Skip to main content

Tentang Influencer atau Buzzer


Meski istilah ini bagi sebagian kalangan sudah sangat familiar ditelinga, namun kami menyadari bahwa masih ada sebagian lagi yang masih sangat awam. Kami ingin sedikit bicara tentang influencer dan buzzer di halaman ini terkait seringnya kami harus menjelaskan tentang ini saat sebuah pesan masuk yang mengajak kerja sama.

Mulai dari halaman ini, kami sekali lagi menegaskan bahwa posisi kami adalah personal bloger. Untuk itulah saat kamu ingin bekerja sama dengan kami, maka posisi kami tidak lagi sebagai media partner. Melainkan sebagia influencer atau buzzer. 

Influencer dan Buzzer sebenarnya sama

“Buzzer/ Influencer adalah seseorang yang didengarkan opininya, dipercayai, dan membuat orang lain bereaksi setelahnya.” Jeff Staple, pengamat sosial media.

Mengutip dari situs dailysocial.id (8/8/2013), buzzer adalah sebuah predikat yang namanya diambil dari kata dasar Buzz yang artinya ‘pembicaraan’ atau ‘percakapan’. 

Sehingga Buzzer sendiri adalah orang yang diharapkan bisa membuat sebuah topik/keywords jadi sebuah pembicaraan bukan saja di dunia online tapi juga in real world.

Saat awal-awal istilah ini dikenal, kebanyakan seorang buzzer menggunakan Twitter untuk melakukan kampanyenya dalam aktivitasnya. Kekuatan pengikut atau followers menjadi ukuran seberapa kuat pengaruh seorang buzzer. 

Bahkan menurut situs tekno.liputan6.com (23/8/2013), bayaran buzzer untuk Twitter dibawah 5.000 follower, satu tweet bisa dapat Rp 200-250 ribu per tweet. Kita cuma disuruh menyampaikan pesan saja, jadi sudah di-brief duluan, konten gak perlu mikir lagi. Apalagi kalau buzzer tersebut punya blog, biasanya dipaketkan dengan postingan blog dengan beberapa jumlah tweet.

Seiring waktu, perkembangan media sosial pun juga mengalami perubahan. Instagram muncul menjadi kekuatan baru yang lebih keren ketimbang Twitter. Dan terbaru paling disukai juga adalah Youtuber.

Perubahan ini pun disambut dengan kehadiran istilah baru juga dalam jagad media sosial, yaitu influencer. Orang-orang yang berpengaruh, tidak terbatas pada satu media sosial saja, sekarang dengan banyak media sosial, bisa disebut influencer. 

Postingan yang berasal dari youthmanual.com (20/9/2017), menyebutkan di sana tentang kedua pengertian istilah buzzer dan influencer.

Seorang buzzer bisa diartikan sebagai orang yang memberi info atau mempromosikan sesuatu, sehingga jadi ramai dibicarakan. Biasanya, untuk menjadi buzzer seseorang harus memiliki popularitas dan pengaruh. Bukan berarti harus beken seantero nusantara, sih. Tapi berpengaruh di kalangan tertentu.

Sedangkan influencer adalah orang yang bisa mempengaruhi orang lain lewat apa yang ia sampaikan, lakukan, atau tunjukkan. Walau pengertiannya nggak seratus persen sama, tapi  buzzer atau influencer sering dianggap sama.

Pemasaran/marketing zaman sekarang

Buzzer dan influencer bisa dikatakan merupakan bentuk promosi, pemasaran atau marketing di jaman sekarang. Keduanya sangat erat hubungannya dengan media sosial.

Sehingga saat kamu mengajak kerjasama dengan seseorang seperti kami, dotsemarang, maka kami akan memposisikan diri sebagai buzzer atau influencer.

Blog bukan satu-satunya kekuatan seorang influencer seperti kami, media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook hingga Youtube bisa digunakan untuk mengkampanyekan semua bahan promosimu untuk kami sebarkan.

Apa saja yang bisa disampaikan serta dipromosikan buzzer/influencer?

Tentu sangat banyak. Beberapa diantaranya yang sering mengajak kami seperti event, produk, jasa, gerakan, hingga datang langsung dalam satu paket seperti yang kami ikuti tiap acara launching produk teknologi sebuah brand.

Memang nggak melulu yang dilakukan buzzer atau influencer bermotif ekonomi, kadang ada juga yang bersifat sosial atau dorongan pribadi.

Ini sebuah pekerjaan, menurut kami

Beberapa situs memang tidak merekomendasikan istilah ini sebagai pekerjaan utama, mengingat siapa saja yang memiliki pengikut lebih banyak akan mudah mempengaruhi pengguna di media sosial dan bisa disebut influencer juga.

Dotsemarang sendiri juga menganggap banyaknya pengikut di media sosial merupakan bonus dari apa yang kami yakini bahwa pekerjaan kami yang utama tetaplah seorang bloger. Meski begitu, keduanya punya hubungan erat yang tetap dalam satu paket (blogger dan influencer).

Lebih dalam tentang buzzer dan influencer bisa kamu lihat di situs youthmanual.com atau langsung klik di sini untuk melihat halaman rekomendasinya. Istilah ini juga sangat mudah kamu cari di mesin pencari. Jadi, mohon maaf bila istilah di halaman ini kurang mendalam kami ulas.

Meski kami ingin diposisikan sebagai influencer dan berhubungan dengan berbayar, ulasan kami yang berhubungan dengan event, produk dan lainnya, ada juga yang tanpa berbayar. Murni ulasan yang kami hanya sukai untuk di bawa ke kanal dotsemarang.

Gambar : Ilustrasi
...

Kami sangat senang dengan bagaimana kamu yang mewakili pihak yang ingin bekerja sama menghubungi kami. Namun mulai saat ini, kami lebih suka diposisikan sebagai influencer atau bloger untuk menjalin kerjasama.

Apalagi dalam bekerjasama, media yang diminta berhubungan dengan media sosial. Kami harap, kamu mengerti dan memahami posisi kami sekarang. Dan soal tukar logo yang berada diberbagai alat kampanye, kami tidak akan menggunakannya lagi. Kecuali kerjasama dalam bentuk berbayar.

Tenang, kami tidak begitu kejam amat. Silahkan kirim proposal kerja samamu ke alamat email dotsemarang. Siapa tahu, kami bisa menerima negoisasimu.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Ini Harga Tarif Parkir Inap di Stasiun Tawang Tahun 2018?

Selain bandara yang memberi pelayanan parkir inap buat kendaraan, stasiun kereta api juga memberlakukan hal yang sama. Apakah kamu dalam tujuan perjalanan ke luar kota dan ingin parkir di Stasiun Tawang?

Minggu pagi (14/10) kami mendapat kesempatan pergi ke stasiun Tawang. Kebenaran bukan untuk meliput atau mengeksplore, ada kerabat yang pulang dari liburan di kota Semarang.

Saat sudah melayani hingga pintu masuk ruangan, kami jadi ingat bahwa ada pernah yang bertanya kepada kami lewat blog dotsemarang tentang tarif parkir inap di sini, stasiun Tawang.

Kesempatan bagus ini tentu tidak kami sia-siakan. Kami langsung bertanya pada petugas parkir dan petugas jaga piket loket pintu keluar. Dan berikut tarif yang diberlakukan.

Mobil
Parkir inap dikenakan harga 45 ribu rupiah. Lebih dari hari yang diterapkan, akan dikenakan biaya lagi. Sepeda Motor
Parkir inap roda dua dikenakan biaya 25 ribu rupiah. Dan sama seperti mobil, akan ada biaya tambahan bila lebih dari waktu yang diterapkan, 24 jam…

Ini Harga Tiket Masuk Taman Margasatwa Semarang Tahun 2019

Terakhir kali kami memposting informasi harga tiket masuk kebun binatang Semarang pada bulan Maret 2014. Lama sekali. Dan sekarang, tahun 2019, kami memperbarui informasi soal tiket. Berapa kira-kira?

Januari akhir, kami berkunjung ke Taman Satwa Semarang atau Bonbin Semarang. Harga tiketnya tentu saja naik dengan tahun 2014 lalu. Tahun ini harganya 10 ribu rupiah, untuk hari Senin - Jumat.

Sedangkan untuk harga akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Termasuk hari libur Nasional, harga tiket masuk dibandrol 15 ribu rupiah. Jadi, tetap buka meski libur.

Untuk jam buka kebun binatang Semarang yang berada di Mangkang ini mulai jam 8 pagi hingga 5 sore. Sedangkan wahana permainan, buka dari jam 08.30 wib dan tutup jam 15.30 wib.

Pihak kebun binatang memberikan diskon potongan harga tiket buat pengunjung dengan rombongan minimal 30 orang. Dan ini menarik, bila memiliki anak berharap tidak bayar atau bayar setengah, sebaiknya ukur dulu tubuh si anak.

Bila tinggi badan di atas 80 cm, orang tua haru…

November 2019, Harga Tiket Bioskop Central City Turun Menjadi 25 Ribu Rupiah

Entah apakah ini kabar baik atau sebaliknya. Bagi kami, termasuk kamu yang senang nonton di bioskop, penurunan harga tiket bioskop merupakan kabar gembira. Central City yang baru sebulan buka bioskop, kini harga tiketnya cuma 25 ribu (hari biasa). 
Kamis, minggu kedua bulan November, saluran film yang biasa mengabarkan jadwal film - Kofindo mendadak dapat notif dari akun yang mengikuti di media sosial tentang harga tiket bioskop 21 di Central City.
Penurunan harga tiket ini dari kacamata penonton, yang awalnya 30 ribu menjadi 25 ribu adalah daya pikat untuk masyarakat pergi ke bioskop. Meski daftar film yang tayang juga menentukan.
Selain jadi kabar baik, kami memaknai juga tentang penurunan harga tiket ini karena daya jangkau masyarakat di Semarang Timur seperti kekhawatiran kami kurang mendapatkan antusias.

Hal lainnya juga karena faktor wilayah. Dibanding bioskop lainnya yang berada di tengah kota, masyarakat pergi ke bioskop memiliki banyak tujuan. Pangsa pasar yang berbeda, tent…

[Agenda] Korean Cultural Festival Semarang 2019 di Unissula

Tengah pekan ini, kami kedatangan acara promosi di Instagram dotsemarang. Bertajuk Korean Cultural Festival 2019, kamu yang tertarik dengan segala hal tentang Korea bisa datang ke sini dengan tiket masuk cuma-cuma, alias gratis.

Bertempat di aula lantai 3 gedung fakultas Kedokteran, acara Korean Cultural Festival digelar pada tanggal 23 November 2019. Banyak kegiatan yang ditampilkan, seperti :
Fashion Show HandbokBuchaceum danceTaekwondo danceKorean FoodKorean Handycraft Facepainting Selain itu, ada kompetisi yang turut meramikan seperti Sing Cover Competition, dan Golden Ball. Catat waktunya dan simpan dalam kalender pribadimu.


Lihat postingan ini di Instagram
Sebuah kiriman dibagikan oleh Dotsemarang (@dotsemarang) pada 13 Nov 2019 jam 11:37 PST ...
Halaman ini bersifat promosi berbayar. Selain menggunakan feed Instagram dotsemarang, promosi ini juga diposting di stories. Tertarik promosi seperti ini, hubungi kami via email di dotsemarang@gmail.com.
Artikel terkait : Agenda Brandhal Sa…

ASUS Zenfone 6 Resmi Hadir di Indonesia Dengan Bandrol Harga 7 Juta Rupiah

ASUS Indonesia akhirnya memperkenalkan Zenfone 6 secara resmi di tanah air, 15 November 2019, dengan bandrol harga 7 juta atau Rp 6.999.000. Dari 3 varian yang diluncurkan secara global, hanya satu yang dibawa, yakni seri ZS630KL dengan kapasista RAM 6GB dan penyimpanan atau ROM 128GB.
Entah apakah hanya perasaan kami saja, kali ini gegap gempita kampanye promosi yang dilakukan ASUS Indonesia kurang menggigit seperti biasanya. Zenfone 6 yang rilis secara global bulan Mei kurang memiliki daya pikat bila melihat jarak diperkenalkannya di Indonesia. Hampir 6 bulan.
Optimal setiap lini
Masuk dalam jajaran kelas premium, Zenfone 6 tentu saja datang dengan berbagai pengoptimalan. Mulai dari daya tahan baterai, kamera flip, hingga dukungan RAM GB dan Android 10.
Distribusi barang pun kembali memanfaatkan toko online hingga gerai offline semacam Erafone. Berbagai potongan harga diberikan, termasuk cara promosi yang sering kami jumpai di pameran komputer, tukar tambah atau trade in. Tentu semu…