Langsung ke konten utama

Blogger Sebagai Duta Wisata


Sekitar 20 blogger nusantara hadir di kota Semarang dalam rangka undangan dari Badan Pariwisata bulan Mei 2016. Tujuannya, mengunjungi dan mengenalkan mereka tempat-tempat wisata dan event favorit tahunan kota agar kemudian diposting di blog personal mereka atau media sosial.

Blogger saat ini memang sedang berada pada tingkat populer cukup tinggi menurut dotsemarang. Keberadaan travel blogger yang diundang ke Semarang merupakan buktinya. Sebutan mereka sebagai duta wisata dalam dunia teknologi sudah tak terbantahkan lagi.

Mengutip situs travelnatic.com, 3 hingga 4 tahun belakangan ini tren dalam perjalanan dan pariwisata meningkat drastis dari sebelum tahun 2012. Menjajaki tahun 2014 segala tren seputar travel mulai banyak beredar.

Sederet blog yang mengulas tentang perjalanan dan pariwisata banyak menghiasi linimasa kita. Hadirnya para travel blogger berimbas positif dan memberikan angin segar terhadap pariwisata di Indonesia. Mereka bisa dikatakan sebagai duta wisata Indonesia yang menyebarkan informasi tentang keindahan dan kekayaan nusantara.

Duta wisata 

Bila seseorang yang punya blog bisa disebut blogger, bagaimana dengan peran duta wisata yang dipilih masyarakat? Memang terlihat sama, yaitu mengenalkan. Tapi tetap saja berbeda untuk fungsi dan tujuannya.

Blogger sebagai duta wisata memiliki sasaran terhadap minat masyarakat yang ingin berwisata khususnya pengguna Internet. Bukan wisatawan lokal saja yang jadi sasaran, tapi wisatawan mancanegara yang kehadirannnya terus digenjot pemerintah.

Duta wisata ini memang tidak dilatih menyambut tamu seperti duta wisata sungguhan, tapi pengalaman mereka yang dituangkan dalam tulisan itulah yang diperlukan di era modern marketing sekarang.

Kewajiban blogger sebagai duta wisata

Selain mengabadikan pengalaman mereka lewat tulisan di blog, kehadiran mereka juga dapat dilihat lewat hashtag yang beredar di media sosial seperti twitter dan Instagram.

Duta wisata ini memang diwajibkan memposting apapun dengan membawa tagar atau hashtag yang tentunya sudah diinfoin sebelumnya. Tujuannya? Agar lebih menggema promosi tempat wisata yang mereka kunjungi. Bukan di Indonesia saja, tapi diseluruh dunia. Media sosial mampu melakukan hal tersebut.

Segmentasi anak muda

Media sosial paling banyak digunakan anak muda sekarang ini. Apalagi yang berhubungan dengan foto selfie. Maka tak heran, cara pendekatan mengenalkan pariwisata agar berhasil yaitu menggandeng blogger atau orang yang berpengaruh yang juga melek teknologi.

Kemasan

Kehadiran blogger tidak juga hanya dalam rangka jalan-jalan menikmati pemandangan dan makan-makan. Beberapa kegiatan yang dilakukan tiap kota memang berbeda. Ini hanya soal kemasan saja. seperti di Semarang, mereka mengemas 20 blogger dengan acara yang dinamakan famtrip.

...


Tren blogger sebagai duta wisata yang dotsemarang lihat  bulan ini di kota Semarang memang mengatakan hal demikian. Buat apa coba badan Pariwisata mengundang mereka selain mempromosikan tempat wisata dan event Semarang?

Blogger begitu menjanjikan keberadaannya. Apalagi yang konsen dibidang wisata seperti travel, kuliner, dan lain sebagainya. Bukan hanya pemerintah yang menggandeng mereka untuk datang, beberapa perusahaan swasta pun seperti agen perjalanan pun turut mengundang mereka.

Bagaimana, apakah Anda setuju dengan istilah blogger sebagai duta wisata? Hmm..kira-kira bagaimana dengan kota lain? Apakah kota tempat tinggal Anda menggandeng blogger juga? Atau Anda tertarik untuk diundang? Syaratnya, punya blog dong.

Postingan travel blogger yang diundang ke Semarang bulan Mei dapat dilihat di sini.
Gambar travel blogger yang datang ke Semarang : Twitter

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

  1. mantap. kapan aku bisa ikut ya

    BalasHapus
  2. Wahhh asik banget.. kapan ya bisa diundang juga,, heehe :)

    BalasHapus
  3. Wah pengen ikut mas. Ini cuma yg utk niche travel ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sektor Unggulan Semarang Tahun 2017 Ini Bisa Menjadi Inspirasi Buat Konten

Ini kabar baik bagi untuk kami tentunya dalam hal produksi konten dan mendukung kota Semarang. Semenjak bulan Juli 2017, Badan Ekonomi Kreatif telah memverifikasi 4 sektor unggulan Semarang, diantaranya fesyen, arsitektur, game dan aplikasi. Selengkapnya.
Mengutip laman resmi kota Semarang, semarangkota.go.id, Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan bahwa di akhir bulan Juli, Pemerintah Kota Semarang mengusulkan kepada Badan Ekonomi Kreatif 3 sub sektor unggulan Kota Semarang. Arsitektur, game dan aplikasi, serta sub sektor fashion. Dan ketiga usulan tersebut telah diverifikasi dan ditetapkan.
Dari ke-4 sektor, fashion yang kami update sebelumnya di sini, sudah mendapatkan panggung yang dipromosikan pemerintah dengan membuat acara di Kota Lama. Dan tentu, ini akan terus dilakukan pemerintah untuk membuktikan apakah fashion merupakan sektor unggulan kali ini.
Dari dotsemarang, kami melihat ini adalah peluang baik untuk fokus pada konten yang berhubungan dengan sektor unggulan k…

Agenda Semarang September 2017

Selamat datang bulan September. Awal bulan ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 2017 yang diputuskan tanggal 1 September, hari jumat. Kami mengucapkan selamat hari Raya dan berikut daftar acara Semarang bulan.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.
Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [11 Agustus - 10 September] - Jateng Fair 2017 di PRPP. Info klik di sini.[30 Agustus - 3 September] - Acer Day di Paragon Mall Semarang.[30 Agustus -  9 September] - Pameran Handphone/Bazaar di Plasa Simpang Lima Semarang.[5 - 10 September] - Festival Kuliner Nusan…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Event Festival Kota Lama 2017

Event Festival Kota Lama kembali menyapa tahun ini, tepatnya tanggal 23 hingga 24 September 2017. Mari agendakan ke sini, karena acara diselenggarakan akhir pekan, Sabtu dan Minggu.
Festival Kota Lama yang diprakarsai oleh Oen Semarang Foundation dimulai sejak tahun 2012. Ini berarti, Festival Kota Lama 2017 sudah berjalan ke-6 kalinya (setahun sekali).
Untuk tema Festival Kota Lama tahun 2017 mengusung Sepanjang Jalan Kenangan. Dan lokasi acara berlangsung sekitar Polder Tawang, sama seperti tahun 2016. Acara yang diselenggarakan hari Sabtu dan Minggu ini tidak membuat panggung apung.

Tentang Festival Kota Lama 2017

[Press rilis] Melihat adanya berbagai kendala dalam pelestarian cagar budaya di Kota Lama, seperti kepemilikan bangunan, perawatan bangunan yang telah berusia tua, lingkungan sosial yang perlu ditingkatkan menjadi social capital, serta keterancaman lingkungan akibat iklim.

Kawasan Kota Lama menyimpan potensi yang luar biasa; termasuk masyarakatnya yang proaktif untuk teta…

Ikutan Lomba Blog Tentang Pesona Kabupaten Semarang, Yuk!

Kami punya kabar gembira buat kamu yang suka menulis lewat blog. Terutama segmen-segmen seperti wisata, kuliner, budaya dan sebagainya. Selain itu, hadiah bagi bloger yang menang nanti sangat menggiurkan. Tertarik?
Kabar baik ini bukan titipan sponsor maupun iklan. Kali ini, aktivitas dotsemarang bukan sebagai media partner atau blog partner, buzzer dan sebagainya. Namun aktivitas kami ini sebagai juri lomba blog yang diadakan dinas Pariwisata Kabupaten Semarang yang kantonya ada di Ungaran atau daerah Semarang atas (kami menyebutnya seperti itu).
Tema lomba blog
Yang terbiasa mengikuti kompetisi Liga Blogger Indonesia tentu lomba-lomba seperti ini makanan yang empuk. Karena kompetisi sedang libur, maka lomba ini bisa jadi alternatif buat diikuti.
Tema lomba blog dinas Pariwisata Kabupaten Semarang sendiri adalah tentang Pesona Kabupaten Semarang yang berhubungan dengan wisata, kuliner, budaya, minat khusus dan lain-lain.
Hadiah yang menggiurkan
Bagi kamu yang masuk kategori umum, hadi…