Melihat Geliat Startup Semarang Akhir-akhir Ini


Akhir-akhir ini acara yang berhubungan dengan Startup Semarang semakin ramai. Apakah ini pertanda bahwa geliat Startup digital kota Semarang sedang menuju jalan yang seharusnya dilakukan?

Saya tertarik dengan judul website tentangsmg.com yang menuliskan 'Semarang Bergeliat Ciptakan Ekosistem Startup Digital'. Dalam postingannya berikut ini  

Potensi kota Semarang untuk menjadi salah satu pusat startup digital di Indonesia semakin terbuka lebar. Saat ini Semarang terus berbenah untuk mengembangkan ekosistem startup digital mereka. Salah satunya melalui keterlibatan pemerintah dalam mendorong program digitalisasi dengan menghadirkan akses wifi gratis di berbagai area publik.

Gerakan 1.000 Startup Digital Nasional 

Mungkin yang belum mengetahui tentang gerakan ini, saya akan sedikit menjelaskannya di sini dari situs resminya. Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mencetak 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

Gerakan ini sudah berjalan di beberapa kota namun baru tahap Ignition. Ada 10 kota di Indonesia yang akan disambangi seperti Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, Malang, Medan, Bali, Makassar, Semarang, dan Pontianak.

Gerakan yang didukung yang diinisiasi oleh KIBAR ini didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Ini artinya pemerintah sangat mendukung gerakan ini.

Bagaimana dengan Semarang?

Setelah acara Creativepreneur Fest 2016 yang dibuat oleh Kadin Jateng, ternyata ada acara lagi yang dilaksanakan di Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Tengah (12/11). Sepertinya sangat menarik, sayang dotsemarang tidak datang.

Kabar terbaru dari acara ini, kota Semarang sendiri sudah ada sekitar 600 pendaftar secara online dan setelah itu di seleksi kembali menjadi 200 peserta saja ketika menuju tahap ignition gerakan 1000 Startup.

Dari geliat Startup ini juga saya baru ngeh tentang Gatot Hendrarputra yang saya tahu aktif di komunitas dan musik bertransformasi sebagai orang yang sering membicarakan Startup belakangan ini. Ternyata, jabatannya sebagai  Leader of Impala Space, salah satu Coworking yang ada di Kota Lama, membuatnya aktif dalam dunia startup digital kota Semarang.

...

Dari banyaknya acara yang berhubungan dengan startup akhir-akhir ini, dukungan kepada masyarakat untuk membangun startup sangat besar. Apalagi pemerintah ikut terlibat, yang artinya sangat positif.

Untuk menciptakan banyak startup memang tidak mudah, namun dengan mengupayakan membangun ekosistem yang saling terhubung, kita bukan hanya mendapatkan banyak startup tapi pendukung lainnya yang membuat Semarang lebih baik.

Dotsemarang sendiri baru punya beberapa konten tentang Startup Semarang, lihat di bagian bawah nanti. Dengan geliat perkembangan ini, tentu bakalan lebih menarik lagi bagaimana langkah Semarang untuk mengembangkan Startup, baik dari sisi pemerintah maupun perusahaan atau lainnya.

Semoga saja, dotsemarang bisa terlibat untuk memberikan update seputar startup digital di kota Semarang. Karena tidak mudah juga untuk terlibat dalam sebuah acara yang terkadang terlewati begitu saja. 

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?