Dianggap Berpotensi, Semarang Dipilih Sebagai Salah Satu Kota Roadshow Kompetisi Kewirausahaan DSC|X 2019


Ada 9 kota yang dipilih dalam perhelatan kompetisi Diplomat Success Challenge ke-10 tahun 2019 / (DSC|X). Salah satunya Kota Semarang yang menempatkan Impala Space sebagai lokasi acara berlangsung pada kamis malam (20/6).

Jarang-jarang melihat para wirausahawan muda berkumpul di Semarang. Bahkan tempat yang digunakan penuh sesak. Tapi itu tidak menghalangi mereka duduk manis mengikuti acara. Selain mendengarkan pembicara, juga menyusun rencana dari sosialisasi kompetisi.

Maklum, tidak hanya mendapatkan hibah sebesar 2 milyar rupiah bila proposal wirausaha mereka lolos, tapi juga mendapatkan pendampingan oleh mentor-mentor yang punya pengalaman wirausaha dan sukses dibidang masing-masing selama masa inkubasi nantinya.

Acara yang sayang dilewatkan

Dalam rilis yang kami terima, ajang kompetisi yang digagas Wismilak sejauh ini meraih antusias tinggi kepesertaan dari para wirausahawan muda nasional sejak dibuka pendaftaran secara daring (online) pada 15 Mei lalu dihelat di Impala Space.

Para pembicara yang berjaket kuning di tengah

Nama Impala Space mungkin bagi kamu sebagian masih asing, tapi di Semarang, Impala bukan sekedar Coworking Space. Namun dikenal menjadi tempat berkembangnya industri kreatif dan ekosistem startup di Kota Semarang.

Roadshow kompetisi DSC|X ini dilakukan dari tanggal 21 mei sampai 23 Juli 2019 di sembilang Kota di Indonesia. Selain Semarang, ada Surabaya, Malang, Yogyakarta, Bandung (25/6), Medan (4/7), Makassar (9/7), Bali (16/7) dan Jakarta (23/7).

Sangat sayang dilewatkan bila kamu adalah seorang wirausahawan muda, mengingat selama acara, para peserta akan mendapatkan pengetahuan mengenai wawasan kewirausahawan dan informasi terkait dengan mekanisme submisi proposal DSC|X.

Edric Chandra, Marketing Community & Event Manager Wismilak

Pembicara pertama datang dari penggagas acara, mas Edric. Menurut beliau, “Semarang adalah salah satu kota bisnis yang punya potensi besar lahirnya wirausahawan-wirausahawan muda.

DSC|X menjadi ajang paling strategis, memadai dan menjanjikan bagi mereka yang terhitung pemula dalam dunia usaha. Di dalam roadshow, para peserta akan mendapatkan pengetahuan mengenai wawasan kewirausahaan dan informasi terkait dengan mekanisme submisi proposal DSC|X.”

Yoga Muda, penggagas Loffle Pop Up Dessert Semarang

Menurut Yoga Muda, DSCX 2019 ini event yang sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Ada 3 alasan kenapa kaum muda harus ikut event ini: Bertemu orang-orang baru yang punya energi positif untuk menjadi besar sekaligus akan jadi network bagus, Kesempatan untuk belajar dari mentor-mentor yang ahli di bidangnya, dan terakhir tentu saja kesempatan untuk mendapatkan hibah modal kerja sampai 2 Milyar. Every big thing has small beginning. Jangan ragu untuk mulai dari hal kecil.

Yoga sendiri didapuk sebagai local hero untuk Semarang. Usahanya yang diirintis pada 2015, berupa stand tajil dipinggir jalan Tirto Agung saat bulan Ramadan, usahanya ini lalu berkembang menjadi 2 cabang saat ini di Semarang.

Sejak tahun 2017 Loffle menjadi TOP #3 Best dessert restaurant di Semarang versi TripAdvisor, situs forum review untuk Hotel, Restaurant, dan Tempat wisata terbesar di dunia.

Muhammad Aga, Co-Founder Coffee S.M.I.T.H. Roaster & IBC Champion 2018

Didapuk sebagai Mentor Nasional DSC|X 2019,  Muhammad Aga mengatakan bahwa ajang DSC|X 2019 begitu penting dan bernilai tinggi untuk diikuti oleh para wirausahawa muda Indonesia.

Ajang istimewa ini memberikan modal yang besar untuk membantu membiayai bisnisnya sampai tahap awal. Untuk itu peluang ini harus ditangkap oleh pengusaha muda yang berbisnis apapun.

Karena program DSC|X ada di beberapa kota maka hal ini bagus untuk menangkap keberagaman bisnis terutama yang mengusung local content atau berdasarkan sumberdaya yang terdekat.

Dirinya yakin Semarang adalah sebuah kota istimewa yang siap memunculkan wirausahawan muda nan tangguh dan mumpuni lewat DSC|X 2019.

Andi Saptari dari Coworking Indonesia

Dalam ajang kompetisi kali ini, Wismilak Foundation menggandeng Coworking Indonesia. Bagi kami beliau tidak asing, mengingat Coworking Indonesia pernah roadshow juga di Semarang.

Hadirnya Coworking Indonesia, ini berarti acara dibeberapa kota akan dilakukan hal yang seperti di Semarang. Catat nama coworking space ini yang nanti digunakan untuk acara, yaitu Satu Atap, Ngalup.co, Dagadu Djokdja, CO&CO, Impala Space, CoHive at Clapham, dan Kembali Innovation Hub.

...

Kami harap antusias besar di Semarang juga terjadi dibeberapa kota. Selain itu, ada tiga perguruan tinggi di tiap kota yang turut berpartisipasi pada rangkaian kegiatan di atas, antara lain Institut Teknologi 10 Nopember, Universitas Mahardika, Universitas Ciputra, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Gajahmada, Universitas Negeri Yogyakarta, dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?