Langsung ke konten utama

Fukos : Wadah Pecinta Futsal Kota Semarang


Apakah kamu sudah jarang main futsal? Kalau jarang karena alasannya tidak ada teman atau sibuk, silahkan gabung dengan Fukos. Kamu bisa datang dan ikut bermain bersama mereka tanpa perlu takut apakah harus bergabung dalam klub mereka. Seperti apa Fukos?

Fukos atau Futsal Kota Semarang bukanlah sebuah klub atau organisasi menurut kami. Mereka lebih nyaman kami sebut sebagai komunitas. Cara mereka mengajak dan membangun kebersamaan dengan satu tujuan tertentu adalah bagaimana konsep komunitas biasa berdiri.

Tanpa batasan umur

Tak afdol rasanya menulis tentang mereka tanpa mencobanya secara langsung, apalagi kami juga termasuk penyuka olahraga yang jumlah pemainnya 10 orang dalam 1 lapangan.

Kebanyakan yang ambil bagian bermain di sini adalah generasi Millenial hingga Z. Generasi Millenials adalah mereka yang lahir tahun 1981-1994. Sedangkan Z adalah mereka yang lahir dari tahun 1995-2010. Mudah ditebak, mereka masih generasi muda semua tentunya.

Alasan ikut bermain bersama Fukos

Jujur, kami sendiri sudah jarang sekali bermain futsal. Selain tidak ada teman lagi yang bisa diajak, kami juga bingung bila harus bergabung dengan klub yang pasti punya peraturan ketat mengatur membernya.

Namun di Fukos ini berbeda. Kamu hanya perlu datang dan menjadi bagian dari mereka tanpa perlu ikatan layaknya profil klub Futsal. Yang perlu kamu perhatiin adalah saat kamu gabung, kamu perlu ikut nyumbang bayar lapangan. Biasanya kamu disuruh absen terlebih dahulu sekaligus bayar iurang. 

Tidak besar iurannya karna Fukos sendiri biasanya yang mengikuti latihan mereka jumlahnya bisa lebih dari 40 orang. Semisal minggu ini bermain dan minggu besok tidak, itu tidak masalah.

Memanfaatkan Instagram sebagai alat promosi

Kami sendiri tahu tentang Fukos ini karena akun mereka memberikan tanda (tag) kepada dotsemarang di Instagram. Mereka mengetag jadwal bermain yang biasanya dirilis 1 bulan atau beberapa minggu.

Selain menjadi alat promosi untuk mengajak kamu-kamu ikut bermain, Instagram bagi Fukos juga dimanfaatkan sebagai media informasi tentang kegiatan mereka seperti suasana bermain, foto bareng setelah bermain dan sebagainya.


Bagaimana dengan menit bermain?

Kami sudah mencoba sekali dan waktu itu karena jumlah pemain banyak, kami anggap wajar untuk pembagian menit bermain. Tiap pemain yang telah mengisi daftar absen akan dipanggil untuk bermain. Timnya terbentuk dari absen atau cara acak.

10 menit, kami diberi waktu bermain yang totalnya waktu itu ada 3 jam mereka sewa. Tiap 10 menit, semua orang yang telah bermain diganti dengan pemain baru. Bila kamu menikmati permain 10 menit memang terlalu sedikit, namun buat yang menunggu seakan itu lama sekali.

Manfaat bergabung dengan Fukos

Selain mendapatkan keringat karena berolahraga, kamu yang merindukan bermain futsal setelah lama tidak bermain pasti punya perasaan bahagia setelah bisa kembali bermain. Itu bagus tentunya.

Kamu juga bisa mendapatkan teman baru di sana karena kebanyakan juga yang ikut belum pernah gabung sebelumnya. Tanpa sadar, kamu sudah membangun pertemanan dengan banyak orang baru. Seharusnya ini menjadi tantangan menurut kami.

Bayangkan kamu bermain tidak saling mengenal dan main sendiri. Kamu pasti sangat bingung dan kelelahan. Jadi manfaatkan semua manfaat yang kamu peroleh di sana.

...

Kami harap postingan ini berguna buat kamu yang kehilangan jam bermain futsal dan merasa bingung ingin bermain karena tidak ada teman lagi.

Silahkan cari tahu tentang mereka lewat akun Instagram futsalkotasemarang. Setelah mendapatkan infonya, atur jadwal dan hubungi kontak yang tersedia di sana untuk bergabung.



Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Tahun 2018

Daftar acara atau agenda kota Semarang tahun 2018 sudah tersedia dalam bentuk PDF yang bisa diakses lewat website pariwisata.semarangkota.go.id. Kamu bisa mengunduh (download) atau sekedar membacanya sebagai panduan untuk berkunjung ke kota Semarang tahun ini. Berikut detailnya.

Sepertinya tahun 2018, kami libur dulu berkunjung ke kantor Dinas Pariwisata Kota Semarang yang terletak di gedung Pandanaran. Aktivitas rutin tiap tahun sekedar mendapatkan daftar acara kini bisa dengan mudah diakses via Internet.

Selain kami sertakan di halaman ini dengan link langsung ke situs yang berisi buku event 2018 kota Semarang, kami tetap rutin juga memberikan agenda Semarang tiap bulan yang bisa kamu jumpai di bawah ini. Selamat berkunjung dan terima kasih udah mampir ke kota tercinta kami, Semarang.
Download buku event kota Semarang dalam bentuk PDF di sini.

Berikut, daftar Agenda Semarang perbulan tahun 2018
Januari (Tersedia)FebruariMaretAprilMeiJuniJuliAgustusSeptemberOktoberNovember Desember Daf…

Si Cepat, Layanan Mobil Ambulance Gratis di Semarang

Ternyata sudah setahun Ambulance Hebat Si Cepat diluncurkan, terhitung dari tanggal 4 Januari 2017. Salah satu layanan kesehatan di kota Semarang ini menarik untuk diketahui. Apakah kamu pernah lihat mobil ini di jalan?
Akhirnya, kami bisa membawa Si cepat ke blog dotsemarang meski sudah mendapatkan informasi ini dari acara temu bloger bareng Dinas Kesehatan Kota Semarang pada bulan desember 2017 di The Wujil Resort & Conventions. Si cepat adalah layanan reaksi cepat bagi masyarakat yang membutuhkan ambulan Sebenarnya beberapa teman bloger kami ada yang sudah menjumpai Si Cepat ini yang berada di Puskesmas Halmahera. Waktu itu kami dibagi dalam dua kelompok, dan sayangnya kami kebagian ke Puskesmas Gayamsari yang waktu itu belum ada si Cepat ini.
Foto by Nia Nurdiansyah bareng bloger Semarang dan Dinas Kesehatan Semarang
Alasan kami baru membawa Si Ambulance Hebat  ke blog dotsemarang hari ini karena media sosial mereka sangat aktif. Di Twitter dengan id ambulancehebat, kicauan mer…

[Ebook] Daftar Acara di Semarang Tahun 2017

Halaman ini berisi kumpulan daftar acara kota Semarang selama tahun 2017 yang kami ambil dari blog dotsemarang dan kemudian kami kemas dalam bentuk ebook yang berformat PDF. Silahkan di download bila tertarik.
Terkahir kami memposting tentang kategori ebook pada bulan September 2016. Sangat lama dan tidak konsisten ternyata apa yang kami lakukan. 
Untuk itu, perdana tahun ini kami coba kembali membawa konten ebook ke dalam blog dotsemarang. Selain menjadi konten, cara membuat halaman blog dotsemarang yang dapat diakses secara offline ini merupakan cara kami untuk menyelamatkan file kami suatu hari nanti. Istilah back up data.
Berikut ebook daftar acara selama tahun 2017 di kota Semarang yang kami taruh di bawah ini.

Agenda semarang 2017 from Dot Semarang
Halaman ini hanya berisi daftar acara, bukan review acara. Daftar ini berasal dari kumpulan acara resmi dan acara tidak resmi yang kami kumpulin sendiri. Beberapa info ada tanggal yang lupa kami update. Mohon maklum untuk ketidaksempur…

Seperti Apa Wajah Semarang Zaman Now?

Istilah zaman now tidak hanya digunakan pada anak-anak, kanal Youtube Net Biro Jawa pun membawa istilah tersebut dalam satu postingan videonya berikut ini. Apakah kamu penasaran seperti apa wajah Semarang sekarang?
Kami baru sadar punya dua kategori atau label yang berhubungan dengan video. Satu kategori video dan satu lagi kategori Youtube. Meski keduanya berisi konten video, kategori Youtube berbeda dengan kategori video dalam hal sumber video yang kami tanamkan (embed).
Untuk halaman ini, kami beri kategori atau label Youtube. Alasannya karena video yang kami tanamkan bukan buatan kami sendiri. 
Semarang Zaman Now
Cara judul video yang diunggah kanal Net.Biro Jawa dengan menulis 'Ini Dia Wajah Kota Semarang Zaman Now yang Makin Wow!' menginspirasi kami untuk membawanya ke sini.
Berdurasi 29 menit, video yang diunggah 17 Desember 2017 ini banyak menyertakan gambaran kota Semarang yang penuh warna-warni. 
Selain itu, di dalam video tersebut dimasukkan pendapat warga dan kehad…