Favorit
Menengok Monumen Lokomotif D30165 Buatan Jerman Tahun 1962 di Stasiun Poncol Semarang
- Get link
- X
- Other Apps
Kami baru sadar jika artikel di Stastiun Poncol Semarang tidak ada sama sekali di blog dotsemarang. Padahal rasanya kami pernah posting tapi setelah dicari-cari beneran tidak ada sama sekali. Apakah ini perdana? Jangan mengetawai kami.
Tentu, ini memalukan sekali karena ini sudah tahun 2024. Kemana saja selama ini yang ngakunya paling sering lewat Kota Lama saat bersepeda pagi hari.
Terinpirasi dari Threads
Akhirnya kami berkunjung juga bulan Oktober kemarin (20/10/24) ke Stasiun Poncol gara-gara terinspirasi postingan pengguna Threads yang membagikan monumen kereta api lawas di sana.
Yang kami ingat, kereta api seperti itu adanya di depan Stasiun Tawang yang letaknya ada di dekat Polder. Kami kaget dong, apakah dipindahkan atau hanya sama saja demi keindahan agar pengunjung di Poncol punya spot foto?
Lokomotif D30165
Saat kami cek kembali monumen lokomotif yang ada di Stasiun Tawang ternyata hanya berbeda angka saja, yaitu D 30159. Wah, sudah 5 tahun rupanya kami posting di YouTube.
Nah, sedangkan lokomotif yang ada di Stasiun Tawang nomornya D30165. Lokomotifnya diletakkan di area dekat parkir roda 4 dan tepat di depan pintu masuk bangunan Poncol. Jadi pengendara dari arah luar stasiun bisa tetap melihatnya.
Saat kami cari tahu informasinya tentang Lokomotif D30165, kami diarahkan ke halaman irps.or.id. Yaiu website yang headernya menuliskan kepanjangan apa itu IRPS dengan kalimat Indonesian Railway Preservation Society atau lebih maksudnya tempat para pecinta kereta api Indonesia.
Di halamannya tersebut yang diposting bulan Juni 2024, IRPS dari Semarang diundang dari KAI Daop 4 Semarang menghadiri peresmian monumen Lokomotif D3015 di Stasiun Poncol pada tanggal 16 Juni 2024.
Wew, keren sekali. Apalagi yang hadir juga ada Direktur Utama KAI dan EVP Daop 4 Semarang. Sayang sekali kami tidak tahu ada acara beginian, tapi ngapain juga semisal ingin ngundang bloger seperti dotsemarang.
Lokomotif D30165 dipilih sebagai monumen di Poncol karena lokomotif ini pernah berjasa dalam masa operasionalnya di Daop 4 Semarang. Dan jawaban atas keraguan kami juga terjawab tentang lokomotif yang sama di Stasiun Tawang bahwa itu masih satu ras dari Lokomotif D301.
Jika ditelusuri lebih lanjut, dalam laman wikipedia dijelaskan bahwa Lokomotif D301 merupakan lokomotif diesel hidraulik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman.
Lokomotif ini mulai dinas sejak 1962 dan merupakan adik dari lokomotif D300 yang memiliki model yang sama dan diproduksi di pabrik yang sama juga. Inisial D pada lokomotif memiliki arti, yaitu lokomotif yang memiliki 4 gandar penggerak yang saling terhubung dalam satu bogie.
Bogie adalah sasis atau kerangka yang membuat set roda dengan gandar. Biasanya terdiri 2 perangkat roda atau lebih yang digabungkan oleh rangka yang dilengkapi dengan sistem pemegasan, pengereman, dengan atau tanpa peralatan penggerak dan anti selip. Panjang bener kami sampai kami jelaskan juga.
📝 Sayang sekali foto-foto yang kami ambil sedikit terhalang sama alat yang kami gunakan pada kamera smartphone yang kami pasang. Alat yang berguna untuk memperluas, eh ternyata kamera hape dan alatnya tidak sinkron.
...
Jadi, sekarang kami sudah tahu hadirnya monumen lokomotif yang ada di Stasiun Poncol di sana tentang sejarah dan nomor serinya. Tentu, tujuan lainnya untuk mempercantik Stasiun Poncol baik dari sisi estetika maupun branding stasiun itu sendiri.
Apakah kamu juga sudah melihatnya?
Artikel terkait :
- [Review] Kereta Ambarawa Ekspres : Semarang - Surabaya dan Sebaliknya
- Ini Harga Tarif Parkir Inap di Stasiun Tawang Tahun 2018?
- Tips Tempat Duduk Naik Kereta Api Ambarawa Ekspres
- Video : Pramugari Kerta Api Disebut Apa?
- Get link
- X
- Other Apps
Comments
Post a Comment