Perluas Jangkauan Produk Digital, XL Axiata Kerja Sama Dengan Grab dan Tokopedia

XL Axiata belum berhenti bergerak (investasi dan inovasi) meski sebelumnya telah mengumumkan kehadiran layanan 5G dan kerja sama dengan perusahaan pengembang dan pengelola kota industri, PT Suryacipta Swadaya. Kali ini yang digandeng adalah Grab dan Tokopedia.

Jumat menjelang siang (20/8), lewat virtual press conference kami ikut jadi saksi kerja sama antara XL Axiata, Grab dan Tokopedia lewat Zoom. 

Dari acara ini kami juga baru mengetahui istilah master aggregator hingga modern channel. Jika aggregator sedikit paham, maka tentang modern channel ini seperti sebuah bank, ATM, mobile banking. Intinya semua ada dalam satu tempat (aplikasi).

Jadi, jangan heran kita akan menemukan produk XL Axiata ada di Grab maupun Tokopedia, tentu lebih menarik dan eksklusif.

Mempertegas keberadaan

Sambil menunggu rilis yang dibagikan secara resmi, kami melihat kerja sama ini menarik. Kita tahu, platform seperti Grab maupun Tokopedia atau lainnya sudah menaruh berbagai banyak layanan dalam aplikasi mereka. Seperti pulsa, paket data dan sebagainya.

Dengan kerja sama ini, XL Axiata tidak sekedar hanya sebagai bagian dari platform aplikasi digital kedua nama tersebut. Kami pikir ini lebih mempertegas keberadaan mereka. Baik secara resmi hingga integrasi yang lebih luas dan ekslusif.

Perluas jangkauan

Kerja sama yang dibangun dengan niat baik ini menghadirkan beberapa  wajah dari biasanya, seperti 

  • Direktur & Chief Commercial Officer-Consumer XL Axiata, David Arcelus Oses.
  • Vice Charimaan & Co founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison.
  • Director of Parthership & Business Development Grab, Kertapradana Subagus.

Kerja sama ini juga menjawab tantangan yang dihadapi selama pandemi karena perubahan terjadi pada kebiasaan masyarakat atau konsumen. Lebih digital itu berarti lebih aman.

Ada 3 alasan yang dipaparkan XL Axiata untuk memilih Tokopedia dan Grab

  1. Teknologi modern dengan didukung oleh kemampuan profesional.
  2. Ekosistem lengkap dengan aspirasi tinggi untuk tumbuh dan berkembang
  3. Operasional yang banyak didukung oleh kemampuan finansial yang kuat.

Dampak dari kerja sama ini, terutama dari Tokopedia untuk XL Axiata adalah

  • Tokopedia punya lebih dari 11 juta penjual, baik yang memulai dan mengembangkan usaha bersama.
  • Penjual hampir 100% UMKM
  • 94% penjual berskala ultra mikro
  • Lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan
  • 550 juta lebih produk terdaftar dengan harga transparan
  • 99% kecamatan telah terjangkau

Sedang Grab, kurang lebih sama dengna Tokopedia. Hanya saja, kerja sama ini juga membawa arah lebih sisi bisnis atau yang disebut Grab for business yang menyediakan berbagai macam produk dan layanan digital untuk perusahaan.

Dengan menggandeng dua perusahaan besar ini, XL Axiata tentu memiliki pangsa pasar yang lebih luas lagi, terutama ekosistem. Jauh lebih luas, jauh lebih banyak kepada konsumen.

Dan tentu saja, manfaat juga didapatkan konsumen atau pelanggan yang lebih mudah mendapatkan produk XL Axiata di semua mitra dan ekosistem keduanya. 

..

Menarik melihat akselarsi digital di Indonesia dari Grab dan XL Axiata yang berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem digital di Indonesia.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?