Langsung ke konten utama

Bisnis & Selera Penonton: 2 Film Baru Indonesia Ini Tidak Diputar Pekan Ini di Semarang


Pekan ini, dua film Indonesia baru tidak tayang di bioskop Semarang. Kejadian yang tidak sekali dua kali ini membuat saya dan beberapa lainnya sedikit kecewa karena tidak mendapat jatah film baru. Apakah ini karna selera pasar atau karna soal bisnis.

Film Indonesia seperti Ada Apa Dengan Cinta 2 dan My Stupid Boss masih bertahan hingga hari kamis (9/6). Lainnya ada film Surga Menanti yang juga turut dipertahankan hingga kamis, sayang hari jumatnya filmnya sudah terdepak dan diganti dengan film Hollywood.

Mengikuti selera penonton atau bisnis semata

Saya sangat senang bila antusias film Indonesia di Semarang selalu ramai, bioskop tidak sepi, antrian yang super panjang dan pegawai yang semua super sibuk karna mengurusi penonton.


Namun sisi lain, perasaan kecewa juga kerap kali menghampiri saat film-film baru yang seharusnya masuk ke dalam daftar film di Semarang ternyata tidak ada. Padahal sudah dinanti kehadirannya.

Cukup mengejutkan memang masih melihat 3 film Indonesia yang masih bertahan kamis ini. Apakah selera penonton di Semarang benar-benar mempengaruhi ketiganya tetap bertahan. Bila iya, solusinya adalah jadwal film salah satunya cukup diberi 1 teater dengan pemutaran full. Biarkan film baru masuk dan kembali meramaikan daftar film Indonesia.

Mengikuti pasar memang penting, tapi jangan lupakan pasar penonton lain yang menunggu jadwal film baru. Bila ini soal bisnis semata, ya bioskop benar-benar menyulitkan penontonnya kali ini.

Apakah ada biaya untuk dapat mengatur jadwal biar masuk saat ada film lain yang masih punya minat tinggi? Mengapa film luar bisa tembus sedangkan film Indonesia tidak. Pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh saya yang hanya sebagai penonton film.

Harusnya sama rata

2 Film Indonesia yang seharusnya masuk ke seluruh bioskop tanah air adalah film Dubsmash dan film Pontien: Pontianak Untold Story. Tapi sayangnya, keduanya tidak masuk ke Semarang yang biasanya menaruh film baru di Cinema XXI yang berada di mal Ciputra. Bagi saya, bioskop ini sudah semacam mendapat branding bahwa hanya di sini film Indonesia diputar.

Kedua film baru yang tidak tayang sering kali wara-wiri di layar bioskop sebelum film utama tayang. Lewat trailer, keduanya memberitahu bahwa film mereka akan segera diputar tanggal sekian. Apakah ini juga karna kekurangan layar?

Jatah film luar

Masuknya film Hollywood seperti The Conjuring 2 (jumat) dan Now You See Mee 2 (kamis), seakan mempertegas bahwa kedua film baru Indonesia kurang menguntungkan dari segi penonton. Lagi-lagi tetap saja ini juga berhubungan dengan bisnis. Sangat disayangkan memang.


...

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Semarang tidak patut dikesampingkan memang. Cukup disayangkan saja bahwa kejadian seperti ini selalu terjadi. Apalagi filmnya sudah dinanti.

Jika sudah berbicara bisnis, mau tidak mau saya hanya bisa pasrah. Saya tidak akan pergi ke luar kota untuk mengejar film baru tersebut karna dari awal Kofindo dibuat untuk menyemangati bioskop dan penonton Semarang.

Semoga lain waktu tidak akan terjadi lagi, dan penonton di sini dapat menikmati seperti lainnya. Memang kebijakan bukan ditangan penonton, tapi karna penonton juga film Indonesia lebih dihargai karna tidak sepi.

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Agenda Semarang September 2018

Selamat datang bulan September. Ada satu agenda menarik yang akan berlangsung di bulan kesembilan ini. Kami menantikan acara tersebut yang rutin digelar satu tahun sekali. Ada yang tahu?

Berikut daftar acara di kota Semarang yang kami bagi dua. Agenda lain akan terus ditambahkan saat kami mengetahuinya. Waktu acara dapat berubah-ubah, tanpa pemberitahuan.
Agenda Rutin : [Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam). Lihat di sini foto-fotonya.[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.
Agenda Lain : [17 Agustus-9 September] - Jateng Fair 2018. Selengkapnya klik di sini.[31 Agustus - 2 September] - Pazaar Seni #5 di TBRS. Selengkapnya klik di sini.[31 Agustus - 2 September] - Semarang Youth Festival 2018 di Ex Wonderia.[1-12 September] - Pameran handphone dengan tema 'Bazaar Handphone' di Plasa Simpang Lima.[5-9 September] - Semarang Hijab & Craft Expo 2018 di Paragon.[…

Jadwal Pameran Komputer di Semarang Bulan September 2018

Kabar baik bulan September ini yang sedang nyari pameran komputer di Semarang. Kami pikir ini kejutan, karena pameran serupa sudah dilaksanakan di bulan Juli kemarin. Dan mungkin akhir tahun, baru ada kembali. Ternyata tidak.

Bertempat di Paragon Mall, pameran komputer bertajuk Semarkomtek atau Semarang komputer expo ini dilaksanakan. Silahkan catat waktunya, yaitu tanggal 14-18 September 2018.

Dalam kampanye promosinya yang kami lihat, penawaran tukar tambah atau trade in notebook up to 4 juta rupiah adalah salah satunya.

Pameran komputer kedua tahun ini

Pameran komputer yang akan berlangsung beberapa hari ke depan ini merupakan pameran kedua tahun 2018. Bila pameran komputer pertama butuh waktu hampir setengah tahun, maka yang kedua ini hanya butuh kurang dari 2 bulan.

Gambar : Ilustrasi
Artikel terkait : [Review] Semarang Computer Expo 2018 : Perang Komputer GamingSudah Ada Nih! Jadwal Pameran Komputer Bulan Juli di SemarangJadwal Pameran Komputer Bulan November - Desember 2017 : Ters…

Ini Jadwal Rangkaian Acara Festival Kota Lama 2018

Selama 4 hari, kawasan Kota Lama akan dimeriahkan acara #FestivalKotaLama2018. Sebelum menuju ke lokasi acara, sebaiknya ketahui dulu jadwal acaranya seperti gambar yang ada di atas.

Untuk hari pertama, hari kamis, acaranya dibuka dengan perhelatan pasar sentiling. Tidak banyak aktivitas yang dimasukkan di sana. Ini mengingat pembukaan festival Kota Lama-nya dilakukan esok harinya, atau hari kedua (Jumat).

Bila hari pertama dimulai dari sore hari (mulai jam 4), maka hari kedua dimulai dari jam 2 siang dengan beberapa kegiatan. Kamu bisa berpartisipasi di kegiatan pekan film atau mengikuti kegiatan jelajah Kota Lama.


Lihat postingan ini di Instagram

Pekan Film Semarang 2018. @sineroom_ berkolaborasi dengan sejumlah penggiat perfilman menghadirkan kembali puluhan film alternatif bagi para pecinta film di Semarang. Pekan Film Semarang 2018 mengambil tema KOLABORASINEMA karena film hampir mustahil untuk dikerjakan seorang diri, sehingga kolaborasi menjadi salah satu hal esensial dalam film…

Agenda Semarang Agustus 2018

Selamat datang bulan Agustus di kota Semarang. Bulan ini negara kita akan merayakan hari Kemerdekaan yang berusia 73 tahun. Kira-kira ada keramaian apa saja selama Agustus di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

Berikut daftar agenda yang ada di Semarang, yang kami bagi dua:

Agenda Rutin :
[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam). Lihat di sini foto-fotonya.[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.
Agenda Lain :
[1-5 Agustus] - Batik Craft di Paragon Mall Semarang.[9-19 Agustus] - Festival Cheng Ho 2018. Selengkapnya di sini.[9-12 Agustus] - Silkair-BCA Travel Fair 2018 di Paragon Mall.[10-13 Agustus] - Jateng Smesco Expo 2018, Pameran Produk Unggulan Koperasi dan UMKM di Java Mall.[10 Agustus] - Mberock Fest di Hutan Wisata Tinjomoyo mulai jam 2 siang.[14-22 Agustus] - Pameran handphone di Java Mall Semarang.[15-26 Agustus] - Pameran properti Semarang 'Property Expo Semarang 6'…