Langsung ke konten utama

Review Film Surat Cinta Untuk Kartini


Film Surat Cinta Untuk Kartini benar-benar mengejutkan saya, bukan hanya menyuguhkan kesenangan saat menontonnya, melihat antusias penonton di Semarang yang ramai, film ini memberi sesuatu yang lain.

Rilis bertepatan dengan momen hari Kartini, 21 April 2016, film garapan sutradara Azhar Kinoi Lubis ini terbilang gurih untuk ditonton. Maklum, ini film sejarah dan tentu semua orang mengetahuinya.

Ini yang mengejutkan saya

Saya kira akan dibawa ke jaman dimana R.A Kartini berada. Kraton, pedesaan, gunung-gunung, petani dan sebagainya. Itulah yang ditampilkan video trailernya juga.

Dan ternyata tidak seperti yang dibayangkan tadi. Film dimulai dari jaman modern atau sekarang. Sebuah Sekolah dan beberapa murid sekolah, serta 2 guru. Salah satunya adalah pemeran utamannya yakni Chicco Jerikho.

Kuatnya karakter Tukang Pos

Sudah cukup rasa terkejutnya, saya kira akan melihat bagaimana cara mengemasnya saja. Alur yang dipahami dan kisah yang banyak ada di buku sejarah.


Perasaan saya ternyata sama dengan anak-anak yang akan diceritakan sang guru di film ini. Mereka bosan dengan cerita yang monoton alias itu-itu saja.

Lalu, dimulailah Chicco yang berperan sebagai guru pria menceritakan sesuatu yang berbeda kepada murid-muridnya. Film flashback kebelakang, kisah tukang Pos pun dimulai.

Chicco yang berperan sebagai tukang pos benar-benar menunjukkan dedikasinya dalam perannya. Saya sangat suka ekspresi, akting dan sudut pandang cerita yang ditaruh lewat tukang pos dalam film ini.

Kuatnya karakter tukang pos malah menyudutkan peran R.A Kartini yang di film ini diperankan oleh Rania Putrisari. Penonton harus maklum mengingat Rania mengambil debut perdananya di film layar lebar di film ini.

Selain Chicco, ada sosok satu lagi yang perlu saya apresiasi yaitu putri tukang pos yang diperankan oleh Christabelle Grace Marbun. Aktris cilik ini mampu mencuri perhatian saya karena karakternya tersebut.

Alur cerita

Di awal sudah saya ceritakan bahwa film ini mundur kebelakang. Lalu, seorang pria yang berprofesi sebagai tukang pos bekerja mengantar surat dari rumah ke rumah.



Tiba saatnya ia mendapatkan kesempatan melihat secara langsung rupa R.A Kartini dan langsung jatuh cinta pada pandangan pertama.

Sangat menyenangkan mengikuti alur kisahnya ini. Hadirnya Ence Bagus sebagai teman tukang pos membuat cerita lebih kaya. Maklum, penonton di sini pada ketawa saat beberapa adegan konyol yang dibuatnya.

Jangan harapkan mendapatkan kisah romansa yang indah. Dimasukkannya unsur kisah utama perjuangan R.A Kartini yang ingin mendirikan sekolah, mendobrak tradisi menjadi background yang sempurna dan membuat sejarah tak sebosan ini untuk ditonton.

Pada akhirnya, R.A Kartini meninggal dan si tukang pos tetap melanjutkan kehidupannya bersama putrinya. Kebanggaannya adalah melihat putrinya menjadi sosok Kartini-kartini selanjutnya.

Sudut pandang

Selain kisah utama yang diangkat dari sejarah Pahlawan kita, cerita tukang pos sudah sangat menarik untuk ditonton. Beberapa pendukung cerita lumayan membuat cerita lebih beragam.

Ada kisah tukang pos dan anaknya yang bermakna cinta kasih orang tua. Ada kisah teman tukang pos yang berhasil menikah dengan wanita pujaan. Plusnya lagi, pemandangan yang sangat indah.

...

Saya berharap pujian buat film ini tidak akan berakhir beberapa hari di bioskop Indonesia khususnya Semarang. Mengingat tren film sekarang, kualitas cerita sebaik apapun yang menentukan adalah penonton. Kalau sepi, ya harus turun.

Menutup tulisan ini, saya sekali lagi sangat senang menontonnya. Tidak begitu berat, tertawa ramai-ramai dan sedih tanpa ada sesuatu yang benar-benar menyedihkan.

Sebuah film yang berhasil menurut Kofin adalah cerita yang membuat penonton dapat tertawa tanpa ada adegan lucu dan dapat menangis tanpa ada kisah menyedihkan di dalamnya.

*Cek jadwal film Surat Cinta Untuk Kartini di bioskop Semarang lewat akun twitter Kofindo.

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadwal Pameran Komputer Bulan November - Desember 2017 : Tersedia

Buat kamu yang mencari info pameran komputer bulan November sepertinya sekarang sudah ada, lebih tepatnya pameran ketiga tahun 2017 ini dilaksanakan 30 November - 4 Desember di Java Mall.

Sepertinya pameran kali ini akan menjadi pameran terakhir di tahun ini. Rentang waktu dari satu event ke event lainnya menjadi alasan membuat kami mengatakan hal tersebut.

Java Mall masih menjadi daya pikat. Apalagi menjelang akhir tahun ini, mal yang berada di jalan MT. Haryono ini banyak berbenah yang bisa dilihat dari desain depan. Untuk kali ini, pameran komputer membawa nama ''Semarang Computer Fair 2017'.





Pameran Komputer bulan Desember 2017 sudah ada. Selengkapnya di blog @dotsemarang #Semarang #dotsemarang #pamerankomputer #pamerankomputersemarang A post shared by dotsemarang (@livedotsemarang) on Dec 1, 2017 at 3:25am PST
Untuk yang mencari notebook maupun Smartphone, beberapa postingan terkait produk ASUS bisa kamu lihat di blog kami.

Artikel terkait : Ada Apa Saja di Semarang Com…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Desember 2017

Selamat datang di bulan desember. Bulan penghujung akhir tahun ini disambut dengan hujan. Kami percaya bahwa ini merupakan berkah. Semoga agenda bulan  ini bisa menemanimu menikmati kota Semarang.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.Agenda umum (Akan terus ditambahkan [23 Nov - 3 Des] - Pameran Otomotif  'Sauto Expo ' di Mal Ciputra.[28 Nov - 3 Des] - Festival Makanan Pedas di Sri Ratu Semarang. [30 Nov - 4 Des] - Pameran komputer 'Semarang Computer Fair 2017' di Java Mall Semarang. Info klik di sini.[1 - 3 Des] - Jack Cloth 2017 G…

IM3 Ooredoo Luncurkan Paket Internet Yellow, Begini Aktivasinya

[Halaman ini berisi konten press release] Ini tentu kabar gembira bagi pengguna Indosat yang berharap tarif internet semakin murah. Paket Yellow yang dihadirkan, memberikan akses pengguna menikmati 1 GB hanya dengan Rp.1000 per hari. Sudah mencobanya?

Dalam rilis yang kami terima via email, paket Yellow diluncurkan awal Desember 2017. Paket Yellow memberikan 100% kuota utama, 100% tanpa ribet, dan 100% tanpa trik.

Yellow menawarkan paket internet 1GB dimulai dari harga Rp1.000 per hari. Terdapat juga 2 paket 1GB dengan masa aktif 3 hari dan 10 hari, semua dengan harga terjangkau. Kuota internet Yellow berlaku selama 24 jam tanpa batasan, dan dapat digunakan di semua jaringan, baik 2G, 3G, maupun 4G.

Begini aktivasi paket Yellow Indosat

Pengguna hanya perlu menekan *123*111# dan kemudian memilih paket yang ditawarkan. Bagi pelanggan baru yang ingin mendapatkan keuntungan ini dapat memulainya dengan menjadi pelanggan Indosat Ooredoo.

Caranya mudah, pelanggan baru dapat membeli Kartu Per…

Chirpstory, Lebih dari Sekedar Pengumpul Live Tweet

Chirpstory benar-benar mengalihkan aktivitas kami dengan live blogging menggunakan 24liveblog belakangan ini. Selain lebih menyenangkan dan beberapa alasan 24liveblog sering bermasalah saat diakses via mobile, Chirpstory adalah alat terbaik untuk live blogging kami saat ini.
Menurut situs resminya sendiri, chirpstory.com, Chirpstory adalah platform perangkai tweet dan unggahan sosial media. Mereka disusun menjadi satu cerita dalam bentuk kultwit (istilah umum untuk cerita berupa rentetan sejumlah tweet berseri dari satu akun) maupun kurasi (berisi tweet dari banyak akun dan juga konten lain selain tweet).
Tentang Chirpstory sendiri kami menemukan bahwa platform ini dibuat oleh developer Android yang berasal dari Jepang, Togetter Inc. Tokyo. Selain tersedia dalam bentuk aplikasi, Chirpstory bisa digunakan lewat PC/Desktop version, Mobile version.
Bila di Indonesia, platform milik Togetter Inc ini disebut Chirpstory, maka untuk versi Jepangnya si pengembang yang sudah aktif sejak tahun…