Storify, Layanan Berbasis Web Pengumpul Konten Media Sosial


Sebagai bloger, menghasilkan konten orisinil merupakan kewajiban. Namun seiring waktu, tuntutan membuat konten tidak lagi harus datang dari si bloger. Tapi lebih bagaimana cara mengelola konten yang tersebar lalu merajutnya menjadi informasi yang lebih segar, lengkap dan lebih menarik. Kami punya jawaban atas berikut ini.

Yang sudah mengenal Storify mungkin sudah tak asing dengan layanan berbasis website ini. Kami sendiri pun sudah lama menggunakannya, hanya saja baru sempat sekarang menuliskannya. Kami sadar sekarang ini orang-orang yang hidup di era media sosial adalah orang-orang yang aktif berbagi konten. 

Entah apakah mereka menyadari atau tidak, informasi yang mereka bagi benar-benar menarik perhatian seperti kami. Tentu dengan filter atau batasan tertentu, yang juga menyesuaikan dengan media kami, dotsemarang.

Storify hadir untuk merajut informasi yang berharga tersebut yang tersebar dimana-mana, baik lewat Facebook, Twitter, Instagram maupun lainnya. Semua media sosial yang ada sekarang sudah menjadi alat yang siap pakai yang disediakan oleh Storify. Kita hanya disuruh memanfaatkannya saja.

Mengenal Storify 

Buat yang baru tahu, selamat kamu mengenalnya sekarang lewat tulisan kami di sini. Seperti kami ceritakan diawal, Storify merupakan layanan berbasis web yang digunakan untuk mengumpulkan konten yang tersebar di media sosial. Tidak hanya media sosial, beberapa layanan seperti gif, flickr, getty images, google, soundcloud, Tumblr, RSS, Google+, Disqus, dan Stocktwits juga tersedia di sana.

Hingga saat ini kami menggunakan layanan mereka, kami memanfaatkan versi gratisnya. Ya, Storify gratis. Bila ingin profesional, layanan versi berbayarnya juga ada. Terserah mau pilih yang mana.

Cara menggunakan Storify 

Kamu hanya perlu mengunjungi layanan ini di alamat.. Karena kamu masih baru, silahkan buat akun dulu. Tidak sulit, kamu hanya perlu mengikuti instruksinya saja. Namun bila belum berminat, berikut kami jelaskan via gambar bagaimana cara kerja Storify 


Setelah mendaftar, kamu akan diberikan tampilan layaknya halaman media sosial yang kamu gunakan, Twitter. Halaman di atas adalah contoh dari halaman dotsemarang.
Karna baru, tentu punya kamu masih kosong. Tapi kalau sudah ada, maka tampilannya seperti halaman kami di atas. Setelah itu, mari kita klik NEW STORY untuk memulainya.
Setelah klik, maka tampilannya seperti di atas. Kamu bisa menggunakan berbagai layanan media sosial yang tersedia. Semisal Twitter, kamu bisa masukkan nama pengguna atau hashtag. Lalu drag atau tarik ke halaman sebelah kiri. Jangan lupa beri judul, setelah dirasa cukup, klik publish.
Ini adalah contoh hasil dari publish yang kami buat. Menariknya dari aplikasi ini adalah kamu bisa melihatnya di bawah ini.
Pilih dulu template yang kamu akan gunakan. Ini nantinya bisa kamu embed untuk ditaruh di blog atau website yang kamu punyai.
Ada dua pilihan embed di atas. Kalau kamu pilih mini, maka hasilnya akan dibagi-bagi semisal konten yang kamu buat sangat panjang. Dan sebaliknya, kalau ngambil yang full, maka hasilnya juga panjang yang ada di blog.
Selesai kamu embed dan taruh di blog, silahkan kembali ke halaman profil. Dari kotak merah yang kami buat, kamu bisa melihat jumlah orang yang melihat.

Kelebihan Storify 

Untuk bloger, ini sangat bagus terutama saat live event atau live tweet. Kadang rasa malas datang tak terduga yang membuat niat awalnya ingin menulis buyar seketika. Dengan aplikasi ini, kamu yang malas tinggal mengumpulkan kicauan yang kamu tweet sebelumnya datang ke sebuah acara. 

Dibanding membuat twitter Momen, Storify juga lebih baik semisal untuk tweet panjang. Ini karna Moment saat diembed kadang menampilkan semacam galeri yang tidak berurutan. Di Storify bisa, dan bahkan bisa dibuat slideshow.

Untuk melengkapi tulisan, aplikasi web ini juga sangat berguna. Semisal kamu ingin mencari konten yang sama saat datang ke acara, kamu bisa menambahkan konten dari pengguna lain. Kelebihan Storify masih banyak tentunya.

...

Selain berguna buat bloger atau pembuat konten, bagi pekerja dibidang media sosial semacam admin, ini juga bermanfaat. Kami melihat banyak akun pemerintah sudah menggunakan media sosial, dan ini bisa dimanfaatkan.

Tertarik, langsung kunjungi halamannya saja di storify.com atau lihat punya dotsemarang di sini.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?