Langsung ke konten utama

Melihat Cara Dafamland Mengenalkan Perumahan di Semarang Lewat Instagram


Perusahaan swasta yang bergerak di bidang pengembangan properti ini, Dafamland, membuat sebuah acara yang bertajuk Pesta Lunpia bulan April kemarin. Yang menarik dibalik tujuan pemasaran mereka mengenalkan perumahan Gaia Residence Semarang adalah pemanfaatan Instagram. Seperti apa cara mereka?

Minggu siang (23/4), kami tertarik datang ke acara yang berada di jalan Kedung Mundu yang menjadi lokasi Super Indo berada. Di sana dengan sebuah tenda memanjang dan musik akustik yang dimainkan beberapa orang menunggu orang-orang berdatangan. Baik sebagai undangan, maupun mereka yang nggak sengaja mengetahui saat melintas.

Instagram, alat terbaik saat ini

Sebenarnya kami tidak berharap datang mengingat konten kami di blog dotsemarang tidak ada yang berhubungan dengan perumahan. Namun sebuah pesan yang masuk dari Instagram yang menyebutkan ini semacam undangan, membuat kami tertarik akhirnya. 

Kami jadi ingat sebelumnya bahwa ada rekan bloger yang mengetag nama kami saat akun Instagram Dafamland mengumumkan acara bertajuk Pesta Lunpia. Waktu itu kami anggap biasa saja, sampai pesan itu akhirnya masuk.

Beberapa nama yang dikasih tag, hampir sebagian besar adalah bloger Semarang yang sangat aktif. Kami yakin mereka pun akan datang. Siapa yang tidak tertarik ketika mendapatkan tag dan dengan iming-iming tertentu. 

Instagram menurut kami memang adalah alat terbaik dalam dunia pemasaran khususnya media sosial saat ini. Kekuatan visualnya yang paling menonjol tanpa caption pun seseorang dapat tertarik. Namun bagi penggunanya yang memanfaatkan dalam bidang pemasaran, caption tetap harus diperhatikan.


Online to Offline

Sukses menarik perhatian masyarakat online yang aktif di Instagram, termasuk kami, selanjutnya adalah melihat bagaimana mereka mengemas acaranya secara offline.

Jujur, kami tidak tahu seperti apa konsep yang akan kami lihat di sana. Instagram Dafamland hanya bermain di visual yang memberikan pengumuman tanpa gambar-gambar lainnya. Lalu, kenapa kami mau datang? Rasa penasaran saja. 

Membangun interaksi di Instagram sepertinya sangat mudah, menurut kami tidak juga. Sukses Dafamland lebih karna tag yang disematkan kepada para pengguna Instagram yang memiliki rasa ketertarikan dan iming-iming yang dikonsep secara serius oleh admin. Dan juga pengikut mereka yang sudah mengikuti akun ini dari dulu.

Keterlibatan rekan bloger yang memberikan rekomendasi juga adalah faktor kami ikut hadir. Dan melihat langsung seperti apa acaranya.

Saat tiba di sini dan mengisi buku tamu yang disediakan, sajian lunpia langsung diberikan yang berisi 2 buah lunpia. Mereka benar-benar memberikannya. 

Apakah kami selesai setelah memakan lunpia tersebut? Tidak. Ternyata selama acara, mereka sudah mempersiapkan beberapa figura untuk pengunjung yang datang mau berfoto selfie. Foto mereka setelah berselfie diminta disebarin di akun media sosial mereka.

Permintaan ini sebenarnya bisa ditolak namun lagi-lagi trik pemasaran yang memberikan reward kepada pengunggah dengan tagar tertentu akan mendapatkan gift dari acara. Siapa yang tidak tertarik, bukan?


Cara mereka bisa kita ikuti juga, ini tipsnya

Menurut panitia yang kami kutip dari situs dafamland.com, acara mereka termasuk sukses. Meski tidak melebihi angka 100 yang hadir, setidaknya generasi milenial yang aktif di media sosial bisa hadir secara langsung, dari online ke offline. Oh ya, beberapa rumah juga katanya terjual.

Sangat jarang menemukan cara yang dilakukan devloper perumahan di Semarang. Mungkin kamu juga tertarik mengikuti cara mereka untuk memasarkan produk di media sosial, khususnya di era Internet sekarang. Bila iya, kami beri tipsnya berikut 
  1. Menentukan alat pemasaran media sosial terlebih dahulu, bisa Instagram, Facebook atau Twitter. Melihat yang dilakukan Dafamland, mereka menggunakan Instagram.
  2. Buat materi menarik dan menyesuaikan alat yang digunakan. Instagram lebih kuat sisi gambar atau visual. Maka kamu harus mengerti bagaimana memanfaatkan visual ini.
  3. Sebarkan dan buat jadwal untuk selanjutnya. Seperti H-3, H-2, dan H-1.
  4. Mencari influencer atau orang yang berpengaruh. Cari akun-akun tertentu yang memiliki jumlah followers besar, biasanya akun kota. Kemudian cari juga bloger-bloger yang tinggal di kotamu. Bloger merupakan salah satu influencer yang paling bisa diandalkan saat ini.
  5. Setelah mendapatkan daftar influencer dan akun followers banyak, kamu tag mereka. Sebaiknya jangan menimbulkan spam atau berlebihan agar mereka tidak terganggu.
  6. Bila respon mereka bagus, kirimkan pesan untuk mengkonfimasi kehadiran mereka.
  7. Jujur. Saat mereka berhasil datang ke acara atau offline, kamu harus jujur dengan apa yang sudah kamu sebarkan. Semisal ada iming-iming tertentu yang akan diberikan seperti informasi yang kamu bagikan. Seperti lunpia di sini. 
  8. Ucapkan terima kasih.
...

Harus diketahui bahwa generasi muda yang menggunakan Instagram bukanlah calon pembeli berpotensial. Mereka tertarik karna sesuatu dan rasa penghargaan karna diundang. 

Mereka akan dengan senang hati membantu menyebarkan informasi yang mungkin jumlah pengikut mereka ribuan. Ini adalah keuntungan dari segi pemasaran lewat media sosial. 

Namun juga tanpa disadari mereka yang mau datang, termasuk kami, bisa jadi tahu lokasi dan seperti apa perumahannya yang ditawarkan. Siapa tahu keluarga mereka ada yang mencari.

Jadi, kalau kamu berharap membuat campaign atau acara agar lebih tersebar lebih luas di media sosial. Cara ini bisa dilakukan. Tidak banyak pengembang rumah melakukan ini (merujuk konten kami yang jarang sekali menulis ini), namun buat marketing seperti perusahaan, pemerintah, atau agency, mereka sudah melakukannya. Tertarik?

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang November 2017

Selamat datang di bulan November. Bulan Oktober kami mencatat banyak event yang berlangsung masih didominasi properti, khususnya di mal. Apakah kira-kira bulan November akan kembali dengan tren properti? Atau sedang menunggu pameran komputer? Kami harap bisa segera memberi informasi tersebut di halaman agenda bulan November di sini.

Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [1 - 5 Nov] - Central Java Expo di Paragon Mall. Lihat fotonya di Facebook atau di sini.[1-5 Nov] - Semarang Tourism Craft and Investment expo 201…

Ini 5 Foto Like Terbanyak Instagram dotsemarang

Kami sangat menyukai Instagram, begitu pun kamu juga sepertinya. Apabila kamu salah satu pengikut kami, maka ada alasan untuk melihat statistik posting foto kami berikut ini yang kami buat dengan daftar teratas untuk foto yang paling banyak disukai.
Instagram tak sekedar media sosial atau pun alat yang menarik untuk para penggunanya dalam bisnis. Instagram mengajari kita bagaimana cara berinovasi dan mencoba berbagai hal-hal untuk berkembang.
Sebagai pengguna, kami melihat hal tersebut. Dan lewat halaman ini, kami menggunakannya untuk berbagi foto-foto kami yang telah diunggah dengan level tertinggi yang kami dapat.
Berikut 5 foto dengan like terbanyak
1. Spot Kota Lama baru yang memikat 
Selamat hari kamis. #Semarang #dotsemarang A post shared by Dot Semarang (@dotsemarang) on Aug 2, 2017 at 4:11pm PDT
2. Pedestrian di jalan Ahmad Yani

Selamat hari Senin. Selamat beraktivitas kembali, terima kasih sudah mampir ke Kota Lama akhir pekan kemarin. #Blogger #Semarang #Zenfone3 #dotsemarang A …

Mencoba Firefox Rocket

Hadir dengan keunggulan seperti mode turbo, hemat data hingga si pembuat membawa namanya (Mozilla), peramban web ini bisa dikatakan sebagai alternatif browser mobile yang sudah ada. Apakah kamu sudah mencobanya?
Kami tertarik mencobanya dan mencoba memberikan pengalaman kami tentang browser yang katanya khusus buat Indonesia saat diluncurkan pada bulan November 2017. 
Ukuran filenya sangat kecil, sekitar 2,39 MB dan sudah tersedia ditoko aplikasi Android Google Playstore, khusus untuk wilayah Indonesia saja.
Menurut kami tentang Firefox Rocket
Rocket tidak mendukung tab baru, sehingga kami sedikit kesulitan untuk membuka halaman lain. Untuk memasukkan alamat baru, mode home yang berada di sisi kiri adalah alternatif selain tombol bulat search yang ada di tengah. Paling mudah mengklik tombol search dan tersedia halaman kosong untuk kamu masukkan alamat baru atau mencari sesuatu di sana.
Mode download yang biasa tersedia di UC browser, tidak tersedia di Rocket. Biasanya di UC saat kami …

Melihat Sam Poo Kong Malam Hari Lewat Festival Kuliner

Sudah pernah ke Sam Poo Kong malam hari? Jika kamu jawab belum, maka kita sama. Sepertinya menyenangkan malam hari berada di sana, mengingat tempat ini buka hingga malam. Lewat acara festival kuliner, akhirnya kami bisa ke sini malam hari. Tertarik suasananya?
Selain dijadikan sebagai tempat sembahyang atau berziarah, Sam Poo Kong yang kami ketahui merupakan satu diantara tempat-tempat wisata yang ada di Semarang yang wajib kamu kunjungi bila sedang berada di kota kami ini.
Setahun belakangan, kami mengamati bahwa bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho ini sering mengadakan event. 

Salah satunya yang sedang kami kunjung di hari penutupan, minggu malam (12/11). Acara yang bertema kuliner bersama energi baik, PGN, sayangnya saat kami kunjungi sedang turun hujan. Cuaca memang tidak bisa diprediksi.
Meski begitu, malam hari di sini tidaklah begitu menakutkan. Bangunan-bangunan Klenteng yang dibalut berba…