial seperti Instagram (AstonHotelSemarang), Facebook (Aston Semarang Hotel and Convention Center) maupun Twitter (astonsmg).

Artikel terkait :

...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?