Langsung ke konten utama

Blogger Sebagai Duta Wisata


Sekitar 20 blogger nusantara hadir di kota Semarang dalam rangka undangan dari Badan Pariwisata bulan Mei 2016. Tujuannya, mengunjungi dan mengenalkan mereka tempat-tempat wisata dan event favorit tahunan kota agar kemudian diposting di blog personal mereka atau media sosial.

Blogger saat ini memang sedang berada pada tingkat populer cukup tinggi menurut dotsemarang. Keberadaan travel blogger yang diundang ke Semarang merupakan buktinya. Sebutan mereka sebagai duta wisata dalam dunia teknologi sudah tak terbantahkan lagi.

Mengutip situs travelnatic.com, 3 hingga 4 tahun belakangan ini tren dalam perjalanan dan pariwisata meningkat drastis dari sebelum tahun 2012. Menjajaki tahun 2014 segala tren seputar travel mulai banyak beredar.

Sederet blog yang mengulas tentang perjalanan dan pariwisata banyak menghiasi linimasa kita. Hadirnya para travel blogger berimbas positif dan memberikan angin segar terhadap pariwisata di Indonesia. Mereka bisa dikatakan sebagai duta wisata Indonesia yang menyebarkan informasi tentang keindahan dan kekayaan nusantara.

Duta wisata 

Bila seseorang yang punya blog bisa disebut blogger, bagaimana dengan peran duta wisata yang dipilih masyarakat? Memang terlihat sama, yaitu mengenalkan. Tapi tetap saja berbeda untuk fungsi dan tujuannya.

Blogger sebagai duta wisata memiliki sasaran terhadap minat masyarakat yang ingin berwisata khususnya pengguna Internet. Bukan wisatawan lokal saja yang jadi sasaran, tapi wisatawan mancanegara yang kehadirannnya terus digenjot pemerintah.

Duta wisata ini memang tidak dilatih menyambut tamu seperti duta wisata sungguhan, tapi pengalaman mereka yang dituangkan dalam tulisan itulah yang diperlukan di era modern marketing sekarang.

Kewajiban blogger sebagai duta wisata

Selain mengabadikan pengalaman mereka lewat tulisan di blog, kehadiran mereka juga dapat dilihat lewat hashtag yang beredar di media sosial seperti twitter dan Instagram.

Duta wisata ini memang diwajibkan memposting apapun dengan membawa tagar atau hashtag yang tentunya sudah diinfoin sebelumnya. Tujuannya? Agar lebih menggema promosi tempat wisata yang mereka kunjungi. Bukan di Indonesia saja, tapi diseluruh dunia. Media sosial mampu melakukan hal tersebut.

Segmentasi anak muda

Media sosial paling banyak digunakan anak muda sekarang ini. Apalagi yang berhubungan dengan foto selfie. Maka tak heran, cara pendekatan mengenalkan pariwisata agar berhasil yaitu menggandeng blogger atau orang yang berpengaruh yang juga melek teknologi.

Kemasan

Kehadiran blogger tidak juga hanya dalam rangka jalan-jalan menikmati pemandangan dan makan-makan. Beberapa kegiatan yang dilakukan tiap kota memang berbeda. Ini hanya soal kemasan saja. seperti di Semarang, mereka mengemas 20 blogger dengan acara yang dinamakan famtrip.

...


Tren blogger sebagai duta wisata yang dotsemarang lihat  bulan ini di kota Semarang memang mengatakan hal demikian. Buat apa coba badan Pariwisata mengundang mereka selain mempromosikan tempat wisata dan event Semarang?

Blogger begitu menjanjikan keberadaannya. Apalagi yang konsen dibidang wisata seperti travel, kuliner, dan lain sebagainya. Bukan hanya pemerintah yang menggandeng mereka untuk datang, beberapa perusahaan swasta pun seperti agen perjalanan pun turut mengundang mereka.

Bagaimana, apakah Anda setuju dengan istilah blogger sebagai duta wisata? Hmm..kira-kira bagaimana dengan kota lain? Apakah kota tempat tinggal Anda menggandeng blogger juga? Atau Anda tertarik untuk diundang? Syaratnya, punya blog dong.

Postingan travel blogger yang diundang ke Semarang bulan Mei dapat dilihat di sini.
Gambar travel blogger yang datang ke Semarang : Twitter

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

  1. mantap. kapan aku bisa ikut ya

    BalasHapus
  2. Wahhh asik banget.. kapan ya bisa diundang juga,, heehe :)

    BalasHapus
  3. Wah pengen ikut mas. Ini cuma yg utk niche travel ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Tahun 2018

Daftar acara atau agenda kota Semarang tahun 2018 sudah tersedia dalam bentuk PDF yang bisa diakses lewat website pariwisata.semarangkota.go.id. Kamu bisa mengunduh (download) atau sekedar membacanya sebagai panduan untuk berkunjung ke kota Semarang tahun ini. Berikut detailnya.

Sepertinya tahun 2018, kami libur dulu berkunjung ke kantor Dinas Pariwisata Kota Semarang yang terletak di gedung Pandanaran. Aktivitas rutin tiap tahun sekedar mendapatkan daftar acara kini bisa dengan mudah diakses via Internet.

Selain kami sertakan di halaman ini dengan link langsung ke situs yang berisi buku event 2018 kota Semarang, kami tetap rutin juga memberikan agenda Semarang tiap bulan yang bisa kamu jumpai di bawah ini. Selamat berkunjung dan terima kasih udah mampir ke kota tercinta kami, Semarang.
Download buku event kota Semarang dalam bentuk PDF di sini.

Berikut, daftar Agenda Semarang perbulan tahun 2018
Januari (Tersedia)FebruariMaretAprilMeiJuniJuliAgustusSeptemberOktoberNovember Desember Daf…

Si Cepat, Layanan Mobil Ambulance Gratis di Semarang

Ternyata sudah setahun Ambulance Hebat Si Cepat diluncurkan, terhitung dari tanggal 4 Januari 2017. Salah satu layanan kesehatan di kota Semarang ini menarik untuk diketahui. Apakah kamu pernah lihat mobil ini di jalan?
Akhirnya, kami bisa membawa Si cepat ke blog dotsemarang meski sudah mendapatkan informasi ini dari acara temu bloger bareng Dinas Kesehatan Kota Semarang pada bulan desember 2017 di The Wujil Resort & Conventions. Si cepat adalah layanan reaksi cepat bagi masyarakat yang membutuhkan ambulan Sebenarnya beberapa teman bloger kami ada yang sudah menjumpai Si Cepat ini yang berada di Puskesmas Halmahera. Waktu itu kami dibagi dalam dua kelompok, dan sayangnya kami kebagian ke Puskesmas Gayamsari yang waktu itu belum ada si Cepat ini.
Foto by Nia Nurdiansyah bareng bloger Semarang dan Dinas Kesehatan Semarang
Alasan kami baru membawa Si Ambulance Hebat  ke blog dotsemarang hari ini karena media sosial mereka sangat aktif. Di Twitter dengan id ambulancehebat, kicauan mer…

Pekan Pertama di Bulan Januari 2018, Tidak Ada Film Indonesia yang Rilis

Kamis ini (11/1), akhirnya film Indonesia baru dirilis di seluruh bioskop tanah air. Alasan film Indonesia baru rilis pekan kedua mungkin karena film yang dirilis desember masih banyak yang tayang. Catatan menarik untuk kami kembali ke belakang melihat deretan film yang juga tayang di minggu pertama Januari.
Hari ini, daftar film Indonesia menghadirkan 3 nama judul film yang baru rilis. Ada Maipa Deapati & Datu' Museng, Arumi dan Forever Holiday In Bali. Selengkapnya daftar film Indonesia yang rilis bulan Januari bisa dilihat paling bawah artikel ini selesai kamu baca.
Januari 2017
Pekan pertama bulan Januari 2017, ada film Indonesia yang baru rilis. Waktu itu genre drama rilis bersamaan film Animasi. Film Promise yang tayang 5 Januari sangat kental dengan bintang muda seperti Dimas Anggara, Mikha Tambayong, dan Amanda Rawles. Review filmnya ada di blog dotsemarang, klik di sini.

Januari 2016

Film Wanita Berdarah merupakan film Indonesia baru satu-satunya yang dirilis pekan per…

Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan Movie Card

Efek dari membludaknya penonton film Indonesia hampir sebulan ini membuat layanan movie card di bioskop Semarang semakin diminati. Mulai dari aktivitas top up hingga membuat kartu, layanan ini memang jadi alternatif buat yang tidak ingin ribet mengantri.
Film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang tayang akhir April lalu bukan saja menuai positif untuk jumlah penontonnya, tapi turut berdampak pada minat kartu sakti yang dapat dipakai langsung setelah membuatnya.
Dotsemarang sendiri pernah mengangkat artikel kartu yang dibuat hanya dengan membayar sekitar 125 ribu ini. Harga tersebut merupakan akumulasi dari harga kartu 25 ribu dan saldo 100 ribu. Untuk mengisi kembali, penonton hanya boleh mengisi dengan kelipatan 100 ribu dan seterusnya.
Mengapa kartu ini sangat diminati?
Ini karena antusias tinggi penonton di bioskop Cinema XXI yang berada di Mal Ciputra. Film AADC 2 yang berbarengan dengan film Civil War memberi angin segar buat penonton.
Biasanya, bioskop di sini benar-benar terlihat adem-ad…