Langsung ke konten utama

Review ZenFone 4 Selfie Pro


Kami harus jujur katakan di awal bahwa Smartphone ini sudah bersama kami beberapa hari semenjak hari Launching di Jakarta kemarin. Ini bukan milik pribadi kami, tapi kami meminjamnya untuk merasakan langsung seperti apa produk ini kami bawa ke dalam blog dotsemarang. Apakah kamu tertarik ingin mengetahui tentang ZenFone 4 Selfie Pro menurut versi kami?

Produk yang kami pegang ini berwarna merah, mencolok mata dan sangat bergaya saat kami pegang bila sedang berjalan. Soal kemampuan, jangan ditanya. RAM 4GB dan ROM 64 GB, kamu pasti akan tertarik untuk mencobanya. Mungkin, ingin memilikinya juga.

Selain warna merah yang kami pegang ini, Zenfone 4 Selfie tersedia dengan varian warna lainnya, yakni Sunlight Gold dan Deepsea Black.

Kawasan Kota lama Semarang kami ambil sebagai lokasi penunjang untuk melihat kemampuan Smartphone dengan dua kamera ini bisa dimaksimalkan.

Tren selfie, dari postingan blog yang kami publish bulan Oktober kemarin, sangat disukai pemasar yang menyasar generasi Z dan Y. Maka tak heran, Asus mengemas produk ZenFone-nya dengan nama Selfie.

Dua kamera depan plus wide angle

Tentu kami akan mengawali dengan performa kamera yang menjadi jargon dari Smartphone yang dibandrol 5 juta kurang ini. Menurut Jerry Shen, Chief Executive Officer ASUS, "Pengguna Smartphone di Indonesia amat mengandrungi aktivitas selfie dan sangat aktif meng-update aplikasi media sosial mereka'.

Dari kegemaran tersebut, di mana sejak Asus pertama kali menghadirkan ZenFone Selfie ke pasaran Indonesia, maka hadirlah Zenfone 4 Series khusus selfie. Teknologi yang disematkan pun semakin mutakhir dan inovativ dalam produk terbaru mereka tersebut.


Saat kami coba menggunakan kamera depan, kami mencari teknologi DuoPixel yang dikatakan mampu menghasilkan foto berukuran 24MP. Ternyata ada di pengaturan atau setting yang saat dibuka ada di bagian atas. Tinggal centang.

Yang menarik dari kamera depan adalah ikon orang di atas tombol shutter. Bila kamu pilih ikon 1 orang, maka hasilnya saat kamu memotret dirimu seperti foto selfie kebanyakan. Tentu dengan kualitas bagus menurut pendapat kami.

Namun saat kamu memilih ikon orang dengan jumlah banyak, fitur wide angle atau kamera sudut lebar akan terbuka. Ini yang akan membuat selfie-mu lebih menarik, seperti memiliki lensa tambahan yang dijual dipasaran. Bila kameramu kamu ubah dari mode potret ke mode panorama, maka sekitarmu lebih banyak terekam di dalam kamera. Ini artinya, kamu harus mengajak temanmu untuk ber-wefie ria.

Kemampuan kamera depan Zenfone 4 Selfie Pro bukan hanya pada fitur yang kami ceritakan di atas. Fitur softlight LED Flash memberikan lebih banyak cahaya, mirip sedang berada di dalam studio. Dan tanpa cahaya LED pun, kamera depan yang membawa sensor dual pixel Sony IMX362 terlihat lebih bercahaya. Kemampuan teknologi Sony tersebut memang mempunyai fotodioda 2x yang lebih banyak menangkap cahaya.

Selain bagus buat selfie dan wefie, kemampuan kamera depannya bisa merekam video format 4K

Apakah sudah selesai mencicipi fitur kamera depannya? Belum-belum. Masih ada satu lagi fitur yang saat ini sedang tren dalam dunia per-selfie-an, yaitu foto bokeh. Zenfone 4 Series Selfie pun memasukkannya ke dalam teknologi kameranya.

Untuk kamera depan, fitur bokeh bisa kamu aktifkan dengan mengganti kamera utama menjadi kamera wide angle. Nantinya akan tersedia fitur bokeh tersebut yang ditandai ikon orang yang berada di bagian atas (antara timer, flash dan pengaturan). Klik ikon tersebut menjagi ikon dua orang tanpa garis centang. Bila mengaktifkan garis di ikon orang tersebut, fitur bokeh tidak akan bisa digunakan dan sebaliknya.

Sedangkan kamera belakang, fitur bokeh langsung tersedia tanpa mengganti lensa kamera. Seperti kamera depan, silahkan buang centang pada ikon manusia di atas untuk mendapatkan fitur bokeh. Tapi kami harus jujur katakan, fitur bokeh pada ZenFone 4 selfie Pro yang kami pegang belum bisa dikatakan sangat baik. 

Kamera belakang


Selanjutnya kamera belakang yang mengusung 16 MP. Kami sempat bingung dengan fitur manual pada layar kamera yang sedang kami gunakan. Ternyata fitur manual diubah menjadi nama PRO. Kemampuannya sama persis sebenarnya.

Banyak perubahan fitur yang dimasukkan ke dalam aplikasi Pixel Master yang saat ini sudah mengusung 4.0. Semua serba mudah dan tinggal geser, maka fitur seperti otomatis, pengindahan, manual (PRO), resolusi super, panorama langsung tersedia.

Kamera belakang ZenFone 4 Selfie Pro saat kami coba hasilnya juga sangat baik. Terutama malam hari bila menggunakan fitur HDR. Untuk mengambil gambar dengan cepat, maksud kami berganti objek, kemampuannya juga pun sangat handal. Ini bisa didapatkan karena fitur phase detection auto fokus 0.03 detik sepertinya.

16 MP yang menggunakan sensor Sony IMX351 membuat hasil yang didapat sangat baik, ditambah kemampuan sudut pandang yang luas mencapai 80 derajat. Untuk merekam video, kameranya juga sudah dilengkapi penstabil video dan dapat merekam dengan resolusi 4K UHD (3840 x 2160). Buat Vloger, sepertinya kemampuan ini dapat diandalkan. Oh ya, termasuk kemampuan mengambil foto untuk kebutuhan profesional berbasis RAW pun juga disematkan di sini.

Kemampuan musik yang menyenangkan di telinga

Dalam paket kotak ZenFone 4 Selfie yang dibawa, ternyata tersedia Headset berwarna putih. Kemampuan musik yang dihasilkan dengan headset tersebut sangat baik. Bahkan mampu meredam suara disekitar dan fokus pada musik yang didengarkan. Dalam paket yang disediakan, dibekali juga beberapa tambahan seperti gambar berikut ini.


Bagaimana bila tanpa headset? Suara yang dikeluarkan lewat bagian bawah Smartphone ini menambahkan teknologi SonicMaster 4.0, yang hasilnya bisa ditebak, ini keren! Beberapa fitur yang dibawa dalam teknologi ini seperti Hi-Res Audio, DTS Headphone:X, dan masih banyak lagi. Terasa mendengar suara musik lebih baik dari CD biasa.

Untuk memberikan kelegaan pada baterai agar bertahan lebih lama, ZenFone 4 Selfie membawa baterai dengan kapasitas 3000mAh yang sudah dilengkapi fitur fast charging 10W (5V/2V). 


Ada catatan kecil tentang peletakan lubang headset di Zenfone 4 Selfie Pro, mengapa harus ditaruh di bawah? Kebiasaan kami dengan produk ZenFone lainnya yang menaruh lubang di atas kamera rupanya memberi sedikit ketidaknyamanan bila menggunakannya untuk bepergian, terutama saat bersepeda.

Zenfone 4 Selfie sepertinya untuk USB Charger kembali ke bentuk standar pada umumnya. Entah mengapa, mengingat Zenfone 3 memakai USB type C sebagai konektor untuk pengisi dayanya. Tapi baguslah, saya tidak kesulitan mencari type USB ini bila bermasalah kedepannya.

Fitur Fingerprint sensor

Fitur keamanan yang menurut kami sudah banyak digunakan ini, fingerprint sensor, tentu dibawa juga. Yang cukup menarik adalah posisi fingerprint di Zenfone 4 Selfie berada di tombol home (tengah). Itu artinya, jari yang digunakan adalah ibu jari. Berbeda dengan Zenfone 3 milik kami, posisi fingerprint yang berada di belakang mengharuskan kami menaruh jari telunjuk di sana.

letak fingerprint pada Zenfone 4 selfie pro

Dimana bisa mendapatkan Zenfone 4 Selfie Pro?

Bila melihat pameran bulan Oktober kemarin di Semarang, produk ini sudah tersedia dibeberapa toko offline di sekitar. Bisa gerai, bisa juga mal-mal dimana lokasi pusat handphone berada.

Di toko online juga sudah tersedia banyak. Kamu bisa mencarinya lewat mesin pencari atau melalui media sosial. Tapi kalau tidak ingin ribet, kamu bisa buka referensi toko online Asus di sini (tinggal klik).

...

Selengkapnya tentang spesifikasi Asus Zenfone 4 Selfie Pro bisa kamu lihat di sini atau artikel di bawah. Spesifikasi tersebut merupakan spesifikasi resmi dari Asus yang kami dapatkan.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Agenda Semarang September 2018

Selamat datang bulan September. Ada satu agenda menarik yang akan berlangsung di bulan kesembilan ini. Kami menantikan acara tersebut yang rutin digelar satu tahun sekali. Ada yang tahu?

Berikut daftar acara di kota Semarang yang kami bagi dua. Agenda lain akan terus ditambahkan saat kami mengetahuinya. Waktu acara dapat berubah-ubah, tanpa pemberitahuan.
Agenda Rutin : [Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam). Lihat di sini foto-fotonya.[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.
Agenda Lain : [17 Agustus-9 September] - Jateng Fair 2018. Selengkapnya klik di sini.[31 Agustus - 2 September] - Pazaar Seni #5 di TBRS. Selengkapnya klik di sini.[31 Agustus - 2 September] - Semarang Youth Festival 2018 di Ex Wonderia.[1-12 September] - Pameran handphone dengan tema 'Bazaar Handphone' di Plasa Simpang Lima.[5-9 September] - Semarang Hijab & Craft Expo 2018 di Paragon.[…

Jadwal Pameran Komputer di Semarang Bulan September 2018

Kabar baik bulan September ini yang sedang nyari pameran komputer di Semarang. Kami pikir ini kejutan, karena pameran serupa sudah dilaksanakan di bulan Juli kemarin. Dan mungkin akhir tahun, baru ada kembali. Ternyata tidak.

Bertempat di Paragon Mall, pameran komputer bertajuk Semarkomtek atau Semarang komputer expo ini dilaksanakan. Silahkan catat waktunya, yaitu tanggal 14-18 September 2018.

Dalam kampanye promosinya yang kami lihat, penawaran tukar tambah atau trade in notebook up to 4 juta rupiah adalah salah satunya.

Pameran komputer kedua tahun ini

Pameran komputer yang akan berlangsung beberapa hari ke depan ini merupakan pameran kedua tahun 2018. Bila pameran komputer pertama butuh waktu hampir setengah tahun, maka yang kedua ini hanya butuh kurang dari 2 bulan.

Gambar : Ilustrasi
Artikel terkait : [Review] Semarang Computer Expo 2018 : Perang Komputer GamingSudah Ada Nih! Jadwal Pameran Komputer Bulan Juli di SemarangJadwal Pameran Komputer Bulan November - Desember 2017 : Ters…

Ini Jadwal Rangkaian Acara Festival Kota Lama 2018

Selama 4 hari, kawasan Kota Lama akan dimeriahkan acara #FestivalKotaLama2018. Sebelum menuju ke lokasi acara, sebaiknya ketahui dulu jadwal acaranya seperti gambar yang ada di atas.

Untuk hari pertama, hari kamis, acaranya dibuka dengan perhelatan pasar sentiling. Tidak banyak aktivitas yang dimasukkan di sana. Ini mengingat pembukaan festival Kota Lama-nya dilakukan esok harinya, atau hari kedua (Jumat).

Bila hari pertama dimulai dari sore hari (mulai jam 4), maka hari kedua dimulai dari jam 2 siang dengan beberapa kegiatan. Kamu bisa berpartisipasi di kegiatan pekan film atau mengikuti kegiatan jelajah Kota Lama.


Lihat postingan ini di Instagram

Pekan Film Semarang 2018. @sineroom_ berkolaborasi dengan sejumlah penggiat perfilman menghadirkan kembali puluhan film alternatif bagi para pecinta film di Semarang. Pekan Film Semarang 2018 mengambil tema KOLABORASINEMA karena film hampir mustahil untuk dikerjakan seorang diri, sehingga kolaborasi menjadi salah satu hal esensial dalam film…

Agenda Semarang Agustus 2018

Selamat datang bulan Agustus di kota Semarang. Bulan ini negara kita akan merayakan hari Kemerdekaan yang berusia 73 tahun. Kira-kira ada keramaian apa saja selama Agustus di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

Berikut daftar agenda yang ada di Semarang, yang kami bagi dua:

Agenda Rutin :
[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam). Lihat di sini foto-fotonya.[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.
Agenda Lain :
[1-5 Agustus] - Batik Craft di Paragon Mall Semarang.[9-19 Agustus] - Festival Cheng Ho 2018. Selengkapnya di sini.[9-12 Agustus] - Silkair-BCA Travel Fair 2018 di Paragon Mall.[10-13 Agustus] - Jateng Smesco Expo 2018, Pameran Produk Unggulan Koperasi dan UMKM di Java Mall.[10 Agustus] - Mberock Fest di Hutan Wisata Tinjomoyo mulai jam 2 siang.[14-22 Agustus] - Pameran handphone di Java Mall Semarang.[15-26 Agustus] - Pameran properti Semarang 'Property Expo Semarang 6'…