Langsung ke konten utama

Melihat Potensial Produk Halal Semarang Lewat Event?


Ada yang menarik sebelum penetapan Ramadan tanggal 6 Juni 2016 di Semarang. Dua event bertema halal digelar di dua tempat berbeda . Apakah acara ini menarik, dan bagaimana keduanya dikemas?

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Semarang adalah kota dengan beragam etnis dan agama. Ini bisa dilihat dengan tempat-tempat ibadah yang menjadi objek wisata dan selalu ramai dikunjungi.

Tidak salah, saat momen Ramadan tiba, acara yang berkonsep halal pun hadir. Sesuatu yang dotsemarang jarang temui untuk event yang memasukkan unsur Halal sebagai dasar tema.

Tren pariwisata halal

Beberapa tahun terakhir, tren pariwisata halal memang sudah sangat familiar ditelinga. Negara-negara tetangga dan dunia pun sudah sangat serius menggarap tren ini seperti yang pernah dilakukan event Singapore fair yang memasukkan unsur-unsur halal dalam buku agenda mereka.

Tentu, mereka melihat bahwa Indonesia sebagai salah satu negara muslim terbesar di dunia harus mereka tawarkan untuk datang berwisata. Dalam buku yang pernah diulas di sini, selain kuliner halal yang dimasukkan, ada tempat ibadah yang turut dicantumkan. 

Potensial produk halal

Bila mengacu dengan tren wisata halal, maka event yang diselenggarakan ini di Semarang seharusnya sangat potensial. Selain dapat mengenalkan secara dekat produk-produk halal seperti kuliner, pakaian dan lainnya, event ini bisa jadi roll model untuk menjadikan Semarang sebagai salah satu destinasi wisata halal di Indonesia.

Ada 2 event yang dilaksanakan sebelum umat muslim melaksanakan ibadah puasa, Moslem Fashion Art & Halal Expo di mal Ciputra dan festival halal di Sri Ratu. Keduanya sama-sama menarik pastinya.


Festival halal yang dilaksanakan di Sri Ratu Pemuda memang fokus pada kuliner. Acara yang dimulai dari tanggal 1-5 Juni ini juga memasukkan unsur edukasi dan entertainment sebagai pelengkap acara. Jadi pengunjung tidak sekedar berburu kuliner karena jaminan halal di sana.



Sedikit berbeda dengan yang digelar di Mal Ciputra, event Moslem Fashion Art & Halal Expo lebih fokus pada produk dan jasa. Produk-produk ini memang lebih mirip pameran UMKM, namun hadirnya travel untuk melayani Umroh dan Haji dapat dilihat bagaimana event ini digarap.



Keduanya dilaksanakan bersamaan waktunya, namun berbeda dari segi lokasi yang digunakan. Bila festival halal dilaksanakan di ruang terbuka atau halaman parkir, maka Moslem fashion art dilaksanakan di auditorium lantai dasar mal atau indoor.

...

Ramadan memang menjadi momentum yang tepat untuk gelaran acara tersebut. Keduanya juga punya segmen berbeda terutama pengunjung. Tapi keduanya punya tujuan sama yang perlu digaris bawahi yaitu, Semarang punya banyak pelaku industri potensial yang ramah terhadap wisatawan muslim baik lokal maupun luar.

Kini, tinggal bagaimana menggarap semua aspek yang berhubungan dengan wisata halal untuk menarik perhatian. Semarang punya tempat wisata buat muslim seperti Masjid Agung Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi.

Semarang punya gelaran yang tiap tahun rutin digelar sebelum puasa yaitu Dugderan. Dan kini, saat acara Halal diselenggarakan, masyarakat semakin tahu bahwa Semarang banyak produk yang berlabel halal yang dapat dibawa pulang saat mereka mengunjungi ibukota Jawa Tengah ini.

Artikel terkait Marketing:
...
Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Jadwal Pameran Komputer di Semarang Bulan September 2018

Kabar baik bulan September ini yang sedang nyari pameran komputer di Semarang. Kami pikir ini kejutan, karena pameran serupa sudah dilaksanakan di bulan Juli kemarin. Dan mungkin akhir tahun, baru ada kembali. Ternyata tidak.

Bertempat di Paragon Mall, pameran komputer bertajuk Semarkomtek atau Semarang komputer expo ini dilaksanakan. Silahkan catat waktunya, yaitu tanggal 14-18 September 2018.

Dalam kampanye promosinya yang kami lihat, penawaran tukar tambah atau trade in notebook up to 4 juta rupiah adalah salah satunya.

Pameran komputer kedua tahun ini

Pameran komputer yang akan berlangsung beberapa hari ke depan ini merupakan pameran kedua tahun 2018. Bila pameran komputer pertama butuh waktu hampir setengah tahun, maka yang kedua ini hanya butuh kurang dari 2 bulan.

Gambar : Ilustrasi
Artikel terkait : [Review] Semarang Computer Expo 2018 : Perang Komputer GamingSudah Ada Nih! Jadwal Pameran Komputer Bulan Juli di SemarangJadwal Pameran Komputer Bulan November - Desember 2017 : Ters…

Agenda Semarang September 2018

Selamat datang bulan September. Ada satu agenda menarik yang akan berlangsung di bulan kesembilan ini. Kami menantikan acara tersebut yang rutin digelar satu tahun sekali. Ada yang tahu?

Berikut daftar acara di kota Semarang yang kami bagi dua. Agenda lain akan terus ditambahkan saat kami mengetahuinya. Waktu acara dapat berubah-ubah, tanpa pemberitahuan.
Agenda Rutin : [Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam). Lihat di sini foto-fotonya.[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.
Agenda Lain : [17 Agustus-9 September] - Jateng Fair 2018. Selengkapnya klik di sini.[31 Agustus - 2 September] - Pazaar Seni #5 di TBRS. Selengkapnya klik di sini.[31 Agustus - 2 September] - Semarang Youth Festival 2018 di Ex Wonderia.[1-12 September] - Pameran handphone dengan tema 'Bazaar Handphone' di Plasa Simpang Lima.[5-9 September] - Semarang Hijab & Craft Expo 2018 di Paragon.[…

Agenda Festival Kota Lama 2018

Akun official Instagram Festival Kota Lama sudah merilis beberapa materi promosi acara mereka bulan September ini. Bila tahun 2017, di bulan yang sama, acara dilaksanakan di atas tanggal 20-an, maka tahun 2018 masihkah sama? 
Ya, masih sama. Silahkan catat waktunya, yaitu tanggal 20-23 September 2018. Informasi ini sebenarnya sudah kami bagikan di daftar acara bulan September yang bisa kamu lihat di sini.
Ada apa saja di Festival Kota Lama 2018
Gambar : Instagram/festivalkotalama
Tahun ini, tema yang dibawa adalah 'Beda Masa Satu Rasa'. Beberapa kegiatan sudah dibocorkan lewat instagram mereka, seperti : Pasar SentilingPekan Film SemarangPameran Ekonomi KreatifTemu Pusaka IndonesiaJelajah Kota Lamadsb. Bintang tamu pun sudah diumumkan lewat Instagram yang hingga tulisan ini kami buat sudah mendapatkan 706 pengikut, yaitu Toh Pati dan Nial Djuliarso.
Kamu yang ingin jadi volunteer, bisa menghubungi mereka di akun Instagram yang tertera dipostingannya.

Lihat postingan ini di Instag…

Agenda Semarang Agustus 2018

Selamat datang bulan Agustus di kota Semarang. Bulan ini negara kita akan merayakan hari Kemerdekaan yang berusia 73 tahun. Kira-kira ada keramaian apa saja selama Agustus di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

Berikut daftar agenda yang ada di Semarang, yang kami bagi dua:

Agenda Rutin :
[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam). Lihat di sini foto-fotonya.[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.
Agenda Lain :
[1-5 Agustus] - Batik Craft di Paragon Mall Semarang.[9-19 Agustus] - Festival Cheng Ho 2018. Selengkapnya di sini.[9-12 Agustus] - Silkair-BCA Travel Fair 2018 di Paragon Mall.[10-13 Agustus] - Jateng Smesco Expo 2018, Pameran Produk Unggulan Koperasi dan UMKM di Java Mall.[10 Agustus] - Mberock Fest di Hutan Wisata Tinjomoyo mulai jam 2 siang.[14-22 Agustus] - Pameran handphone di Java Mall Semarang.[15-26 Agustus] - Pameran properti Semarang 'Property Expo Semarang 6'…