Agenda Kota Semarang Bulan April 2025

Halaman ini berisi konten rilis. Namun kami sebagai salah satu pengguna juga merasakannya bahwa jaringannya stabil. Bahkan, ketika hujan yang mengguyur Kota Semarang akhir-akhir ini. Entah itu sebelum NATARU maupun sesudahnya. Penasaran dengan laporannya?
Rilis yang dikirim tanggal 7 Januari ini mengumumkan bagaimana XL Axiata sudah sigap sepanjang NATARU dengan langkah-langkah yang dilakukan seperti peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, pengerahanāÆmobileāÆBTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.
Lonjakan
XL Axiata berhasil mengawal dan melayani lonjakan kebutuhan data pelanggan sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Dari monitoring antara 24 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025, rata-rata trafik layanan pada periode Nataru meningkat sebesar 19% dibandingkan hari normal.
Sedangkan puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru di lokasi wisata Sarangan yang mencapai 208% dibandingkan kondisi hari normal.
Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan seperti tahun sebelumnya. Meskipun layanan percakapan (voice) mengalami penurunan sebesar 15%, layanan SMS justru mengalami kenaikan sebesar 11% dibandingkan hari biasa.
Direktur & ChiefāÆTeknologiāÆOfficer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan :
"Jauh-jauh hari kami di XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Nataru. Ini menjadi komitmen XL Axiata dalam menjaga kualitas dan kemudahan layanan sepanjang libur panjang Nataru. Dan seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat yang meningkat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru.ā
Trafik data tertinggi ada di wilayah ?
Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru. Trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya tetap menunjukkan kenaikan sekitar 18% dibandingkan hari normal.
Secara nasional, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Lombok Timur, naik 34%, lalu Kabupaten Lombok Tengah, naik 31%, dan Kabupaten Bogor, naik 23%. Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik tertinggi terjadi di
Tujuan tempat wisata
Area tujuan wisata popular juga mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan seperti
Pelanggan plesiran
Jumlah pelanggan XL Axiata yang keluar negeri memanfaatkan program-program XL AxiataāÆselama liburan Nataru mencapai sekitar 500 ribu pelanggan, mengalami kenaikan sekitar 7% dari tahun sebelumnya. Negara yang paling banyak dikunjungi adalah Malaysia.
StreamingāÆmendominasi
Dari keseluruhanāÆtrafik layanan data selama periode Nataru, didominasi oleh trafik dari layanan atau aktifitas streaming, disusulāÆweb browsingāÆāÆdanāÆfile access. Untuk trafik layananāÆstreamingāÆmengalami peningkatan sebesar 28% dibandingkan trafik pada hari normal, sementara trafik gim meningkat sebesar 49%. Untuk trafik streaming musik, mengalami kenaikan sebesar 21% dari hari normal.
Pada layanan streaming film, trafik Vidio naik 137% dibandingkan hari normal, Viu, naik 106% dan Netfli, naik 98%.
Peta atau map
Dan seperti biasanya selama masa liburāÆpanjang, trafik ke layanan peta juga meningkat. Waze GPS meningkat sebesar 24%, dan Google Maps meningkat sebesar 18%, dan sementara trafik Apple Map sama dengan hari normal.
Game
Untuk gim, trafik tertinggi ada pada FreeFire sebesar 105% dari hari normal. Lalu Roblox naik 88% dan Mobile Legends, naik 22%.
Media sosial
Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 6% dari hari normal, Instagram, 20%. Pada layanan berbagi video, trafik pada YouTube meningkat 18%, Tiktok 31%. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 11%.
Layanan XL
Untuk layanan XL SATU juga mengalami kenaikan trafik sebesar 5%āÆjika dibandingkan dengan hari normal,āÆsedangkan untuk layanan First Media juga mengalami kenaikan sebesar 2%. Hal ini disebabkan karena masyarakat juga banyak yang menikmati liburan natal dan tahun baru di rumah.
Jumlah pelanggan XL Axiata
Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyakāÆlebih dari 58,6āÆjuta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 165 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 190 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.
XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgradeāÆjaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.
š· XL Axiata
Artikel terkait :
Comments
Post a Comment