Melihat Potensi Film Pelajar Jawa Tengah Lewat Festival Film Polines 2016


Festival Film Polines (FFP) merupakan panggung buat sineas muda di Jawa Tengah untuk memamerkan hasil karyanya dalam bentuk film pendek. Tahun ini, merupakan acara ketiga kalinya selama penyelenggaraan dari awal tahun 2014.

Saat beberapa komunitas film di Semarang terus bertumbuh, beberapa tahun belakangan ini, dotsemarang yang punya konten film Indonesia lewat Kofindo, melihat acara FFPolines yang terus konsisten ini sangat perlu diapresiasi.

Lewat ajang yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro Politeknik Negeri Semarang, entah sudah berapa banyak lahir sineas muda dari Jawa Tengah yang perlu mendapat perhatian.

Film Pendek Pelajar Jateng

Di bawah ini ada daftar film yang dibuat peserta yang mengikuti FFP.  Daftar ini diambil dari akun twitter FFP.


Melihat daftar tersebut, tentu ada rasa bangga tersendiri. Apalagi buat mereka, yang nantinya berhasil menjadi juara saat malam puncak yang digelar tanggal 13 Maret 2016. Info lebih lanjut bisa cek akun twitter festfilmpolines.

Dilihat dari judul film diatas, memang tidak mudah ditebak seperti apa gambaran filmnya. Berbeda dengan tulisan di blog yang menuntut isi sebuah tulisan dapat dilihat dari judulnya.

Selain menjadi panggung buat sineas muda dari kalangan pelajar, komunitas film yang ada di Jawa Tengah diharapkan memanfaatkan ajang ini untuk bersilaturahmi dan melihat bibit-bibit unggul yang dapat dibina dan berkolaborasi dengan mereka.

Siapa tahu, kehadiran komunitas yang dekat dengan berbagai kegiatan film seperti lomba, screening atau pemutaran film dapat memberi efek positif buat sineas muda tersebut.

Bagaimana peran pemerintah? Saya pikir, menunjukkan prestasi terlebih dahulu adalah jawaban atas kegundahan sineas selama ini. Karna setelah berprestasi, pemerintah setempat mungkin baru mau melirik.

...

Keberhasilan film Siti menjadi juara Festival Film Indonesia lalu diapresiasi mendapatkan tempat pemutaran di jaringan 21 seharusnya menjadi pelecut buat sineas muda, bahwa mereka juga bisa.

Dari ajang seperti ini, kita bisa melihat potensi perfilman Jawa Tengah tahun 2016 ini. Mari kita tunggu siapa juara dalam ajang Festival Film Polines 2016 ini?

Gambar ilustrasi : smapgri2kayen.sch.id
Info acara : twitter festfilmpolines

Artikel lain berita film :

...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?