[Review] Kereta Ambarawa Ekspres : Semarang - Surabaya dan Sebaliknya


Ingin ke Surabaya atau sebaliknya mau ke Semarang dari Surabaya? Coba kereta Ambarawa Ekspres, harga tiketnya lumayan ramah di kantong. 

dotsemarang sedang beruntung bisa mencoba secara langsung kereta api Ambarawa Ekspres yang diluncurkan pertama kali awal bulan oktober 2016 kemarin.

Ambarawa Ekspres termasuk jenis kereta api berkelas ekonomi AC dengan kapasitas tempat duduk tiap gerbongnya 80 kursi 2-2 saling berhadapan. 

Jarak tempuh Semarang ke Surabaya bila melihat jadwal resminya sekitar 4 jam, namun bisa sampai 5 jam, tergantung berapa kali berhenti di beberapa stasiun yang dilewati.

Harga tiket kereta Ambarawa Ekspres ada yang 50 ribu dan 80 ribu, Semarang - Surabaya. Perbedaannya hanya pada jam-jamnya saja.

Kesan pertama

Lama sudah tidak naik kereta Api tentu memberi kesan menyenangkan. Jadi ingat dulu saat pertama naik kereta api, awal dotsemarang berdiri yang harus ke Jakarta untuk melegalkan komunitas ke kantor detik, menuju Jakarta. Waktu itu masih ramai penonton berdesak-desakan, sekarang tidak.



Anda tinggal mencari gerbong mana yang Anda harus tempati, dan tempat duduk layaknya memilih kursi saat Anda berpergian dengan naik pesawat.

Jangan berharap ada pedagan masuk atau penumpang gelap berada di sekitar. Ruangan yang adem dan fasilitas colokan yang ditempatkan di depan Anda, membuat perjalanan lebih nyaman dinikmati.

Tips saya, update beberapa musik favorit Anda sebelum perjalanan. Atau unduh offline beberapa video, bisa lewat Youtube atau situs lainnya, yang nantinya menemani perjalanan Anda. Tenang, baterai Anda sangat awet tentunya.

Bagaimana bila saya lapar atau haus karena lupa membawa sebelum naik kereta api? Tenang saja, beberapa petugas akan beberapa kali hilir mudik yang menawarkan makanan dan minuman.

Jangan lupa bawa identitas diri

Saya berangkat dari stasiun Poncol Semarang pukul 7 pagi, sesuai jadwal. Untuk masuk menuju kereta, Anda jangan lupa membawa identitas diri. Beberapa pemeriksaan cukup ketat rupanya.


Stasiun Poncol Semarang

Belum lagi setelah kereta api jalan, ada petugas lagi yang memeriksa. Setelah itu, Anda bisa santai menikmati perjalanan.

Untuk keberangkatan dari Surabaya, saya memulainya dari stasiun Pasar Turi. Stasiun yang sudah sebelumnya sudah saya turuni setelah perjalanan dari Semarang.

Bila dari Semarang, Anda harus berangkat pagi-pagi, maka dari Surabaya menuju Semarang, Anda bisa lebih santai. Kereta api Ambarawa Ekspres berangkat agak siang, yaitu jam 1 siang.

...

Untuk pesan tiket kereta api bisa dilakukan lewat pemesanan online situs tiket.kereta-api.co.id, minimarket seperti Indomaret maupun Alfamart, loket stasiun dan lainnya.

Selain melayani perjalanan Anda menuju Semarang ke Surabaya dan sebaliknya, KA Ambara Ekspres juga melayani perjalanan ke beberapa kota seperti Cepu, Bojonegoro, Lamongan, dan lainnya.

Senang rasanya bisa kembali dengan selamat dan tentu perasaan bahagia yang sudah lama tidak naik kereta api. Bagaimana dengan Anda, ada rencana melakukan perjalanan akhir pekan esok?

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

  1. Murah banget kalau cuma 80rb. Harus sabar 5 jam perjalanan ya kalau naik ekonomi, tiap stasiun berhenti 😁

    ReplyDelete
  2. mas ambarawa ekspress ini emang saling berhadapan semua seatnya atau ada yang engga y? soalnya saya liat di video youtube cuma beberapa seat aja yg berhadapan. mohon infonya ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, untuk lainnya saya tidak banyak melihat lebih jelas. Maaf nggak bisa kasih info soal tersebut

      Delete
    2. Berhadapan cuman bangku nome 11 dn 12 aja...

      Delete
  3. AC nya terlalu dingiiiiin....

    ReplyDelete
  4. Mas kalo yg searah sama jalan nya kereta dari Semarang ke Surabaya itu tempat duduk nomor brapa ya mas?

    ReplyDelete
  5. Kalo gerbong 3 ambarawa express, no.1-9 searah ke surabaya, kalo pulang dari surabaya mungkin sebaliknya, saya ngikuti tips dari blog th 2018 malah jafi terbalik, jalannya malah mundur semua, mungkin sudah ada rotasi, yg pasti berlaku saat saya naik tgl.27 juni 2022.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari ini pulang ke semarang dari Surabaya di gerbong 3 juga, kembali mundur karena pilih no.6a, untuk arah dari surabaya ke semarang kalo mau searah pilih no. 13, 14 ke atas berlaku saat saya pulang tanggal 29 Juni 2022, btw perjalanan pulang malah jauh lebih ramai dibanding perjalanan pergi saya mungkin karena saya ambil kereta api yang siang kali yah. semoga dapat membantu.

      Delete
  6. Ambawarawa tutup perusahaan ae gausah mlaku garakno mangkel ae php tokk!! Diundur trus ae gatel

    ReplyDelete
  7. Dengerin musik dalam kereta emang bikin nyaman banget sih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?