[Review Event] Google For Publishers Semarang


Jika beberapa waktu belakangan ini, khususnya bulan Juli, kami bicara acara-acara seru di Semarang, maka acara Google For Publishers ini adalah acara buat kami dan para bloger. Kira-kira, seperti apa acara ini?

Rabu pagi (17 Juli), kami berkesempatan mengikuti acara dari Tim Google Search yang diadakan di Hotel Santika Premiere, jalan Pandanaran, Semarang. Bila tidak salah, ini adalah pertama kali tim Google datang ke Semarang.

Harapan besar dari acara ini tentu saja pada si penyelenggara. Kapan lagi, Google mampir ke Semarang dan berbagi pengetahuan kepada kami. Mengingat acara serupa dilakukan dibeberapa kota besar lainnya, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Jogja.

Peserta yang hadir


Kami berbicara dengan sesama rekan bloger, peserta yang hadir banyak yang kami tidak kenal. Semarang memang begitu, sebenarnya banyak orang keren tinggal di Ibu Kota Jawa Tengah ini. Tapi kadang jarang ditemui.

Bila beberapa peserta yang wajahnya familiar, seperti kalangan bloger, kami maklum. Namun rupanya bukan hanya dari Semarang. Beberapa ada yang datang dari luar kota. Magnet nama Google memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Semoga lain waktu mereka datang kembali.

Hal-hal baru


Selain tentang bagaimana Semarang yang akhirnya menjadi kota lokasi acara biar sama seperti kota-kota besar lainnya, tujuan datang adalah mendapatkan banyak bocoran hal baru yang langsung diberitahukan oleh tim Google Indonesia. Dan selama acara berlangsung, kami mendapatkan hal itu.

Peserta yang memanfaakan Google untuk bisnis, sangat terbantu di sini. Terutama pemilik situs-situs yang dalam angka statistik, kecepatan akses situs di dunia, kebanyakan berada diangka 10 detik ke atas yang diakumulasi jumlahnya dengan nilai 58%. Padahal bila kurang dari 10 detik, itu sangat membantu sekali.

Pembahasan Google Search paling kami sukai di sini. Ya, sebagai bloger ini sangat penting. Mulai dibahas tentang bagaimana mengoptimalkan situs lewat Google Search, seperti :
  • Konten berkualitas, sangat penting buat siapa saja yang membuat konten
  • Search friendly, bagaimana judul itu penting
  • Mobile friendly, era sekarang kebanyakan pengguna mengakses internet lewat perangkat seluler.
  • Cepat, orang-orang tidak betah pada situs yang lama membukanya lebih dari 3 detik.
  • Aman, cara terbaik adalah berpindah dari http menjadi https. 
  • Terstruktur.
Bocoran tentang update di Google Search diantaranya :
  • Mobile First Indexing, pastikan konten dan metadata di seluler itu sama dengan di desktop.
  • Speed Update, perbaikan kecepatan laman dengan alat g.co/WebmasterID/speed.
  • Evergreen Googlebot, googlebot akan terus diupdate menyesuaikan versi Chrome terbaru.
Materi lainnya yang disampaikan, 
  • Rich resulths melalui data terstuktur
  • Menggunakan search console
  • Google adsense
  • Menyempurnakan ekosistem konten dengan Accelerated Mobile Pages (AMP)
Hei ini cukup panjang pembahasannya. Dan tidak heran, acara ini berlangsung hingga sore hari. Beberapa peserta yang bertanya mendapatkan kaos Google. Ah, sayang kami tidak ikut ambil bagian saat diberikan kesempatan.

Sesi mitos dan fakta

Suasana registrasi acara

Sebelum menutup acara dengan foto bersama, ada sesi menarik. Kami jadi tahu hal-hal yang kami anggap dulu adalah pegangan kami. Ternyata tidak.

Seperti batasan tulisan pada halaman blog atau situs apakah ada batasan minimal atau maksimal. Ternyata tidak ada, kalau mau buat panjang ya silahkan, pendek ya jangan pendek juga.

Selama tulisan disukai oleh pengunjung dan juga dibagikan lewat media sosial, maka peluang terindeks google tetap akan ada di halaman. Dan masih banyak lagi.

Aldrich Christopher
Jeanny Haliman, Go-to-Market Strategy Lead APAC AdSense & AMP Monetization
Mahmud Omar Saladin, Webmaster Relations Google
Ferdian Gunawan, Strategic Partner Manager, Online Partnership Group (Indonesia) Google
Mereka yang diberi kaos Google
...

Acara ini dari sisi konten tentu sangat menyenangkan. Terutama bagaimana memahami Google Search bagi bloger seperti kami, dotsemarang. Jumlah peserta yang hadir sekitar 200 orang dan Semarang Kota ke-5 selama acara dilaksanakan diberbagai kota.

Banyak orang-orang baru yang dijumpai, tapi sayang kami belum dapat berinteraksi seperti para bloger yang biasa dikenal. Padahal mereka yang jadi peserta di sini, punya portofolio bagus dengan bidang yang sama, seperti bloger, bahkan pemilik bisnis yang memanfaatkan situs.

Peserta sendiri ditujukan kepada para publisher, web greater dan orang-orang yang bergerak di konten online. Memang acaranya gratis, tapi harus daftar.

Artikel terkait :
Klik gambar

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?