7 Mitos atau Fakta Terkait SEO yang Perlu Diketahui Bloger


Bila kamu adalah pemilik sebuah situs atau mengurusi blog yang memikirkan SEO, informasi ini sangat berguna. Bocorannya langsung dari tim Google yang kemarin datang ke Semarang pada tanggal 17 Juli 2019. Simak berikut ini.

Semua sesi yang dipaparkan dalam acara Google For Publishers, ulasannya bisa buka di sini, sangat menarik. Meski beberapa juga ada yang kami tidak paham karena kami juga yang masih awam.

7 mitos atau fakta tentang SEO diberikan sebelum usai acara dan foto bersama. Apakah kamu mengerti soal ini? Bila belum, termasuk kamu yang mungkin baru mencoba SEO, semoga informasi ini bermanfaat.

1. Jumlah kata dalam halaman

Mungkin kamu ada yang pernah atau bahkan melakukannya bahwa panjang artikel dalam sebuah halaman situs/blog sangat berpengaruh pada mesin pencari.

Ternyata itu hanya mitos saja. Mau sepanjang apapun, itu tidak masalah. Mau sependek apapun, ya jangan juga cuma satu kata, juga tidak masalah.

Ini dibuktikan dengan kata pencarian di Google, yaitu glosarium. Salah satu halamannya sangat panjang. Atau juga situs semacam wiki atau arti kata. Itu benar-benar pendek. Dan peringkatnya tetap saja bagus di mesin pencari.

2. Keyword density

Maksudnya kata kunci yang diulang-ulang ditaruh dalam satu halaman. Sudah ada di paragraf pertama, terus ditaruh di paragaf berikutnya hingga akhir.

Ini rupanya tidak mempengaruhi mesin pencari. Meski begitu, menurut kami juga tidak enak dibaca semisal kami adalah pengunjung blog atau situsmu.

3. Mitos atau fakta, Umur domain mempengaruhi 

Ada anggapan bahwa semakin tua umur domain maka peringkatnya semakin bagus di mesin pencari. Faktanya itu tidak.

Kadang yang terjadi adalah domain yang berumur tua punya rekam buruk digunakan untuk nyepam, menyebarkan malware dan aktivitas yang melanggar lainnya.

Dan buat kamu yang punya domain berumur untuk ngeblog, bila tidak diisi konten secara teratur juga tidak mendapatkan peringkat di mesin pencari Google.

4. Mitos atau fakta, domain TLD punya peringkat bagus

Ternyata memiliki domain berbayar atau TLD semacam .com atau .net tidak berpengaruh pada peringkat di mesin pencari.

Banyak domain yang tanpa TLD, seperti dotsemarang contohnya yang menggunakan blogspot, kadang berada di atas mesin pencari saat mengulas konten. Konsen pada konten berkualitas merupakan kunci di sini.

5. Mitos atau fakta, semakin pendek nama domain peringkatnya semakin bagus

Ternyata itu hanya mitos. Faktanya mau panjang atau pendek, domain tidak berpengaruh. Saat dibuktikan lewat mencari, ada situs yang nama domainnya sangat panjang.

Panjang atau pendek nama domain lebih bicara tentang personal branding saja. Apakah nama dotsemarang masih asing buatmu?

6. Mitos atau fakta, domain dengan keyword tertarget lebih bagus peringkatnya

Lagi-lagi itu hanya mitos. Mau dengan atau tidak berisi keyword tertarget sebuah domain itu tidak berpengaruh apa-apa pada mesin pencari Google.

7.  Mitos atau fakta, server cepat mempengaruhi kecepatan situs atau blog

Itu tidak benar. Secepat apapun server yang digunakan, jika isi blognya berat-berat, seperti gambar yang tidak dikompres, banyak widget nggak penting, itu sangat berpengaruh.

Apalagi pakai tema yang juga berat, seperti penuh warna, ada musiknya, font kustom dan pernak-pernik lainnya. Usahakan tidak banyak atribut, bila ada pun diusahakan yang penting saja. Termasuk dalam satu halaman yang berisi foto banyak, jangan lupa dikecilkan ukurannya.

Bagaimana menurutmu?

Artikel terkait :
Klik gambar

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?