Langsung ke konten utama

Melihat Social Media Marketing Event Pasar Branding


Foto by @laila_isnae

Akhir pekan kemarin, tepatnya tanggal 10-11 April 2015, digelar pameran yang bertajuk 'Pasar Branding 2'. Dari tempat yang digunakan, Wisma Perdamaian, acara ini sangat strategis. Yuk intip seperti apa optimalnya penggunaan socmed bagi acara ini.

Timeline begitu meriah akhir pekan ini dengan berbagai acara. Sayang, acara pasar branding yang digelar anak-anak DKV Unnes ini tidak begitu terdengar dari pantauan timeline kami (baca tweetdeck).

Mereka tampak ramai hanya dari akun sendiri, @pasarbranding, dan beberapa orang yang hadir maupun membantu promosi acara yang kedua kalinya digelar tersebut. Beberapa kurang optimalnya menurut kami adalah

Optimal di hashtag

Twitter sangat kurang

Bila mengaitkan dengan branding, tentu saja ini berhubungan dengan penyebaran informasi lewat media sosial semacam twitter. Nyatanya, akun mereka yang memiliki followers 650 ini tidak memanfaatkan hashtag untuk membranding acara mereka.

Padahal, banyak event sekarang memanfaatkan hashtag untuk mengukur optimalnya sebuah acara. Kami menemukan beberapa hashtag yang digunakan seperti #repost dan #pasarbranding2. Sayang itu tidak begitu optimal.
Data hingga tanggal 14 April 2015

Instagram yang powerfull

Kebalikan dengan Instagram, hashtag #pasarbranding2 begitu menarik disini. Tercatat hingga tulisan ini dibuat sudah mencapai 190 penggunaan. Fenomena akun instagram benar-benar menarik tahun 2015 ini. Makanya tidak heran, banyak akun medsos Semarang memanfaatkan situs berbagi foto ini.

Untuk akun instagram sendiri, acara ini juga sudah merambah dengan id pasarbranding. Hanya ada 8 post original dan lainnya kebanyakan repost dari akun lain. 

Apakah Tidak berjalannya media patner medsos?

Ternyata tidak juga. Beberapa akun kota ada disana dengan ciutannya acara ini. Seperti akun wisatasemarang dengan 13 kali 'Users most' dan beberapa lainnya.

...

Pasar Branding adalah acara yang dibuat oleh Jurusan Seni Rupa Desain Komunikasi Visual (DKV) Unnes dengan menampilkan berbagai desain produk hasil karya mahasiswa Jurusan DKV sebagai tugas akhir mata kuliah Desain Periklanan.

Social Media Marketing adalah Kegiatan untuk memasarkan produk atau brand melalui social media. Aktivitas utama cukup beragam seperti memasarkan sebuah produk, brand, pelayanan, event, informan dan lain sebagainya.

Kesimpulan diatas adalah instagram sangat menarik untuk Menciptakan awareness maupun Engagement ketimbang twitter. Instagram lebih unggul ketimbang twitter untuk acara ini. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Jateng Fair 2017

Tahun ini, Jateng Fair 2017 akan digelar mulai tanggal 11 Agustus - 10 September dengan mengusung tema Paradise of Karimunjawa. Gelaran tahunan ini seperti biasa dilaksanakan di kawasan PRPP.

Kepastian tanggal ini sudah dicantumkan dalam spanduk-spanduk yang tersebar di jalan-jalan kota Semarang. Yang menarik dari Jateng Fair 2017 adalah tema yang diusung. Ini artinya pengunjung nanti akan disuguhi nuansa Karimun Jawa.

Bila yang terbiasa datang mengunjungi Jateng Fair, maka konsep acara juga tak beda-beda amat. Seperti panggung hiburan yang bakal dimeriahkan artis-artis. Untuk band yang tampil, kami harap bisa cepat mendapatkan kabar informasi secepatnya.

Lalu, stan-stan yang akan menghiasai. Baik indoor maupun outdoor. Dan tak kalah menarik bagi generasi milenial nanti adalah taman lampion dan wahana permainan. Buat keluarga, destinasi kuliner tentu tak akan terlewatkan.

Mari kita tunggu, seperti apa nuansa dan suasana yang disuguhkan kepada pengunjung besok, saat acara dimulai.

[Upd…

Agenda Semarang Agustus 2017

Selamat datang bulan Agustus. Bulan ini, kita bersiap menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang berusia 72 tahun. Buat kamu yang berkunjung ke Semarang, berikut agenda yang ada di kota kami. 
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.
Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [2 - 6 Agustus] - Batik Kraft Vaganza 2017 di Paragon Mall Semarang.[3 - 7 Agustus] - Pameran Komputer di Java Mall. Info klik di sini.[4 - 6 Agustus] - Pameran Pernikahan Tradisional di Gedung UTC.[4 - 6 Agustus] -  BCA Silkair Travel Fair 2017 di DP Mall[5 - 6 Agustus] - Javape …

Jadwal Pameran Komputer Bulan Agustus 2017 : Sudah Ada

Pameran komputer di Semarang untuk bulan Agustus sudah ada ada infonya berikut ini. Menurut dotsemarang, pameran komputer ini merupakan pameran yang kedua sepanjang tahun 2017. Berikut detail jadwal dan lokasi tempatnya.
Info jadwal pameran yang dotsemarang posting rata-rata didapat dari baliho yang ada di jalan. Jadi untuk pertanyaan detail acara, kami tak bisa memberitahu karna kami bukan panitia atau EO pelaksana acara. dotsemarang hanya berbagi info saja.

Bertajuk Semarang Computer Expo 2017, pameran komputer ini berlangsung bulan Agustus, atau tepatnya tanggal 3-7 Agustus, hanya 5 hari dan dimulai hari Kamis. Lokasinya seperti biasa, Java Super Mall Semarang.
Terkahir kami mencatat tentang jadwal pameran handphone adalah bulan Maret 2017, review singkat pameran yang juga dilaksanakan di Java Mall bisa kamu lihat di sini
Sekali lagi, untuk detail info event kami tidak bisa memberitau lebih lengkap. Kami tidak bekerjasama dengan pihak acara.

Update :Ada Apa Saja di Semarang Compu…

Semarang Thal Cake Gelar Pre-Launching, Ngundang Bloger Hingga Komunitas Semarang

Semarang Thal Cake yang beralamat di jalan Sriwijaya No.4 ini menambah daftar tren oleh-oleh kekinian yang sedang menarik dilakukan para artis saat ini. Menarik kiat strategi yang dilakukan Ruben Onsu sebagai owner untuk memperkenalkan bisnisnya ini di Semarang. Penasaran?
Bertempat di lokasi Semarang Thal Cake, Sabtu pagi (15/7), kami turut hadir di acara Pre-Launching yang turut dihadiri pemiliknya, Ruben Onsu. Selain kami, ada beberapa bloger dan komunitas Semarang juga yang diundang untuk hadir, seperti Gandjel Rel, Kompakers, Hijabers, dan Foodgram. 

Alasan Ruben memilih Semarang sebagai kota pertama
Kami masih ingat pada November 2015, Semarang ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan wisata kuliner unggulan di Indonesia oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam acara  Dialog Gastronomi Nasional dan Peluncuran Destinasi Wisata Kuliner - Indonesia Spice Up The World. Ulasannya bisa kamu lihat di sini.
Semarang dianggap sudah memiliki standar kelayakan: produk dan daya t…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…