Langsung ke konten utama

Review Film Guru Bangsa Tjokroaminoto


Menyaksikan cerita sejarah bangsa Indonesia yang dibuat film selalu menyenangkan. Ingat waktu kecil masih duduk dibangku Sekolah dulu, kita hanya bisa menerka-nerka dari buku yang kita baca. Film ini sangat wajib ditonton karena kita dibawa ke jaman seorang tokoh besar dijamannya.


Film Guru Bangsa Tjokroaminoto resmi tayang diseluruh bioskop tanah air tanggal 9 April 2015. Berbarengan dengan film Filosipi Kopi dan Tuyul. Tiga film yang meyakinkan penonton Indonesia khususnya di Semarang bahwa bulan ini banyak cerita berkualitas yang mereka dapatkan dari film Indonesia.


Kemasan bercitarasa


Layaknya sebuah bungkus permen cokelat yang menarik dan membuat kita ingin segera membukanya, begitulah yang diberikan dari film sutradara Garin Nugroho ini.


Pertama kali mendengar bahwa kisah Tjoko akan di filmkan, ada rasa penasaran mendalam tentang kisah ini yang dibawa kedalam film. Seperti apa gerangan?


Sampai penantian tiba, film yang dibintangi banyak pemain papan atas ini seperti Reza Rahadian dan disandingkan dengan pemain senior dan muda sudah ada di depan mata saya. Dari awal film ini dimulai, kita akan diperlihatkan gambar-gambar menarik yang berhubungan dengan sejarah di masanya.



Maia Estianty Main Piano


Warna hitam putih untuk menjelaskan bahwa film ini diangkat dari jaman dulu. Perpaduan cerita dan musikalitas yang sangat jarang saya temui selama saya menonton film sejarah. Serta, sosok pemain yang mampu berbicara seakan menyedot saya masuk kedalam.


Alur cerita


Dengan durasi lebih dari 2 jam ini, saya dan penonton lain seolah sudah menebak bahwa film ini bercerita dimasanya. Namun menariknya, alurnya malah dimaju mundurkan.


Cerita awal, penonton langsung disuguhi konflik antara Tjokroaminoto dan beberapa orang. Lalu, mundur kebeberapa tahun dari bagaimana Tjokro muda hingga dewasa. Dan dikembalikan ke cerita awal dan terus berlanjut hingga film ini usai.


Banyak tokoh-tokoh diceritakan dan bahkan dihadirkan disini. Seperti Pangeran Diponegoro (hanya disebut) hingga Presiden Soekarno masih mudanya yang tinggal dirumah Tjokrominoto. Bahkan saya berharap, alur ini tidak putus dan kembali bercerita lewat film selanjutnya.


Pemanis yang sungguh manis


Bila film sejarah bercerita hanya satu bagian, maka saya menangkap film ini benar-benar beragam. Apakah ini sebagai pendukung cerita atau memang nyata.


Saya sudah terbawa suasana kedalam film, dari sana saya menemukan banyak yang manis-manis. Cerita yang tidak membuat bosan dan segera ingin keluar karena kapan berakhirnya film ini. Saya sudah gregetan dengan apa yang terjadi.


Sisi budaya lumayan ditampilkan dan sungguh banyak. Termasuk kuliner yang mungkin sekarang mulai jarang ditemukan kecuali didapatkan saat ke pasar tradisional.


Bangsa pribumi juga harus dihadapkan dengan bangsa lain selain Belanda yang begitu diagungkan dimasannya. Ada bangsa Tionghoa yang juga menjadi bagian sejarah Surabaya.


Benang merah


Pada akhirnya, cerita ini punya dasar yang jelas yang akan terbawa dari awal hingga akhir. Hijrah, adalah sesuatu yang dipegang teguh oleh Tjokroaminoto untuk menuntunnya hingga dikenal dalam buku sejarah bangsa Indonesia.


Keteguhannya banyak melahirkan berbagai cerita seperti organisasi Syarikat Islam atau SI yang pada jamannya benar-benar dihormati. Kecantikan alam Indonesia hingga kereta api dimasanya juga menjadi cerita yang tetap dibawa.


Hingga pada akhirnya, seperti sudah menebak apa yang terjadi, saya dan penonton harus segera pergi. Inilah kisahnya yang sangat berarti bahwa beliau benar-benar menjadi manusia yang luar biasa pada jamannya. Sebelum negara ini dikenal sebagai bangsa Indonesia seperti sekarang.


...


Mungkin akan sangat susah untuk menjabarkan semua apa yang saya tulis disini. Intinya, film ini tak kalah menarik dari film Filosofi kopi yang begitu ngehits.


Selain membawa penonton seperti terlibat langsung, film ini banyak memberi nilai edukasi, kebangsaan dan seni kepemimpinan yang bisa diteladani.


Bila dinilai film ini antara 6-10, saya akan menilainya 9 lebih. Terlepas dari kekurangan dan apapun itu, film ini wajib untuk ditonton karena berhubungan dengan sejarah bangsa ini. Apalagi ada Presiden Soekarno dimasa mudanya sebelum menjadi Presiden.


@asmarie_


...


Informasi Pemasangan Iklan


Hubungi @dotpromosi
Email : dotsemarang [@] gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Jateng Fair 2017

Tahun ini, Jateng Fair 2017 akan digelar mulai tanggal 11 Agustus - 10 September dengan mengusung tema Paradise of Karimunjawa. Gelaran tahunan ini seperti biasa dilaksanakan di kawasan PRPP.

Kepastian tanggal ini sudah dicantumkan dalam spanduk-spanduk yang tersebar di jalan-jalan kota Semarang. Yang menarik dari Jateng Fair 2017 adalah tema yang diusung. Ini artinya pengunjung nanti akan disuguhi nuansa Karimun Jawa.

Bila yang terbiasa datang mengunjungi Jateng Fair, maka konsep acara juga tak beda-beda amat. Seperti panggung hiburan yang bakal dimeriahkan artis-artis. Untuk band yang tampil, kami harap bisa cepat mendapatkan kabar informasi secepatnya.

Lalu, stan-stan yang akan menghiasai. Baik indoor maupun outdoor. Dan tak kalah menarik bagi generasi milenial nanti adalah taman lampion dan wahana permainan. Buat keluarga, destinasi kuliner tentu tak akan terlewatkan.

Mari kita tunggu, seperti apa nuansa dan suasana yang disuguhkan kepada pengunjung besok, saat acara dimulai.

[Upd…

Agenda Semarang Agustus 2017

Selamat datang bulan Agustus. Bulan ini, kita bersiap menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang berusia 72 tahun. Buat kamu yang berkunjung ke Semarang, berikut agenda yang ada di kota kami. 
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.
Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [2 - 6 Agustus] - Batik Kraft Vaganza 2017 di Paragon Mall Semarang.[3 - 7 Agustus] - Pameran Komputer di Java Mall. Info klik di sini.[4 - 6 Agustus] - Pameran Pernikahan Tradisional di Gedung UTC.[4 - 6 Agustus] -  BCA Silkair Travel Fair 2017 di DP Mall[5 - 6 Agustus] - Javape …

Jadwal Pameran Komputer Bulan Agustus 2017 : Sudah Ada

Pameran komputer di Semarang untuk bulan Agustus sudah ada ada infonya berikut ini. Menurut dotsemarang, pameran komputer ini merupakan pameran yang kedua sepanjang tahun 2017. Berikut detail jadwal dan lokasi tempatnya.
Info jadwal pameran yang dotsemarang posting rata-rata didapat dari baliho yang ada di jalan. Jadi untuk pertanyaan detail acara, kami tak bisa memberitahu karna kami bukan panitia atau EO pelaksana acara. dotsemarang hanya berbagi info saja.

Bertajuk Semarang Computer Expo 2017, pameran komputer ini berlangsung bulan Agustus, atau tepatnya tanggal 3-7 Agustus, hanya 5 hari dan dimulai hari Kamis. Lokasinya seperti biasa, Java Super Mall Semarang.
Terkahir kami mencatat tentang jadwal pameran handphone adalah bulan Maret 2017, review singkat pameran yang juga dilaksanakan di Java Mall bisa kamu lihat di sini
Sekali lagi, untuk detail info event kami tidak bisa memberitau lebih lengkap. Kami tidak bekerjasama dengan pihak acara.

Update :Ada Apa Saja di Semarang Compu…

Semarang Thal Cake Gelar Pre-Launching, Ngundang Bloger Hingga Komunitas Semarang

Semarang Thal Cake yang beralamat di jalan Sriwijaya No.4 ini menambah daftar tren oleh-oleh kekinian yang sedang menarik dilakukan para artis saat ini. Menarik kiat strategi yang dilakukan Ruben Onsu sebagai owner untuk memperkenalkan bisnisnya ini di Semarang. Penasaran?
Bertempat di lokasi Semarang Thal Cake, Sabtu pagi (15/7), kami turut hadir di acara Pre-Launching yang turut dihadiri pemiliknya, Ruben Onsu. Selain kami, ada beberapa bloger dan komunitas Semarang juga yang diundang untuk hadir, seperti Gandjel Rel, Kompakers, Hijabers, dan Foodgram. 

Alasan Ruben memilih Semarang sebagai kota pertama
Kami masih ingat pada November 2015, Semarang ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan wisata kuliner unggulan di Indonesia oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam acara  Dialog Gastronomi Nasional dan Peluncuran Destinasi Wisata Kuliner - Indonesia Spice Up The World. Ulasannya bisa kamu lihat di sini.
Semarang dianggap sudah memiliki standar kelayakan: produk dan daya t…

Uber Sudah di Semarang; Masih Layanan Berbasis Car

Layanan transportasi berbasis online ini hadir sejak bulan April 2017 di Semarang. Hingga tulisan ini kami buat, masyarakat hanya dapat menikmati layanan berbasis car atau mobil. Untuk pengguna motor, sepertinya masih belum. Apakah kamu salah satu penggunanya?
Kami sudah merasakan bagaimana memanfaatkan transportasi Uber saat beraktivitas. Bisa dikatakan, harganya paling tinggi di atas layanan sejenisnya, Go Car. Tapi jangan dibandingkan dengan layanan berbasis motor. Pasti sangat jauh.
Bagi yang sudah terbiasa, menggunakan Uber layaknya memiliki mobil pribadi yang tiap kali berangkat selalu berganti-ganti. Sedangkan bagi yang baru mencoba, Uber lebih nyaman digunakan ramai-ramai karena total maksimal penumpang adalah 4 orang. Yang artinya bisa bayar bareng-bareng.
Perbedaan Uber dan kompetitor tidak jauh-jauh amat selain soal harga. Sedangkan untuk aplikasinya sendiri, Uber bisa diunduh di Play Store Android atau iOS. Fiturnya tidak sekaya kompetitor, namun cara penggunaannya tetapl…