Langsung ke konten utama

Melihat Social Media Marketing Event Pasar Branding


Foto by @laila_isnae

Akhir pekan kemarin, tepatnya tanggal 10-11 April 2015, digelar pameran yang bertajuk 'Pasar Branding 2'. Dari tempat yang digunakan, Wisma Perdamaian, acara ini sangat strategis. Yuk intip seperti apa optimalnya penggunaan socmed bagi acara ini.

Timeline begitu meriah akhir pekan ini dengan berbagai acara. Sayang, acara pasar branding yang digelar anak-anak DKV Unnes ini tidak begitu terdengar dari pantauan timeline kami (baca tweetdeck).

Mereka tampak ramai hanya dari akun sendiri, @pasarbranding, dan beberapa orang yang hadir maupun membantu promosi acara yang kedua kalinya digelar tersebut. Beberapa kurang optimalnya menurut kami adalah

Optimal di hashtag

Twitter sangat kurang

Bila mengaitkan dengan branding, tentu saja ini berhubungan dengan penyebaran informasi lewat media sosial semacam twitter. Nyatanya, akun mereka yang memiliki followers 650 ini tidak memanfaatkan hashtag untuk membranding acara mereka.

Padahal, banyak event sekarang memanfaatkan hashtag untuk mengukur optimalnya sebuah acara. Kami menemukan beberapa hashtag yang digunakan seperti #repost dan #pasarbranding2. Sayang itu tidak begitu optimal.
Data hingga tanggal 14 April 2015

Instagram yang powerfull

Kebalikan dengan Instagram, hashtag #pasarbranding2 begitu menarik disini. Tercatat hingga tulisan ini dibuat sudah mencapai 190 penggunaan. Fenomena akun instagram benar-benar menarik tahun 2015 ini. Makanya tidak heran, banyak akun medsos Semarang memanfaatkan situs berbagi foto ini.

Untuk akun instagram sendiri, acara ini juga sudah merambah dengan id pasarbranding. Hanya ada 8 post original dan lainnya kebanyakan repost dari akun lain. 

Apakah Tidak berjalannya media patner medsos?

Ternyata tidak juga. Beberapa akun kota ada disana dengan ciutannya acara ini. Seperti akun wisatasemarang dengan 13 kali 'Users most' dan beberapa lainnya.

...

Pasar Branding adalah acara yang dibuat oleh Jurusan Seni Rupa Desain Komunikasi Visual (DKV) Unnes dengan menampilkan berbagai desain produk hasil karya mahasiswa Jurusan DKV sebagai tugas akhir mata kuliah Desain Periklanan.

Social Media Marketing adalah Kegiatan untuk memasarkan produk atau brand melalui social media. Aktivitas utama cukup beragam seperti memasarkan sebuah produk, brand, pelayanan, event, informan dan lain sebagainya.

Kesimpulan diatas adalah instagram sangat menarik untuk Menciptakan awareness maupun Engagement ketimbang twitter. Instagram lebih unggul ketimbang twitter untuk acara ini. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Acara Pasar Imlek Semawis 2018 di Semarang

Jadwal acara pasar Imlek Semawis 2018 jatuh pada tanggal 12-14 Februari, hari Senin - Rabu. Kali ini postingan kami lebih ekslusif daripada tahun-tahun sebelumnya. Sebabnya, kami turut hadir di acara konferensi pers yang dilaksanakan Jumat siang (9/2) di Klenteng Tay Kak Sie.

Kami beruntung bisa terlibat di konferensi pers yang diadakan panitia yang mengundang, kebanyakan awak media untuk mendengarkan pemaparan terkait acara nantinya.

Yang menarik lagi setelah konferensi pers, ada acara selamatan yang membuat pengikut kami di Instagram memuji apa yang dilakukan panitia dengan pembacaan doa (agama islam) yang kami bagikan di stories.

Mereka memuji pembacaan doa selamatan di area Klenteng. Bahkan kami disarankan membuat konten seperti ini, mengingat konten yang bertebaran sekarang di media sosial kebanyakan konten yang kurang menarik (membenci).

Tema Pasar Imlek Semawis (PIS) 2018

Tema tahun ini sangat menarik dan menyesuaikan kondisi yang ada sekarang, yaitu zaman now. Maka tak heran p…

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Februari 2018

Tahun baru Imlek di Semarang kali ini dijadikan momen mengadakan pameran handphone awal tahun 2018. Bila dilihat rentang waktu terakhir pameran diadakan, desember, ini berarti ada jeda 1 bulan kosong yang biasanya awal tahun selalu ada pameran. Ingin ganti hape?

Tuan rumah pameran hape di Semarang kali ini jatuh pada Paragon Mall dan Plasa Simpang Lima Semarang. Tidak ada Java Mall yang identik dengan pameran kali ini. Mungkin tempatnya sedang dipakai pameran lainnya.

Gadget Super Sale by Sinar Mas Selluler (SMS)

Pameran handphone di Paragon Mall digelar dari tanggal 14 Februari - 18 Februari 2018. Sepertinya mengambil momen hari Valentine mengawali pameran ini berlangsung.


Harga Asus Zenfone di Pameran Handphone Semarang Februari 2018
Pameran di Paragon sendiri sudah kami lihat. Saat kami kunjungi hari ini (16/2), mereka berbagi tempat dengan acara dari sebuah Bank yang sedang mengadakan roadshow dengan program menariknya.

Selain berkunjung ke stan ASUS, kami juga mengunjungi stan Nok…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Februari 2018

Selamat datang bulan Februari. Bulan yang dianggap sebagian orang bulan penuh cinta ini bertepatan dengan salah satu acara di kota Semarang, Pasar Imlek Semawis. Berikut daftar acara di kota Semarang selama bulan Februari.

Agenda rutin :
[Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan & Pemuda. [Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan.Agenda lainnya :
[1-12 Feb] - Pameran Otomotif Plasa 2018 di atrium Plasa Simpang Lima Semarang.[12-14 Feb] - Pasar Imlek Semawis 2018. Detail informasi klik di sini.[14-18 Feb] - Pameran Handphone di Paragon Mall.[15-25 Feb] - Pameran Handphone di Plasa Simpang Lima Semarang.[15-26 Feb] - Property Expo Semarang 2 di Mal Ciputra.[16-18 Feb] - Imlek Celebration di…

Review Film Promise

Film Promise rilis di bioskop tanggal 5 Januari 2017 dan merupakan film perdana di tahun ini. Membawa durasi 110 menit dengan segmen remaja (13+) film ini dibintangi Dimas Anggara yang identik dengan film romantis dan kembali berkolaborasi dengan Asep Kusdinar sebagai sutradara.
Awal pembuka tahun yang manis dari Promise. Film bergenre drama asmara ini bukan saja menyuguhkan berbagai keindahan dari background yang dibawa, tapi cerita yang kuat dan akting para pemain yang benar-benar menghanyutkan suasana meski saya tak bisa menangis.
Cerita tidak mudah ketebak tapi selalu menembak
Di awal film, penonton sudah disuguhin pemandangan indah yang terus berlanjut hingga akhir film. Wow. Jogja dan kota Milan, Italia, benar-benar lokasi yang dibuat untuk cerita para pemainnya dengan berbagai kisah. Tentu kisah romantis yang paling dalam dihadirkan di sana.


Dua anak kecil (laki & perempuan) berucap janji tapi tak tahu apa yang dikatakan, dan tiba-tiba Dimas Anggara yang berperan sebagai Ra…