Favorit

Agenda Kota Semarang Bulan April 2025

Image
Selamat Hari Raya Idulfitri kami ucapkan buat umat muslim. Mari kembali ke titik nol lagi. Momen bahagianya masih akan menyelimuti hingga sepekan ke depan. Kami harap semua orang bahagia dan sehat selalu. Awal bulan April jatuh pada hari Selasa. Masih lebaran ke-2 dari Idulfitri. Beberapa pusat perbelanjaan hingga tempat wisata masih ada banyak acara seru yang bisa didatangin. Agenda Kota Semarang Wah, agenda dari bulan Maret masih nempel di bulan April. Sepertinya orang-orang yang ada di Kota Semarang bakal dibuat sibuk akan rencana pergi ke mana. Silahkan intip daftarnya di bawah ini. Akan terus kami perbarui apabila ada info terbaru. [20 Maret - 8 April] - Bazaar Handphone di Java Supermall Semarang. [21 Maret - 21 April] - Virtual Reality Under Water Exploration di Mal Tentrem. Berbayar. [22 Maret - 6 April] - 1001 Night on Flying Trapeze Show From Russia di The Park Mall Semarang. Jamnya berbeda-beda, cek IG @thepark.semarang. [26 Maret - 6 April] - Delightful Market di Mal Tentre...

Laporan XL Axiata : Libur Ramadan dan Lebaran 2025 Jaringan Aman Terkendali

XL Axiata kembali mengirimkan informasi laporannya terkait jaringan selama libur lebaran dan ramadan seperti beberapa tahun sebelumnya. Untuk tahun 2025, Jawa Tengah naik di angka 44%. Lebih tinggi dari tahun 2024. Lalu, bagaimana dengan pemakaian datanya?

Jika kamu pemerhati, data yang disampaikan ini tentu menarik. Apalagi selama periode libur lebaran dan ramadan, trafik layanan didominasi oleh streaming dengan kenaikan trafik sebesar 17%, disusul File access yang meningkat 16%, disusul web browsing yang meningkat 12% serta game meningkat 46%.

Data ini disusun dari tanggal 28 Maret - 6 April 2025 yang berasal dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar 5% dibandingkan periode Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, dan 21% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan. Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran. 

Dalam rilis keterangannya, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, menyampaikan, 

Kami bersyukur dapat memberikan kualitas layanan yang optimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini. Persiapan telah kami lakukan sejak jauh-jauh hari, mencakup seluruh aspek jaringan serta langkah-langkah antisipatif yang diperlukan. Seluruh tim jaringan, baik di pusat maupun yang bertugas di lapangan, juga siaga penuh selama periode krusial untuk memastikan layanan tetap berjalan lancar tanpa gangguan. Seperti yang kami perkirakan sebelumnya, terjadi lonjakan trafik data yang cukup tinggi selama periode liburan, terutama untuk akses layanan streaming video melalui media sosial. Hal ini mencerminkan tingginya semangat masyarakat dalam berbagi momen kebahagiaan Lebaran. Selain itu, pergerakan masyarakat yang begitu dinamis dari satu daerah ke daerah lainnya juga terekam melalui data kami. Secara keseluruhan, trafik data tercatat meningkat lebih dari 21% dibanding hari biasa.”

Aplikasi

Pada layanan streaming, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis 
  • Gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 46%
  • YouTube naik 9%
  • TikTok 18%
  • Netflix naik 10%
Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 14%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Instagram meningkat 26%, trafik X meningkat 23% dan Meta (Facebook) 4%.
 
Sementara itu web browsing naik 12% dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 19%. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 19% dibanding hari normal.

Wilayah
 
Secara nasional, Bandara dan Pelabuhan yang mengalami kenaikan sangat signifikan adalah Bandara Internasional Soekarno Hatta sebesar 167% dan Pelabuhan Dermaga Merak sebesar 156%.
 
Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan secara nasional selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di :
  1. Provinsi Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 44%
  2. Provinsi, DIY dengan kenaikan sebesar 25%
  3. Provinsi, Jawa Barat dengan kenaikan sebesar 20 %
  4. Provinsi, Jawa Timur dengan kenaikan sebesar 28%
  5. Provinsi, Banten dengan kenaikan sebesar 10 %
  6. Provinsi, Nusa Tenggara Barat dengan kenaikan sebesar 29 %
  7. Provinsi, Lampung dengan kenaikan sebesar 29 %
  8. Provinsi, Sumatra Barat dengan kenaikan sebesar 23 %
  9. Provinsi, Sumatra Utara dengan kenaikan sebesar 23 %
  10. Provinsi, Aceh dengan kenaikan sebesar 23%
Di tingkat kota/kabupaten di seluruh Indonesia, kenaikan trafik tertinggi terjadi di:
  1. Kota/Kab. Banyuwangi Provinsi Jawa Timur,  naik sebesar 74%
  2. Kota/Kab. Pandeglang Provinsi Jawa Barat,  naik sebesar 63%
  3. Kota/Kab. Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan, naik sebesar 62%
  4. Kota/Kab. Bangkalan, Madura Provinsi Jawa Timur naik sebesar 52%
  5. Kota/Kab. Sampang Madura Provinsi  Jawa Timur naik sebesar 51%
  6. Kota/Kab. Garut  Provinsi Jawa Barat naik sebesar 49%
  7. Kota/Kab. Lebak  Provinsi Banten naik sebesar 46%
  8. Kota/Kab. Cirebon Provinsi Jawa Barat naik sebesar 42%
  9. Kota/Kab. Sukabumi Provinsi Jawa Barat naik sebesar 38%
  10. Kota/Kab. Lombok Tengah Provinsi NTB naik sebesar 36%
Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan tetap mengalami kenaikan pada saat Lebaran dibanding hari biasa, yaitu naik hingga sebesar 18%. 

Trafik tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu mengalami penurunan, kemungkinan dikarenakan tingkat perpindahan lokasi pelanggan berbeda dengan periode lebaran sebelumnya. 

Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain, yaitu sekitar 27%.

XL SATU

Kenaikan trafik data juga terjadi pada layanan konvergensi XL SATU selama periode libur Lebaran ini dibandingkan hari biasa biasa masih ada pelanggan yang tidak mudik. Layanan yang paling banyak diakses oleh pelanggan XL SATU adalah:
  1. Layanan Instagram meningkat sebesar 18.8%
  2. Layanan Youtube, meningkat sebesar 21%
  3. Layanan Tik Tok, meningkat sebesar 7%
  4. Layanan Youtube, meningkat sebesar 21%
Adapun layanan Netflix dan Vidio meskipun banyak diakses namun mengalami penurunan sebesar 2% dan 21%. Saat ini secara keseluruhan jumlah pelanggan XL SATU mencapai lebih dari satu juta home connect.

Usaha XL Axiata
 
Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa Lebaran tahun ini, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali dibandingkan hari normal. 

Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin, termasuk dengan mengerahan ratusan mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan.

Jumlah pelanggan

Saat ini XL Axiata melayani lebih dari 58,8 juta. Jaringan XL Axiata ditopang oleh lebih dari 165 ribu BTS, termasuk 111 ribu BTS 4G. Jaringan tulang punggung (backbone) ada sepanjang lebih dari 190 ribu km, yang menjangkau sebagian besar provinsi.  

Untuk layanan fixed mobile convergence (FMC) menjangkau 127 kota/kabupaten dan akan terus bertambah luas. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. 

📝 Rilis.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menggunakan Kuota Pelanggan Baru XL yang Tidak Bisa Digunakan?

Parkir di The Park Mall Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

AMOLI, Laptop Buatan Mana?

Ini Kriteria Film Indonesia Disebut Film Box Office